Wisata sejarah Goa Selo Mangleng Kediri

Goa Selo Mangleng merupakan sebuah Goa Wisata sejarah yang terletak di Kabupaten Kediri. Selo Mangleng berasal dari kata Selo yang berarti batu dan Mangleng berarti menggantung. Jadi, Selomangleng bisa diartikan sebagai batu yang menggantung.

Goa ini dahulu pernah digunakan Dewi Kili Suci sebagai tempat pertapaan. Siapakah Dewi Kili Suci? Dewi Kili Suci adalah Putri Mahkota Raja Airlangga yang menolak tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapa brata di Goa Selo Mangleng.

Foto Goa Selo Mangleng

Sebelum pengunjung masuk ke dalam goa, Goa Selo Mangleng tampak dari bawah seperti gambar yang saya ambil di bawah ini.

Goa Selo Mangleng Kediri
Goa Selo Mangleng Kediri

Memang dari kejauhan goa selo Mangleng hanya tampak seperti bukit kecil yang terdapat 2 lubang agak besar. Namun, jika kita mendekatinya maka anda akan bisa melihat lubang lain di dalam goa itu sendiri.

Setelah anda masuk ke dalam goa terdapat 2 ruang utama yang sepertinya dahulu digunakan untuk bersemedi Sang Dewi Kili Suci. Ruangan goa tersebut terdapat ukiran-ukiran yang terpahat di dinding batu. Di sebelah kanan goa terdapat 1 ruangan kecil terletak lebih ke atas, sedangkan di bagian kiri terdapat sebuah ruangan yang lebih besar dengan pintu yang berukir pula.

Pintu ruangan Gua Selo Mangleng
Pintu ruangan Gua Selo Mangleng

Di bagian kiri kanan pintu terdapat pahatan ukiran kembar berbentuk bulat, yang karena saya tanpa pemandu saya tidak mengerti apa maksud dan arti semua ukiran yang ada di goa tersebut.

Goa selomangleng 5
Pahatan kembar bulat Pintu ruangan Gua Selo Mangleng

Di seputar wisata sejarah Goa Selo Mangleng terdapat tempat-tempat lain sebagai pendukung agar pengunjung lebih betah di tempat ini, antara lain sebagai berikut:

Pura Penataran Agung Kilisuci

Pura ini terdapat di bagian kanan jalan masuk, jika anda dari pintu masuk lokasi wisata dan menoleh ke kanan anda akan melihat sebuah pintu gerbang menuju Pura Penataran.

Pura panataran agung kilisuci
Pura panataran agung kilisuci

Pintu gerbang utama Pura Penataran tampak dari depan seperti gambar di bawah ini. Bangunannya mirip dengan pahatan Bali.

Pintu gerbang utama Pura Penataran
Pintu gerbang utama Pura Penataran

Di dalam pura terdapat halaman yang cukup luas dengan beberapa pepohonan dan pada pinggir halaman terdapat beberapa patung dan ukiran layaknya gaya pahatan Bali.

Halaman Pura panataran agung kilisuci
Halaman Pura panataran agung kilisuci

Pada pendapa Pura Penataran terdapat sebuah pendapa dengan patung besar di tengah-tengahnya. Karena waktu itu pura tidak dibuka, saya tidak bisa melihat dari dekat patung tersebut.

Pendapa Pura panataran agung kilisuci
Pendapa Pura panataran agung kilisuci

Museum Airlangga Kodya Kediri

Saat pengunjung masuk ke area wisata Goa Selo Mangleng pertama yang akan dilihat adalah Museum Airlangga. Museum ini cukup besar, yang tampaknya berisi berbagai prasasti, patung dan bebatuan Kuno.

Museum Airlangga Kodya Kediri
Museum Airlangga Kodya Kediri

Di depan museum kiri dan kanan terdapat 2 patung yang sudah sedikit rusak, terlihat dari muka patung tersebut pahatannya sudah tidak jelas.

Patung di depan museum airlangga
Patung di depan museum airlangga

Saat saya ke sana, ternyata pengunjung tidak diperbolehkan memasuki ruangan museum. Wisatawan hanya diperbolehkan melihat ruangan dari kaca luar gedung saja. Kebetulan waktu itu karyawan museum sedang menata dan memindahkan bebatuan kuno dalam museum.

Ruang museum airlangga
Ruang museum airlangga

Taman Wisata Air Goa Selo Mangleng

Untuk mengakhiri kelelahan setelah mengitari area wisata Goa Selomangleng, anda dapat beristirahat di taman wisata air goa Selomangleng. Di sini tersedia kolam renang yang cukup luas.

Taman wisata air goa Selomangleng
Taman wisata air goa Selomangleng

Pada hari libur di area ini juga disediakan panggung hiburan. Namun sayang, panggung hiburan tersebut tampaknya kurang terawat, terlihat dari bangunannya yang terlihat kotor.

Panggung hiburan di wisata air goa selomangleng
Panggung hiburan di wisata air goa selomangleng

Baca juga: Wisata Sejarah Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Kediri

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kediri, silahkan kunjungi: Peta Kediri

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai taman wisata bersejarah Goa Selomangleng yang merupakan peninggalan zaman kuno yang perlu dilestarikan. Jika anda seorang yang suka dengan peninggalan sejarah, rasanya tempat ini patut untuk dikunjungi.

Baca juga

Pos terkait