Berdirinya NU pada masa penjajahan

Berdirinya NU – Setelah Syarikat Dagang Islam dan Muhammadiyah berdiri, kemudian muncullah pula Nahdatul Ulama yang disingkat NU. Organisasi ini berdiri pada tanggal 31 Januari 1923 dengan tokoh-tokohnya: Alm. KH. Hasyim As’ari, KH. Mahfud Siddiq, KH. Abdul Wahab Hasbullah dan lain-lain.

Awal Mula NU

NU (Nahdatul Ulama) pada mulanya bergerak pada bidang lapangan sosial, kemudian menjadi sebuah partai politik. NU bermadzhabkan salah satu dari Madzhab Empat, yaitu : Syafii, Hambali, Maliki, dan Hanafi.

Bacaan Lainnya

Dalam bidang sosial

NU boleh dikatakan berhasil. Meskipun belum sempurna. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya lembaga pendidikan Ma.arif N.U. Yang memiliki sekolah-sekolah dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi, dari pesantren sistem lama sampai pesantren sistem modern.

Sebagai organisasi massa, aliran ini boleh dikatakan berhasil setelah mengubah dirinya menjadi organisasi politik. NU mempunyai bagian-bagian dari golongan-golongan yang mengutamakan akhirat saja sampai golongan yang cenderung kepada kesenangan duniawi, yaitu dari Tarikat Mutabarah sampai les buminya.

Gerakan NU

Disamping itu, NU bergerak dalam perjuangan nasional dan berjiwa anti penjajahan. Hal ini tercermin dari tindakan-tindakannya sebagai berikut :  

  1. Menolak subsidi pemerintah untuk madrasah NU dan menolak kerja rodi yang dibebankan kepada bangsa Indonesia.
  2. Menolak rencana Ordonansi perkawinan tercatat.
  3. Menolak diadakannya Milisi.
  4. Mendukung tuntutan berparlemen.
  5. Mengadakan usaha sosial, mendidik mental beragama melalui pondok pesantren.

Pada tahun 1946 NU memasuki Masyumi sebagai anggota istimewa dan keluar pada tahun 1952. Sejak itu NU berdiri sendiri sebagai partai politik.

Pos terkait