Syarikat Dagang Islam masa perjuangan

Syarikat Dagang Islam = Telah kita ketahui bahwa sejak datangnya kaum penjajah, bangsa Indonesia selalu berusaha menentang dengan jalan perang. Sekalipun kekuatan musuh tidak begitu besar tetapi usaha menentang kaum penjajah selalu gagal.

Kegagalan itu disebabkan karena bangsa Indonesia saat itu belum bersatu dan perjuangan masih bersifat lokal. Oleh karena itu bangsa Indonesia menyusun cara perjuangan yang baru untuk melawan penjajah.

Bacaan Lainnya

Perkumpulan Syarikat Islam

Cara perjuangan yang baru tersebut disusun dalam wadah kesatuan dan persatuan nasional dalam bentuk perkumpulan-perkumpulan dan partai-partai politik yang bertujuan untuk mengusir segala bentuk penjajahan dari bumi Indonesia. Salah satu perkumpulan tersebut adalah Syarikat Islam.

Dalam hal ini umat Islam di Indonesia mempunyai andil besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Perjuangan tersebut terlihat dengan munculnya S.D.I (Syarikat Dagang Islam) tahun 1911 di Solo yang dipimpin oleh H. Samanhudi.

Dan pada tanggal 16 September 1912 SDI berubah nama menjadi SI (Syarikat Islam) atas prakarsa H. Umar Said Cokroaminoto.

Cokroaminoto mencoba bekerja dengan segiat-giatnya untuk memajukan SI. Akhirnya SI mendapat kemajuan yang gemilang, sehingga mempunyai anggota yang banyak yang tersebar di seluruh Nusantara.

Pada bulan September 1912 Cokro Aminoto serta kawan-kawannnya memintakan rechtpersoon, SI jangan dianggap berbahaya. Dengan bersusah payah mengerjakannya, akhirnya diperoleh juga rechtpersoon ntersebut.

Pada tanggal 26 Januari 1913 SI mengadakan kongres yang pertama di Surabaya. Dalam kongres tersebut Cokroaminoto menghidupkan semangat rakyat Indonesia dan SI adalah sebagai pembimbing dan pembawa semangat baru bagi pergerakan rakyat. Sebab itu SI maju dalam perjuangannya, karena lebih mengutamakan rakyat jelata.

Jika mula-mula perkumpulan itu terjelma dalam bidang perdagangan semata, maka SI selanjutnya dengan usaha Cokroaminoto telah menjadi satu partai politik yang besar dan berpengaruh sampai sekarang.

Jasa Cokroaminoto

Adapun jasa-jasa Cokroaminoto adalah sebagai berikut:

  1. Mengangkat kaum kromo yang hina-dina menjadi manusia sejati dan terhormat.
  2. Mengajarkan dan memajukan rakyat dalam soal politik. Yaitu dengan terbentuknya “Volksraad” yang diharapkan akan menjadi tangga Parlemen bagi Indonesia.
  3. Mengusahakan persatuan seluruh umat Islam Indonesia dengan diadakannya kongres All Islam Hindia pada tahun 1922.
  4. Membela dan mempertahankan kesucian agama Islam dari penghinaan dan cacian yang dilemparkan kepada Islam.
  5. Mengarangkan buku yang berjudul “Islam dan Sosialisme” yang menerangkan duduk perkara sosialisme ala Islam yang sebenar-benarnya menurut teori dan praktek.

Baca juga: Usaha Muhammadiyah pada masa perjuangan

Pos terkait