Tentang suku Sunda

Suku Sunda ialah orang-orang yang secara turun-temurun menggunakan bahasa ibu dan dialeknya sehari-hari dengan bahasa Sunda dan tinggal di Jawa Barat.

Suku Sunda (Urang Sunda) merupakan kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, dengan istilah Tatar Pasundan yang mencakup wilayah administrasi provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan wilayah barat Jawa Tengah (Banyumasan). Orang Sunda tersebar diberbagai wilayah Indonesia, dengan provinsi Banten dan Jawa Barat sebagai wilayah utamanya.

Secara kultural, daerah Pasundan itu di sebelah Timur dibatasi oleh sungai-sungai Cilosari dan Citandui, yang juga merupakan perbatasan bahasa.

Di luar Jawa Barat juga terdapat suku-suku Sunda yang tetap berbahasa Sunda, seperti daerah Brebes, Tegal, Banyumas, Lampung dan Lain-lain.

Di Jawa Barat sendiri tidak seluruhnya berbahasa Sunda, seperti di daerah pantai utara dan Banten banyak menggunakan bahasa Jawa.

Di Jakarta sendiri banyak menggunakan bahasa Melayu Jakarta. Adapun pusat kebudayaan Sunda itu ialah daerah Priangan dan sekitarnya.

Baca selanjutnya artikel: Pemerintahan Desa di Jawa Barat

Bagi anda yang suka Traveling dan ingin mencari Akomodasi Wisata (hotel, vila, rental mobil, restoran, dll) terdekat dan terlengkap silahkan cari di bawah ini! Booking.com