Relief dan iklim Malaysia

Di bagian tengah Semenanjung Malaysia terdapat deretan pegunungan yang arahnya barat laut – tenggara. Puncak gunung tertinggi di wilayah ini adalah Gunung Tahan dengan ketinggian 2.187 meter yang terletak di perbatasan negara bagian Pahang dan Kelantan.

Puncak gunung tertinggi di Malaysia yaitu Gunung Kinibalu, dengan ketinggian 4.100 meter yang terdapat di Serawak. Sungai terpanjang di Semenanjung Malaysia adalah Sungai Pahang dengan panjang 330 kilometer dan Sungai Perak sepanjang 274 kilometer.

Bacaan Lainnya

Sungai terpanjang di Sabah yaitu Sungai Kinabatangan. Sungai terpanjang di Serawak adalah Sungai Rajang sepanjang 560 kilometer. Sungai-sungai di Malaysia difungsikan untuk perhubungan dan transportasi air.

Peta Politik Malaysia
Peta Politik Malaysia

Iklim

Negara Malaysia beriklim khatulistiwa yang panas dan lembab. Curah hujan tahunan rata-rata 2.540 milimeter. Suhu tahunan rata-rata 27 derajat celcius. Curah hujan tahunan rata-rata di daerah pantai lebih dari 3.000 milimeter dan di daerah pegunungan hingga 3.750 milimeter.

Musim hujan antara bulan November hingga Maret. Musim kemarau antara bulan Juni hingga awal September. Angin muson timur mendatangkan hujan di pantai timur semenanjung Malaysia.

Baca selengkapnya Tentang Negara Malaysia

Pos terkait