3 Relief India

Relief India dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

Daerah Pegunungan Himalaya di bagian utara

Daerah pegunungan ini merupakan pegunungan tertinggi di dunia dengan puncak tertingginya yang bernaman Mount Everest dengan ketinggian 8.880 meter, yang berada di Nepal.

Sungai es atau gletser dari Himalaya yang menjadi sumber air sungai Gangga. Sungai Gangga adalah sungai terbesar dan terpanjang di India.

peta negara india

Lembah Sungai Gangga di bagian tengah

Lembah Sungai Gangga dialiri Sungai Gangga dan anak-anak sungainya dan Sungai Brahmaputra yang terletak di daerah Assam, bermuara di Teluk Benggala, di wilayah Negara Bangladesh. Lembah Gangga yang subur diusahakan untuk tanaman pertanian.

Semenanjung India di selatan

Semenanjung India merupakan dataran tinggi (plato) yang disebut Plato Deccan, yang tingginya mencapai 500 meter. Semenanjung India dipisahkan oleh Pegunungan Satpura, Aravalli dan Vindhya.

Ghats (pegunungan) barat yaitu tebing tinggi yang curam dan sejajar dengan pantai yang terletak di sisi barat Plato Deccan. Ghats timur terletak di sisi timur Deccan yang landai.

Di semenanjung India terdapat dataran rendah yang sempit, yaitu Pantai Malabar di bagian barat dan Pantai Coromandel di bagian timur.

Sungai-sungai di Semenanjung India tergantung air hujan. anak-anak sungai Gangga yang besar adalah: Jumva, Gogra, Gondok, dan Son. Sungai-sungai penting lainnya adalah Sungai Godavari, sungai Mahavodi dan Sungai Krishna.

Lihat selengkapnya Tentang negara India

Artikel Terkait

Pos terkait