Tentang penduduk dan pertambangan Jerman Barat

Jerman Barat merupakan negara industri yang 70% penduduknya bekerja di perindustrian atau perdagangan. Kepadatan penduduk terdapat di 2 jalur, yaitu :

1.Daerah sepanjang aliran Sungai Rhein yang terletak kota Stuttgart, Mannhein, Frankfurt dan daerah industri Rhein – Rhur.

2.Daerah tanah Loess yang subur antara Sungai Rhur hingga kota Hannover.

Tanah Loess adalah tanah yang terdiri dari endapan debu yang sangat halus dan debu itu berasal dari angin padang pasir. Kota pelabuhan Hamburg dan Bremen juga mempunyai kepadatan penduduk yang tinggi.

Pertanian dan peternakan

Tanaman pertanian utama yaitu gandum, umbi, kentang dan gula bit. Di lembah retak Rhein di dataran rendah utara dan dataran tinggi Bawaria Selatan merupakan tempat pertanian. Hasil pertanian yang diekspor hanya memasukkan 4% dari devisa negara.

Pertambangan

Tambang batubara Rgur adalah daerah penghasil batubara terluas di dunia dengan kualitas nomor 1. Batu bara coklat atau liguit yang kualitasnya rendah terletak di sebelah barat Sungai Rhein antara kota Koln (Cologne) dan Aachen.

Minyak bumi terdapat di Sungai Ems dan di timur Hannover, dan minyak bumi hanya memenuhi kebutuhan sendiri 10% saja. Tambang gas alam terdapat di laut utara, sedangkan tambang bijih besi terdapat di Koln.

Artikel Terkait

Pos terkait