Kepercayaan dan kebudayaan Romawi kuno

Nama Dewa Romawi Kuno

Sebelum agama Kristen berkembang di Romawi Kuno, orang-orang Romawi mengakui adanya dewa-dewa (politheisme). Namun, dewa-dewanya mirip dewa orang Yunani Kuno, hanya nama-namanya saja yang berbeda.

Reruntuhan Forum pemerintahan Romawi Kuno
Reruntuhan Forum pemerintahan Romawi Kuno sa;ah satu catatan sejarah Eropa

Nama-nama dewanya seperti nama planet, yaitu:

Bacaan Lainnya
  1. Yupiter sebagai pemimpin pada dewa.
  2. Neptunus sebagai dewa laut.
  3. Venus sebagai dewi kecantikan.
  4. Minerva sebagai dewi ilmu pengetahuan.
  5. Juno merupakan dewi permaisuri Yupiter.

Sedangkan untuk hasil kebudayaannya meliputi bidang kesenian, ilmu pengetahuan, olah raga, tata kota, pemerintahan, militer dan ekonomi. Selengkapnya sebagai berikut:

Dewa Yupiter Romawi Kuno
Dewa Yupiter Romawi Kuno

Hasil kesenian bangsa romawi

Hasil-hasil kesenian bangsa romawi meliputi seni bangunan seni sastra dan seni patung. Dibidang seni bangunan bangsa ini menghasilkan bangunan-bangunan:

  1. membangun kota Roma dengan gedung-gedung yang berdinding berlapis marmer.
  2. mendirikan bangunan pemandian umum.
  3. membangun pintu-pintu gerbang yang megah.
  4. membuat tugu-tugu peringatan yang megah.
  5. membangun Amphiteater atau gedung pertunjukan terbuka.
  6. membuat jalan raya yang menghubungkan antar kota.
  7. membuat jembatan-jembatan lengkung yang kokoh (viaduc).
  8. mendirikan colosseum yaitu gedung pertunjukan yang menyelenggarakan adu orang dengan singa.

Baca juga: Kekaisaran Romawi Kuno

Sastrawan Romawi

Dalam bidang seni sastra dan bahasa, bangsa Romawi terkenal jaya. Kejayaan tampak dalam karya dan para sastrawan serta bahasa latinnya. Pada masa kejayaannya ini muncul para sastrawan yang menghasilkan karya-karya sastra agung. Para sastrawan tersebut adalah:

  1. Virgilius yang menulis syair dengan judul Aeneid yang berisi cerita kepahlawanan,
  2. Horatius yang menulis syair puji-pujian.
  3. Tacitius yang menulis cerita pengembaraan yang berjudul Germania
  4. Cicero adalah seorang ahli pidato yang termasyur.

Bahasa Latin merupakan induk bahasa negara-negara Eropa seperti Italia, Perancis, Spanyol, Portugis dan Rumania. Pada masa sekarang, bahasa ini berkembang menjadi bahasa ilmu pengetahuan.

Orang Romawi ahli dalam seni lukis dan seni patung. Apabila ada orang Romawi yang terkenal meninggal dunia, bentuk mukanya dipahat/dipatungkan. Patung pahatan itu dibuat dari lilin.

Dewa Mars adalah salah satu tokoh yang diwujudkan dalam karya patung. Patung Dewa Mars ini ditemukan di Todi (Italia). Dewa ini dipuja oleh bangsa Romawi kuno, sehingga mereka menamakan dirinya sebagai “Putra Mars”.

Tokoh terkenal lainnya diwujudkan dalam karya patung adalah Cicero. Patung (lukisan) ini dibuat pada tahun 50 SM. Patung ini sekarang disimpan di Capitol Museum di Roma.

Bangsa yang satu ini juga gemar melakukan olah raga. Mereka sering mengadakan lomba olah raga, seperti atletik, bela diri dan menunggang kuda. Kebiasaan ini dilanjutkan oleh orang-orang Romawi.

Kota-kota di Romawi sudah menerapkan pengaturan kota yang modern seperti sekarang ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembangunan jalan raya yang teratur. Jalan raya ini merupakan seperti sekarang ini.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembangunan jalan raya yang teratur. Jalan raya ini menghubungkan satu daerah dengan daerah lain. Pembangunan gedung-gedung juga sudah memperhatikan tata kota yang modern. Arsitek Romawi sangat terampil mempraktikkan ilmu pengetahuan. Orang Yunani mahir teori ilmu pengetahuan.

Baca juga: Perang saudara di Romawi

Sistem Pemerintahan Bangsa Romawi

Bangsa Romawi telah mengenal sistem pemerintahan. Bahkan mereka telah memiliki hukum sebagai alat pengatur tata kehidupan masyarakat. Bangsa Romawi memiliki sistem pemerintahan dan hukum berikut :  

  1. Sistem pemerintahan di masa republik sudah menerapkan dan membentuk lembaga-lembaga negara yang konsul, senat dan dewan rakyat.
  2. Daerahnya telah dibagi menjadi beberapa provinsi.
  3. Pada abad ke-5 SM sudah disusun hukum tertulis yang mengutamakan keadilan, kemanusiaan, dan persamaan hak. Pada masa Kekaisaran Romawi Timur, hukun disempurnakan dengan penyusunan kitab hukum perdata yang dinamakan Corpus Juris Civilis.

Kebesaran Bangsa Romawi disebabkan adanya kekuatan di bidang militer. Bangsa ini mempunyai angkatan perang yang besar dan memiliki strategi perang yang sudah maju. Contohnya buku kenang-kenangan Perang yang ditulis oleh Yulius Caesar. Buku ini berisi tentang keberhasilannya dalam bidang menundukkan musuh-musuhnya.

Sebagian rakyatnya bergerak dalam bidang perdagangan. Pada masa itu perdagangan berkembang dengan pesat. Hal ini terbukti dengan berhasil dikuasainya kota dn daerah perdagangan di kawasan Laut Tengah, baca Perang Phunesia perluasan wilayah Romawi. Selain itu, mereka telah menggunakan mata uang sebagai alat pembayaran.

Pos terkait