Sejarah Palestina

Sejarah Palestina – Negara Palestina adalah sebuah nama untuk menyebut wilayah Barat Daya negeri Syam. Sebuah wilayah yang terletak di bagian barat benua Asia dan bagian pantai timur Laut Tengah. Palestina terletak di titik strategis penting, karena dianggap sebagai penghubung antara benua Asia dan Afrika, di samping sebagai sentra yang mempertemukan wilayah dunia Islam.

Nama klasik yang terkenal untuk sebutan negeri ini adalah “tanah Kan’an”, karena yang pertama kali bermukim di sini yang dikenal dalam sejarah adalah bangsa Kan’an.

Lihat juga: Peta Palestina

Sejarah Palestina menurut tahun

TahunPeristiwa
5000-3000 SMBermukimnya kaum Arab Kan’an di kawasan Palestina dan kawasan itu dinamai “Tanah Kan’an”
3000-2500 SMBermukimnya kabilah2 Arab Amuri di Kan’an
1805 SMNabi Ibrahim hijrah dari Irak ke Kan’an
1606 SMMigrasi keturunan Nabi Ibrahim dari Kan’an ke Mesir
Catatan: keturunan Nabi Ibrahim ada dua, Ismail dan Ishaq. Keturunan Nabi Ismail ber-ras Arab (dan berujung pada Nabi Muhammad), dan keturunan Nabi Ishaq ber-ras Yahudi
1300 SMHijrahnya bangsa Palestina dari kepulauan Kert dan Lautan Egee (di Mediterania, antara semenanjung Balkan dan Anatoli/Asia Kecil) ke kawasan Kan’an, dan mereka bercampur dgn orang2 Arab asli penghuni Kan’an, lalu akhirnya kawasan itu berubah nama menjadi Palestina.
985 SMBerdirinya kerajaan Nabi Daud (ras: Yahudi)
933 SMBerakhirnya kerajaan Nabi Sulaiman (ras: Yahudi) dan terpecah2nya kerajaan ini.
732 SMDinasti Assuria (Irak) berkuasa di Palestina
608 SMBangsa Mesir berkuasa di Palestina
605 SMBerkuasanya Caldea (dari jazirah Arab) di kawasan Syam (termasuk Palestina)
586 SMKekuasaan Caldea runtuh dan 5000 Yahudi diasingkan ke Babilonia (Irak)
538 SMCyrus, Kaisar Persia, berkuasa di Syam (yang meliputi juga Palestina)
332 SMAlexander Macedonia menyerang Palestina
63 SMMasuknya orang Romawi ke Palestina
135 MPemberontakan kaum Yahudi ditumpas oleh pasukan Romawi
267 MPendudukan Palestina oleh Ratu Zanubia dari Kerajaan Tadmur (Palmyre, di kawasan Syam)
272 MKekuasaan Tadmur berakhir dan Romawi kembali berkuasa di Palestina
614 MPalestina dikuasai oleh Khousru Parviz, raja Iran dari dinasti Sasania
628 MRomawi kembali berkuasa di Palestina
634-636 MMasa penaklukan wilayah Palestina oleh pasukan muslim
636-1099 MPemerintahan Islam berkuasa di Palestina silih berganti, mulai dari Umawiyah, Abbasiah, hingga Fathimiah.
1099 MPasukan Salib menyerang Palestina
1188 MPerang Hathin antara pasukan muslim di bawah pimpinan Salahuddin Al Ayyubi melawan pasukan Salib
1260 MPerang antara Dinasti Mamaluk (Mesir, penerus kekuasaan Al Ayyubi) melawan pasukan Tatar (Mongol)
1291 M“Pembersihan akhir” pasukan Salib dari wilayah Palestina oleh pasukan Mamaluk
1516 MDimulainya pemerintahan Ottoman di Palestina dan kawasan2 Arab di sekitar Palestina, berlangsung hingga 400 tahun kemudian
1914-1917 MPerang Dunia I meletus dan berakhir dgn kekalahan imperium Ottoman, wilayah kekuasaan Ottoman pun dibagi2 oleh Inggris dan Perancis. Palestina menjadi ’jatah’ Inggris.
2 Nov 1917Deklarasi Balfour dirilis. Isi: dukungan Inggris bagi pembentukan negara Israel di kawasan Palestina.
Januari 1918Seluruh kawasan Palestina jatuh ke tangan pasukan Sekutu yg dipimpin Jenderal Allenby (asal Inggris, keturunan Yahudi). Di kota Al Quds, dia mengucapkan kalimat, ”Hari ini, perang salib telah berakhir.”
1 Januari 1920Kantor pemerintahan Inggris di Palestina (British Mandate of Palestine) berdiri, Komisi Tingginya adalah Herbert Samuel (keturunan Yahudi)
30 Januari 1922Kongres AS menyetujui dukungan terhadap pendirian Israel di Palestina (disebut sebagai Deklarasi Balfour-Amerika)
23-29 Agts 1929Pemberontakan org2 Palestina, memprotes aksi kekerasan pemuda2 Yahudi. Dikenal sebagai ”Kebangkitan Dinding Ratapan”.
20 Nov 1935Izzudin Qassam, pemimpin kelompok pejuang Jihad Islam, gugur syahid dalam perang melawan pasukan Inggris di kota Jenin
1935-1948Berbagai pembunuhan massal dilakukan oleh kelompok2 teroris Yahudi, dengan tujuan mengusir orang2 Palestina dari tanah air mereka, untuk kemudian diduduki oleh para imigran Yahudi yg didatangkan dari berbagai penjuru dunia.
29 Nov 1947PBB meloloskan resolusi 181 tentang pembagian wilayah eks British Mandate of Palestine. Tujuannya adalah untuk mengatasi konflik antara pemukim Yahudi dan Arab yang semakin tajam di wilayah tersebut. Resolusi tersebut membagi wilayah ini menjadi dua negara. Sebagian diperuntukkan bagi sebuah negara Yahudi, sebagin lagi bagi sebuah negara Arab. Sementara kota Yerusalem berstatus Corpus Separatum yang tak berada dalam kekuasaan negara Yahudi maupun Arab.
14 Mei 1948Jam 4 sore, org2 Zionis mendeklarasikan berdirinya Israel dan beberapa menit kemudian, AS menyatakan pengakuannya thdp Israel.
15 Mei 1948Era Mandat Inggris atas Palestina berakhir.
15 Mei 1948Negara2 Arab menolak deklarasi Israel itu dan membentuk pasukan sekutu Arab (terdiri dari Suriah, Mesir, Yordania, Lebanon, Irak). Pecahlah Perang Pertama Arab-Israel. Hasil perang: wilayah Israel bertambah luas, termasuk menduduki Yerusalem Barat. Mesir menguasai Jalur Gaza, Jordan menguasai Tepi Barat dan Yerusalem Timur. Ribuan warga Palestina jadi pengungsi.
11 Mei 1949PBB menerima Israel sebagai anggota, dgn syarat Israel hrs menerima Resolusi 181 (isi: Israel hrs menerima pendirian negara Palestina) dan Res 194 (isi: Israel hrs mengizinkan para pengungsi Palestina kembali ke tanah air mereka). Resolusi ini tak pernah dipatuhi, namun Israel tetap menjadi anggota PBB hingga kini.
Januari 1967Perang 6 Hari Arab-Israel meletus, Arab kalah, Israel menguasai seluruh Yerusalem , Tepi Barat, Jalur Gaza, Sinai, Golan. Namun Mesir kemudian bersedia damai dgn Israel (mengakui eksistensi Israel dgn imbalan pengembalian Sinai, Camp David 1978).
10 Nov 1975PBB mengesahkan Resolusi 3379 yang intinya menyatakan Rezim Zionis sebagai rezim rasialis.
18 Sept 1978Perundingan Camp David antara Mesir-Israel, dimediatori AS
26 Maret 1979Penandatanganan akhir perjanjian damai antara Anwar Sadat dan Menachem Begin, di Gedung Putih, disaksikan Jimmy Carter.
31 Jan 1980Parlemen Israel menetapkan Yerussalem sbg ibu kota Israel, pdhl PBB menetapkan bhw kota itu adl zona int’l
9 Des 1987Intifadah I dimulai
30 Okt 1991Dimulainya konferensi Madrid, antara Zionis dgn Palestina yg diwakili oleh PLO
13 Sept 1993Kesepakatan Oslo ditandatangani Zionis-PLO. Isi: PLO diberi wilayah otonomi, yaitu 60% dari Jalur Gaza dan kota Ariha di Tepi Barat. Imbalannya, PLO mengakui eksistensi Israel. Ayatullah Khamenei, Rahbar Iran, terang2an menyebut ini sebagai ”tindakan bodoh” Yaser Arafat.
1 Juli 1994Arafat memasuki Gaza dalam rangka mendirikan Otoritas Nasional Palestina (Palestinian National Authority; selanjutnya disebut PNA).
17 Januari 1997Perjanjian Al Khalil ditandatangani Israel-PNA. Isi: 20% wilayah Al Khalil tetap dikuasai Israel, sisanya diserahkan kpd PNA.
23 Okt 1998Perjanjian Maryland ditandatangani Israel-PNA. Isi: Israel menyerahkan sebagian wilyah di Tepi Barat kepada PNA, sebagai imbalan, PNA berjanji mengatasi masalah terorisme (teroris: istilah yg dipakai Barat utk para pejuang HAMAS)
12 Des 1998Pertemuan Majelis Nasional Palestina digelar di Gaza. Pertemuan ini sudah di-setting AS dan Israel, sehingga keputusannya: menghapus salah satu isi deklarasi nasional Palestina yg menyebut ”menghapuskan Israel.”
22-24 Mei 2000Tentara Zionis angkat kaki dari wilayah Lebanon selatan stlh bercokol di sana selama 22 tahun. Selama itu pula, tentara Hizbullah tak pernah henti berusaha mengusir Israel dan akhirnya, Israel pun menarik pasukannya dari Lebanon. Kemenangan ini menginspirasi rakyat Palestina.
28 Sept 2000Intifadah Kedua dimulai (dipimpin oleh HAMAS, sementara PNA alias eks-PLO selalu berusaha menghentikan gerakan HAMAS. PNA telah menjadi alat bagi Israel utk memberangus perjuangan bangsa Palestina)
22 Maret 2004Pemimpin HAMAS, Syeikh Ahmad Yasin, gugur syahid akibat teror Israel.
17 April 2004Abdul Aziz Rantisi, pemimpin HAMAS (pengganti Syeikh Ahmad Yasin) gugur syahid akibat teror Israel.
9 Juli 2004Mahkamah Int’l menetapkan bhw pembangunan Tembok Zionis adalah illegal, namun ketetapan ini tdk dihiraukan Israel. Pembangunan tmbok terus dilanjutkan shg membentuk sebuah penjara raksasa bagi banyak perkampungan Palestina.
26 Okt 2004Gigihnya perjuangan Intifadah II membuat Israel kewalahan dan mengesahkan program penarikan mundur dari Jalur Gaza, sambil merancang konspirasi lain. Antara lain: penarikan mundur ini di-blow up media massa utk mengesankan bahwa Israel bersedia berdamai.
11 Nov 2004Yaser Arafat tewas akibat diracuni oleh Zionis
Sept 2005Dimulainya penarikan mundur tentara Israel dari Jalur Gaza. Inilah kemenangan para pejuang Palestina setelah 38 tahun. Namun, hingga kini, Israel terus melancarkan serangan dan teror ke Jalur Gaza.

Baca selanjutnya: Sejarah Awal Berdiri Negara Turki

Terkait Palestina

Pos terkait