5 Alat Visualisasi Data Terbaik untuk Startup

  • Whatsapp

Representasi visual dari data Anda memiliki beberapa kegunaan penting. Bagan, grafik, peta, dan infografis dapat membantu memberi informasi kepada orang lain dan menyoroti pentingnya temuan Anda. Mereka dapat menjadi referensi cepat untuk penelitian lebih lanjut. Infografis yang dirancang dengan baik juga dapat digunakan untuk tujuan pemasaran. Mampu menafsirkan data relevan Anda kepada mereka yang tidak tahu tetapi masih memegang kunci kesuksesan startup Anda sangat penting. Saat mempromosikan bisnis kepada calon investor, Anda harus menyampaikan proyeksi, tren, dan data lainnya dengan jelas.

Untungnya, ada beberapa solusi untuk menerjemahkan data Anda menjadi grafik yang terlihat profesional yang dapat Anda tambahkan ke presentasi, rencana bisnis, dan materi pemasaran tanpa perlu menyewa seniman grafis. Program ini dapat membantu Anda memilah-milah banyak data untuk lebih memahami temuan Anda. Mulai dari dasar dan terjangkau hingga komprehensif dan kelas atas.

Bacaan Lainnya

1. Tableau

Tableau

Tableau adalah salah satu alat analisis dan visualisasi data paling populer dan canggih di pasaran. Dengan tool ini dapat mengintegrasikan lusinan sumber data dan menyusunnya menjadi visualisasi yang dapat disesuaikan dan interaktif. Saat Anda berurusan dengan data besar, platform membantu menyusun analitik dan memilah-milah untuk apa yang paling relevan.

Tableau terintegrasi dengan bentuk paling populer dari sumber data, termasuk SQL Server, Excel, Google Analytics, dan Salesforce. Dengan opsi tampilan seperti peta panas dan plot sebar, Anda dapat membuat data interaktif dan dapat dibagikan ke seluruh organisasi untuk kolaborasi. Tableau adalah program yang kompleks, tetapi situs webnya memiliki basis pengetahuan dan panduan yang komprehensif, berisi bantuan dan tip untuk menciptakan visualisasi yang mengesankan.

Tableau tersedia di desktop dalam edisi pribadi dan profesional, dengan harga $ 35 hingga $ 70 per bulan per pengguna. Versi server untuk cloud lokal dan publik tersedia dengan harga $ 35 per bulan per pengguna, dan versi yang dihosting di cloud dengan penyimpanan 100GB yang disebut Tableau Online tersedia dengan harga $ 45 per bulan per pengguna.

2. Plotly

Plotly

Plotly adalah platform open-source untuk menyesuaikan proses visualisasi data Anda. Versi berbayar dari platform, yang tersedia untuk penggunaan cloud dan di lokasi, memiliki antarmuka untuk menyusun visualisasi data, dasbor, dan laporan tanpa pengkodean.

Namun, untuk pengembang yang akrab dengan JavaScript atau Python, ada versi sumber terbuka gratis di mana Anda dapat memprogram perpustakaan sendiri untuk digunakan pada platform dan membagikannya. Platform ini paling cocok untuk data scientist yang menginginkan kontrol mutlak atas interpretasi data mereka, hingga bagian belakang program. Ada umpan yang menampilkan bagan dan visualisasi pemrogram lain untuk memberi Anda ide, serta basis pengetahuan ekstensif yang diisi dengan tutorial untuk jenis visualisasi tertentu.

Versi cloud dari platform mulai dari $ 59 per pengguna per tahun. Versi lokal mulai dari $ 9.960 per tahun. Plotly juga menawarkan konsultasi untuk menganalisis kebutuhan data Anda dan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari platform.

3. ArcGIS Online

ArcGIS Online

ArcGIS adalah sistem informasi geografis tingkat lanjut dengan berbagai aplikasi, termasuk visualisasi data dengan parameter geografis. Anda dapat membuat peta yang interaktif dan mengesankan secara visual dengan data yang Anda kompilasi. Ini memungkinkan Anda membuat peta panas, model analitik berbasis lokasi, peta interaktif dengan jendela pop-up, dan bahkan rendering peta 3D.

ArcGIS mencakup ratusan peta dasar yang siap digunakan dari seluruh dunia yang mencakup informasi topografi, perbatasan, batas, dan peta jalan, yang Anda tambahkan lapisannya dan sesuaikan dengan data Anda sendiri. ArcGIS Online berbasis cloud dan dapat disesuaikan dengan lusinan aplikasi tambahan.

Akun kontributor untuk ArcGIS Online memungkinkan Anda membuat dan menyesuaikan peta, adalah $ 42 per pengguna per bulan. Anda dapat menambahkan akun pemirsa, yang memungkinkan pengguna mengakses antarmuka hanya untuk melihat peta yang dibuat oleh organisasi Anda, dengan biaya $ 9 per pengguna per bulan.

Baca juga: Aplikasi Absensi online gratis dan premium

4. Google Charts

Google Charts

Google Charts adalah alat gratis yang ditawarkan oleh Google bagi pengembang dan ilmuwan data untuk membuat bagan, grafik, dan visual lainnya sendiri dengan datanya. Grafik yang dibuat dengan Google Charts bersifat interaktif dan dinamis, berdasarkan HTML5 sehingga Anda dapat menyematkan visual ini ke situs web Anda.

Tool ini direkomendasikan untuk pengguna yang terbiasa dengan HTML dan JavaScript, tetapi dapat diakses oleh pemula. Google menyediakan panduan besar dengan referensi dan template untuk membuat jenis visual tertentu dan cara menerapkan kumpulan data yang berbeda.

Ini adalah alat untuk membuat visual dasar, tetapi Anda masih dapat membuat visual yang mengesankan dan kompleks dengan itu tergantung pada keterampilan pemrograman.

5. Infogram

Infogram

Infogram adalah platform yang ideal untuk membuat grafik yang berdampak, berbasis data untuk presentasi dan pemasaran. Program ini memungkinkan Anda untuk tidak hanya menghasilkan visualisasi data yang akurat, tetapi juga menyesuaikan presentasi dan estetika infografis dengan sangat detail.

Anda dapat mengimpor data Anda dari berbagai sumber, termasuk file CSV, file Excel, dan beberapa database online yang kompatibel. Anda dapat menarik dan melepas elemen dalam grafik agar terlihat menarik secara visual dan konsisten dengan merek Anda. Anda dapat mengekspor grafik sebagai file gambar untuk ditambahkan ke laporan dan presentasi. Anda juga dapat membuat grafik yang dinamis dan interaktif untuk ditambahkan ke situs web.

Akun dengan penagihan tahunan mulai dari $ 19 per bulan untuk tingkat Pro. Akun tim yang dimulai dengan tiga pengguna mulai dari $ 149 per bulan. Ada juga akun Basic gratis dengan fitur terbatas yang dapat Anda gunakan untuk mencoba antarmuka.

Baca juga: Panduan lengkap Riset Pasar untuk Pemilik Bisnis

Pos terkait