5 Aplikasi Absensi online gratis dan premium

OnTheClock Aplikasi Absensi terbaik untuk Bisnis Kecil

5 Aplikasi Absensi online gratis dan premium akan mendigitalkan proses pelacakan kapan karyawan datang dan kapan mereka pulang. Software di bawah ini menawarkan aplikasi seluler dan opsi jam masuk jarak jauh untuk tenaga kerja terdistribusi. Sistem absensi menawarkan laporan dan ekspor karyawan yang akan memberikan data ke sistem penggajian Anda. Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis kecil dan profesional HR yang mencari aplikasi absensi karyawan gratis terbaik dan premium.

Aplikasi absensi sangat penting untuk melacak berapa lama karyawan bekerja setiap hari. Solusi terbaik mudah digunakan, memberi karyawan berbagai cara untuk masuk dan keluar, mengelola waktu libur berbayar, dan mudah diintegrasikan dengan layanan penggajian. Untuk menemukan software absen terbaik untuk bisnis kecil, kami menganalisa lebih dari 100 opsi, namun dari sekian banyak software kami memilih 5 aplikasi saja berdasarkan sejumlah faktor, termasuk biaya, kemudahan penggunaan, opsi integrasi, dan fitur berharga.

1. OnTheClock: Aplikasi Absensi online terbaik untuk Bisnis Kecil

OnTheClock Aplikasi Absensi terbaik untuk Bisnis Kecil

OnTheClock sebagai aplikasi absensi online terbaik untuk bisnis kecil, karena mencakup fitur yang solid dengan harga rendah dan menerima ulasan yang sangat baik dari pengguna saat ini. OnTheClock menawarkan fitur penjadwalan, yang sangat cocok untuk industri seperti layanan kesehatan rumah dan ritel, serta penagihan, yang berguna untuk bisnis kantor yang berfokus pada klien.

Yang terbaik dari OnTheClock adalah menyediakan paket gratis yang tangguh dan berbayar namun terjangkau. Untuk memulai dengan OnTheClock, Anda cukup mengunduh softwarenya; Anda tidak perlu berlangganan atau membayar dengan kartu kredit.

Catatan:

  • Layanan ini gratis untuk dua karyawan pertama dan $ 3 atau kurang per karyawan tambahan.
  • OnTheClock memiliki semua fitur yang dibutuhkan bisnis dari sistem aplikasi.
  • Dukungan telepon tidak tersedia pada akhir pekan.

2. QuickBooks Time: Software absensi online terbaik untuk Bisnis

QuickBooks Time software absensi gratis terbaik untuk Bisnis

QuickBooks Time adalah aplikasi absensi gratis yang ideal untuk bisnis dengan karyawan yang bekerja di lapangan. Bisnis dengan karyawan yang sedang bepergian menginginkan aplikasi absensi yang akan memudahkan karyawan tersebut untuk mencatat waktu mereka.

Anda ingin memberi mereka fleksibilitas untuk masuk dan keluar dengan berbagai cara, seperti melalui laptop, telepon, aplikasi seluler, atau bahkan media sosial. Selain itu, bisnis dengan karyawan jarak jauh ini merupakan sistem yang memungkinkan untuk mengawasi seorang atau lebih karyawan guna memastikan mereka bekerja dari tempat yang seharusnya.

Catatan:

  • QuickBooks Time menggunakan geoteknologi untuk melacak karyawan lapangan selama mereka bekerja.
  • Ada berbagai cara pekerja dapat melacak waktu mereka.
  • Aplikasi ini tidak berfungsi dengan waktu tradisional.

3. When I Work: Aplikasi absensi online terbaik untuk Restoran dan Ritel

When I Work sistem absensi terbaik untuk Restoran dan Ritel

When I Work adalah solusi ideal untuk bisnis yang memiliki pekerja shift, seperti restoran dan toko ritel, karena tidak hanya melacak kapan karyawan memulai dan mengakhiri shift mereka, tetapi juga menyertakan alat penjadwalan gratis yang memungkinkan software untuk secara otomatis membandingkan jadwal dengan jam sebenarnya. Aplikasi ini juga menawarkan sejumlah fitur berharga lainnya, termasuk opsi jam masuk foto untuk mencegah manipulasi absensi, peringatan lembur, dan manajemen PTO.

Software ini bertarif mulai dari $ 2 per karyawan per bulan, yang akan memberikan Anda akses ke alat penjadwalan. Jika Anda menginginkan semua fitur biayanya tambahan $ 2 per karyawan per bulan. Tidak diperlukan kontrak, dan Anda dapat menguji aplikasi ini selama 14 hari secara gratis.

Catatan:

  • When I Work menyertakan alat penjadwalan yang kuat.
  • Software ini terintegrasi dengan berbagai solusi penggajian populer.
  • Jika membutuhkan dukungan pelanggan, Anda harus masuk ke akun untuk mengobrol dengan perwakilan.

4. TimeClick: Software Absensi di tempat Terbaik

TimeClick Software Absensi di tempat Terbaik

TimeClick adalah aplikasi absensi di tempat terbaik. Software ini cocok untuk bisnis yang beroperasi dalam kantor tradisional. Aplikasi TimeClick memungkinkan Anda untuk melacak secara akurat kapan karyawan memulai dan mengakhiri shift mereka, serta lembur dan PTO. TimeClick terintegrasi dengan QuickBooks dan menawarkan lebih dari dua lusin laporan karyawan.

Tidak seperti sistem yang dihosting di cloud yang memiliki biaya berulang setiap bulan, TimeClick hanya mengenakan biaya lisensi satu kali. Biayanya berkisar dari $ 99 hingga $ 1.199 dan didasarkan pada jumlah lisensi dan karyawan. TimeClick menawarkan uji coba gratis 30 hari.

Catatan

  • TimeClick memiliki berbagai paket harga.
  • Anda membayar biaya lisensi satu kali, bukan biaya bulanan.
  • Lisensi hanya mencakup satu tahun dukungan.

5. Clockify: Aplikasi absensi online terbaik jarak jauh

Aplikasi absensi terbaik untuk Pekerja Kantor Jarak Jauh

Clockify adalah aplikasi absensi yang cocok untuk bisnis dengan tim jarak jauh. Software ini memungkinkan karyawan untuk melacak waktu mereka menggunakan aplikasi desktop, browser web, dan aplikasi seluler untuk iOS atau Android. Ini dapat melacak jam kerja pada proyek tertentu, serta PTO, dan menawarkan integrasi dengan berbagai program, termasuk software manajemen proyek dan solusi manajemen hubungan pelanggan.

Clockify memiliki paket “gratis selamanya” yang mendukung karyawan dan proyek tanpa batas, serta tiga paket berbayar yang menawarkan fitur dan alat tambahan. Ada dua paket biaya tetap sebesar $ 9,99 dan $ 29,99 per bulan, dan paket dengan biaya $ 9,99 per karyawan per bulan. Anda akan mendapatkan dua bulan gratis jika membayar setiap tahun.

Catatan

  • Clockify menawarkan paket gratis selamanya.
  • Dua paket yang ditingkatkan mengenakan biaya bulanan tetap, terlepas dari berapa banyak karyawan yang Anda miliki.
  • Clockify tidak menyertakan alat penjadwalan.

Harga Aplikasi Absensi Online

Biasanya ada dua model harga untuk Aplikasi Absensi Online. Untuk layanan langganan yang dihosting di cloud, biasanya harus membayar biaya bulanan berulang berdasarkan jumlah karyawan yang Anda miliki. Beberapa kelebihan Aplikasi Absensi Online adalah sistem lokal yang diunduh dan disimpan di komputer Anda. Untuk software tersebut, Anda biasanya hanya akan membayar biaya lisensi satu kali.

Aplikasi Absensi Online yang dihosting di cloud biasanya berharga antara $ 1 dan $ 10 per bulan per karyawan. Beberapa penyedia juga mengenakan biaya bulanan. Biaya tambahan lainnya mungkin termasuk biaya untuk pemasangan atau penyiapan. Biaya dukungan biasanya termasuk dalam harga langganan bulanan Anda.

Jika memilih sistem ketepatan waktu yang Anda unduh ke komputer dan dihosting di jaringan Anda, biaya akan berkisar dari $ 100 hingga $ 400 per lisensi. Plus, Anda harus membeli komputer dan, dalam beberapa kasus, jam waktu fisik. Secara umum, Anda juga harus membayar biaya dukungan tahunan jika membutuhkan dukungan teknis setelah periode pemasangan habis.

Aplikasi absensi yang dihosting di cloud biasanya berharga antara $ 1 dan $ 10 per karyawan per bulan, dan sistem di tempat berharga antara $ 100 dan $ 400 per lisensi.

11 Fitur Aplikasi Absensi Online

Aplikasi Absensi Online menggantikan jam waktu yang dipasang di dinding, lembar waktu kertas, dan spreadsheet yang membingungkan. Aplikasi ini menyediakan cara yang mudah dan akurat bagi karyawan untuk masuk dan keluar kantor dengan tepat waktu. Semua software absensi menawarkan laporan lembar waktu yang dapat dikonfigurasi yang dapat diekspor ke sistem penggajian Anda, dan sebagian besar menyertakan fitur yang berguna seperti otomatisasi, komunikasi tim, dan pengingat.

Berikut adalah ikhtisar dari banyak fitur yang ditawarkan aplikasi absensi:

1. Pelaporan waktu

Aplikasi absensi modern dapat berinteraksi langsung dengan jam waktu yang ada, atau Anda dapat membiarkan karyawan masuk dan keluar menggunakan browser web atau aplikasi seluler. Beberapa sistem mengizinkan pekerja masuk dan keluar melalui telepon, Apple Watch, media sosial, pesan teks, dan Slack.

Sebagian besar memungkinkan Anda menetapkan aturan kapan karyawan dapat masuk dan keluar, serta menghitung waktu lembur. Aplikasi lainnya ada yang lebih menyederhanakan pelacakan waktu untuk tim yang bekerja pada jam yang sama.

2. Biometrik

Untuk mencegah manipulasi absensi, beberapa Aplikasi absensi mengharuskan pekerja memasukkan kode, lencana, sidik jari, atau foto saat mereka masuk atau keluar. Sistem ini mengonfirmasi bahwa Anda hanya membayar untuk waktu kerja dan membayar setiap pekerja dengan benar.

3. GPS

Selain memungkinkan karyawan masuk dan keluar dari perangkat seluler, banyak aplikasi absensi yang menyertakan geoteknologi. Misalnya, geofencing memungkinkan pemberi kerja menetapkan koordinat tertentu dari mana karyawan dapat masuk dan keluar, sehingga memastikan bahwa karyawan tersebut berada di lokasi kerja saat mereka masuk.

Opsi lainnya adalah geolokasi, yang mencatat koordinat GPS tertentu secara berkala (seperti setiap jam) atau setiap kali seorang karyawan masuk atau keluar. Pengusaha dapat meninjau koordinat tersebut untuk memastikan pekerja berada di tempat mereka seharusnya sepanjang hari.

4. Penjadwalan

Banyak Aplikasi absensi yang menyertakan alat penjadwalan bawaan. Anda dapat membuat jadwal karyawan untuk hari kerja, jam kerja, janji temu atau shift. Banyak juga yang menyertakan templat penjadwalan yang dapat digunakan kembali dari minggu ke minggu.

5. Manajemen PTO

Sebagian besar Aplikasi absensi memungkinkan untuk mencatat waktu sakit, waktu liburan, dan jenis waktu libur berbayar dan tidak berbayar lainnya, seperti FMLA, dan kematian. Selain itu, sebagian besar platform mengizinkan karyawan meminta waktu istirahat langsung di dalam perangkat lunak, dan manajer dapat menyetujui atau menolak permintaan tersebut.

6. Pelacakan pekerjaan

Beberapa sistem mencatat waktu karyawan terhadap proyek atau tugas tertentu. Ini adalah alat yang berharga untuk bisnis yang menagih klien atas waktu yang dihabiskan karyawan untuk pekerjaan proyek dan tugas klien.

7. Peringatan

Beberapa Aplikasi absensi dapat memberi tahu manajer ketika karyawan mereka masuk atau keluar untuk hari itu. Mereka juga dapat mengingatkan karyawan untuk keluar dan memberi tahu manajer saat karyawan akan bekerja lembur.

8. Laporan tenaga kerja

Sebagian besar Aplikasi absensi memberikan laporan yang merinci jam kerja, upah dan jadwal pekerja, dan beberapa sistem menawarkan fitur-fitur canggih, seperti biaya tenaga kerja.

9. Integrasi

Sebagian besar Aplikasi absensi terintegrasi dengan layanan penggajian melalui CSV atau antarmuka perangkat lunak. Ini menghemat waktu ketika Anda menjalankan penggajian dengan memastikan bahwa perhitungan lembur dan pemotongan waktu istirahat sudah benar dalam sistem penggajian.

10. Dasbor

Beberapa software absensi juga menyertakan dasbor digital yang memberi manajer gambaran umum tentang karyawan mana yang harus dikeluarkan.

11. Konfigurasi

Sebagian besar perangkat lunak absensi memungkinkan untuk mengatur aturan penjadwalan Anda sendiri, menukar shift, menghitung waktu, dan membayar istirahat.

Selain menyediakan cara mudah bagi pekerja untuk masuk dan keluar, aplikasi absensi menawarkan fitur seperti penjadwalan, manajemen PTO, laporan terperinci, dan peringatan.

3 manfaat aplikasi absensi yang perlu anda ketahui

Sistem ketepatan waktu, jika diatur dan digunakan dengan benar, akan menghemat uang bisnis Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi absensi, karyawan tidak dapat lagi mengumpulkan jam kerja mereka sendiri atau jam kerja mereka untuk teman-temannya. Sebaliknya, aplikasi akan mendokumentasikan jam kerja karyawan Anda.

Sebagian besar alat penunjuk waktu juga menyertakan perangkat lunak penjadwalan sehingga Anda dapat menentukan dengan tepat kapan ingin karyawan bekerja. Berikut adalah beberapa keuntungan lain menggunakan aplikasi absensi:

1. Menjamin Akurasi

Dengan aplikasi anda dapat menghapus pencatatan manual, yang secara signifikan akan mengurangi kesalahan. Selain itu, bisnis dapat lebih mudah menunjukkan keakuratan dengan mematuhi aturan pelacakan lembur dan undang-undang ketenagakerjaan lainnya.

2. Menghemat Waktu

Software absensi akan menghemat waktu manajer dan staf yang biasanya menghabiskan waktu untuk menghitung jam kerja karyawan dan mentransfer informasi ke program aplikasi penggajian. Ini akan membebaskan tim back-office dan supervisor Anda untuk fokus pada tugas bisnis lainnya, karena semuanya akan berjalan secara otomatis dan tepat.

3. Wawasan Ke Jadwal Kerja Seseorang

Aplikasi absensi menguntungkan karyawan yang dapat melihat jadwal kerja mereka sebelumnya mereka akan menyadari bahwa mereka dibayar untuk semua waktu bekerja. Sebagian besar aplikasi absensi mudah digunakan, karena jam kerja karyawan menggunakan komputer atau perangkat seluler. Selain itu, sistem ini akan memberikan detail layanan mandiri kepada karyawan, seperti total jam kerja, jadwal mingguan, maupun permintaan cuti.

Aplikasi absensi dapat mengurangi kesalahan, menghemat waktu, dan memberi karyawan visibilitas ke dalam jadwal mereka.

Pos terkait