Bill Clinton dimakzulkan

19 Desember 1998 – Setelah melalui sebuah perdebatan selama hampir 14 jam, Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat menyetujui dua pasal pemakzulan terhadap Presiden Bill Clinton, menuntutnya karena berbohong di bawah sumpah presiden kepada dewan juri federal dan menghalangi keadilan. Clinton merupakan presiden ke-2 dalam sejarah Amerika yang akan dimakzulkan, berjanji untuk mengakhiri masa jabatannya.

Pada bulan November 1995, Clinton merupakan awal perselingkuhannya dengan Monica Lewinsky, wanita magang berusia 21 tahun. Selama satu setengah tahun, mereka melakukan perbuatan tak senonoh sebanyak hampir 12 kali di Gedung Putih.

Bulan April 1996, Lewinsky dipindahkan ke Pentagon. Musim panas itu, ia pertama kali menceritakan kepada rekan kerja Pentagon, Linda Tripp tentang hubungannya dengan Clinton.

Pada tahun 1997, setelah hubungan mereka berakhir, Tripp secara diam-diam mulai merekam percakapannya dengan Lewinsky, di mana Lewinsky memberikan rincian Tripp tentang perselingkuhan.

Di bulan Desember, pengacara Paula Jones yang menuntut presiden atas tuduhan pelecehan s*ksual, memanggil Lewinsky. Pada Januari 1998, diduga di bawah rekomendasi presiden, Lewinsky mengajukan pernyataan tertulis bahwa dia menyangkal pernah melakukan hubungan tersebut.

Lima hari kemudian, Tripp menghubungi kantor Kenneth Starr, penasihat independen Whitewater, untuk membicarakan tentang Lewinsky dan rekaman yang dia buat dari percakapannya dengan Lewinsky.

Tripp, dikirim oleh agen FBI yang bekerja dengan Starr, bertemu dengan Lewinsky lagi, dan pada 16 Januari, Lewinsky dibawa oleh agen FBI dan pengacara AS ke kamar hotel tempat dia ditanyai dan menawarkan perlindungan hukum jika dia bekerja sama dengan tuntutan.

Beberapa hari kemudian ia membuka suara, dan Clinton secara terbuka membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan, “Saya tidak memiliki hubungan dengan wanita itu, Ms. Lewinsky.”

Akhir bulan Juli, pengacara untuk Lewinsky dan Starr membuat perjanjian perlindungan hukum penuh terhadap Lewinsky dan orang tuanya, yang semuanya Starr telah mengancam akan dituntut.

Tanggal 6 Agustus, Lewinsky berbicara di depan dewan untuk memberikan kesaksiannya. Pada tanggal 17 Agustus Presiden Clinton memberikan kesaksiannya, mengakui kepada jaksa penuntut dari kantor penasihat independen bahwa ia telah berselingkuh dengan Ms. Lewinsky.

Selama empat jam kesaksian tertutup, Clinton berbicara langsung melalui televisi sirkuit tertutup kepada dewan di gedung pengadilan federal. Dia adalah presiden pertama yang bersaksi di hadapan dewan yang menyelidiki perilakunya.

Malam itu, Presiden Clinton juga memberikan pidato televisi empat menit kepada negara tempat dia mengakui telah melakukan hubungan yang tidak pantas dengan Lewinsky, namun tidak mengucapkan kata “penyesalan”.

Kurang dari sebulan kemudian, pada 9 September, Kenneth Starr menyerahkan laporannya dan 18 kotak dokumen pendukung ke Dewan Perwakilan Rakyat.

Dua hari kemudian dirilis ke publik, Starr Report menguraikan kasus untuk memakzulkan Clinton atas 11 alasan, termasuk sumpah palsu, obstruksi keadilan, perusakan saksi, dan penyalahgunaan kekuasaan, dan juga memberikan rincian eksplisit tentang hubungan tak pantas antara presiden dan Ms. Lewinsky.

Pada tanggal 8 Oktober, DPR mengesahkan penyelidikan pemakzulan yang luas, dan pada 11 Desember, Komite Kehakiman DPR menyetujui tiga pasal pemakzulan. Pada 19 Desember, DPR memecat Clinton.

Pada tanggal 7 Januari 1999, dalam prosedur kongres tertutup sejak sidang impeachment 1868 Presiden Andrew Johnson, persidangan Presiden Clinton berlangsung di Senat. Seperti yang diinstruksikan dalam Pasal 1 Konstitusi AS , hakim agung Mahkamah Agung AS (William Rehnquist saat ini) dilantik untuk memimpin, dan para senator disumpah sebagai anggota juri.

Lima minggu kemudian, pada tanggal 12 Februari, Senat memilih apakah akan mengeluarkan Clinton dari kantor. Presiden dibebaskan dari kedua pasal impeachment.

Penuntutan membutuhkan mayoritas dua pertiga untuk menghukum namun gagal dicapai. Menolak tuduhan sumpah palsu, 45 Demokrat dan 10 Republik memilih “tidak bersalah,” dan atas tuduhan menghalangi keadilan, Senat menhasilkan 50-50.

Setelah persidangan berakhir, Presiden Clinton mengatakan dia “sangat menyesal” atas perilaku tak pantas terhadap Kongres dan rakyat Amerika.

Baca juga: Donald Trump Dimakzulkan

Pos terkait