Dewa Matahari, Kuil Matahari Konarak

  • Whatsapp
Dewa Matahari, Kuil Matahari Konarak

Ilustrasi

Dewa Matahari, Kuil Matahari Konarak

Dewa Matahari, Kuil Matahari Konarak adalah Dewa Matahari Hindu yang berdiri di relung sebelah selatan tempat suci di Kuil Matahari Konarak, negara bagian Odisha, India. Kuil ini dibangun pada abad ke-13 Masehi (sekitar 1250 M) oleh Raja Narasimhadeva I (1238 – 1264 M) dari dinasti Gangga Timur (abad ke-8 M – abad ke-15 M).

Patung Dewa Matahari ini adalah salah satu dari beberapa patung dewa di India yang mengenakan sepatu bot. Dewa digambarkan berdiri di atas keretanya yang ditarik oleh tujuh kuda. Seluruh patung berdiri di atas alas klorit. Tingginya 3,38 meter, lebar 1,8 meter, dan tebal 71 cm.

Patung Dewa matahari di atas terlihat mengenakan pakaian rendah pendek dalam gaya laci (salah satu ujung pakaian ditarik di antara kaki dan terselip di pinggang di belakang) dan banyak ornamen. Ikat pinggang di pinggang, kalung dari lima tali manik-manik dengan jepit tengah, gelang lengan, cincin telinga dan mahkota.

Arca di atas diukir dengan kerumitan sedemikian rupa sehingga setiap manik dan motif terlihat jelas. Pada kepala terlihat rambut bersanggul dengan mahkota. Halo terlihat di sekitar kepala, dengan lidah api menjulur keluar. Dia memegang tangkai teratai di kedua tangannya dan dikelilingi oleh beberapa tokoh pembantu, termasuk penari surgawi dan seorang raja yang menundukkan penghormatan bersama dengan imam keluarganya.

Lisensi

wikipedialogo

Berdasarkan konten Wikipedia yang telah ditinjau, diedit, dan diterbitkan ulang. Gambar asli oleh Pratishkhedekar. Diunggah oleh Sejarah Negara Com, diterbitkan pada 23 Desember 2019 dengan lisensi berikut: CC BY-SA. Lisensi ini memungkinkan orang lain mencampur, mengubah, dan membangun karya Anda bahkan untuk alasan komersial, selama mereka menghargai Anda dan melisensikan kreasi baru mereka di bawah persyaratan yang sama. Harap perhatikan bahwa konten yang ditautkan dari halaman ini mungkin memiliki ketentuan lisensi yang berbeda.

Pos terkait