X

Pakaian Adat 34 Provinsi di Indonesia

Pakaian Adat 34 Provinsi – Indonesia terbagi menjadi 34 provinsi, di mana setiap provinsi memiliki pakaian tradisional dengan corak dan gayanya masing-masing. Baik warna, nama pakaian, maupun modelnya mempunyai khas dan makna sendiri-sendiri.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa negara Indonesia kaya akan budaya pakaian dari Sabang sampai Merauke. Walaupun saat ini pakaian modern terus berkembang, namun pakaian adat di setiap daerah Indonesia masih menjadi tetap ada. Hal ini dapat dilihat ketika ada upacara kenegaraan seperti hari kemerdekaan, seperti yang terlihat pada tahun 2019 lalu. Silahkan baca Pemenang Baju Adat HUT RI 2019

Pakaian adat merupakan simbol daerah yang penuh makna sekaligus bisa digunakan ciri khas budaya Indonesia. Secara tidak langsung, hal ini dapat menarik minat para wisatawan asing untuk berlibur ke Indonesia untuk menyaksikan keindahan alam sekaligus keragaman budayanya.

Dari semua provinsi di Indonesia terdapat berbagai macam dan corak pakaian adat dengan ciri khas dan keistimewaan masing-masing. Karenanya, kali ini Sejarah Negara Com terpanggil untuk memposting jenis pakaian adat dari setiap daerah atau provinsi di Indonesia, agar kita lebih mengenal budaya kita sendiri.

Di bawah ini adalah daftar pakaian tradisional atau baju adat dari 34 provinsi di Indonesia. Silahkan ikuti tautan untuk membaca artikel selengkapnya yang lebih mendetail.

Nanggroe Aceh DarussalamNusa Tenggara Barat (NTB)
Sumatera UtaraNusa Tenggara Timur (NTT)
Sumatera BaratKalimantan Barat
RiauKalimantan Tengah
Kepulauan RiauKalimantan Selatan
JambiKalimantan Timur
Sumatera SelatanKalimantan Utara
BengkuluSulawesi Utara
LampungGorontalo
Bangka BelitungSulawesi Tengah
BetawiSulawesi Selatan
Jawa BaratSulawesi Barat
BantenSulawesi Tenggara
Jawa TengahMaluku
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)Maluku utara
Jawa TimurPapua
BaliPapua Barat

Baca juga: Contoh Pakaian Adat

Referensi lainnya: 34 Pakaian Adat dari Berbagai Provinsi Terlengkap

Categories: Baju Adat
Tags: Indonesia