Biodata Lengkap Yustinianus I

  • Whatsapp
Wilayah Kekaisaran Bizantium
Wilayah Kekaisaran Bizantium. Warna merah menunjukkan wilayah saat Yustinianus naik takhta tahun 527, sedangkan warna jingga merupakan wilayah ketika Yustinianus wafat tahun 565.

Yustinianus I atau lazim dikenal dengan nama Yustinianus yang Agung, adalah Kaisar Romawi Timur (Bizantium) yang berkuasa dan memerintah dari tahun 527 hingga 565. Misi pemerintahannya, ia berusaha mengembalikan kejayaan kekaisaran dan menaklukkan kembali bagian barat Kekaisaran Romawi.

Yustinianus termasuk salah satu tokoh terpenting pada abad kuno. Pada masa kekuasaannya ditandai dengan renovatio imperii (restorasi kekaisaran) yang ambisius. Ambisi ini ditunjukkan melalui pemulihan sebagian wilayah Kekaisaran Romawi Barat, termasuk kota Roma sendiri.

Bacaan Lainnya

Pada masa pemerintahan Yustinianus yang Agung, ditulis hukum Romawi Corpus Juris Civilis yang menjadi dasar bagi hukum masyarakat di negara-negara modern. Budaya Bizantium berkembang, dan program pembangunannya melahirkan karya-karya besar, seperti pembangunan kembali Hagia Sophia yang menjadi pusat Ortodoks Timur selama berabad-abad.

Potret Yustinianus di Basilika San Vitale, Ravenna
Potret Yustinianus di Basilika San Vitale, Ravenna

Yustinianus Yang Agung dianggap sebagai santo oleh orang-orang yang menganut agama Ortodoks Timur. Ia juga dikenang dalam beberapa Gereja Lutheran.

Biodata Yustinianus yang AgungKaisar Bizantium

  • Berkuasa: 1 Agustus 527 – 14 November 565 (40 tahun, 97 hari)
  • Pendahulu: Yustinus I
  • Pengganti: Yustinus II
  • Lahir: 11 Mei 483, Tauresium, Dardania
  • Wafat: 14 November 565 (umur 82), Konstantinopel
  • Nama lengkap: Flavius Petrus Sabbatius Yustinianus
  • Wangsa: Yustinianus
  • Ayah: Sabbatius
  • Ibu: Vigilantia
  • Pasangan: Theodora

Mengapa Yustinianus I Terkenal?

Yustinianus I adalah seorang kaisar Bizantium yang berkuasa dari tahun 527 sampai 565. Dia salah satu tokoh paling penting dari zaman kuno. Selama masa pemerintahannya, ia berusaha untuk membangkitkan kembali keagungan kekaisaran dan merebut kembali bagian barat yang hilang dari Kekaisaran Romawi yang bersejarah. Karena kegiatan restorasinya, ia juga disebut “Romawi terakhir” dalam historiografi modern.

Catatan Sejarah dalam Kehidupan Justinian I

Dalam hidupnya, Yustinianus I memiliki catatan sejarah penting yang patut diingat, yaitu sebagai berikut:
Tanggal 1 April 0527 Kaisar Bizantium Justin I menamai keponakannya Justinian I sebagai wakil pemimpin dan penerus takhta.

Tanggal 1 Agustus 0527 Justinian I menjadi penguasa tunggal Kekaisaran Bizantium

Tanggal 7 April 0529 Draf pertama Corpus Juris Civilis (karya fundamental dalam yurisprudensi) yang diterbitkan oleh Kaisar Romawi Timur Justinian I

Tanggal 18 Januari 0532 Pemberontakan Nika terhadap Kaisar Justinian di Konstantinopel gagal, 30.000 dibunuh oleh pasukan yang setia kepada Kaisar di Hippodrome

Tanggal 7 Mei 0558 Di Konstantinopel, kubah Hagia Sophia ambruk. Justinian saya segera memerintahkan kubah dibangun kembali.

Pos terkait