14 Januari 2020 Microsoft Resmi Memutus Dukungan Windows 7

Microsoft Resmi Memutus Dukungan Windows 7 – Jika sebelumnya, tahun 2014 lalu Microsoft telah menghentikan dukungan terhadap sistem operasi Windows XP, rupanya awal tahun ini adalah peringatan bagi anda yang masih mengoperasikan komputer dengan Windows 7.

Dikutip dari laman resminya, microsoft memang telah berkomitmen ketika merilis Windows 7 10 tahun yang lalu, 22 Oktober 2009 bahwa dukungannya terhadap Windows 7 akan dihentikan pada 14 Januari 2020.

Lalu apa efeknya bagi yang masih menggunakan sistem operasi Win 7 pada pc/laptop? Setelah 14 Januari 2020 nanti (2 hari lagi) maka komputer anda tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan dan dukungan teknis dari Microsoft.

Apakah sudah tidak bisa digunakan, apakah masih bisa diinstal? Tidak usah khawatir, anda tetap saja bisa menginstal Windows 7 dan dapat digunakan seperti biasa. Hanya saja sistem operasi akan rentan terhadap resiko keamanan dan virus.

Microsoft juga akan menghentikan sejumlah layanan terkait Windows 7 secara bertahap, seperti Internet Backgammon dan Internet Checkers.

Peringatan!

Perlu anda ketahui bahwa perangkat lunak usang tanpa pembaruan keamanan akan rentan dan menjadi sasaran empuk para peretas.

Dilansir dari dari ZDnet, mengatakan Windows 7 merupakan sistem operasi paling banyak terserang virus Wannacry. Tercatat virus tersebut berhasil menyerang sekitar 300 ribu PC Mei 2017 lalu.

Untuk itu perlu dipertimbangkan lagi bagi yang masih menggunakan w7, bahwa tanpa pembaruan patch, windows akan rentan terhadap bug, seperti bug BlueKeep.

Hingga tahun ini masih sekitar 38% dari total pengguna Windows masih menggunakan W7. Sementara pebisnis kecil – menengah 47%, serta 38% dari PC perkantoran juga masih menggunakan Windows 7.

Saran dan Solusi

Saran resmi dari Microsoft bagi pengguna Windows 7 segera pindah ke Windows 10. Sebagai alternatif, bagi pengguna komputer yang terinstal Windows 7 dan kompatibel segera di-upgrade dengan membeli Windows 10 versi lengkap.

Bagi pengguna pc lama yang tidak kompatibel Microsoft tidak menyarankan untuk menginstal Windows 10. Jika tetap dilakukan, maka ketersediaan fitur akan mengalami penurunan.