Punahnya Dinosaurus Bukan Akibat Letusan Gunung, Ilmuwan Angkat Bicara

  • Whatsapp

Sejarah Negara Com – Selama ini banyak orang mengatakan bahwa punahnya dinosaurus akibat gunung meletus dan tabrakan asteroid. Ternyata ini belum merupakan jawaban final. Baru-baru ini ilmuwan angkat bicara bahwa bukan itu penyebabnya.

Seperti dikutip dari situs Mirror, Jumat, 17/01/2020, penelitian yang dilakukan oleh University College London dan University of Southampton dari Inggris, meyakini bahwa justru letusan gunung berapi tersebut membantu membentuk kehidupan di Bumi, setelah peristiwa kepunahan massal yang memusnahkan 75% spesies pada 66 juta tahun yang lalu.

Bacaan Lainnya

Para peneliti pun mencoba menjawab perdebatan mengenai kepunahan Cretaceous-Paleogene, apakah punahnya memang benar karena serangkaian letusan gunung berapi atau akibat tabrakan asteroid.

Dari catatan geologi ditunjukkan bahwa dampak dari letusan gunung terbesar di India menimbulkan pembentukan batu besar yang dikenal sebagai Deccan Traps.

Peristiwa 200 ribu tahun silam, sebelum K-Pg musnah. Inilah yang membuat para peneliti berasumsi bahwa aktivitas vulkanik tidak secara langsung berkontribusi terhadap punahnya dinosaurus.

Para peneliti berargumen bahwa hewan purba tersebut punah karena asteroid sepanjang 10 kilometer yang jatuh di Semenanjung Yukatan, Meksiko, dan membentuk kawah seluas 200 kilometer.

Untuk mengungkap teka-teki ini, para peneliti melakukan pemeriksaan terhadap fosil laut untuk mengetahui suhu lautan dan perubahan siklus karbon saat terjadi kepunahan.

Fosil mikroskopis tersebut diambil dari dasar laut dekat Newfoundland, Kanada, yang konon diketahui menjadi sejarah geologis saat dinosaurus punah. Kemudian para ilmuwan mengembangkannya menjadi model iklim karbondioksida ketika gunung berapi meletus.

Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa emisi gas vulkanik terjadi yang 200 ribu tahun lalu sebelum dinosaurus punah. Paul Wilson, seorang peneliti dari University of Southampton mengatakan bahwa letusan gunung berapi terjadi sebelum kepunahan massal.

Tetapi ternyata dampaknya bertepatan saat kepunahan. “Ini berarti gunung meletus bukan penyebab dari kepunahan massal dinosaurus,” tegasnya.

Pos terkait