NASA Akan Membangun Rumah di Mars

  • Whatsapp
NASA Akan Membangun Rumah di Mars

Sejarah Negara Com – Lagi-lagi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat alias NASA membuat kejutan dengan inovasinya. Impian untuk memiliki rumah bagi manusia di Planet Mars. Namun, kendala pertama yang perlu dicari solusinya adalah bagaimana agar material yang akan digunakan untuk membangun agar sampai di sana bukanlah perkara mudah.

Untuk mewujudkan impian ini, salah satu alternatif yang mungkin bisa di manfaatkan adalah dengan bahan atau material yang terbuat dari jamur.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman CNET, NIAC telah menyumbangkan dana hibah untuk penelitian bagaimana arsitektur jamur dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku rumah di Bulan dan Planet Mars.

Fokus penelitian ini adalah pada mycelia, salah satu bagian jamur yang mirip benang yang bisa tumbuh menyebar dan bercabang. Dalam kondisi pas, cabang dan persebaran mycelia tersebut akan membentuk struktur yang padat.

Dalam keterangan resminya NASA menjelaskan, benang-benang kecil tersebut akan membangun struktur kompleks dengan ketelitian ekstrim, berjejaring ke struktur besar seperti jamur.

Lebih lanjut diungkapkan bagaimana konsep wujud habitat dari jamur yang dikembangkan untuk koloni manusia di Planet Mars, dimana konsep habitat ini akan mencakup kubah yang memiliki 3 lapis material.

Lapisan paling luar terbuat dari air es yang dibekukan yang berfungsi sebagai pelindung dari radiasi. Air pelapis ini akan menetes ke lapisan kedua yang diisi cyanobacteria yang akan dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

Sedangkan lapisan terakhir terbuat dari mycelia yang berkembang secara organik dan akan membentuk material rumah yang kokoh.

NASA juga menambahkan, bahwa struktur dari mycelia akan dibiarkan tumbuh di dalam sebuah lingkungan tertutup untuk kemudian dipanggang untuk memusnahkan semua kehidupan yang ada di dalamnya.

Kokohnya struktur yang kokoh adalah melalui pemanggangan ini, untuk memastikan tidak ada kehidupan asing yang mengkontaminasi Planet Mars atau bakteri yang sudah hidup di sana.

Eksperimen para ilmuwan sebelumnya telah membuat obyek menggunakan mycelia. Tim peneliti dari Universitas Brown and Stanford sukses menciptakan kursi berbahan baku mycelia sebagai bagian dari proyek arsitektur-myco di NASA Ames Research Center 2018 lalu.

Principal Investigator Myco-Architecture NIAC, Lynn Rothschild mengatakan kita bebas bereksperimen untuk merancang kehidupan luar angkasa melalui ide dan material baru. Setelah prototipe ini dirancang untuk Planet Mars, maka kita bisa membawanya kembali ke bumi.

Pos terkait