Sejarah, Negara, dan Bisnis

Peta Jalur Perdagangan Kekaisaran Romawi dan Parthia

Peta Jalur Perdagangan Kekaisaran Romawi dan Parthia
Peta Jalur Perdagangan Kekaisaran Romawi dan Parthia

Peta di atas menunjukkan sistem rute perdagangan Romawi – Palestina, sekitar antara abad ke-1 dan ke-3 Masehi. Pada periode ini, Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Parthia merupakan dua negara adidaya di kawasan tersebut.

Sistem perdagangan Romawi-Parthia memainkan peran penting dalam geopolitik pada masa itu. Rute perdagangan maritim (laut) ditandai dengan warna biru, sedangkan rute perdagangan darat ditandai dengan warna oranye. Sebagai catatan, peta di atas tidak menunjukkan semua rute perdagangan, tetapi hanya diambil yang terpenting.

Kekaisaran Romawi

Peta Kekaisaran Romawi
Peta wilayah Kekaisaran Romawi

Kekaisaran Romawi adalah sebuah kerajaan dengan bentuk pemerintahannya monarki, terletak di kota Roma. Tidak banyak sumber tertulis pada zaman tersebut yang dapat menelusuri lebih jauh mengenai sejarah Kerajaan Romawi.

Memang ada beberapa sumber, namun ditulis hanya berdasarkan pada legenda. Sejarah Romawi Kuno berawal dari pendirian kota ini, yang diperkirakan sekitar tahun 753 SM dan berakhir setelah para raja di gulingkan pada tahun 509 SM.

Ada beberapa artikel yang bisa anda gunakan untuk menelusuri seputar Romawi Kuno, silahkan kunjungi link berikut:

Artikel pilihan
1 of 7

Kekaisaran Parthia

Peta Kekaisaran Parthia
Peta wilayah kekaisaran Parthia

Kekaisaran Parthia sering juga disebut dengan Kekaisaran Arsakid adalah sebuah kekuatan politik dan kebudayaan besar Persia kuno. Nama Arsakid diambil dari Arsakes I dari Parthia, pemimpin suku Parni yang mendirikan kekaisaran ini pada pertengahan abad ke-3 SM setelah menaklukkan wilayah Parthia di wilayah Iran timur laut. Pada saat itu, wilayah tersebut merupakan sebuah kesatrapan (provinsi) yang kemudian memberontak melawan Kekaisaran Seleukia.

Kekuasaan Mithridates I dari Parthia diperkirakan berlangsung mulai 171 SM hingga 138 SM). Dia memperluas wilayah kekaisarannya dengan merebut Media dan Mesopotamia dari Seleukia.

Sampai pada puncak kejayaannya, wilayah Kekaisaran Parthia terbentang mulai dari utara Efrat (di wilayah Turki tenggara) hingga Iran timur. Kekaisaran Parthia merupakan wilayah strategis yang terletak di Jalur Sutra dan terbentang mulai dari Kekaisaran Romawi di Cekungan Mediterania hingga Dinasti Han di Tiongkok, karenanya wilayah ini menjadi pusat perdagangan.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time