Kepulauan Kanari

  • Whatsapp

Kepulauan Kanari – Meskipun kepulauan ini pernah disinggahi oleh pelaut Mesir, Funisia, Yunani, dan Romawi kuno, Kanari tetap menjadi wilayah misterius karena keterpencilannya dari dunia peradaban.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa kepulauan ini adalah sisa benua Atlantis yang diperkirakan tenggelam persis di lokasi kepulauan itu. Orang Romawi menyebut kepulauan ini Canariae Insulae, atau ”kepulauan anjing”, setelah mereka menemukan banyak anjing besar di sana.

Bacaan Lainnya

Kepulauan itu juga disebut Fortunatae Insulae, atau “kepulauan keberuntungan”. Kelak kepulauan ini mengambil nama Kanari, nama burung pekicau kuning yang ditemukan di sana dan kini bahkan ditemukan di seluruh dunia.

Kepulauan Kanari adalah segugus pulau milik Spanyol yang berderet di Lautan Atlantik di lepas pantai barat laut Afrika, sekitar 110 km sebelah barat Maroko, dan 1.100 km barat daya Spanyol.

Kepulauan Kanari

Kunjungi peta Kepulauan Kanari di google map

Pembagian Kepulauan Kanari

Kepulauan ini dibagi menjadi dua provinsi, yaitu Provinsi Santa Cruz de Tenerife yang terdiri atas pulau Tenerife, Comera, La Palma, dan Hierro serta Propinsi Las Palmas yang terdiri atas Kanari Besar, Fuerteventura, dan kepulauan Lanzarote, beserta enam buah pulau kecil. Kota terbesarnya adalah Santa Cruz de Tenerife dan Las Palmas.

Kota dan pelabuhan Las Palmas
Kota dan pelabuhan Las Palmas yang sibuk, ibu kota Provinsi Las Palmas

Karena letaknya di sebelah utara garis tropik dan terpaan terhadap angin barat yang hangat, sebagian besar Kepulauan Kanari mempunyai iklim yang amat menyenangkan.

Akan tetapi, kondisi gurun mempengaruhi daerahnya yang menghadap ke arah angin Afrika yang kering dan panas. Jauh dari pantai, lahan menjulang terjal ke daerah gunung berapi beriklim sedang. Pico de Teide, di Tenerife, adalah gunung tertinggi di seluruh daerah jajahan Spanyol yang mencapai tinggi 3.720 m.

RAKYATdisebut bangsa Kanari
IBU KOTALas Palmas, Santa Cruz de Tenerife.
LETAK GEOGRAFISLautan Atlantik lepas pantai baratlaut Afrika.
WILAYAH7.242 km2
CIRI FISIK– Titik tertinggi Pico de Teide (3.720 m)
– Titik terendah-paras laut
PENDUDUK1.300.000 jiwa (perkiraan terakhir)
BAHASA UTAMABahasa Spanyol
AGAMA UTAMAKatolik Roma
PEMERINTAHANDaerah otonomi seberang lautan Spanyol yang diwakili dalam parlemen Spanyol.
KOTA UTAMALas Palmas, Santa Cruz de Tenerife
EKONOMI– Mineral utama-batu apung, belerang.
– Produk pertanian utama-pisang, tebu, buah jeruk, kentang, tembakau.
– Industri dan produk-pariwisata, ikan asin dan ikan kering.
– Ekspor utama-buah, ikan, sayur-mayur.
– Impor utama-peralatan mesin, barang jadi.
MATA UANG1 peseta Spanyol = 100 ce’ntimo

Penduduk Kepulauan Kanari

Kebanyakan penduduk kepulauan Kanari ini adalah petani. Di dekat laut dan di mana saja terdapat cukup air, pisang merupakan tanaman terpenting meskipun buah-buahan lain dan tebu juga ditanam. Di daerah yang sedikit lebih tinggi daripada paras laut, ditanam buah jeruk dan sayur-mayur. Jauh di atas gunung, hewan pun diternakkan.

Di tempat yang banyak airnya, pertanian sukses karena tanah vulkanis di Kepulauan Kanari sangat subur. Lautan yang mengelilingi kepulauan pun penuh ikan, yang menyediakan pangan bagi penduduk. Ikan kering dan ikan asin merupakan komoditi ekspor utama negeri itu.

Penduduk yang biasanya bekerja sebagai petani dan nelayan kini semakin banyak yang bekerja di industri perkapalan atau pariwisata. Kanari merupakan persinggahan jalan ke Atlantik, karena Columbus pernah singgah di sana dalam perjalanannya ke Amerika.

Banyak turis yang datang ke Kanari selama musim dingin dan musim semi. Di musim semi, pesta bunga pada perayaan Corpus Christi diadakan di Kanari Besar dan Tenerife.

Desain daun bunga yang rumit dan berwarna-warni diuntai dan digantungkan di depan rumah dan bangunan umum. Di sore hari banyak orang yang menikmati hiasan itu dan mencoba menilai mana di antara tata bunga itu yang terbaik.

Sejarah

Para pelaut Mesir, Funisia, Yunani, dan Romawi kuno berulang kali berlayar ke Kepulauan Kanari, tetapi kepulauan itu tetap tak dikenal oleh sebagian besar orang zaman kuno. Setelah jatuhnya kekaisaran Romawi pada tahun 476 Masehi, hanya ada sedikit kapal yang mengunjungi Kanari.

Beberapa abad setelah itu, hubungan antara Kanari dan dunia luar praktis terputus sama sekali. Dekat akhir abad ke-10 pedagang Arab mendarat di Kanari Besar dan berdagang dengan penduduk.

Selama abad ke-13 dan ke-14 para pelaut Portugis dan Prancis datang ke kepulauan itu. Namun, mereka tidak pernah mendirikan permukiman tetap di sana.

Di awal abad ke-15 Jean de Bethencourt, seorang Normandia yang bekerja untuk Raja Kastilia, mendarat di kepulauan Kanari yang saat itu dihuni oleh bangsa Cuanches, bangsa yang berasal dari Afrika Utara, yang melawan bangsa Eropa, tetapi akhirnya dikalahkan.

Banyak dari orang Normandia, yang kemudian diikuti oleh orang Spanyol, menikmati iklim dan keindahan Kanari itu demikian rupa sehingga mereka akhirnya menetap. Saat ini, nama keluarga seperti Bethencourt dan Bétancour merupakan nama pribumi warisan dari zaman lalu itu.

Spanyol melaksanakan pengawasan yang ketat atas kepulauan itu sampai akhir abad ke-15 dan berhasil menghalau setiap upaya penyerbuan dari bangsa lain. Pada tahun 1797, Admiral Inggris yang terkenal, Lord Nelson, kehilangan sebelah lengannya sewaktu menyerang kepulauan itu.

Pada tahun 1927, pemerintah Spanyol membagi Kanari menjadi dua provinsi yang masing-masing mempunyai wakil dalam parlemen Spanyol, Cortes. Pada tahun 1936 Francisco Franco melancarkan pemberontakan nasionalis melawan Republik Spanyol dari Kepulauan Kanari.

Artikel Terkait

Pos terkait