7 Tempat Wisata Terindah Di Aceh

ujong-seuke
ujong-seuke

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Provinsi Aceh bukan hanya terkenal sebagai daerah yang taat beragama, kota yang bergelar Serambi Mekah ini juga mempunyai alam yang menawan dan eksotis. Wilayah Aceh berbatasan langsung dengan provinisi Sumatera Utara, wilayah Aceh juga terdiri dari satu pulau yang menyambung dengan pulau Sumatera dan beberapa pulau kecil seperti pulau We, pulau Breueh, pulau Nasi, pulau Bunta, dan pulau Teunom.

Kali ini kami ingin mengulas tentang 7 Tempat Wisata Terindah Di Aceh, sebagai bahan referensi Anda dalam berwisata ke daerah ini. Obyek wisata terbut antara lai : Gua Sarang, Kuala Paret, Pantai Lampuuk, Gunung Seulawah Agam, Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, dan Diving di Pulau Weh.Berikut ini penjelasannya.

Gua Sarang – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Gua Sarang Aceh
Gua Sarang Aceh

Tidak hanya laut bagian Timur Indonesia yang indah, tetapi dari Sabang sampai Marauke Indonesia itu memang sempurna, misalnya Gua Sarang yang berada di pulau We, pulau paling barat Indonesia. Lokasi tepatnya di Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, di Balek Gunung atau antara Pantai Pasir Putih dan Lhong Angen.

Kawasan ini adalah kawasan hutan lindung yang masih sangat alami. Panoramanya serupa dengan Phi Phi Island di Thailand, laut biru yang jernih dengan tebing-tebing tinggi yang kokoh. Alm sekitar Gua Sarang ini belum crowded jadi berasa lebih private dan lebih bebas menikmatinya.

Untuk menuju Gua Sarang ada 2 pilihan jalan yang bisa Anda lalui, yaitu jalur darat dan laut. Untuk jalur laut, Anda perlu menyewa perahu nelayan dan harus didampingi oleh pemandu dari penduduk sekitar Pasir Putih atau Iboih.

Perlu diingat agar menghindari berpergian saat bulan Mei sampai September, karena pada bulan-bulan ini angin barat sedang bertiup kencang, jadi cukup ekstrem dan sedikit berbahaya jika melewati laut tanpa pemandu.

Yang mengagumkan, selama perjalanan laut tersebut, Anda akan menikmati pemandangna yang sangat eksotis dari tebing-tebing di pulau We ini, laut biru yang jernih pun semakin menggoda untuk diarungi.

Sedangkan kalau Anda menggunakan jalur darat, memakan waktu sekitar 1 jam dari Sabang kota. Dari Sabang, Anda menempuh Jl.Cut Nyak Dien. Sampai di pantai Gapang, Anda akan menjumpai persimpangan yang menuju ke The Pade Resort, ikuti arahnya, lalu Anda akan melewati kawasan komplek TNI-AD (Kompi Balek Gunung).

Setelah melewati komplek TNI berarti pertanda bahwa kita hampir sampai di lokasi dan terakhir kita berhenti di perkebunan warga. Dari kebun inilah Anda mulai berjalan kaki menuju ke lokasi Gua Sarang.

Setelah menerobos kebun, Anda harus turun melewati tebing curam dan hutan, lalu akan berjalan lagi menyusuri pinggiran pantai Balek Gunung dengan berjalan diatas batu-batu di tepi pantai sebelum sampai ke lokasi Gua Sarang tersebut.

Ujong Seuke – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Ujong Seuke merupakan anjungan pulau Weh yang menjulang medekati pulau Sumatra (Banda Aceh). Ujoeng Seuke artinya “Ujung Pandan”, mungkin karena banyak pohon seuke disekitar lokasinya.

Gambar Ujong Seuke - Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Selain panoramanya yang menawan, Ujong atau Ujung Seuke juga merupakan spot mancing favorit. Lokasinya berada sekitar 13 kilometer  dari kota Sabang, jalanannya cukup mulus tapi untuk mencapai lokasi ini Anda harus tetap menerobos hutan.

Kuala Paret – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Pemandangan sungai di Kuala Paret ini sungguh menakjubkan. Di sini kita bisa melihat batu-batu besar yang terbelah menjadi aliran sungai. Di celah-celah batu tersebut air sungai yang jernih mengalir deras membelah perkebunan sawit.

Harap berhati-hati, jangan coba-coba untuk mandi di aliran ini karena sangat berbahaya. Arusnya yang sangat deras bisa mengakibatkan hal fatal yang tidak kita inginkan.

Anda harus rela bersusah payah dulu sebelum menikmati panorama Kuala Paret. Perjalanannya benar-benar menguras tenaga, jalanan yang berliku, sampai menuruni tebing batu dengan berpegangan ke akar pohon.

Gambar Kuala Paret - Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Kuala Paret berada di Aceh Tamiang, tepatnya di desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu. Kuala Paret dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari kota Kuala Simpang.

Berikut panduan untuk menuju Kuala Paret bila memulai perjalanan dari Langsa : Dari Arah Langsa, terus sampai ke Simpang Semadam belok kanan. Jalan terus menuju Pulau Tiga. Sampai Pulau Tiga , jalan ke arah desa Kaloy.

Selanjutnya, silakan bertanya pada penduduk setempat karena jalannya kecil tapi orang-orang sudah tahu jalannya. Hal yang bisa dijadikan alternatif untuk mereka yang melakukan perjalanan darat ke Aceh melalui Sumatera Utara.

Semua kelelahan Anda tidak akan sia-sia ketika melihat indahnya aliran sungai Kuala Paret ini. Batu-batu besar beserakan menjadi dinding sungai yang cantik. Namun tetap hati hati, jangan berkunjung pada saat hujan karena jalanan batu tersebut sangat licin jika basah.

Pantai Lampuuk – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Pantai Lampuuk Aceh
Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lampuuk adalah salah satu pantai yang diterjang tsunami Aceh beberapa tahun lalu.  Walau sempat porak poranda, namun pantai ini kembali bersemi dengan kecantikannya yang tak pernah luntur. Pantai Lampuuk menyimpan banyak keindahan yang menyejukkan mata. Mulai dari pasir putihnya yang sangat lembut dan bersih, hingga pemandangan bukit di seberang pantai.

Selain menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa mampir ke Mesjid yang bertahan saat tsunami melanda. Lokasi mesjidnya tersebut tidak jauh dari pantai Lampuuk.  Pantai Lampuuk sendiri berada di Jl.Raya Lampuuk sekitar 13 kilometer dari pusat kota Banda Aceh.

Gunung Seulawah Agam – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Bila Anda jenuh dengan wisata air, silakan mencoba naik ke gunung yang masuk dalam jajaran Bukit Barisan, yaitu Gunung Seulawah Agam. Selain dikenal sebagai Seulawah Agam, gunung yang berketinggian 1726 mdpl ini memiliki nama-nama lain seperti, Solawa Agam, Solawaik Agam, Selawadjanten, dan Goldberg.

Kawah Seulawah Agam dikenal sebagai Kawah Heutsz dan ada juga yang menyebut kawahnya sebagai Tanah Simpago.

Gambar Gunung Seulawah Agam - Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Gunung Seulawah Agam terbentuk akibat adanya pertemuan lempeng Indo-Australia yang bergerak relatif ke utara, menujam di bawah Lempeng Kerak Benua Eurasia. Akibat penuzaman ini maka terjadilah proses peleburan (melting) kerak Samudera Indo-Autralia menjadi magma, yang kemudian menerobos ke permukaan melewati zona lemah dan kemudian membentuk Gunung Seulawah Agam.

Dengan kondisi alam yang segar dan curah hujan yang tinggi maka di daerah tersebut banyak didapati bermacam jenis flora dan fauna seperti : Gajah yang di kenal dengan legenda Pocut Meurahnya, rusa, harimau, beruang, kancil, babi hutan, tenggiling, Landak dan ular, juga terdapat berbagai ragam jenis burung yang menghiasi kawasan ini.

Luasnya bukit yang terjal yang diselimuti oleh berbagai macam jenis kayu seperti meranti, copat, cemara, beramah, urip, deriam dan semantuk sehingga menjadi penyangga kehidupan bagi makhluk hidup di kawasan tersebut.

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan (Tahura PMI) berada diantara kaki Gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong, Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Seperti Taman Hutan Raya Juanda yang ngehits di Bandung, Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini juga lagi populer sebagai desntinasi wisaata di Aceh.

Gambar Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan - Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Di Tahura PMI ini Anda bisa melihat gajah yang hidup di habitat aslinya, selain itu ada juga spot selfie yaitu rumah pohonnya. Untuk masuk ke Tahura PMI, Anda harus melapor terlebih dahulu pada pos penjagaan komplek kantor unit pengelola Tahura PMI. Baru kemudian diizinkan masuk.

Selain rumah pohon, di lokasi tersebut juga terdapat sebuah air terjun, hanya saja untuk menuju air terjun ini membutuhkan perjuangan ekstra.

Diving di Pulau Weh – Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Pulau Weh bukan hanya mempunyai daratan dan pantai yang menakjubkan, tetapi keindahan bawah lautnya pun sangat mengagumkan. Pulau Weh sudah populer di kalangan para penyelam, oleh sebab itu tempat wisata ini sering dikunjungi para penyelam dari berbagai negara.

Gambar Diving di Pulau Weh - Tempat Wisata Terindah Di Aceh

Pantai Iboih atau taman laut Pulau Rubiah dan Pantai Gapang adalah tempat yang paling sering dikunjungi para penyelam.

Demikian informasi tentang 7 Tempat Wisata Terindah Di Aceh, sebagai bahan referensi Anda untuk berwisata.

Untuk mengetahui letak geografis provinsi Aceh dengan detail, silakan menyimak Peta Provinsi Aceh

Selain kaya akan keindahan alam, Aceh juga kaya dengan budaya yang beraneka ragam dan terlalu sayang untuk dilewatkan, misalnya Pakaian Adat dan Senjata Tradisional.

Pembahasan tentang Pakaian Adat, bisa Anda temukan pada artikel dengan tema Pakaian Adat Aceh. Sedangkan keunikan Senjata Tradisionalnya, silakan membaca Senjata Tradisional Aceh

Semoga semua pembahasan pada Blog ini bermanfaat, Terimakasih atas kunjungan Anda,