Sejarah, Negara, dan Bisnis

Sao Tome dan Principe

Sao Tome dan Principe – Di dekat garis khatulistiwa, di lepas pantai Afrika di Teluk Guinea, terletak negara pulau Sao Tome dan Principe. Kedua pulau tersebut dahulunya adalah propinsi seberang laut Portugal. Baik 550 Tomé maupun Principe kaya akan pemandangan yang indah.

Terdapat pegunungan yang tinggi dan tertutup vegetasi tropis yang lebat menghijau dan jurang dalam yang menuju ke laut. Di pedalaman, air ada di mana-mana.

Air meluncur dengan cepat dari air terjun di rimba belantara dan mengalir ke laut melalui sungai dan riam berarus deras. Jalur air tersebut dipertautkan oleh jembatan alam yang disebut ”jembatan ciptaan Tuhan”.

Peta wilayah Sao Tome dan Principe

Geografi dan Penduduk Sao Tome dan Principe

$50 Tome yang berwilayah 855 km2 itu adalah pulau yang lebih besar dan lebih padat penduduknya di antara kedua pulau utama tersebut. Banyak di antara penghuni pulau itu adalah keturunan para pemukim asli Portugis dan orang Afrika dari Gabon, Angola, Tanjung Verde, dan Mozambik.

Sebagian besar penduduknya adalah petani yang menanam pisang, ubi, dan singkong untuk makanan. Penangkapan ikan juga merupakan kegiatan yang penting.

Penduduknya mencakup buruh yang berasal dari Mozambik dan Angola yang bekerja serta tinggal di perkebunan cokelat yang bertebaran di seluruh kepulauan itu.

Perkebunan dan sebagian besar lahannya dimiliki oleh perusahaan pertanian besar Eropa atau tuan tanah yang tinggal di luar negeri. Produksi cokelat mendominasi ekonominya. Tanaman perdagangan lainnya adalah kopi, kopra, minyak kelapa, tunas kelapa, dan pisang.

Sao Tome dilengkapi dengan sebuah bandara dan suatu sistem perkeretaapian ringan yang digunakan oleh perkebunan. Pulau tersebut juga mempunyai jalan beraspal sepanjang 250 km.

lbu kota dan bandar laut utama di propinsi ini adalah kota kecil 550 Tomé. Kota ini terletak di bagian timurlaut pulau dan mempunyai sebuah museum yang bagus, beberapa gereja dan sebuah stasiun radio.

Wilayah ini mempunyai beberapa sekolah dasar, sebuah sekolah menengah dan sebuah sekolah teknik. Bahasa Portugis adalah bahasa resmi negara. Hampir seluruh penduduknya beragama Katolik.

Artikel pilihan
1 of 99

Pulau Principe yang jauh lebih kecil terletak 144 km sebelah timurlaut 550 Tome. Pulau yang tidak begitu padat penduduknya dibandingkan dengan 550 Tomé ini berwilayah 109 km2. Santo Antonio, yang terletak di pesisir timur Principe, adalah kota terpenting di pulau tersebut.

Sejarah dan Pemerintahan Sao Tome dan Principe

550 Tome dan Principe tidak berpenghuni ketika mula-mula dilihat oleh para pelayar Portugis pada abad ke-15. Kedua pulau tersebut dimukimi oleh orang Portugis dan Afrika yang dibawa sebagai budak untuk perkebunan tebu.

Kedua pulau itu menjadi propinsi seberang laut Portugis tahun 1522. Ketika nilai gula merosot, kepulauan tersebut menjadi titik persinggahan bagi jalur pengangkutan budak antara Afrika dan Amerika.

Dengan berakhirnya perbudakan pada abad ke-19, cokelat dan kopi dibawa masuk dan tetap menjadi produk utama kepulauan itu.

550 Tomé dan Principe menjadi bagian Portugis sampai tercapainya kemerdekaan pada 1975. Sesuai konstitusi 1990, Perdana menteri menjadi kepala pemerintahan.

Kepala negaranya, presiden yang diangkat untuk masa jabatan 5 tahun. Anggota badan legislatif juga untuk masa jabatan 5 tahun. Manuel Pinto da Costa, presiden pertama negara ini sejak tahun 1975, tidak terpilih Iagi dalam pemilihan tahun 1991.

Pada pemilihan umum multipartai yang pertama di tahun 1991 ini, Miguel Trovoada dari Partai Konvergensi Demokratis terpilih sebagai presiden. Pemilihan berikutnya dijadwalkan pada April 1996.

Peta, Bendera, dan Lambang Negara

Diulas Oleh:
RAUL SERGIO PINTO BALDAIA Mantan Ketua Kabinet, $50 Tomé dan Principe
Editor: Sejarah Negara Com

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time