Sejarah Negara Com
Ensiklopedia sejarah dan negara

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) terletak di bagian tenggara Jazirah Arabia yang luas pada suatu jalur sepanjang 640 km dari garis pantai yang membatasi Teluk Persia. Daerah ini pernah disebut Pantai Perompak karena dahulu merupakan tempat pertemuan para perompak.

Belum lama berselang daerah itu terkenal sebagai Negara-Negara Perjanjian atau Oman Perjanjian. Uni Emirat Arab terdiri atas tujuh negara, yaitu: Abu Dhabi, Dubai (Dibai), Sharia, Aiman, Umm al Qaiwan, Ras al Khaima, dan Fujaira.

Wilayah dan Sejarahnya

Luas negara itu adalah 83.600 km2. Sebagian besar daerah ini adalah padang pasir yang rata. Titik tertinggi ada di wilayah timur, tempat tanah itu naik sampai ke Tanjung Oman.

Sampai abad ke19, perekonomian negara terutama didasarkan atas perompakan, yang barangkali merupakan satu-satunya cara untuk terus hidup dalam suatu iklim kering dan berdebu yang tidak cocok untuk pertanian.

Lekuk-lekuk teluk di sepanjang pantai itu merupakan tempat bersembunyi yang baik bagi kapal-kapal bajak laut. Selama abad ke-18 dan awal abad ke-19 kapal Inggris sering menjadi korban dari perompakan itu.

Pada tahun 1820 babak pertama dari serangkaian perjanjian (perlucutan senjata) diadakan antara Britania Raya dan para Syekh yang berkuasa.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa perbajaklautan dan perdagangan budak terlarang dan memberikan kuasa kepada Britania Raya untuk urusan luar negeri wilayah itu.

Perjanjian itu menjadikan daerah itu suatu protektorat Inggris dengan nama Negara-Negara Perjanjian. Perjanjian antara para Syekh dan Britania Raya itu berlangsung sampai tahun 1971, ketika Britania Raya menarik diri dari wilayah itu.

Kemudian ketujuh negara itu menyatakan kemerdekaan mereka dan bersatu sebagai sebuah negara tunggal.

peta Uni Emirat Arab

Kunjungi Peta Uni Emirat Arab atau di google map

Penduduk

Penduduk yang berjumlah lebih dari 1.370.000 jiwa itu sekitar separuhnya adalah orang Arab. Minyak kini menjadi suatu pendapatan besar khususnya di Abu Dhabi yang terbesar dan merupakan salah satu dari dua negara yang paling banyak penduduknya.

Beberapa orang mencari nafkah dari perikanan, perdagangan, penyelaman mutiara, dan pertanian, yang telah berkembang karena adanya metode pertanian yang modern.

Kebanyakan tanah pertanian itu adalah di Oasis Buraimi di Abu Dhabi. Suatu minoritas kecil rakyat masih mengikuti cara-cara nomadik yang kuno.

Pemerintahan

Pemerintah Uni Emirat Arab terdiri atas Dewan Pemerintah Tertinggi, yang merupakan dewan perwakilan kepala daerah kesyekhan, dan Dewan Menteri, yang bertindak sebagai sebuah kabinet.

Badan Legisatif, yaitu Dewan Nasional Federal, mempunyai 40 anggota yang dipilih. Ibu kota Uni Emirat Arab adalah Abu Dhabi.

Lebih jauh mengenai UEA, silahkan baca di sini

Terkait Uni Emirat Arab:

Diulas oleh:
GEORGE KIRK, Universitas Massachusetts Penulis;A Short History of the Middle East
Editor: Sejarah Negara Com