Malaysia

  • Whatsapp
Bendera Malaysia
Bendera Malaysia

Malaysia di Asia Tenggara, didirikan pada tahun 1963 dan, oleh karena itu, merupakan salah satu negeri terbaru di dunia. Penduduknya yang merupakan campuran antara banyak suku, bangsa, dan budaya telah membangun suatu negara kebangsaan atas wilayah yang dahulu merupakan bagian Kekaisaran Inggris.

Malaysia terdiri atas sebelas negara bagian di Semenanjung Melayu dan dua bekas jajahan Inggris di Pulau Kalimantan. Sampai pada tahun 1965, juga mencakup Singapura.

Bacaan Lainnya

Wilayah yang tersusun menjadi negeri ini merupakan kawasan penting dalam sejarah karena sumber alam dan letaknya yang menguntungkan untuk melakukan perdagangan antara Asia timur dan negeri di sebelah baratnya.

Geografi Malaysia

Malaysia dibagi menjadi dua bagian, yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan kira-kira sejauh 640 km. Wilayah barat meliputi bagian selatan Semenanjung Malaya. Bagian timur yang lebih besar itu tersusun atas dua negara bagian Sarawak dan Sabah di seperempat bagian utara pulau besar Kalimantan. Barisan pegunungan memanjang di sebagian besar Semenanjung Malaya.

Di kedua sisi timur dan barat pegunungan ini terdapat dataran rendah hingga mencapai laut. Sebagian besar dataran rendah ini dipenuhi rawa dan hutan lebat sehingga tidak cocok untuk pengolahan tanah.

Peta wilayah Malaysia

Kunjungi Peta Malaysia atau di google map

Dataran rendah Malaysia bagian barat semenanjung merupakan kawasan yang berpenduduk paling padat. Di sini terdapat lahan utama yang dibudidayakan dan pusat utama tambang. Hanya terdapat sedikit orang di sepanjang pantai timur semenanjung, yang pada umumnya merupakan kawasan penuh hutan lebat dan paya. Sungai utama semenanjung adalah Pahang dan Perak.

Bagian timur negeri itu, yang meliputi Sarawak dan Sabah, sebagian besar merupakan lahan rawa pantai, hutan, dan pegunungan karang. Hanya sekitar 15% penduduk negeri itu berdiam di wilayah ini. Barisan Crocker, yaitu pegunungan tertinggi di Malaysia, membentang dari Sabah hingga Sarawak.

Iklim. Malaysia beriklim khatulistiwa dengan suhu yang umumnya tinggi. Curah hujan lebat, khususnya selama akhir musim gugur dan awal musim dingin, sedangkan rata-rata melebihi 240 cm/tahun. Sekalipun siang hari seringkali panas dan lembap, malam hari sejuk karena angin laut. Di pegunungan, suhu lebih sejuk dan kelembapan berkurang.

Sumber Alam. Malaysia merupakan penghasil timah terbesar dunia, sedangkan penambangan dan pengolahan timah memberikan pekerjaan kepada banyak orang. Tembaga adalah mineral berharga lain yang diekspor.

Sebagian besar sediaan karet alam dunia datang dari Malaysia, yang juga salah satu penghasil utama minyak kelapa sawit. Di lepas pantai Laut Cina Selatan terdapat cadangan minyak dan gas alam yang besar.

Produksi minyak bumi yang tumbuh secara dramatis pada tahun 1970-an, menghasilkan lebih dari seperempat devisa Malaysia menjelang tahun 1980-an. Minyak merupakan ekspor penting ketika permintaan timah dan karet menurun, sedangkan kayu gelondongan juga diekspor.

Penduduk Malaysia

Penduduk Malaysia meliputi aneka latar belakang warna kulit dan suku bangsa. Penduduk asli Melayu, yang bertalian erat dengan orang Filipina dan Indonesia, merupakan kelompok terbesar. Di sana terdapat penduduk Cina.

Juga terdapat banyak orang dari India, Pakistan, Sri Lanka dan Bangladesh, serta beberapa penduduk pribumi yang kebanyakan berdiam di Serawak dan Sabah. Keanekaan suku bangsa kadang-kadang menimbulkan masalah sehingga pemerintah harus tetap waspada agar tidak satu kelompok pun merasa dikecualikan dalam pembangunan negara.

Walaupun demikian, kebijakan ekonomi terutama ditujukan untuk memperbaiki status kelompok bumi putra Melayu.

Bahasa dan Pendidikan

Bahasa resmi negeri itu adalah bahasa Malaysia (Melayu). Brunei, Indonesia, dan Malaysia bekerja sama dalam pembakuan ejaan bahasa mereka yang hampir sama. Bahasa Inggris digunakan secara luas dalam perdagangan dan pemerintahan. Bahasa Cina dan Tamil juga biasa digunakan. Dialek suku juga terdengar dituturkan oleh orang di Sarawak dan Sabah.

Anak-anak memperoleh pendidikan wajib selama sembilan tahun secara gratis di sekolah yang harus mengajarkan bahasa Melayu dan Inggris. Di sana terdapat banyak pendidikan guru dan sekolah tinggi teknik serta beberapa universitas, sedangkan yang terbesar adalah Universitas Malaya di Kuala Lumpur.

Agama

Sebagian besar orang Melayu adalah pemeluk agama Islam, agama yang dibawa oleh pedagang Arab dan India. Keturunan orang India terutama memeluk agama Hindu. Penduduk yang berlatar belakang Cina mengikuti ajaran Kongfucu atau Budha. Beberapa suku pedalaman melakukan kepercayaan animisme leluhur mereka, sedangkan di sana-sini terdapat mereka yang beragama Kristen.

Cara Hidup

Gedung modern biasa terdapat di semua kota, tetapi di desa penduduk biasanya berdiam dalam rumah Melayu tradisional. Dengan dibangun di atas tiang beberapa meter di atas tanah, tempat tinggal ini memberi perlindungan terhadap banjir dan binatang buas. Pemasangan dinding dan atap ilalang dapat dilakukan secara cepat dan murah, sedangkan rumah terasa sejuk dan enak meskipun di cuaca panas.

Banyak gaya pakaian dikenakan. Di kota-kota, orang lelaki seringkali mengenakan kemeja longgar, celana, dan sandal. Di pedesaan, orang biasa mengenakan sarung dari pinggang hingga lutut atau kadang-kadang lebih rendah lagi.

Banyak orang lelaki juga mengenakan sebuah peci beledu hitam yang disebut songkok. Wanita kota seringkali mengenakan pakaian gaya Barat.

Namun, pakaian paling populer bagi wanita di kota dan desa adalah sarung berwarna cerah dan blus. Wanita India lebih menyukai sari dan blus, sedangkan wanita Cina mengenakan semacam piyama, sam-foo atau cheongsam, pakaian sangat ketat dengan rok belah.

Makanan penduduk Malaysia meliputi hidangan yang terdiri atas nasi, sayuran, ikan, ayam, atau daging. Banyak hidangan yang memerlukan banyak bumbu dalam kuah gulai. Buah-buahan, seperti pisang, durian, dan mangga melimpah-ruah.

Karena mayoritas penduduk adalah Muslim, maka banyak orang Malaysia tidak minum minuman beralkohol. Teh dan kopi merupakan minuman kegemaran. Penduduk yang berleluhur India dan Cina makan makanan yang disesuaikan dengan masakan asli tanah air mereka.

Orang Malaysia gemar akan olahraga luar rumah, khususnya sepak bola, rugby, berenang, tenis, dan cricket. Di kota utama terdapat taman-taman hiburan yang luas.

Di antara beraneka bentuk hiburan terdapatlah opera Cina dan Melayu, wayang boneka, sandiwara drama Melayu klasik yang disebut Menora, dan tarian tradisional joget Perayaan diselenggarakan pada hari-hari raya utama, yang meliputi hari raya Islam Idul Fitri sehabis puasa, Tahun Baru Cina, Festival Lampu Hindu, dan Hari Kemerdekaan (Agustus 31), yang merupakan hari libur nasiona|.

Kota

Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur merupakan kota terbesar negeri itu. Kota itu terletak pada Sungai Klang di pusat kawasan penghasil timah dan karet. Kota tersebut merupakan campuran arsitektur gaya Moor kuno mengikuti model Arab dengan struktur modern seperti kompleks Gedung Parlemen, Museum Nasional, dan Universitas Malaya yang mengagumkan.

Ibu kota Sabah Kota Kinabalu merupakan bandar dan pusat perdagangan penting. Kota terpenting dan ibu kota Sarawak adalah Kuching, yang terletak pada Sungai Sarawak. Perdagangan ternak, perikanan, dan ekspor kayu gelondongan merupakan industri utamanya. Bandar penting Malaysia me|iputi Port Swettenham, Teluk Anson, Port Weld, dan Penang.

Ekonomi

Sekitar 40% penduduk Malaysia bermata pencaharian sebagai petani. Lahan pertanian mereka biasanya kecil dan dikerjakan oleh si petani dan keluarganya, yang menggantungkan hidup mereka pada hasil tanaman mereka.

Tanaman panenan penting yang paling banyak di lahan gurem ini adalah padi, kelapa, dan sayuran. Malaysia menanam padi, tetapi harus mengimpor lebih banyak lagi untuk sediaan makan rakyatnya.

Karet, kelapa sawit, dan pohon kelapa merupakan tanaman keras di perkebunan besar. Pengolahan produk pertanian dan pabrik kayu tetap penting, sedangkan industri yang berhubungan dengan mineral berkembang cepat. Industri penting dan lebih baru yang bertambah besar meliputi manufaktur komponen perkakas listrik, tekstil, plastik, dan mobil.

Orang Malaysia trampil dalam beraneka kerajinan tangan, termasuk anyam-menganyam bakul, barang perak, tenunan tangan syal atau sarung, dan kain batik. Pengolahan batik me|iputi melukis kain dengan malam, membersihkan pola dari malam, kemudian mengecat bagian kain yang tidak terkena malam.

Pemerintahan

Malaysia adalah kerajaan berkonstitusi. Yang Dipertuan Agung-artinya ”raja” atau ”kepala negara tertinggi” -dipilih selama masa 5 tahun. Ia dipilih oleh dan dari antara para penguasa sembilan negara Melayu asli.

Sebagai kepala negara, raja mengangkat perdana menteri dan kabinetnya. Semua menteri harus dari anggota Parlemen, yang terdiri atas senat dan dewan perwakilan. Tiga puluh tiga anggota Senat diangkat oleh raja. Dua puluh enam lainnya . dipilih oleh Majelis Legislatif ke-13 negara bagian Malaysia. Semua anggota Dewan Perwakilan dipilih oleh suara rakyat.

Sejarah Malaysia

Kelompok pertama penduduk Melayu memasuki Semenanjung Malaya sekitar tahun 2000 sebelum Masehi. Selama berabad-abad penduduk berdiam terpencar sepanjang pantai di desa-desa kecil.

Dari abad ke-8 hingga akhir abad ke-13 Masehi, kerajaan Budha Indonesia kuno Sriwijaya menguasai sebagian besar semenanjung. Kemudian, selama masa yang lebih pendek, kerajaan Hindu Majapahit di Jawa memerintah wilayah itu.

Dibangunnya bandar Malaka pada awal tahun 1400-an membantu tersiarnya agama Islam. Kota itu tumbuh menjadi salah satu pusat perdagangan utama di Asia Tenggara sehingga menarik para pedagang Arab, yang kemudian mengajak penduduk memeluk agama Islam.

Pada tahun 1511, Portugal merampas Malaka, maka mulailah kekuasaan peniaiahan Eropa di wilayah ini selama lebih dari 4 abad. Malaka direbut oleh Belanda pada tahun 1641, sedangkan pada tahun 1786 Inggris menduduki lepas pantai Penang.

Pengaruh Inggris di wilayah itu cepat meluas pada abad ke-19 dan akhirnya semua negara Melayu jatuh ke bawah pengawasan Inggris. Pada awal tahun 1900-an Inggris juga membuat kubu pertahanan yang kuat di Sarawak dan Kalimantan Utara (sekarang Sabah).

Di bawah pemerintahan Inggris perkebunan karet didirikan, penambangan diperluas, dan jalan kereta api dibangun. Pada tahun 1941 -1942, dalam Perang Dunia II, Jepang menyerbu Asia Tenggara, termasuk jajahan Inggris. Namun, pada tahun 1945 Inggris memperolehnya kembali.

Tiga tahun kemudian mereka menyusun kesembilan negara Melayu itu menjadi Persekutuan Tanah Melayu yang mendapatkan kemerdekaan pada tahun 1957. Pada waktu itu, Malaka dan Penang menjadi negara dalam federasi itu.

Dari tahun 1948 hingga 1960, federasi tersebut diguncang oleh pemberontakan komunis yang akhirnya ditumpas dengan bantuan militer Inggris.

Pada tahun 1961, perdana menteri Persekutuan Tanah Melayu, Tengku Abdul Rahman (kemudian perdana menteri pertama Malaysia), menyarankan menyusun negara Malaysia dengan memasukkan Singapura, Sarawak, Sabah, dan Brunei ke dalam Persekutuan Tanah Melayu.

Setelah melalui perundingan selama 2 tahun, Federasi Malaysia didirikan pada tanggal 16 September 1963. Brunei, negara protektorat Inggris di Kalimantan utara dan kemudian negara merdeka, memutuskan tidak bergabung, sedangkan Singapura keluar dari federasi pada tahun 1965.

Selengkapnya bisa anda baca pada artikel: Sejarah berdirinya negara Malaysia

Walaupun gangguan warna kulit yang gawat melibatkan komunitas Melayu dan Cina, Malaysia berkembang menjadi salah satu bangsa yang paling memberi harapan baik di Asia Tenggara. Standar hidup adalah keempat tertinggi di Asia.

Malaysia adalah juga penganjur utama bagi kerja sama regional dan anggota pendiri ASEAN, yang berupaya memajukan kerja sama antara negara-negara dalam wilayah tersebut.

Doulas oleh: RICHARD BUTWELL, Universitas Negeri Kalifornia, Bukit Dominguez
Editor: Sejarah Negara Com

Artikel Terkait

Pos terkait