Potensi wisata 34 provinsi Indonesia

Potensi wisata 34 provinsi Indonesia – Di mata internasional, negara kita terkenal dengan keunikan, keragaman serta keindahan alamnya.

Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Mulai dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Banyak sekali potensi wisata 34 provinsi di Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara seperti pantai Kuta, pantai Sanur, desa Ubud, dan Tanah Lot di Bali.

Keunikan dan keindahan alam Indonesia, tidak hanya bisa dijumpai di Bali saja, tetapi ada banyak wilayah lainnya yang mungkin orang Indonesia sendiri belum mengetahui.

Dengan semangat cinta tanah air dan bangsa, kami akan mengajak Anda berkeliling Nusantara, mengungkap potensi wisata 34 Provinsi Indonesia.

1. Aceh

Wisata 34 provinsi yang pertama adalah Aceh. Provinsi ini tidak hanya terkenal sebagai daerah yang taat beragama, kota yang bergelar Serambi Mekah ini juga memiliki kekayaan alam yang menawan dan eksotis. Wilayah Aceh berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara.

potensi wisata aceh

Wilayah Aceh terdiri dari satu pulau yang menyambung dengan pulau Sumatera dan beberapa pulau kecil seperti pulau We, pulau Breueh, pulau Nasi, pulau Bunta, dan pulau Teunom.

Tempat wisata di Provinsi Aceh yang antara lain : Gua Sarang, Ujung Seuke, Kuala Paret, Pantai Lampuuk, Gunung Seulawah Agam, Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, Pulau Weh dan sebagainya.

Selengkapnya silakan membaca Tempat Wisata Di Aceh

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Aceh, silahkan kunjungi: Peta Aceh

2. Sumatera Utara

Wisata 34 provinsi yang kedua adalah Sumatera Utara. Provinsi ini dikenal sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, daerah ini memiliki potensi wisata yang menawan.

Anda bisa menemukan beragam pesona wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas. Semua hal tersebut tentu bisa Anda rasakan saat berlibur di Sumatera Utara.

Obyek wisata di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain: Salju Panas Tinggi Raja, Air Terjun Sipiso-piso, Taman Nasional Gunung Leuser, Pulau Samosir, Danau Toba, Rahmat International Wildlife Museum and Gallery, Pantai Sorake dan Pantai Lagundri, Green Hill City dan sebagainya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sumatera Utara, silahkan kunjungi: Peta Sumatra Utara

3. Sumatera Barat

Wisata 34 provinsi yang ke-3 adalah Sumatera barat. Sumbar adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang berada di pesisir selatan. Sumatera Barat yang sering di singkat Sumbar. Wilayah ini berada di barat bukit barisan sehingga mempunyai bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan pegunungan.

Kondisi alam seperti ini tentu menimbulkan beberapa obyek wisata yang sangat menawan, misalnya: Pantai Carolina, Lubuak Rantiang,  Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Pasir Jambak, Pantai Nirwana, Pantai Air Manis, Museum Adityawarman, Sitinjau Lauik,  Miniatur Makkah dan sebagainy.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sumatera Barat, silahkan kunjungi: Peta Sumatra Barat

4. Riau

Wisata 34 provinsi yang ke-4 adalah Riau. Riau merupakan sebuah Provinsi yang berada di tengah pulau Sumatera dengan ibukota Pekanbaru. Provinsi ini memiliki 2 kota dan 10 kabupaten. Sedangkan untuk masyarakat yang mendiami provinsi ini mayoritas suku Minang, Melayu, Banjar, Tionghoa dan beberapa suku lainnya.

Riau juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan provinsi lainnya di Indonesia. Diantaranya wisata alam, religi, budaya dan sejarah yang tersebar di kabupaten kota di Riau. Ada beberapa objek wisata Riau yang sudah mendunia, diantaranya objek wisata Bono dan kegiatan tahunan Bakar Tongkang.   Obyek wisata lainnya di Riau antara lain: Pulau Jemur, Pantai Rupat Utara Tanjung Medang, Istana Siak, Ulu Kasok, dan sebagainya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Riau, silahkan kunjungi: Peta Riau

5. Kepulauan Riau

Wisata 34 provinsi yang ke-5 adalah Kepulauan Riau. Provinsi ini merupakan salah satu tujuan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Karena Kepulauan Riau ini menjadi gerbang wisata dunia setelah Bali. Jadi tidak mengherankan bila cukup banyak wisatawan asing yang berkunjung setiap tahunnya. Apalagi dengan banyaknya jenis obyek wisata yang dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau.

Kira-kira 1,5 juta hingga 2 juta wisatawan asing tiap tahunnya berkunjung di Kepulauan Riau. Seperti halnya wisata bahari atau kepulauan yang memiliki gugusan pantai yang menawan menjadi pemikat para wisatawan untuk berkunjung.

Belum lagi dengan banyaknya cagar budaya atau wisata budaya dan sejarah yang juga menjadi alternatif destinasi wisata yang dimiliki Kepulauan Riau.

Berbagai tempat wisata di Kepulauan Riau yang cukup terkenal dan membuat para wisatawan selalu kagum ketika mendatanginya antara lain : Air Terjun Gunung Bintan. Air Terjun Gunung Lengkuas, Aroma River Spa, Bintan Mangrove, Bukit Kerang, Bukit Pasir, Danau Biru, Gedung LAM Bintan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kepulauan Riau, silahkan kunjungi: 10 tempat wisata Kepulauan Riau

6. Jambi

Wisata 34 provinsi yang ke-6 adalah Jambi. Jambi menawarkan aneka ragam obyek wisata pilihan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selama ini Jambi terkenal dengan Kota Melayu, selain itu ternyata Jambi juga mempunyai banyak tempat wisata yang bernuansa alam yang eksotis.

Berbagai obyek wisata di Jambi yang wajib Anda kunjungi diantaranya : Menara Gentala Arasy, Tugu Pers, Tugu Juang Sipin, Tugu Macan, Jambi Paradise, Jembatan Beatrix Sarolangun, Jembatan Pedestrian Gentala Arasy, Wisata Perahu Ketek Batanghari, Danau kaco, dan lain-lain.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Jambi, silahkan kunjungi: Peta Jambi

7. Sumatera Selatan

Wisata 34 provinsi yang ke-7 adalah Sumatera Selatan. Provinsi Sumsel adalah suatu daerah yang didalamnya terdapat banyak ragam obyek wisata yang menawan.

Kota Palembang adalah ibu kota dari provinsi ini. Secara greografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi lain yaitu Jambi di sebelah utara, Lampung di sebelah selatan, Bangka Belitung di sebelah timur dan Bengkulu di sebelah barat.

Kota Palembang pada jaman dahulu adalah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, provinsi ini kaya akan sumber daya alamnya seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan sebagainya. Letak Provinsi Sumatera Selatan memliki beberapa tempat wisata unggulan serta termasuk kedalam wisata favorit di Indonesia.

Beberapa tempat wisata favorit di Sumatera Selatan diantaranya adalah : Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Air Terjun Bidadari, Air Terjun Curup Maung, Air Terjun Lematang Indah, Arung Jeram Sungai Manna, Kawah Tengkurep, Taman Kambang Iwak, Danau Ranau, Kebun Binatang Sriwijaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sumatera Selatan, silahkan kunjungi: Peta Sumatera Selatan

8. Bangka Belitung

Wisata 34 provinsi yang ke-8 adalah Bangka Belitung. Provinsi Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Bangka Belitung merupakan sebuah wilayah kepulauan dengan 470 buah pulau, dimana hanya 50 pulau yang berpenghuni.

Kepulauan Bangka Belitung terkenal sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Di samping itu, masyarakat Bangka Belitung mayoritas berasal dari masyarakat Indonesia etnis Cina. Oleh sebab itu saat kita mengelilingi tempat wisata di Pulau Bangka Belitung, kita akan banyak menemui kelenteng sebagai tempat ibadah mereka.

Pesona kepulauan Bangka Belitung yang kaya akan obyek wisata bahari mampu menarik hati wisatawan. Karakterisitik pantai dihiasi dengan bebatuan granit unik serta permukaan pantai yang landai. Hal inilah yang membuat objek wisata Bangka Belitung sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Potensi wisata di Bangka Belitung yang harus Anda ketahui antara lain : Gunung Menumbing, Pantai Parai Tenggiri, Pulau Memperak, Pantai Tikus, Pantai Penyusuk, Pantai Pasir Padi, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tanjung Tinggi, dan masih banyak obek wisata yang mempesona lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Bangka Belitung, silahkan kunjungi: Peta Bangka Belitung

9. Bengkulu

Wisata 34 provinsi yang ke-9 adalah Bengkulu. Provinsi Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kota Bengkulu. Provinsi Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 151,7 km².

Suku-suku bangsa yang mendiami Provinsi Bengkulu dikelompokkan menjadi suku asli dan pendatang, meskipun sekarang kedua kelompok ini sudah berakulturasi.

Bengkulu memiliki potensi wisata yang beragam dan sangat indah, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner serta wisata budaya.

Beberapa tempat wisata di provinsi Bengkulu yang bisa menjadi refrensi anda antara lain : Pantai Panjang, Bunga Rafflesia, Bukit Kaba, Benteng Marlborought, Kebun Teh Kabawetan, Rumah Bung Karno, Pantai Sungai Suci, Pulau Tikus, Danau Mas Harun Bastari, Danau Dendam Tak Sudah dan masih banyak yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Bengkulu, silahkan kunjungi: Peta Bengkulu

10. Lampung

Wisata 34 provinsi yang ke-10 adalah Lampung. Provinsi Lampung merupakan sebuah destinasi wisata dengan kekayaan alam yang tersembunyi.

Lokasinya yang ada di bagian selatan Pulau Sumatra ini, mempunyai obyek wisata yang beragam, wisata alam dengan  panorama memukau menjadi obyek wisata yang dominan di wilayah ini. Udara pegunungan yang segar atau cuaca cerah di tepi pantai sebuah pulau yang indah merupakan tempat yang indah untuk dikunjungi.

Potensi wisata di Lampung antara lain : Pulau Pahawang, Taman Nasional Way Kambas, Air Terjun Curup Tujuh, Pantai Pasir Putih, Air Terjun Putri Malu, Gunung Krakatau, Teluk Kiluan, Pulau Condong, dan obyek wisata menawan yang lainnya.

Baca juga: Wisata Lampung

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Lampung, silahkan kunjungi: Peta Lampung

11. Jakarta

Wisata 34 provinsi yang ke-11 adalah Jakarta. Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang menawarkan destinasi wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata sejarah, kuliner, alam, ekstrem, hingga wisata belanja, semua tersedia di Jakarta. Hal yang paling menonjol dari pariwisata Kota Jakarta adalah sejarah dan belanja.

Sebagai pusat pemerintahan sejak sebelum Indonesia merdeka, Jakarta memiliki banyak sekali kekayaan sejarah yang kini dapat dinikmati sebagai objek wisata.

Di sisi lain, Jakarta sebagai kota megapolitan membuatnya mempunyai banyak sekali tempat belanja. Wisatawan yang ingin belanja dalam suasana merakyat, bisa main ke pasar yang jumlahnya ratusan.

Bagi yang lebih suka berbelanja dalam balutan suasana modern, bisa singgah ke salah satu dari 200 lebih mal yang tersebar di berbagai titik ibukota.

Beberapa tempat wisata di Jakarta yang harus Anda masukkan dalam daftar perjalanan antara lain: Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Ancol, Waterbom Jakarta, SnowBay Waterpark, Pantai Ancol, Ocean Ecopark, Kepulauan Seribu, dan masih banyak destinasi wisata di Jakarta yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Jakarta, silahkan kunjungi: Peta Jakarta

12. Jawa Barat

Wisata 34 provinsi yang ke-12 adalah Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan, membuat kawasan ini mempunyai tempat wisata indah yang elok dan menawan.

Di wilayah tersebut tidak hanya terdapat wisata alam, namun juga terdapat daya tarik wisata lainnya berupa wisata budaya, kuliner, pantai serta tempat hiburan berkonsep unik.

Hal Inilah yang membuat wisatawan tidak pernah bosan untuk menjelajahi berbagai tempat wisata menarik di wilayah Jawa Barat. Banyaknya tempat wisata di Jawa Barat justru membuat para wisatawan bingung menentukan prioritas tempat wisata mana yang akan dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata di Jawa Barat yang pantas Anda jadikan referensi adalah: Kawah Putih, Stone Garden, Green Canyon, Curug Cikaso, Alam Panenjoan, Bukit Panembongan, Kampung Karuhun, D’Jungle Private Camp, Pantai Ujung Genteng, Kampung Naga, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Jawa Barat, silahkan kunjungi: Peta Jawa Barat

13. Banten

Wisata 34 provinsi yang ke-13 adalah Banten. Provinsi Banten terletak 8 derajat di selatan garis katulistiwa, Banten memiliki iklim tropis dengan 2 musim yaitu hujan dan kemarau, dengan suhu udara rata-rata 28 derajat celcius.

Bagian selatan wilayah Banten merupakan daerah berbukit yang landai, sedangkan bagian utara merupakan daerah dataran rendah/pantai. Hasil utama banten diantaranya pertanian, berkebunan dan industri.

Destinasi wisata utama di Banten adalah Anyer. Desa kecil yang sunyi berubah menjadi daeraj tujuan wisata karena pantainya yang indah berpasir putih dan adanya sejumlah tempat rekreasi, terutama wisata air seperti, surfing, diving, dan lain-lain.

Obyek wisata di Banten lainnya antara lain: Mesjid Agung Banten, Taman Nasional Ujung Kulon, Panorama Gunung Krakatau, Pantai Anyer, Pantai Sawarna, Masyarakat Baduy dan Cisungsang. dan sebagainya. Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Banten, silahkan kunjungi: Peta Banten

14. Jawa Tengah

Wisata 34 provinsi yang ke-14 adalah Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi begitu banyak keistimewaan.

Selain kaya akan kebudayaan dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki bentang alam yang menawan.

Jawa Tengah memiliki beraneka ragam jenis destinasi wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata keluarga. Bagi Anda yang berdomisili baik di Jawa Tengah maupun di luar provinsi ini tentunya akan sedikit bingung ketika ingin memutuskan untuk berlibur.

Tempat wisata di Jawa Tengah yang eksotis antara lain : Candi Borobudur, Candi Prambanan, Puri Maerokoco, Kota Lama, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Grojogan Sewu Tawangmangu, Kampung Batik Laweyan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Umbul Ponggok, Pantai Karang Bolong dan tempat wisata menarik yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Jawa Tengah, silahkan kunjungi: Peta Jawa Tengah

15. Yogyakarta

Wisata 34 provinsi yang ke-15 adalah Yogyakarta. Daerah Istimewa Yogyakarta atau jogja dikenal sebagai pusat budaya dan seni di Indonesia, Selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental, Jogja juga terkenal dengan destinasi wisata paling populer di Indonesia.

Ada banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta, baik objek wisata bersejarah maupun objek wisata moderen yang sedang hits, khususnya di kalangan anak muda. Jika Anda ingin berkunjung ke Yogyakarta, ada baiknya menyusun rencana perjalanan dengan matang terlebih dahulu.

Destinasi wisata di Jogjakarta yang lagi hits antara lain : Yogyakarta Bay Pirates Adventures Waterpark, Museum Affandi, Museum Ullen Sentalu, Blue Lagoon (Pemandian Tirta Budi), Kampung Teletubbies, Monumen Yogyakarta Kembali, Candi Sambisari, Tebing Breksi, Desa Wisata Ketingan, Candi Ijo. dan berbagai obyek wisata menawan yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Yogyakarta, silahkan kunjungi: Peta Yogyakarta

16. Jawa Timur

Wisata 34 provinsi yang ke-16 adalah Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur bisa dikatakan sebagai sebuah provinsi dengan destinasi wisata yang lengkap. Berbagai obyek wisata bisa kita temukan, mulai dari wisata bentang alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kulinernya yang khas.

Obyek wisata di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi antara lain: Gunung Bromo, Ranu Kumbolo, Agrowisata, Inggil Museum Resto. Air Terjun Madakaripura, Telaga Sarangan, Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pasir Putih, Pantai Klayar, Goa Gong, dan tempat wisata menawan lainnya di Jawa Timur.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Jawa Timur, silahkan kunjungi: Peta Jawa Timur

17. Bali

Wisata 34 provinsi yang ke-17 adalah Bali. Nama Bali sudah sangat populer bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Harus diakui, bahwa Bali adalah primadona pariwisata Indonesia, bahkan tingkat kemajuan industri pariwisata Bali turut memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Berkembangnya industri pariwisata di Bali tidak lepas dari petensi wisata yang dimiliki kawasan ini.

Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, baik di daerah pantai maupun dataran tinggi, Bali juga mempunyai peninggalan sejarah yang teramat penting. Berbagai situs sejarah, terutama bangunan keagamaan menjadi salah satu potensi yang cukup besar untuk sektor pariwisata.

Bali juga memiliki budaya khas yang cukup unik dan terus dipelihara turun-temurun. Kuatnya budaya Bali inilah yang menjadi sebab utama perkembangan industri pariwisata. Keunikan dan kekhasan budaya Bali ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dan budaya inilah daya tarik yang tidak tergantikan.

Tempat wisata di Bali sangat banyak dan beragam, antara lain: Tanah Lot, Pantai Kuta, Pasar Badung, Pasar Sukawati, Museum Pasifika, Museum Bali, Pura Besakih, Pura Tirta Empul, Gunung Agung, Gunung Batur.

Pulau Penyu, Air Terjun Gitgit, Gua Gajah, Bali Bird Park, Elephant Safari Park, Taman Kupu-Kupu Bali. Kebun Raya Bedugul. dan masih banyak surga wisata lainnya di Bali.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Bali, silahkan kunjungi: Peta Bali

18. Nusa Tenggara Barat

Wisata 34 provinsi yang ke-18 adalah Nusa Tenggara Barat. Provinsi NTB merupakan sebuah Propinsi di timur Indonesia yang berada di tengah-tengah antara Propinsi Bali dan tetangganya yaitu Propinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Jika kita mendengar nama NTB, yang ada di benak kita pertama kali pastilah Pulau Lombok yang menawan itu. Tidak bisa di pungkiri bahwa Pulau Lombok adalah salah satu pulau paling terkenal akan keindahan alam serta budayanya yamg berkontribusi besar bagi kemajuan propinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain pulau Lombok yang populer tersbut, masih banyak lagi pulau lain yang bagus dan terkenal di Propinsi Nusa Tenggara Barat, misalnya : Pulau Moyo, Pulau Sumbawa, Gili-Gili dan yang lainnya.

Destinasi wisata di NTB yang populer antara lain : Gunung Rinjani, Air Terjun Mata Jitu, Pantai Ai Manis, Rumah Adat Sade, Pantai Senggigi, Pantai Kuta, PinkBeach, Pura Batu Bolong, Gili, Tanjung Aan, Desert Point, dan obyek wisata yang menawan di NTB lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Nusa Tenggara Barat atau NTB, silahkan kunjungi: Peta Nusa Tenggara Barat

19. Nusa Tenggara Timur

Wisata 34 provinsi yang ke-19 adalah Nusa Tenggara Timur. Provinsi NTT merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di sebelah timur Indonesia. Meskipun Provinsi ini berada di daerah timur tetapi banyak sekali destinasi wisatanya yang sudah menjadi bagian dalam obyek wisata di Indonesia.

Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat kaya akan berbagai macam objek wisata yang tak kalah menarik dengan objek wisata lainnya di Nusantara. Jika kita berkunjung ke salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur maka kita akan takjub akan keindahannya.

Objek wisata yang populer di provinsi ini adalah objek wisata alam, hal ini dikarenakan memang pulau ini memiliki keindahan alam yang sungguh mempesona dan sangat menakjubkan.

Beberapa tempat wisata di NTT antara lain: Danau Kelimutu, Taman Nasional Pulau Komodo, Pantai Lasiana, Pulau Padar, Goa Batu Cermin, Manta Point Labuan Bajo, Gili Laba, Pulau Alor, Air Terjun Oehala, Air Terjun Cunca Wulang, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Nusa Tenggara Timur (NTT), silahkan kunjungi: Peta NTT

20. Kalimantan Barat

Wisata 34 provinsi yang ke-20 adalah Kalimantan Barat. Provinsi Kalbar merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak.

Kalimantan Barat mempunyai luas 146.807 km² (7,53% luas Indonesia), menjadikannya provinsi terluas ke-4 setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Daerah Kalimantan Barat termasuk diantara daerah yang dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Sebutan ini selaras dengan kondisi geografisnya yang memiliki ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dilayari.  Selain memiliki banyak sungai, di Kalimantan Barat juga banyak terdapat ‘surga’ tersembunyi yang layak menjadi tempat wisata favorit.

Potensi wisata di Kalimantan Barat antara lain: Bukit Penjamur Bengkayang, Air Terjun Mananggar, Danau Sentarum, Bukit Kelam, Pantai Temajuk, Pulau Selimpai, Sungai Kapuas, dan tempat wisata lainnya yang mempesona,

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kalimantan Barat, silahkan kunjungi: Peta Kalimantan Barat

21. Kalimantan Tengah

Wisata 34 provinsi yang ke-21 adalah Kalimantan Tengah. Provinsi Kalteng adalah provinsi di Pulau Kalimantan dengan ibukota Palangkaraya. Provinsi ini mempunyai berbagai flora dan fauna menarik yang terbaik di Indonesia.

Kalimantan Tengah  adalah salah satu dari 34 provinsi di Indonesia yang memiliki pemandangan yang indah. Yang merupakan karakteristik dari provinsi ini yaitu hamparan hutan hujan tropis dengan iklim yang panas dan lembab , sehingga wisatawan akan memasuki wilayah yang cukup hijau dan sejuk .

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas sekitar 157,983 km persegi. Sebagai provinsi terbesar di Kalimantan, Kalimantan Tengah memiliki beberapa tempat wisata yang indah jika dieksplorasi dengan baik, akan membuat tujuan wisata baru dikunjungi oleh lokal dan wisatawan asing.

Obyek wisata di Kalimantan Tengah yang terkenal antara lain : Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Kumkum, Sebangau National Park, Danau Tahai, Nyaru Menteng Arboretum, Pantai Ujung Pandaran. dan sebagainya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kalimantan Tengah, silahkan kunjungi: Peta Kalimantan Tengah

22. Kalimantan Selatan

Wisata 34 provinsi yang ke-22 adalah Kalimantan Selatan. Provinsi Kalsel merupakan salah satu daerah yang menawarkan beragam keindahan alam yang sangat eksotis dan juga masih sangat asri. Kalimantan Selatan juga merupakan provinsi yang banyak di jadikan sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya.

Obyek wisata alam yang indah di Kalimantan Selatan antara lain : Bamboo Rafting Sungai Amandit, Pantai Angsana, Air Terjun Bajuin, Air Panas Hantakan,Bukit Rimpi, dan tempat wisata unik yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kalimantan Selatan, silahkan kunjungi: Peta Kalimantan Selatan

23. Kalimantan Timur

Wisata 34 provinsi yang ke-23 adalah Kalimantan Timur. Provinsi Kaltim yang beribu kota di Samarinda menyimpan potensi wisata yang tidak kalah menakjubkan dibanding provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Provinsi tersebut berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi dengan total luas wilayah sepanjang 245.238 km².

Di sebelah timur Provinsi Kalimantan Timur, membentang langsung Selat Makassar yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi.  Wisata Kalimantan Timur banyak memiliki kekayaan flora dan fauna, terdapat sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan dan hewan yang bisa ditemui di wilayah ini.

Destinasi wisata di Kalimantan Timur di antaranya adalah : Danau Jempang, Batu Dinding, Kawasan Wisata Bukit Bingkirai, Goa Losan, Jantur Inar, Pantai Melawai, Pulau Beras Basah, dan lain-lain.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kalimantan Timur, silahkan kunjungi: Peta Kalimantan Timur

24. Kalimantan Utara

Wisata 34 provinsi yang ke-24 adalah Kalimantan Utara. Pada tahun 2012 tepatnya di bulan Oktober Kalimantan Utara telah resmi menjadi daerah otonom yang sebelumnya menjadi bagian provinsi Kalimantan Timur. Kaltara menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, yaitu dengan negara bagian Serawak dan Sabah.

Dengan demikian potensinya sungguh luar biasa terutama di sektor pariwisata, dengan menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan asing dari Malaysia bisa menambahkan PAD bagi Kalimantan Utara. Sudah pasti perbaikan pada tempat wisata di Kalimantan Utara juga harus lebih diperhatikan.

Beberapa tempat wisata di Kaltara yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi antara lain : Air Terjun Binusan, Air Terjun Krayan, Air Terjun Sianak, Air Terjun Ubol Alung, Alun-Alun Kota Nunukan, Bukit Damai, Giram Luyu, Islamic Center Nunukan, Kebun Raya Binusan, dan tempat wisata mempesona lainnya di Kaltara.  

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Kalimantan Utara, Petasilahkan kunjungi: Kalimantan Utara

25. Sulawesi Utara

Wisata 34 provinsi yang ke-25 adalah Sulawesi Utara. Provinsi Sulut merupakan salah satu provinsi yang berada di Indonesia. Jika kita melihat peta Indonesia tepatnya di bagian Pulau Sulawesi, kita akan mendapatkan provinsi Sulawesi Utara yang terletak di ujung Pulau. Daerah Sulawesi Utara mempunyai 15 kabupaten/kota yang terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota.

Sulawesi Utara berbatasan langsung dengan provinsi Gorontalo, yang merupakan hasil dari pemekaran dari provinsi Sulawesi. Sebagaimana halnya daerah lainnya, Sulawesi Utara yang  luas wilayahnya sekitar 15.376 km persegi, memiliki tempat wisata yang beragam.

Tempat wisata tersebut antara lain : Danau Tondano, Pulau Bunaken, Bukit Kasih Kanonang, Bukit Doa Tomohon, Danau Linow, Pulau Lihaga, Pantai Lakban, Gunung Api Mahangetang, Taman Nasional Tangkoko, dan destinasi wisata menawan lainnya di Sulawesi Utara.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sulawesi Utara, silahkan kunjungi: Peta Sulawesi Utara

26. Sulawesi Barat

Wisata 34 provinsi yang ke-26 adalah Sulawesi Barat. Provinsi Sulbar mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata budaya hingga wisata kuliner semuanya memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing.

Destinasi wisata yang populer di Sulawesi Barat diantaranya adalah : Pantai Manakarra, Pulau Karampuang, Air Terjun Tamasapi, Pesta Pattudu, Air Terjun Indo Rannuang, Pantai Lombang-lombang, Pantai Palippis, Pantai Dato, Pantai Mampie, Pantai Gonda, dan destinasi wisata lainnya di Sulawesi Barat.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sulawesi Barat, silahkan kunjungi: Peta Sulawesi Barat

27. Sulawesi Tengah

Wisata 34 provinsi yang ke-27 adalah Sulawesi Tengah. Mungkin selama ini yang terkenal dari Pulau Sulawesi hanyalah Makassar, yang terletak di Sulawesi Selatan.

Padahal Sulawesi Tengah juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menakjubkan. Provinsi Sulawesi Tengah ini ternyata telah populer di kalangan wisatawan asing akan keindahan alamanya.

Sulawesi tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Karena itulah jika Anda berkunjung ke daerah ini, maka Anda akan banyak mendapatkan berbagai macam objek wisata bertemakan alam yang eksotis.

Beberapa tempat wisata di Sulawesi Tengah antara lain : Pusentasi, Pantai Talise, Jembatan Palu, Gunung Gawalise, Air Terjun Saluopa, Pantai Tanjung Karang, Taman Nasional Lore Lindu, Tugu Perdamaian, Danau Poso, Kepulauan Togean, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sulawesi Tengah, silahkan kunjungi: Peta Sulawesi Tengah

28. Sulawesi Tenggara

Wisata 34 provinsi yang ke-28 adalah Sulawesi Tenggara. Provinsi ini mempunyai banyak potensi wisata mempesona yang patut untuk Anda kunjungi.

Banyak potensi pariwisata yang ada di Sulawesi Tenggara, menyimpan sejuta keindahan yang sarat akan budaya dan sejarah. Sudah banyak wisatawan asing yang berlibur untuk menikmati keindahan alam yang ada di Sulawesi Tenggara ini.

Destinasi wisata yang terkenal di Sulawesi Tenggara antara lain Pulau Muna, Pulau Labengki, Pantai Nambo, Pantai Liwutongkidi, Air Terjun Samparona, Air Terjun Tumburano, Air Terjun Moremo, Danau Biru, Sungai Taborasi, Pemandian Air Panas Wawolesea, dan masih banyak obyek wisata menawan yang lainnya di Sulawesi Tenggara.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sulawesi Tenggara, silahkan kunjungi: Peta Sulawesi Tenggara

29. Sulawesi Selatan

Wisata 34 provinsi yang ke-9 adalah Sulawesi Selatan. Provinsi Sulsel termasuk kategori destinasi wisata nasional yang tidak diragukan lagi pamornya, bukan hanya wisata alam yang sangat menawan, ditanah Celebes ini sangat komplit wisatanya, dari mulai wisata alam, objek permainan, tempat bersejarah, bahkan sampai kuliner yang luar biasa kelezatanya.

Beberapa obyek wisata di Sulawesi Selatan diantaranya : Pantai Losari, Pantai Tanjung Bira, Pantai Baloiya, Pantai Timur, Pantai Pa’badilang, Pantai Lemo, Museum Balla Lompoa, Benteng Somba Opu. Malino, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Sulawesi Selatan, silahkan kunjungi: Peta Sulawesi Selatan

30. Gorontalo

Wisata 34 provinsi yang ke-30 adalah Gorontalo. Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang tergolong baru di indonesia karena merupakan provinsi urutan ke 32.

Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 desember berpisah dengan provinsi sulawesi utara dengan manado sebagai ibu kota provinsi tersebut.

Gorontalo juga sering di juluki sebagai kota Serambi Madinah karena memiliki masjid yang unik. Selain mempunyai julukan yang terbilang beda dengan kota lainya di indonesia, gorontalo ternyata juga mempunyai objek wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam pun sangat banyak.

Obyek wisata di Gorontalo yang populer antara lain : Bukit Layang, Wisata Pulau Diyonumo, Masjid Walima Emas, Wisata Pulau Cinta, Desa Wisata Religi Bongo, Air Terjun Hiyaliyo Da’a , Pantai Kurenai, dan tempat wisata menarik yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Gorontalo, silahkan kunjungi: Peta Gorontalo

31. Maluku

Wisata 34 provinsi yang ke-31 adalah Maluku. Provinsi Maluku adalah propinsi tertua di Indonesia dengan Ibukota Ambon. Suku bangsa Maluku didominasi oleh suku bangsa Melanesia Pasifik yang masih berkerabat dengan Fiji, Tonga dan beberapa bangsa kepulauan yang tersebar di kepulauan Samudra Pasifik.

Keindahan alam provinsi Maluku sangat menakjubkan dengan tersedianya daya tarik alam bawah laut sesuai dengan karakteristik wilayah Maluku sebagai daerah kepulauan. Gunung api, daerah perbukitan, teluk, danau dan keramah-tamahan masyarakat Maluku semakin menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Maluku.

Destinasi wisata di Maluku antara lain : Taman Laut Manuala, Pantai Pasir Panjang, Pantai Natsepa, Pintu Kota, Benteng Duurstede, Pantai Hunimoa, Gua Ohoidertavun di Letvuan, Sawai, dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Maluku, silahkan kunjungi: Peta Maluku

32. Maluku Utara

Wisata 34 provinsi yang ke-32 adalah Maluku Utara. Maluku Utara adalah bagian dari provinsi hasil pemekaran provinsi Maluku, yang kemudian resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 4 Oktober 1999 dan terdiri dari hampir 400 pulau baik yang berpenghuni atau tidak.

Di awal berdirinya, provinsi Maluku Utara ini beribukota di Ternate selama 11 tahun, kemudian dipindahkan ke Kota Sofifi yang berada di Pulau Halmahera.

Provinsi Maluku terkenal memiliki pesona alam yang sangat indah. Ini membuat Maluku Utara layak untuk kita jadikan tujuan destinasi wisata.

Berikut ini destinasi wisata Maluku Utara yang bisa memberikan pengalaman yang mengesankan : Pantai Sulamadaha, Gunung Gamalama, Benteng Tolukko, Pantai Jikomalamo, Museum Kedaton Sultan Bacan, Taman Nukila, Pulau Halmahera, Teluk Jailolo, Danau Laguna, Danau Toilore, dan obyek wisata lainnya di Maluku Utara.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Maluku Utara, silahkan kunjungi: Peta Maluku Utara

33. Papua Barat

Wisata 34 provinsi yang ke-33 adalah Papua Barat. Sebagai propinsi yang terletak di sebelah barat pulau Papua, Papua Barat juga memiliki banyak tempat wisata alam dan budaya yang menarik.

Pantai, danau, pegunungan dan cagar alam adalah pemandangan menakjubkan yang bisa kita temukan di Papua Barat. Papua Barat juga memiliki banyak pantai yang sangat indah mempesona, sayang bila tidak dikunjungi.

Beberapa obyek wisata di Papua Barat antara lain: Manokwari , Pegunungan Arfak, Cagar Alam Wondiwoy, Raja Ampat, Fakfak, Gua Kokas, Taman Nasional Lorentz, Air Terjun Kiti Kiti, Pantai Patawana, dan yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Papua Barat, silahkan kunjungi: Peta Papua Barat

34. Papua

Wisata 34 provinsi yang ke-34 adalah Papua. Salah satu pesona wisata daerah Indonesia adalah provinsi Papua, yang sejak tahun 2003 sudah terbagi menjadi 2 yaitu Papua dan Papua Barat.

Di daerah ini, kita bisa menemukan beberapa tempat wisata  yang unik dan menarik, tepatnya yang bisa kita temui di Papua dan Papua Barat.

Provinsi Papua mempunyai banyak taman nasional dan juga keberagaman budaya yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam di Papua juga menyadarkan kita bahwa tempat yang indah di Indonesia bukan hanya di tempat-tempat ramai pengunjung saja.

Kita bisa menikmati kehidupan penduduk setempat yang masih tradisional, berwisata sambil menikmati alam dan merasakan sajian kuliner khas daerah Papua.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Papua: Pulau Biak, Pantai Bosnik, Air terjun Wafsarak, Danau Sentani, Danau Paniai, Baliem, dan yang lainnya.

Bagi anda yang suka traveling dan ingin menjelajahi Papua, silahkan kunjungi: Peta Papua

Suku apa saja yang ada di Papua? Silahkan baca: Suku Papua dan Papua Barat

Demikian pembahasan mengenai wisata 34 provinsi di Indonesia, semoga memotivasi Anda untuk semakin bangga akan negeri ini.

Selain kaya dengan berbagai keindahan alam yang mempesona, negara Indonesia juga kaya akan berbagai ragam budaya yang unik pada masing-masing provinsi, misalnya Pakaian Adat dan Senjata Tradisional.

Jelajahi Wisata 34 provinsi Indonesia di google map

Pos terkait