Swedia, #2 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Swedia menempati urutan ke-2 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Ekonomi Swedia adalah kecil, namun terbuka, dan kompetitif. Saat ini telah berkembang pesat dan Swedia telah mencapai standar hidup yang patut dicontoh dengan kombinasi kapitalisme pasar bebas dan manfaat kesejahteraan yang luas.

Swedia tetap berada di luar zona euro, hal ini berkaitan dengan kekhawatiran pemerintah bahwa bergabung dengan Uni Ekonomi dan Moneter Eropa akan mengurangi kedaulatan negara atas sistem kesejahteraannya.

Kayu, tenaga air, dan bijih besi merupakan basis sumber daya ekonomi manufaktur yang sangat bergantung pada perdagangan luar negeri. Barang ekspor meliputi berbagai mesin, kendaraan bermotor, dan peralatan telekomunikasi, yang menyumbang lebih dari 44% dari PDB.

Swedia menikmati surplus neraca berjalan sekitar 5% dari PDB, yang merupakan salah satu margin tertinggi di Eropa. PDB tumbuh sekitar 3,3% pada tahun 2016 dan 2017 sebagian besar didorong oleh investasi di sektor konstruksi.

Ekonom Swedia memperkirakan pertumbuhan ekonomi sedikit menurun di tahun-tahun mendatang karena investasi ini mereda. Pertumbuhan ekonomi global mendorong ekspor manufaktur lebih lanjut, membantu mendorong pertumbuhan ekonomi domestik pada 2017.

Bank Sentral mengawasi tekanan deflasi dan pengamat bank mengharapkannya untuk mempertahankan kebijakan moneter ekspansif pada 2018. Harga dan upah Swedia hanya tumbuh sedikit selama beberapa tahun terakhir, membantu mendukung daya saing negara.


Swedia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Swedia

GDP $ 536 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2,1%
PDB per Kapita: $ 53.400
Neraca Perdagangan/PDB: 3,3%
Populasi: 10 jt
Hutang/PDB Publik: 41%
Pengangguran: 6,7%
Inflasi: 1,9%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 34
Hak Properti: 7
Inovasi: 5
Teknologi: 4
Pita Merah: 17
Investor Protection: 32
Korupsi: 6
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 27

Data ekonomi 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Swedia