Belanda, #4 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Belanda menempati urutan ke-4 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Belanda, dalam ekonomi negara ini menempati urutan enam besar di Uni Eropa, memainkan peran penting sebagai pusat transportasi Eropa, dengan surplus perdagangan yang tinggi secara konsisten, hubungan industri yang stabil, dan pengangguran yang rendah.

Industri Belanda berfokus pada pemrosesan makanan, bahan kimia, pemurnian minyak bumi, dan mesin listrik.

Bacaan Lainnya

Sektor pertanian yang sangat mekanis hanya mempekerjakan 2% dari angkatan kerja tetapi memberikan surplus besar untuk pemrosesan makanan dan menopang status negara sebagai eksportir pertanian terbesar kedua di dunia.

Belanda adalah bagian dari zona euro, dan dengan demikian, kebijakan moneternya dikendalikan oleh Bank Sentral Eropa. Sektor keuangan Belanda sangat terkonsentrasi, dengan empat bank komersial memiliki lebih dari 80% aset perbankan dan empat kali lebih besar dari PDB Belanda.

Pada tahun 2008, selama krisis keuangan, defisit anggaran pemerintah mencapai 5,3% dari PDB. Menyusul resesi berkepanjangan dari 2009 hingga 2013, di mana pengangguran dua kali lipat menjadi 7,4% dan konsumsi rumah tangga menyusut selama empat tahun berturut-turut, pertumbuhan ekonomi mulai bergerak maju pada tahun 2014.

Sejak 2010, pemerintah Perdana Menteri Mark RUTTE telah menerapkan langkah-langkah penghematan yang signifikan untuk meningkatkan keuangan publik dan telah melembagakan reformasi struktural luas di bidang kebijakan utama, termasuk pasar tenaga kerja, sektor perumahan, pasar energi, dan sistem pensiun.

Pada 2017, anggaran pemerintah kembali ke surplus 0,7% dari PDB, dengan pertumbuhan ekonomi 3,2%, dan PDB per kapita akhirnya melampaui tingkat sebelum krisis.

Kebijakan fiskal yang diumumkan oleh pemerintah baru dalam rencana koalisi 2018-2021 untuk peningkatan konsumsi pemerintah dan investasi publik, memicu permintaan domestik dan konsumsi serta investasi rumah tangga.

Kebijakan pemerintah baru berencana untuk meningkatkan permintaan akan pekerja di sektor publik dan swasta, memperkirakan penurunan lebih lanjut dalam tingkat pengangguran, yang mencapai 4,8% pada tahun 2017. memicu permintaan domestik dan konsumsi rumah tangga dan investasi.

Kebijakan pemerintah baru juga berencana untuk meningkatkan permintaan akan pekerja di sektor publik dan swasta, memperkirakan penurunan lebih lanjut dalam tingkat pengangguran, yang mencapai 4,8% pada tahun 2017. memicu permintaan domestik dan konsumsi rumah tangga dan investasi.

Kebijakan lainnya adalah rencana untuk meningkatkan permintaan akan pekerja di sektor publik dan swasta, memperkirakan penurunan lebih lanjut dalam tingkat pengangguran, yang mencapai 4,8% pada tahun 2017.


Belanda Negara Terbaik Untuk Bisnis

Belanda

GDP $ 832 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2,9%
PDB per Kapita: $ 48.200
Neraca Perdagangan/PDB: 10,5%
Populasi: 17.2 Juta
Hutang / PDB Publik: 57%
Pengangguran: 4,9%
Inflasi: 1,3%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 7
Hak Properti: 9
Inovasi: 9
Teknologi: 19
Pita Merah: 21
Investor Protection: 71
Korupsi: 8
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 21

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Belanda


Pos terkait