Singapura, #8 Negara Ekonomi Pasar Bebas

Singapura menempati urutan ke-8 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Singapura adalah sebuah negara yang memiliki ekonomi pasar bebas yang sangat maju dan sukses. Lingkungannya yang terbuka dan bebas korupsi, harga stabil, dan PDB per kapita lebih tinggi daripada kebanyakan negara maju.

Di negeri ini pengangguran sangat rendah. Perekonomian Singapura sangat bergantung pada ekspor, terutama elektronik, produk minyak bumi, bahan kimia, perangkat medis dan optik, farmasi, dan sektor transportasi, bisnis, dan jasa keuangan yang dinamis.

Ekonomi berkontraksi 0,6% pada tahun 2009 sebagai akibat dari krisis keuangan global tetapi telah terus tumbuh sejak 2010. Pertumbuhan 2012-2017 lebih lambat dari pada dekade sebelumnya, hasil dari perlambatan pertumbuhan struktural, saat Singapura mencapai tingkat pendapatan tinggi dan permintaan global yang lunak untuk ekspor.

Pertumbuhan pulih menjadi 3,6% pada 2017 dengan penguatan ekonomi global. Pemerintah berusaha untuk merestrukturisasi ekonomi untuk mengurangi ketergantungannya pada tenaga kerja asing, meningkatkan pertumbuhan produktivitas, dan meningkatkan upah di tengah melambatnya pertumbuhan angkatan kerja dan populasi yang menua.

Singapura telah menarik investasi besar di bidang manufaktur maju, farmasi, dan produksi teknologi medis dan akan terus berupaya memperkuat posisinya sebagai pusat keuangan dan teknologi terkemuka di Asia Tenggara.

Singapura adalah penandatangan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), dan merupakan pihak dalam negosiasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) dengan sembilan anggota ASEAN lainnya ditambah Australia, Cina, India, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

Pada 2015, Singapura membentuk, dengan anggota ASEAN lainnya, Masyarakat Ekonomi ASEAN.


Singapura

Singapura

GDP $ 324 B
Pada Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 3,6%
PDB per Kapita: $ 57.700
Neraca Perdagangan / PDB: 18,8%
Populasi: 6 jt
Hutang / PDB Publik: 111%
Pengangguran: 2.2%
Inflasi: 0,6%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 1
Kebebasan Moneter: 20
Hak Properti: 6
Inovasi: 13
Teknologi: 4
Pita Merah: 3
Investor Protection: 6
Korupsi: 6
Kebebasan pribadi: 91
Beban pajak: 8

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Singapura