Australia, #9 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Australia menempati urutan ke-9 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Australia adalah pasar terbuka dengan pembatasan minimal pada impor barang dan jasa. Karenanya telah meningkatkan produktivitas, merangsang pertumbuhan, dan membuat ekonomi lebih fleksibel dan dinamis. Australia memainkan peran aktif dalam WTO, APEC, G20, dan forum perdagangan lainnya.

Perjanjian perdagangan bebas Australia (FTA) dengan China mulai berlaku pada tahun 2015, menambah FTA yang ada dengan Republik Korea, Jepang, Chili, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat, dan FTA regional dengan ASEAN dan Selandia Baru.

Australia terus menegosiasikan perjanjian bilateral dengan Indonesia, serta perjanjian yang lebih besar dengan negara-negara tetangga Pasifik dan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk, dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional yang mencakup seluruh Asia yang mencakup 10 negara ASEAN dan China, Jepang, Korea, Selandia Baru, dan India. Australia adalah pengekspor sumber daya alam, energi, dan pangan yang signifikan.

Sumber daya alam Australia yang melimpah dan beragam menarik investasi asing tingkat tinggi dan termasuk cadangan batubara, besi, tembaga, emas, gas alam, uranium, dan sumber energi terbarukan yang luas. Serangkaian investasi besar, seperti Proyek Gas Alam Gorgon Liquid US $ 40 miliar, akan secara signifikan memperluas sektor sumber daya.

Selama hampir dua dekade hingga 2017, Australia telah mendapat manfaat dari lonjakan dramatis dalam hal perdagangannya. Ketika harga ekspor meningkat lebih cepat daripada harga impor, perekonomian mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan, pengangguran yang rendah, inflasi yang terkendali, utang publik yang sangat rendah, dan sistem keuangan yang kuat dan stabil.

Australia memasuki tahun 2018 menghadapi berbagai hambatan pertumbuhan, terutama didorong oleh jatuhnya harga global komoditas ekspor utama. Permintaan akan sumber daya dan energi dari Asia dan khususnya Cina tumbuh pada kecepatan yang lebih lambat dan penurunan tajam dalam harga ekspor telah berdampak pada pertumbuhan.


Australia

PDB $ 1,380 B
Sampai Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2,2%
PDB per Kapita: $ 53.800
Neraca Perdagangan/PDB: -2,6%
Populasi: 23,5 juta
Hutang/PDB Publik: 41%
Pengangguran: 5,6%
Inflasi: 2%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 49
Kebebasan Moneter: 8
Hak Properti: 8
Inovasi: 18
Teknologi: 22
Pita Merah: 7
Investor Protection: 63
Korupsi: 13
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 26

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Australia