Swiss, #10 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Swiss menempati urutan ke-10 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Swiss adalah sebuah negara yang mengedepankan netralitas, memiliki ekonomi pasar yang makmur dan modern dengan tingkat pengangguran yang rendah, tenaga kerja yang sangat terampil, dan PDB per kapita di antara yang tertinggi di dunia.

Perekonomian Swiss mendapat manfaat dari sektor jasa yang sangat maju, dipimpin oleh jasa keuangan, dan industri manufaktur yang berspesialisasi dalam teknologi tinggi, produksi berbasis pengetahuan.

Stabilitas ekonomi dan politiknya, sistem hukum yang transparan, infrastruktur yang luar biasa, pasar modal yang efisien, dan tarif pajak perusahaan yang rendah juga menjadikannya salah satu negara dengan ekonomi paling kompetitif di dunia.

Swiss telah membawa sebagian besar ekonominya sesuai dengan UE untuk mendapatkan akses ke Pasar Tunggal Uni dan meningkatkan daya saing internasional negara itu.

Namun, beberapa proteksionisme perdagangan tetap ada, khususnya untuk sektor pertaniannya yang kecil. Nasib ekonomi Swiss terkait erat dengan negara-negara tetangganya di zona euro, yang membeli setengah dari ekspor negara ini.

Krisis keuangan global 2008 dan mengakibatkan kemerosotan ekonomi pada tahun 2009 menghentikan permintaan untuk ekspor dan menempatkan Swiss ke dalam resesi.

Selama periode ini, Swiss National Bank (SNB) menerapkan kebijakan suku bunga nol untuk meningkatkan perekonomian, serta untuk mencegah apresiasi terhadap franc, dan ekonomi mulai pulih pada 2010.

Krisis utang berdaulat membentang di negara tetangga euro negara-zona, bagaimanapun, ditambah dengan ketidakstabilan ekonomi di Rusia dan ekonomi Eropa Timur lainnya mendorong permintaan untuk franc Swiss oleh investor yang mencari mata uang safehaven.

Pada Januari 2015, SNB meninggalkan patokan franc Swiss ke euro, mengguncang pasar mata uang global dan menjadikan intervensi SNB aktif sebagai ciri khas yang diperlukan dari kebijakan moneter saat ini.

SNB independen telah menegakkan kebijakan suku bunga nol dan melakukan intervensi pasar besar untuk mencegah apresiasi lebih lanjut terhadap franc Swiss, tetapi anggota parlemen mendesaknya untuk berbuat lebih banyak untuk melemahkan mata uang.

Kekuatan franc telah membuat ekspor kurang kompetitif dan melemahkan prospek pertumbuhan negara; Pertumbuhan PDB turun di bawah 2% per tahun dari 2011 hingga 2017.

Dalam beberapa tahun terakhir, Swiss telah menanggapi tekanan yang meningkat dari negara-negara tetangga dan mitra dagang untuk mereformasi undang-undang kerahasiaan perbankannya, dengan menyetujui untuk mematuhi peraturan OECD tentang bantuan administratif dalam masalah pajak, termasuk penggelapan pajak.

Pemerintah Swiss juga telah menegosiasikan kembali perjanjian pajak berganda dengan banyak negara, termasuk AS, untuk memasukkan standar OECD.


Swiss

Swiss

GDP $ 679 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,7%
PDB per Kapita: $ 80.200
Neraca Perdagangan / PDB: 9,8%
Populasi: 8,3 Juta
Hutang / PDB Publik: 42%
Pengangguran: 3,2%
Inflasi: 0,5%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 1
Kebebasan Moneter: 20
Hak Properti: 4
Inovasi: 3
Teknologi: 15
Pita Merah: 69
Investor Protection: 102
Korupsi: 3
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 20

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Swiss