Australia dalam pandangan BRUCE W. PRATT

  • Whatsapp

Australia adalah tempat saya dilahirkan dan dibesarkan, dan tempat saya dahulu menjadi perdana menteri selama lebih dari 18 tahun adalah sebuah negara yang paradoks.

Secara geografis negara ini adalah sebuah benua tua, yang jejaknya jelas dapat ditemukan pada kerang-kerangan di laut-laut tua dari Zaman Es dan Zaman Vulkanis. Secara etnis penduduk aslinya merupakan sejumlah kecil sisa-sisa suatu ras yang penulisan sejarahnya sangat sedikit.

Mereka, seperti yang pada umumnya diperkirakan, tidak sebanding dengan bangsa Maori di Selandia Baru meskipun mereka telah menghasilkan sejumlah orang yang berbakat dan berprestasi dan pasti akan menghasilkan lebih banyak lagi di masa datang.

Sejarah Australia sebagai suatu negara di dunia yang modern dimulai dengan koloni pertama yang didirikan oleh orang Inggris hampir 2 abad yang silam. Sebelum itu telah terdapat banyak penjelajah samudra, terutama bangsa Belanda dan Prancis, yang menyelidiki dan membuat peta pantai tanpa menjamah daerah pedalamannya.

Dalam waktu yang cukup lama wilayah ini merupakan suatu terra incognita “daerah tak dikenal” di Laut Selatan. Penjelajah Belanda pada awalnya menamai benua itu Holandia Baru.

Kini, setelah kolonisasi berjalan kira-kira 200 tahun, wilayah ini menjadi negara bangsa Eropa dengan penduduk lebih dari 15.000.000 jiwa, aktif dalam percaturan dunia, kreatif dalam bakat, memiliki banyak arti bagi kekuatan Dunia Lama (Eropa Barat), dan kekuatan Dunia Baru (Amerika Serikat).

Anda akan banyak belajar mengenai ciri objektif dan faktual tentang Australia pada artikel ini. Namun, marilah kita melakukan observasi yang sedikit lebih umum.

Bangsa yang bagaimanakah kami ini? Tentu saja, kami lebih patut disebut orang Eropa, terutama keturunan bangsa Inggris dan dengan kesetiaan yang tertanam turun-temurun kepada kerajaan Inggris.

Kami telah mewarisi dan melaksanakan demokrasi parlementer berpola Inggris. Kami telah mewarisi dan melaksanakan hukum masyarakat Inggris dengan sedikit penyesuaian.

Kami menganut peraturan hukum dan pelaksanaan undang-undang yang adil. Kami berbicara dalam ”bahasa tutur Shakespeare” meskipun aksen kami mungkin terdengar agak lain; dan kami adalah ahli waris yang aktif dan mampu menciptakan kesusastraan Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.

Pada akhir-akhir ini kami telah menerima ratusan ribu imigran dari Eropa yang membawa serta latar belakang dan unsur yang memperkaya dan juga mengubah corak ke budayaan kami.

Sejauh ini Anda mungkin menyimpulkan bahwa kami tidak lebih dari orang Eropa yang dipindahkan secara fisik untuk hidup di suatu daerah yang dulunya masih primitif. Namun, sesungguhnya kami lebih dari itu.

Letak negara kami secara geografis di baratdaya Samudra Pasifik, dekat dengan Asia Tenggara, terpisah jauh dari Eropa, dan semakin terlibat dalam urusan politik dan ekonomi dengan negara-negara Asia yang baru muncul serta dengan Jepang dan Amerika Serikat.

Ini tidaklah berarti bahwa kesetiaan kami telah mati, seolah-olah kami tidak lagi memiliki perasaan khusus terhadap negara yang masih kami anggap sebagai negeri induk kami.

Suatu kunjungan Ratu ke Australia masih membangkitkan suatu kegembiraan yang menakjubkan meskipun mungkin kelompok republiken seperti yang terjadi di India, Pakistan, dan negara-negara Afrika selalu menggembor-gemborkan bahwa kemerdekaan yang sempurna harus ditandai dan dibuktikan dengan pemutusan kesetiaan pada kerajaan Inggris. Menurut pendapat saya, ini merupakan suatu hal yang menyedihkan dan tidak benar.

Australia adalah sama merdekanya seperti negara lain di dunia baik secara politis, sosial, maupun ekonomi. Kami tidak menerima ataupun melayani sedikit pun instruksi dari Inggris Raya atau dari kekuasaan lainnya.

Namun, kami bukan ”anak kemarin sore” yang menganggap bahwa, untuk mencapai segala tujuan, kami sama sekali tidak memerlukan yang lain. Kesetiaan kami kepada Ratu bersama Kanada, Selandia Baru, negara-negara Hindia Barat, dan beberapa negara lainnya bukan hanya merupakan imbauan emosi kami tetapi juga rasa persaudaraan kami dan menjadikan Negara Persemakmuran sesuatu yang berarti, khususnya di masa krisis dunia.

Kami telah mengerti, seperti halnya sebagian besar negara pada abad ke-20 juga mengerti, bahwa seperti halnya tidak ada manusia yang beradab dapat hidup sendirian, demikian juga tidak ada negara yang dapat hidup sendirian. Bahkan Amerika Serikat yang besar pun tidak terlepas dari dasar hukum ini karena ia memiliki tanggung jawab yang besar sebagai negara besar.

Australia memiliki sumber besar yang membentang, sejumlah penduduk yang berkembang dan kuat, tingkat hidup yang tinggi, dan sistem pendidikan yang terus meningkat.

Ia memiliki prestasi teknologi dan sains yang besar pada reputasinya. Bangsa Australia adalah orang yang berpikiran naluriah yang kadangkala mengaburkan batas antara kemerdekaan berpikir dan tindakan.

Berbicara tentang masalah pertahanan nasional, kami menyadari bahwa kami tidak berdaya untuk dapat menghadapi serbuan bersenjata oleh pasukan musuh dari suatu negara Asia yang maha luas kecuali kalau kami memiliki sekutu kuat yang berkeinginan untuk datang menolong.

Kenyataan itu mendorong kami untuk bergabung dalam organisasi pertahanan bersama yang dikenal sebagai SEATO (Southeast Asia Treaty Organization) bersama Amerika Serikat, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Thailand, dan Filipina.

Meskipun SEATO telah dihapuskan, Australia masih menjadi anggota dari Pakta AN’ZUS, sebuah organisasi pertahanan timbal balik yang anggota-anggotanya adalah Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Meskipun telah sering terjadi renungan lebih mendalam tentang masalah pertahanan, terdapat kesadaran yang tinggi atas tanggung jawab kita untuk menggalakkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara Asia Tenggara.

Australia sepenuhnya membantu negara-negara yang sedang berkembang, terutama yang berada di wilayah Pasifik Selatan. Ia merupakan anggota aktif Forum Pasifik Selatan dan mengadakan peningkatan hubungan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia. Ia terus membantu negara Papua Nugini, yaitu sebuah negara merdeka yang semula diurus oleh Australia.

Secara singkat, dengan adanya perdamaian, negara-negara di bagian dunia ini harus menjumpai suatu masa pembangunan, taraf kehidupan yang meningkat, dan hasil karya lembaga pemerintahan sendiri yang bebas sehingga dapat mengubah sisa-sisa pemikiran kuno dunia.

Negara-negara ini selama beberapa dasawarsa telah dianggap sebagai negeri yang relatif tak terkenal tetapi romantis untuk dikunjungi oleh para pengarang roman dan pelancong, dengan keelokannya yang terlihat oleh dunia Barat bagaikan sesuatu yang primitif dan memukau, beserta kegiatannya yang begitu menguntungkan seperti halnya penambangan timah, pabrik karet, dan pengeboran minyak yang terutama dikelola oleh orang luar.

Akan tetapi, pada waktu yang tidak lama lagi negara-negara itu akan berubah menjadi deretan negara modern, dengan penduduk dan sumber alamnya yang besar, yang melibatkan kemaknawian internasional.

Masa depan mereka, asalkan kekuatan industri besar yang ada mampu berperan dalam membangun perdagangan dan keahlian teknik barunya, akan merupakan salah satu hal yang menggembirakan di dunia sehingga cucu saya dan beriuta-iuta cucu dari orang masa kini yang lain akan mewarisinya dengan senang.


Oleh: Sir Robert Gorden MENZIES Mantan Perdana Menteri Australia
Editor: Sejarah Negara Com


Australia Sebuah Negara di Belahan Bumi Selatan

Peta Perspektif Australia

Kunjungi Peta Australia atau di google map

Jauh di bawah belahan bumi selatan terdapat suatu pulau, negara, dan sekaligus benua yang unik-Australia. Australia merupakan benua terkecil, tetapi juga pulau terbesar di muka bumi. Australia merupakan satu-satunya benua yang hanya terdiri atas satu bangsa.

Australia, yang terdiri atas benua Australia dan pulau Tasmania, merupakan negara yang berbahasa Inggris dan anggota Persemakmuran, tetapi secara fisik Australia lebih dekat dengan Asia. Australia terletak di sebelah tenggara Asia, di antara Samudra Hindia di sebelah barat dan Laut Koral dan Laut Tasman, yang merupakan bagian Samudra Pasifik Selatan, di sebelah timur.

Terbentuk sejak awal periode perkembangan bumi, Australia merupakan salah satu daratan tertua di bumi. Namun, Australia baru ditemukan pada tahun 1606, lebih dari seabad setelah penemuan Amerika, dan baru dihuni oleh orang Eropa pada tahun 1788, hampir seabad setelah pemukiman Amerika.

Pada tanggal 1 Januari 1901, 113 tahun setelah penghuniannya, keenam koloni (kini negara bagian) yang berpemerintahan sendiri, yaitu New South Wales, Victoria, Australia Selatan, Queensland, Tasmania, dan Australia Barat bergabung menjadi negara Persemakmuran Australia.

Australia juga memerintah wilayah utara yang sangat luas dan iarang penduduknya, yang telah diberi pemerintahan internal sendiri pada tahun 1978; wilayah ibu kota Australia, termasuk ibu kotanya Canberra; dan sejumlah wilayah pulau.

Kini Australia muncul sebagai sebuah kekuatan dunia, tetapi negara ini masih di dalam proses perkembangan. Jumlah penduduknya yang relatif kecil, wilayah geografisnya yang menantang, kekayaan mineralnya yang banyak, dan pemerintahnya yang stabil, kesemuanya menarik banyak orang dari Eropa dan Amerika yang mencari lahan baru untuk tempat bermukim dan wilayah baru bagi penanaman modalnya.

Karena Australia terpisah dari daratan lainnya dan relatif belum terjamah oleh tangan manusia maka hewan, burung, pohon, serta tanaman dan bunganya berkembang dengan tak ada duanya di bumi lain. Daya tarik Australia ini juga semakin bertambah dengan berbagai pemandangan alamnya yang amat menarik. Kota-kota modern yang ramai dan padat penduduknya semakin meluas ke tepi pantai.

Pedalamannya tampak tak terbatas, kebanyakan gersang, dengan dataran rendah bagaikan gurun yang terbentang ratusan kilometer persegi luasnya. Di Australia juga terdapat tanah pedusunan seperti daerah pinggiran Inggris; pusat peternakan yang luas seperti di Texas, Amerika Serikat; atau ladang gandum seperti di Saskatchewan, Kanada; hutan hujan tropis seperti di Brasilia; dataran tinggi salju seperti di Norwegia; dan masih banyak lagi pemandangan yang tak pernah Anda duga.

Peta wilayah Australia

Kunjungi Australia di Google map

Geografi Australia

Bangsa Australia merupakan satu-satunya bangsa yang memiliki benua. Benua ini merupakan benua yang luas dan sangat luar biasa. Dari Semenanjung Cape York di Queensland di utara sampai ke Tanjung Tenggara di pulau Tasmania, panjangnya sekitar 3.220 km, sedangkan dari Titik Curam di Australia Barat di sebelah barat hingga ke Tanjung Byron di New South Wales di timur, panjangnya sekitar 3.860 km.

Panjang pantainya yang lebih dari 36.735 km adalah sangat rata karena pantai ini dihempas oleh air laut selama jutaan tahun. Di pantainya terdapat dua cekung, yaitu di selatan.

Di sepanjang pantai timurlaut terdapat salah satu keajaiban alam yang sangat mencengangkan-kebun bawah air yang luar biasa. Penghalang Karang Besar, yaitu suatu bentuk karang terpanjang di dunia, membentang sepanjang 2.010 km. Terpisah dari daratan Australia oleh laut dangkal selebar 16-160 km, terletak 600 pulau kecil yang tersebar di hamparan laut raksasa.

Masa jutaan tahun yang penuh dengan angin dan hujan telah mengoyakkan pegunungan kuno di Australia sehingga Australia merupakan benua yang paling rata di dunia. Hampir separuh wilayahnya merupakan plato yang tidak terlalu tinggi dari permukaan laut.

Namun, wajah Australia tidak menyuguhkan suatu kontras yang dramatis. Terdapat 3 wilayah alam besar: Busur Pembagi Besar atau Dataran Tinggi Timur, Dataran Rendah Tengah, dan Plato Barat Besar.

Busur Pembagi Besar merupakan jaringan plato, bukit, dan pegunungan rendah yang sejajar dengan pantai timur dan tenggara Australia. Busur Pembagi Besar meliputi Pegunungan Biru dan Alpen Australia.

Di sepanjang pantai, di sisi timur dan selatan Busur Pembagi Besar, terletak kota-kota besar Australia-Sydney, Melbourne, dan Brisbane-serta berbagai kota besar dan kecil lainnya.

Di sepanjang barat lereng Busur Pembagi Besar ini terletak ”bulan sabit yang subur”, yaitu suatu wilayah yang diairi dengan baik, yang merupakan lahan pertanian dan tempat peternakan biri-biri yang luas.

Biri biri pendukung perekonomian Australia

Air merupakan masalah yang merisaukan bagi Australia karena Australia merupakan benua terkering. Busur Pembagi Besar ini merupakan sumber air utama bagi Australia.

Terdapat juga beberapa sungai pendek dan berair deras yang mengalir ke arah timur dan selatan menuju pantai. Sungai pedalaman yang panjang, yang menyediakan air bagi lahan subur Australia, mengalir menjauhi pantai dan, karena datarnya wilayah Australia, airnya pun mengalir pelan sekali.

Sungai Murray, yang panjangnya 2.570 km dan merupakan sungai terbesar di Australia, membentang sepanjang bagian utama perbatasan antara negara bagian New South Wales dan Victoria sebelum masuk ke laut di Australia Selatan.

Murray, dengan banyak anak sungainya-Darling, Murrumbidgee, dan Lachlan (yang mengalir masuk ke Sungai Murrumbidgee) membentuk jaringan air utama Australia. Limpahan air dari hulu yang mencapai sungai panjang yang mengalir pelan ini mungkin memerlukan waktu berminggu-minggu untuk dapat meluas ke daerah Australia yang lain.

Dataran Rendah Tengah banyak terisi padang rumput yang terbaik di Australia. Ciri yang paling aneh di wilayah ini adalah Cekung Artesis Besar, yang luasnya 1.735.300 km2, tempat air hanya ditemukan jauh di dalam tanah.

Diperkirakan bahwa lebih dari 2.500 penggalian sumur dilakukan agar dapat menyediakan air untuk mengairi lahan penggembalaan dan padang rumput. Airnya pun mengandung terlalu banyak garam dan mineral lain untuk dipakai mengairi berbagai lahan pertanian.

Danau Eyre, di negara bagian Australia Selatan, yaitu di ujung seiatan Dataran Rendah Tengah, pada umumnya merupakan cekung yang kering dan sangat luas. Karena kekeringan berlangsung selama bertahun tahun, hampir sepanjang waktu danau ini selalu berupa cekung lumpur raksasa yang kering dan mengandung garam.

Sebelah selatannya lagi, antara Sungai Murray dan Sungai Lachlan, terletak lahan pertanian subur Australia dan ladang penggembalaan ternak yang terbaik.

Plato Barat Besar hampir meliputi separuh wilayah benua. Para arkeolog menduga bahwa bagian baratdaya plato ini mungkin berusia 3.000.000.000-6.000.000.000 tahun.

Sebagian besar pedalaman plato ini berupa padang pasir-Padang Pasir Besar, Padang Pasir Gibson, Padang Pasir Victoria Besar-dan dataran ” bergeming” yang terbentang luas dan tertutup oleh batu koral, atau oleh lahan gersang yang berupa semak-semak rumput dan rumput paku. Terdapat pula berbagai batu-muncul, seperti Ayers Rock ajaib, yang secara kelakar disebut sebagai kerikil yang terbesar di dunia.

Kekayaan mineral ditemukan di semua bagian Australia, tetapi wilayah barat yang kering ini merupakan tempat harta karun mineral. Di Jajaran Hamersley terdapat banyak endapan bijih besi. Berbagai endapan mineral seperti timbel, seng, perak, tembaga, uranium, nikel, emas, dan banyak lainnya-ditemukan di banyak bagian di Plato Barat Besar.

Beberapa wilayah baratdaya Plato Barat Besar memperoleh curah hujan yang teratur. Wilayah ini sedang dikembangkan, dengan bantuan proyek irigasi ilmiah, menjadi pusat peternakan sapi dan biri-biri serta lahan pertanian.

Iklim dan Curah Hujan

Karena seluruh wilayah Australia terletak di belahan bumi selatan, tentu saja musimnya berbeda dengan wilayah yang ada di belahan bumi utara. Orang Australia, yang suka menikmati musim panas di bulan Desember, seringkali merayakan Hari Natal sambil berpiknik ke pantai.

Hampir di seluruh Australia, orang akan menyukai olahraga seperti tenis dan berselancar yang dilakukan hampir sepanjang tahun, Sapi yang digembala di peternakan Australia pun tidak perlu diberi perlindungan sekalipun di musim dingin.

Hampir seluruh negeri ini beriklim sedang dibandingkan dengan berbagai negara lain yang terletak di ketinggian yang sama, Penyebabnya adalah posisi global Australia, pola pola angin yang bertiup, dan karena kenyataan bahwa Australia merupakan pulau tanpa penghalang tanah yang besar.

Lebih dari sepertiga wilayah Australia di utara, menderita suhu tropis yag sangat panas karena wilayah ini terletak di zone tropis, tetapi tempat lainnya berada dalam zone yang beriklim sedang.

Di samping iklim, Australia juga menderita kekurangan curah hujan. Sekitar seperenam benua ini berupa sebuah sabuk di sepanjang wilayah laut sebelah timur, pantai utara, dan bagian pantai selatan dengan curah hujan lebih dari 102 cm setahun.

Namun, curah hujan di pedalaman Australia yang luas adalah kurang dari 25 cm. Hanya sedikit dari wilayah yang gersang ini dimanfaatkan oleh manusia dan, tentu saja, kota-kota utama tumbuh di wilayah yang mendapat banyak curah hujan,

Pohon dan Bunga yang Unik

Kehidupan tumbuhan yang banyak dan sangat beraneka ragam tumbuh di benua yang kering ini. Boleh dikatakan bahwa banyak di antara 13.000 tanaman asli adalah khas Australia. Bunga liar Australia memang tumbuh di banyak tempat di Australia, tetapi Australia Barat sering disebut sebagai negara bagian bunga liar.

Di dataran panas di wilayah pantai baratdaya dan barat Australia terdapat lebih dari 2000 jenis bunga langka sehingga setiap selesai turun hujan wilayah itu tampak bagaikan kanvas yang terlukis indah. Di antara bunga liar Australia yang luar biasa adalah bunga cakar kanguru, yaitu tanaman hijau dan merah yang tampak seperti cakar kanguru.

Di sepanjang pantai timur, orang akan menjumpai waratah, yaitu tanaman yang tingginya melebihi manusia dan berbunga merah merona; honeyflower; dan bunga fuhsia Australia yang indah. Bunga semak natal, bunga lonceng natal, dan bunga coachwood bermekaran selama hari-hari natal.

Boronia, yaitu semak yang berbunga indah, tumbuh dalam lebih dari 80 jenis di Australia. Daunnya menghasilkan minyak parfum yang beraroma. Meskipun bunga anggrek tumbuh liar, tetapi sebanyak lebih dari 600 jenis ditanam untuk ekspor.

Meskipun vegetasi beragam menurut iklimnya, berbagai taman nasional dan taman negara bagian-dengan berbagai pohon dan bunga yang luar biasa-dapat dicapai dalam 1 jam berkendaraan dari setiap ibu kota negara bagian di Australia.

Di mana saja orang akan menjumpai eukaliptus, atau pohon getah. Terdapat lebih dari 500 varietas pohon getah ini dan tumbuh di segala jenis tempat dan iklim. Pohon getah ini beragam dari yang kecil di wilayah kering sampai ke pohon yang paling keras dan tinggi di dunia.

Lambang negara Australia melukiskan penyebaran akasia yang berbau sedap, biasanya dikenal sebagai pohon jalinan. Nama ini berasal dari kenyataan bahwa para pemukim awal menemukan bahwa pohon muda akasia dapat digunakan untuk tali-temali atau jalinan, yaitu kerangka untuk plester lumpur dinding dan atap. Akasia ini berkisar dari yang sangat kerdil, sehingga mudah terlindung di balik rerumputan alam, sampai ke pohon yang menjulang setinggi lebih dari 24 m.

Burung dan Hewan Aneh

Keterpencilan Australia dari dunia sejak zaman prasejarah menjadikan hewan yang telah punah di tempat lain masih hidup dan berkembang di pulau benua ini.

Australia merupakan tempat tinggal marsupial, yaitu hewan yang melahirkan anak yang prematur dan kecil sehingga harus dibawa di kantung perut induknya hingga anak itu benar-benar berkembang.

Hampir setengah mamalia asli Australia adalah hewan marsupial dan kanguru merupakan salah satu hewan marsupial yang paling terkenal, Di antara lebih dari 40 jenis kanguru terdapat kanguru merah; yang dapat tumbuh tinggi melebihi manusia; wallaby. yang berukuran sebesar anjing; dan kanguru mengerat, yang panjangnya kurang dari 3 m.

Kanguru

Koala, yang mirip beruang mainan anak, merupakan marsupial yang paling disayang manusia. Di habitat alamnya, koala tidur nyenyak seharian penuh dengan melingkarkan tubuhnya di pohon eucalyptus.

Beruang Koala

Platipus, mamalia Australia yang paling aneh, memiliki empat kaki yang berselaput dan moncong panjang yang mirip dengan paruh itik. Platipus mewakili suatu masa evolusi antara reptil dan mamalia. Platipus adalah mamalia yang bertelur.

Dingo, sejenis binatang yang gagah, kuat, dan biasanya berkulit cokelat putih dengan ekor bagaikan semak, kini dipercaya sebagai keturunan serigala Asia. Binatang eksotik lain yang menjelajahi wilayah benua yang jarang penduduknya ini adalah keturunan kerbau, kuda, keledai, unta, rusa, babi, dan anjing yang dibawa ke Australia tetapi berhasil melarikan diri sehingga menjadi liar dan berkembang biak.

Burung pun banyak jenisnya bagaikan mamalia asli Australia. Emu, yaitu burung Australia terbesar, seperti halnya kasuari yang lebih kecil, tidak dapat terbang, tetapi dapat berlari cepat.

Burung aneh lainnya adalah angsa hitam, yang bulu hitamnya disemarakkan oleh paruhnya yang merah. Lyrebird, mungkin merupakan burung beo terbesar dunia, dikenal dapat bernyanyi dalam 40 jenis nyanyian yang berbeda dalam satu pergelaran.


Penduduk Australia

Pada pertengahan terakhir abad ke-18, inggris dihadapkan kepada masalah bagaimana mengatasi populasi narapidananya yang besar. Selama beberapa tahun, banyak di antara mereka dibuang ke Amerika, khususnya di daerah koloni Virginia dan Maryland, tetapi Perang Kemerdekaan segera menghentikan pembuangan ini.

Oleh karena itu, berbagai penjara Inggris kebanjiran lagi sehingga pemerintah mencari tempat di belahan bumi lain bagi tempat bermukim para tawanan.

Sir Joseph Bank, yaitu seorang ahli botani masyhur yang menemani Kapten Cook dalam sebuah pelayaran penemuan pada tahun 1770, adalah orang yang menganjurkan Teluk Botani sebagai tempat pemukiman.

Pada tanggal 13 Mei 1787, Kapten Arthur Philip bertolak ke Portsmouth sebagai gubernur New South Wales-sebuah koloni Inggris yang baru. Dia memimpin 11 kapal, termasuk 6 kapal narapidana, berisi 1.487 orang, 759 di antaranya adalah para narapidana.

Di antara para pemukim awal adalah para pejabat pemerintah, anggota marinir Kerajaan Inggris dan para pelautnya, para pelaut pedagang, anak-anak, serta pria dan wanita tawanan-beberapa di antaranya dipenjarakan sebagai tawanan politik, sedangkan yang lain lagi ditawan karena kejahatan kecil. Delapan bulan kemudian, Rombongan Kapal Pertama berlabuh di Teluk Botani setelah menempuh pelayaran sejauh 24.135 km.

Kapten Philip, karena kecewa dengan Teluk Botani, menemukan Port Jackson, beberapa mil ke utara, “salah satu pelabuhan yang paling indah di dunia yang dapat menampung ribuan perahu layar berderet dengan sempurna dan aman”.

Pada tanggal 26 Januari 1788, permukiman tetap dimulai di salah satu teluk di Port Jackson, yang dinamai Sydney Cove oleh Kapten Philip. Tanggal ini diperingati di seluruh Australia sebagai Hari Australia.

Pemerintahan lalu didirikan dan hak pemilikan tanah di seluruh setengah bagian timur benua Australia dan Pulau Tasmania diatasnamakan Raja Inggris. Orang aborigin, yaitu penduduk asli Australia, hanya menyaksikan kejadian ini dan tidak melakukan kegiatan protes terhadap orang kulit putih.

Aborigin

Dapat dipastikan bahwa antara 20.000-30000 tahun yang lalu, orang aborigin, yaitu penduduk awal benua Australia, berangsur-angsur pindah dari Asia Tenggara. Ketika orang kulit putih mulai menghuni benua ini, orang aborigin Australia diperkirakan berjumlah sekitar 300.000 orang.

Anak suku Aborigin

Mereka termasuk suku pengembara, yang suka berburu, memancing, dan hidup sederhana, meskipun mereka juga mengembangkan organisasi kemasyarakatan yang sangat rumit sekali. Mereka tidak memiliki pengetahuan tentang pertanian.

Dingo, sejenis anjing, adalah satu-satunya hewan piaraannya. Mereka hampir tidak pernah berhubungan dengan dunia luar. Di wilayah kering Australia, mereka berhasil bertahan hidup, yang bagi orang Eropa tentu sudah membuat mereka mati kelaparan, kehausan, atau kelelahan.

Para pemukim memandang rendah terhadap orang aborigin yang berkulit hitam, berambut hitam, bermata cekung, tidak berpakaian, dan bertutur dalam bahasa yang aneh. Para pendatang baru ini tidak berusaha untuk mengerti adat-istiadat, organisasi suku, dan kepercayaan/agama orang aborigin.

Banyak orang aborigin meninggal karena berbagai penyakit yang dibawa oleh para pemukim, beberapa di antaranya terbunuh dalam pertengkaran dengan para pemukim.

Sebagian aborigin lainnya perlahan-lahan kehilangan gairah hidup tatkala mereka kehilangan wilayah kesukuannya serta tatkala mereka melihat hancurnya adat-istiadat mereka. Kini orang aborigin berjumlah sekitar 160.000 orang, tetapi hanya kurang dari separuhnya dapat dianggap berdarah asli aborigin. Banyak di antara mereka tidak lagi hidup mengembara.

Orang aborigin banyak memberikan nama bagi tempat-tempat di Australia, meminjamkan banyak kata, lukisan gua dan ukiran batu yang hidup, serta bumerang. Bumerang digunakan oleh orang aborigin Australia untuk berburu dan berperang.

Mereka melemparkan senjata berat ini sehingga senjata ini melayang secara cepat tanpa gerak di udara. Bumerang yang ”kembali”, yang bentuknya lebih lengkung daripada bumerang berburu dan berperang, sebenarnya hanya sejenis mainan.

Kini hanya beberapa orang aborigin saja yang masih hidup seperti nenek moyangnya sebagai pengumpul dan pemburu. Namun, banyak di antaranya memilih kehidupan yang berorientasikan suku di wilayah-wilayah terpencil ketimbang bergabung dengan masyarakat kota.

Orang aborigin juga diberi hak pemilikan atas tanah tradisional mereka, di samping berbagai masalah sosial khusus, lebih dari yang disediakan bagi orang Australia lainnya, untuk membantu standar kehidupan mereka.

Baca juga: Sejarah Suku Aborigin

Pemukim Perintis

Orang Australia kadang-kadang merasa kurang senang terhadap asal usul negaranya serta banyaknya narapidana di antara para imigran pertama, Namun, belakangan ini telah terbentuk organisasi Masyarakat Armada Pertama dengan keanggotaan terbuka bagi semua keturunan orang yang tiba bersama Kapten Philip, tanpa memandang status aslinya.

Para pemukim awal, baik tawanan maupun orang merdeka, datang dari Inggris. Mereka mendapatkan wilayah baru yang luas, keras,dan menakjubkan. Meskipun mereka kurang berpengalaman merintis, banyak di antara pendatang baru ini menunjukkan keberanian yang besar.

Beberapa di antaranya menghalau biri-biri atau sapi melintasi pegunungan dan dataran rendah. Beberapa yang lainnya menjelajahi hutan di sepanjang pantai, menebang pohon yang amat diperlukan, sedangkan beberapa kelompok lainnya bertani di lahan-lahan yang telah dibersihkan.

Di hari-hari permulaan, gubernur daerah jajahan memiliki hak untuk memberikan tanah secara cuma-cuma kepada orang yang mau mempekerjakan para tawanan dan mau bertanggung jawab terhadap makanan dan pakaian mereka.

Di samping itu, tatkala permukiman semakin menyebar ke dataran sebelah barat di balik pegunungan, pemilikan tanah dibangun berdasarkan hidup, atau keberadaan, orang di atas tanah tersebut.

Para pemukim ini juga memerlukan tambahan lahan bagi industri biri-biri. Biri-biri pertama dibawa ke Australia dari Tanjung Harapan pada tahun 1797. Kapten John Macarthur, yang diberi kepercayaan untuk mengembangkan industri ini di Australia, berhasil mendapatkan sejumlah biri-biri.

Sebelum awal abad ke-19, dia membawa banyak biri-biri marino dari Spanyol ke Australia. Dengan ketrampilan mengawinkannya, dia dan para peternak lainnya dapat mengembangkan jenis biri-biri yang ulung yang dapat menghasilkan wol yang bermutu tinggi.

Wol pertama, sebanyak 245 pon, diekspor ke Inggris pada tahun 1807. Industri ini cocok sekali untuk daerah kering yang sangat luas di pedalaman Australia.

Pengiriman narapidana yang meluas ke sebagian besar Australia berakhir karena ditentang oleh pendapat umum pada tahun 1850. Namun, di Australia Barat, karena amat kurangnya tenaga buruh, sejumlah kuota narapidana masih diterima sampai tahun 1868.

Gelombang imigran besar-besaran terjadi ketika ditemukan emas oleh Edward Hargraves di daerah Bathurst di dataran tengah New South Wales pada tahun 1851. Para imigran berdatangan dari berbagai bagian dunia Barat, sebagian besar dari Inggris.

Penemuan emas awal ini disusul dengan penemuan emas di Ballarat dan Bendigo di Victoria, bahkan disusul dengan penemuan endapan emas yang lebih banyak di Kalgoorlie, Australia Barat.

Benua Australia menjadi lebih terbuka setelah banyak pemburu emas berdatangan jauh ke daerah pedalaman. Mereka lalu disusul oleh para petualang dan pedagang. Dalam 10 tahun, jumlah penduduk Australia, meskipun masih jarang, menjadi tiga kali lipat.

Banyak tempat permukiman berubah menjadi kota-kota yang ramai ketika para pemukim mengubah kehidupannya dari pemburu emas menjadi petani dan berbagai penghidupan lain.

Sebagai akibatnya, jalan raya, jalan kereta api, perdagangan, dan berbagai lembaga pendidikan berkembang untuk memenuhi kebutuhan para pemukim baru.

Orang Australia Baru

Pada abad ke-19, konflik antara orang Australia-Cina di berbagai tambang emas mengakibatkan banyak koloni melarang pemukiman oleh orang Asia dan orang non-Eropa lainnya.

Kebijakan ”Australia putih” secara tak resmi berkembang. Hal ini mengakibatkan Australia berpenduduk sangat homogen dengan gaya hidup yang mirip dengan gaya hidup Eropa Barat dan Amerika Utara sehingga Australia sering dikecam karena kebijakan diskriminasinya terhadap penduduk yang berleluhur orang non-Eropa.

Semua pembatasan ini akhirnya dihapuskan pada tahun 1970-an sehingga kini Australia menerima imigran dari 100 negara lebih.

Sejak Perang Dunia II, di salah satu lembaran yang paling menarik dalam sejarah Australia, 3.700.000 pemukim baru datang ke Australia. Lebih dari satu dalam setiap 5 orang Australia yang tinggal di sana adalah ”orang Australia baru”.

Pada tahun 1945, Pemerintahan Persemakmuran Australia melancarkan program perluasan penduduk yang terencana, dengan membantu orang dari Inggris untuk melakukan pelayaran yang sangat mahal ke Australia.

Program ini meluas meliputi semua orang dari berbagai negara Eropa Barat lainnya. Dua pertiga dari para pemukim datang dari Inggris, tetapi banyak di antara mereka datang dari Italia, Amerika Serikat, Yunani, Jerman, Negeri Belanda, Yugoslavia, dan berbagai negara lainnya.

Orang India, Cina, dan berbagai orang Asia lain mulai berdatangan dalam jumlah besar pada tahun 1960-an. Australia juga menerima sekitar 400.000 orang pengungsi dan orang-orang yang tak disukai, termasuk diantaranya beberapa orang Hongaria, Cekoslowakia, Libanon, dan Indocina di bawah program pengungsi dan program kemanusiaan.

Para Pahlawan Atletik

Orang Australia mungkin adalah produk dari orang-orang yang keras, tegar, dan suka keluar rumah. Orang menilai bahwa orang Australia adalah orang yang ramping, berkulit cokelat terbakar matahari, berpandangan bebas, bicaranya singkat, ramah terutama terhadap sesamanya.

Perpindahan gaya kehidupan desa ke kota telah mengubah orang Australia dari pekerja lapangan menjadi pekerja kantoran dan buruh pabrik. Namun, formalitas masih terasa kurang, mereka masih menggandrungi keuletan dan loyalitas, serta masih tetap lebih suka berada di luar rumah.

Sebagian besar orang tinggal nyaman di dalam rumah milik sendiri, di samping tidak tampak adanya perbedaan yang tajam antara yang kaya dan yang miskin.

Tampaknya para atlet dipuja sebagai pahlawan di Australia. Iklim memungkinkan olahraga luar rumah sepanjang tahun hampir di semua bagian Australia. Jiwa muda dan kesehatan penduduk serta kenyataan bahwa olahraga adalah murah serta banyak jenisnya, membuat Australia tampak bagaikan negara yang penuh dengan pecandu olahraga.

Mereka tidak hanya menjadi penonton, melainkan juga ikut ambil bagian. Banyak orang Australia tampak bagaikan dilahirkan di air. Mereka secara alamiah dapat berenang, berdayung, menyelam, berlayar, dan berperahu.

Tenis, bola gelinding, lari, golf, dan cricket merupakan beberapa olahraga yang populer. Di Australia terdapat 4 jenis sepak bola-sepak bola ala Australia, sepak bola. Uni Rugby, dan Liga Rugby.

Sepak bola ala Australia, yang paling populer di Australia Barat dan berbagai negara bagian di selatan, menarik banyak penggemar sehingga dalam pertandingan final lebih dari 100.000 orang datang menyaksikan. Minat terhadap kuda juga banyak sehingga pacuan kuda pun menarik banyak penonton, demikian pula balap mobil.

Selama beberapa tahun, para pemain tenis Australia masuk di peringkat atas dalam berbagai kejuaraan tenis dunia. Banyak penduduk kota bermain tenis di malam hari di lapangan yang terang benderang di daerah pinggiran di sekitar tempat tinggal mereka.

Pendidikan di Australia

Para pemukim awal di Australia telah memperkenalkan suatu pendidikan wajib yang gratis. Kini, anak-anak usia 6-15 atau 16 tahun diharuskan bersekolah di berbagai sekolah di negara bagian tempat mereka berada.

Pemerintah negara bagian mengelola berbagai sekolah gratis, tetapi di Australia juga banyak terdapat sekolah bebas yang dikelola oleh lembaga keagamaan. Beberapa di antara sekolah keagamaan ini meniru model sekolah asrama Inggris, yang dikenal sebagai sekolah umum.

Australia harus mengembangkan terus pendidikannya agar dapat terjangkau oleh anak-anak di daerah-daerah terpencil. Di pinggiran kota metropolitan, bus-bus sekolah digunakan untuk mengantar-jemput anak-anak sekolah.

Namun kadang-kadang, siswa harus berjalan sejauh 80 km. Jumlah siswa per kelasnya adalah 8 atau 9 orang, tetapi di daerah terpencil siswa dan guru belajar dengan menggunakan radio.

Pemerintah Australia memainkan peran penting di dalam membuat pendidikan universitasnya dapat diikuti oleh setiap orang. Ribuan beasiswa diberikan kepada mereka yang berjasa, pintar, atau sekurang-kurangnya lulus ujian masuk.

Sekitar separuh dari jumlah mahasiswa menerima sejenis bantuan’sosial. Sejumlah 19 universitas dan akademi menawarkan berbagai kursus untuk meneruskan studi di program sarjana muda ataupun program lanjutan.

Universitas Nasional Australia (Australian National University) di Canberra menawarkan program gelar dan nongelar, di samping memiliki lembaga riset yang sangat maju di bidang biologi, kimia, obat-obatan, studi wilayah Pasifik, ilmu fisika, dan ilmu sosial.

Bahasa

Ketika John Masefield, seorang penyair besar Inggris melihat tentara Australia dan Selandia Baru di dalam Perang Dunia I, dia tergerak menulis, “mereka adalah para pemuda yang terbaik yang dibesarkan di masa modern. Keperkasaan dan kegagahan mereka melebihi manusia mana pun yang pernah saya lihat…”

Namun, John Masefield tidak akan mengerti, seandainya dia mendengar mereka bernyanyi semasa Perang Dunia II, tentang ”jolly swagman” yang mendidihkan air di ”biIly”-nya pada sebuah ”billabong”, tempat ”jumbuck” minum.

Para prajurit ini sebenarnya menyanyikan lagu masa Perang Dunia II yang terkenal, ”Waltzing Matilda”, tentang orang rampasan (”jolly swagman”) yang membawa bungkusannya (”swag”), yang memasak air di periuknya (”billy”) pada suatu lobang air (“billabong”) ketika biri-biri (”jumbuck”) mau minum.

Banyak di antara penutur Inggris yang bepergian ke Australia dibuat bingung dengan banyaknya kosakata setempat yang dituturkan dengan sangat cepat dan dengan aksennya yang khusus, yaitu datar dan sengau.

Mereka pun lalu mengerti bahwa membawa sheila ke shivoo berarti membawa seorang gadis ke sebuah pesta, tempat mereka mungkin disuguhi sup (anggur) yang memabukkan, yang disebut plonk.

Jika seorang Australia memperingatkan Anda tentang willy-willy, itu berarti bahwa angin topan akan segera bertiup. Mungkin dia akan menyatakan padamu untuk tidak drongo (bodoh), atau Anda akan sampai ke suatu picnic (kekalutan), atau naik pohon karet (mendapat kesulitan.

Tutur bahasa Australia juga banyak tercampur dengan kata-kata bahasa aborigin. Aborigin telah memberikan nama-nama kepada hewan (kangguru, koala, dingo), pohon (mulga), dan burung (kookaburra).

Kata-kata idiom juga muncul di dalam pengalaman awalnya di Australia. Aussie, sebutan yang umum bagi orang Australia, mengacu pada bahasa inggris Pommie. Kata ini mungkin berasal dari P. O. H. M. ,yang tertera di baju para tawanan ketika mereka tiba di Australia, karena mereka adalah Prisoners of His Majesty (”Tawanan Raja”).

Pada saat-saat permulaan di Australia diciptakan kata-kata bush yang kini diartikan dengan ”desa”, antonim ”kota”, dan bushed, yang berarti ”hilang”. Digger, mula-mula berarti ”pekerja tambang”, kini berarti ”tentara”. Bahasa di peternakan biri-biri dan sapi mengenal kata jackeroo, yang berarti orang yang bekerja sebagai penggembala tetapi berharap dapat memiliki peternakan sendiri pada akhirnya; ringer, pencukur utama di kandang pencukuran; poddy-dodger, kepala sapi; dan banyak lagi. Dari wilayah pedalamannya yang sangat luas dihasilkan kata-kata seperti outback’”wilayah pedesaan”, way out ”berpenampilan istimewa”, west of the Sunset ”belakang langit”.


Seni di Australia

Susastra

Para penulis Australia awal menulis karyanya dalam bahasa Inggris. Penulis idiom Australia murni mulai muncul pada akhir abad ke-19 dengan ”seniman balada rimba”, seperti A.E. Paterson, yang menulis Waltzing Matilda, dan Henry Lawson, yang menulis banyak cerita pendek dan syair.

Mereka disusul oleh para penulis yang bercerita, dalam fiksi, tentang kehidupan tawanan dan kehidupan di hutan. Akhir-akhir ini, Australia juga menghasilkan beberapa penulis prosa, seperti Henry Handel Richardson, Alan Moorehead, Patrick White, Jon Cleary, Ruth Park, Morris West, Shirley Hazzard, Colleen McCulIough, dan banyak lagi yang lain.

Penerbitan di Australia juga telah berkembang pesat sejak Perang Dunia II, meskipun banyak di antara buku yang dibaca dicetak di luar negeri. Dibandingkan dengan jumlah penduduknya, Australia merupakan pembeli buku terbesar di antara negara yang berbahasa Inggris.

Pertunjukan Seni

Di hari-hari awalnya, para penulis, seniman, dan peragawan yang mau maju sering melawat keluar negeri untuk menghindari keterpencilan budaya, di samping untuk mendapat berbagai kesempatan memperoleh uang yang lebih besar lagi.

Sejak Perang Dunia II, dengan meningkatnya kemakmuran, kedatangan orang Australia Baru yang berlatarkan bermacam-macam budaya, serta dukungan pemerintah Australia, gambaran tentang Australia telah berubah.

Siaran Radio Australia (ABC), suatu lembaga pemerintah, memiliki program yang amat banyak untuk menggalakkan para komponis, peragawan, dramawan, dan penulis Australia.

Berbagai sarana seni telah diperbaiki dengan selesainya Gedung Opera Sydney, Pusat Festival Adelaide, dan berbagai pusat seni lainnya untuk tempat pameran seni. Pemerintah Australia juga mendukung Opera Australia, Balet Australia, dan masyarakat musik Australia Viva Musika, yang telah tampil di banyak kota terkemuka dunia.

Banyak penyanyi Australia memperoleh popularitas dunia. Dame Nellie Melba (1861 -1931), seorang soprano besar yang terlahir dengan nama Helen Mitchell, mengambil nama panggungnya dari kota kelahirannya, Melbourne. Joan Sutherland merupakan salah satu soprano terkenal di dunia saat ini. Banyak di antara penyanyi pop dan musisi muda Australia dikenal oleh dunia luas.

Banyak orang Australia dikenal dalam penampilan panggung dan layar perak. Judith Anderson, Cyril Ritchard, Diane Cilento, Peter Finch, Zoe Caldwell, Rebecca Gilling, dan banyak lagi yang lainnya telah pergi ke London, New York, dan Hollywood untuk tampil di panggung dan di film. Sejumlah industri film Australia juga telah memperoleh perhatian serius di dunia.

Lukisan

Australia banyak melahirkan seniman terkenal. Para pelukis awal, seperti Arthur Streeton, Hans Heysen, Tom Roberts, dan Charles Conder, melukis pemandangan Australia, yang cerah tentang peternakan biri-biri, outback yang sunyi, dan pohon eucalyptus.

Di tahun-tahun belakangan ini, Sidney Nolan telah melukis suatu penafsiran ekspresionis yang diambil dari legenda kolonial dan sejarah Australia, sementara pelukis lainnya, seperti Fred Williams, John Olsen, Brett Whitely, Arthur Boyd, dan Albert Tucker telah memperoleh reputasi internasional pula.

Di tahun-tahun belakangan ini, para seniman aborigin telah banyak menarik perhatian pemerintah sehingga museum nasional menjadi semakin tertarik dengan berbagai seni aborigin.

Albert Namatjira, seorang seniman aborigin yang meninggal tahun 1959, termasyhur karena karya-karya cat airnya, yaitu suatu bentuk lukisan yang telah menarik banyak seniman aborigin di tahun-tahun belakangan. Berbagai balai seni umum kini ditemukan di semua ibu kota negara bagian serta di berbagai kota kecil lainnya.


Sumber Alam Australia

Australia masih jarang penduduknya dan masih mencari tambahan tenaga manusia untuk mengembangkan sumber alamnya yang besar. Sumber pertanian Australia yang paling berharga adalah padang rumput yang luas di wilayah tengah dan timur untuk tempat menggembalakan biri-biri.

Biri-biri adalah demikian pentingnya bagi ekonomi Australia sehingga sering dikatakan bahwa Australia berjalan di atas punggung biri-biri. Bahkan hingga kini pun ekspor bulu domba terus menjadi sumber utama valuta asingnya.

Setiap negara bagian di Australia memiliki sumber mineral yang penting. Berbagai mineral seringkali ditemukan di batuan terbuka yang banyak terdapat di benua ini.

Di Australia Barat, Australia Selatan, dan Wilayah Utara, serta di beberapa bagian Queensland dan New South Wales barat ditemukan bijih besi, timbel, seng, perak, tembaga, uranium, nikel, dan emas.

Di sabuk di sepanjang bagian timur Australia dari Victoria barat sampai ke Queensland utara terdapat batu-batuan bermineral yang dahulu pernah mengandung endapan besar emas.

Sebagian besar tambang emas kini sudah dikuras habis, tetapi endapan tembaga, timbel, seng, dan perak masih dalam jumlah besar. Di kedua wilayah itu terdapat timah, tungsten, mika, mangan, kobalt, dan logam lainnya dalam jumlah kecil. Boksit juga merupakan sumber alam Australia yang penting.

Di Australia ditemukan banyak cadangan batubara, yang beragam dari batubara cokelat bermutu rendah di Victoria sampai batubara bermutu tinggi di New South Wales dan Queensland. Baiduri, sejenis batu permata yang berwarna-warni, ditemukan di endapan Cekung Artesis Besar di Queensland, New South Wales, dan Australia Selatan.

Pada tahun 1960-an, |adang minyak komersial yang penting ditemukan di Brisbane barat, Queensland. Ladang minyak lepas pantai di wilayah Victoria dan di Pulau Barrow, Australia Barat, terbukti sangat menguntungkan. Gas alam juga ditemukan di sana.

Pohon eucalyptus menyediakan kayu keras yang baik bagi Australia di samping membantu memenuhi kebutuhan industri cetak dan kertas negara. Sediaan kayu halus kini sedang dikembangkan dengan upaya penanaman pohon yang luas.

Australia memang kekurangan sumber alam yang paling penting-yaitu air yang cukup. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memanfaatkan air yang tersedia dengan cara-cara yang paling ilmiah untuk pengairan.

Perkembangan tunggal yang terbesar adalah Kawasan Hidroelektrik Pegunungan Salju-yaitu suatu kompleks bendungan, terowongan, dan pembangkit listrik, dan kawat transmisi-yang membendung, menampung, mengendalikan, dan mendistribusikan air sungai salju dan anak-anak sungainya.

Sebelumnya, air ini mengalir menuruni lereng selatan Busur Pembagi Besar dan bermuara di Laut Tasmania tanpa manfaat sedikit pun. Kini, air ini dibelokkan menuruni lereng sebelah barat memutar turbin raksasa dan akhirnya mengalir melalui Sungai Murray dan Murrumbidgee yang memberikan kehidupan di sekitarnya. Kawasan Pegunungan Salju ini disebut-sebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban rekayasa dunia.


Perluasan Industri Australia

Perluasan industri di Australia selama tiga dasawarsa yang lalu sangat menakjubkan sekali. Hasil industri saat ini meliputi sekitar seperlima pendapatan kotor nasional dan mempekerjakan seperenam tenaga kerja. Sejak Perang Dunia II, perluasan ini berada di bidang industri yang memerlukan ke trampilan tinggi dan teknologi yang sangat maju. Sebelum perang pun, Australia terkenal sebagai produsen tekstil, logam, barang-barang elektronika, dan makanan olahan.

Dengan kekayaan batubara dan bijih besinya yang sangat banyak, tidaklah mengherankan kalau industri besi dan baja sangat berkembang dan sangat berhasil. Mobil diproduksi atas subsidi berbagai perusahaan besar di Amerika Serikat, Jepang, dan Inggris. Australia juga memproduksi segala jenis mesin yang amat canggih, seperti lokomotif diesel, turbin penggerak, peralatan getaran bumi, pesawat televisi, dan peralatan komputer.

Terdapat pula lompatan besar di bidang industri minyak dan industri petrokimia sejak ditemukannya endapan minyak dan gas alam yang besar. Produk minyak dan kimia, plastik, bubuk mesiu, pupuk, obat, dan kosmetik merupakan industri Australia yang baru dan penting.

Industri bubur kayu, kertas, dan papan karton juga semakin berkembang. Industri pembuatan kapal merupakan industri yang berarti. Penangkapan ikan yang secara komersial juga penting bagi perekonomian dan industri pengalengan, khususnya ikan salem dan ikan tuna telah dikembangkan.

Mungkin cerita yang paling menarik di dalam perluasan industri Australia adalah pertumbuhan industri mineralnya. Batubara selalu merupakan mineral yang penting, tetapi Australia kini justru merupakan produsen timbel terkemuka dan juga salah satu produsen seng terbesar di dunia.

Tembaga dan emas juga diproduksi dalam jumlah besar. Pada tahun-tahun belakangan ini, penemuan endapan boksit yang besar telah memungkinkan berkembangnya industri aluminium. Uranium dan sejumlah mineral lainnya, termasuk batu permata baiduri yang amat indah, juga diekspor.

Ekonomi dan pasaran Australia yang meluas, endapan mineralnya yang sangat kaya, serta pemerintahannya yang stabil dan sangat menyambut modal asing, telah menarik para penanam modal asing. Australia merupakan salah satu negara yang menciptakan undang-undang industri bebas yang pertama untuk menyelesaikan pertikaian perburuhan.


Kehidupan Kota

Sebagian besar orang Australia, lebih dari 80%, tinggal di kota. Berbagai kota utamanya merupakan ibu kota negara bagian (semuanya merupakan kota pelabuhan), sedangkan Canberra merupakan ibu kota negara federal Australia. Sekitar 40% penduduk Australia tinggal di dua ibu kota-Sydney, ibu kota New South Wales, dan Melbourne, ibu kota Victoria.

Kedua kota itu dan berbagai ibu kota negara bagian lainnya-Brisbane, Adelaide, Perth, Hobart, dan Darwin-telah berkembang pesat akhir-akhir ini, sejalan dengan perluasan di bidang industri dan perdagangan. Canberra juga kota yang relatif masih baru tetapi telah berkembang dengan sangat cepatnya.

Kota-kota di Australia cenderung berkembang melebar daripada meninggi, karena lebih dari 70% penduduk Australia memiliki tempat tinggal sendiri. Berbagai bangunan apartemen tentu saja ada, tetapi sebagian besar orang Australia memiliki rumah dan kebunnya sendiri-sendiri.

Karena kerja perminggu adalah 35-40 jam, rata-rata seorang pekerja memiliki waktu luang setiap harinya yang dimanfaatkannya untuk berolahraga dan berkebun setelah mereka pulang kerja.

Berbagai tempat’tinggal dan apartemen di Australia umumnya lengkap dengan peralatan modern yang hemat tenaga. Sebagian besar rumah berlantai satu dengan 4 atau 6 kamar, sedangkan kebunnya ditanami dengan bunga dan sayuran.

Di sekitar tempat tinggal itu terdapat fasilitas tenis, cricket, golf, dan bola gelinding yang mahal. Penduduk di kota pantai memiliki pantai sendiri sendiri yang anggun dan bebas serta mudah dijangkau.

Banyak kota di Australia dengan jalan-jalannya yang berderet tiga, bertaman indah, dan lalu lintas di sebelah kiri, sering diperbandingkan dengan kota-kota seperti Edinburgh, tetapi, meskipun adat-istiadatnya masih berbau Inggris, kehidupan kota sangat berbeda sekali dengan di Inggris.

Suhu udara di tempat tinggal sebagian besar orang Australia adalah sedang. Langkah kehidupan Australia adalah lebih lamban ketimbang langkah kehidupan di Inggris atau di Amerika Serikat. Meskipun industrinya berkembang dengan sangat pesat serta sebagian besar penduduknya adalah penduduk kota, latar belakang pedusunan dan petualangan memberikan warna kehidupan yang berbeda.

Karena ekonomi Australia sehat, penduduknya hidup makmur. Upah mereka rata-rata lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat, pajak mereka tinggi, dan harga-harga berbagai keperluannya juga tinggi, tetapi di Australia tidak terdapat kemiskinan ataupun kekayaan yang amat sangat. Layanan kesehatan baik dan tersedia bagi setiap orang di bawah jaminan iuran sukarela yang disponsori oleh pemerintah federal. Setiap sekolah melayani layanan kesehatan.


Kehidupan Desa

Sebagian besar imigran lebih suka tinggal di kota, tetapi sebagian di antaranya mencari keberuntungan di desa-desa. Meskipun industrialisasi berkembang dengan cepat, bulu domba tetap merupakan mata dagangan ekspor yang terpenting. Peternakan biri-biri terdapat di setiap negara bagian, tetapi peternakan yang besar berada di Queensland, New South Wales, dan Australia Barat.

Petani biri-biri, yang disebut grazier, memelihara ribuan ekor biri-biri, sedangkan seorang pencukur dapat menghasilkan 10 pon wol atau lebih dari mencukur 150-200 ekor biri-biri sehari pada pencukuran tahunan.

Beberapa peternak biri-biri menjalani kehidupan yang agak terkucil, sedangkan lainnya merupakan sebagian masyarakat yang memiliki peternakan yang begitu besar sehingga membentuk kelompok masyarakat sendiri.

Wilayah pedalaman luas Australia yang jarang penduduknya dikenal sebagai outback, yaitu daerah pedalaman yang banyak terdapat peternakan sapi yang besar. Wilayah ini telah begitu suksesnya sehingga Australia telah menjadi eksportir daging sapi dan daging anak lembu utama dunia.

Outback adalah suatu wilayah yang amat luas, datar, kering, dan jarang penduduknya. Terdapat banyak peternakan sapi yang luasnya beragam, dari beberapa ribu are sampai sekitar 16.300 ka. Sekarang koboi Australia lebih sering menggunakan jeep, truk, dan pesawat terbang daripada menggunakan kuda.

Pesawat dan radio sangat membantu sekali keterpencilan wilayah outback. Anak-anak belajar melalui sistem pendidikan radio yang disebut Sekolah di Udara. Mereka diberi pelajaran melalui komunikasi dua arah dan surat di dalam tes dan pekerjaan rumah.

Radio memberikan kesempatan kepada tetangga untuk saling bertutur-sapa meskipun mereka berkilo-kilo meter jauhnya, menyiarkan berita dan nasihat untuk merawat rumah dan pekarangannya, dan juga digunakan untuk meminta bantuan medis.

Dokter dan dokter gigi tiba naik pesawat di bawah program yang didukung oleh pemerintah dan mereka disebut Layanan Dokter Terbang Kerajaan. Dokter terbang ini beroperasi di dalam rangkaian pos, masing-masing melayani setiap bagian benua Australia yang sangat luas itu. Secara bersamasama, mereka menyediakan bantuan medis bagi dua pertiga penduduk.

Banyak orang Australia juga tinggal di Iahan-lahan gandum yang besar. Australia juga merupakan penyedia utama biji-bijian, produk susu, gula, dan buah-buahan.

Jagung telah mulai ditanam sejak tahun pertama pemukiman, sedangkan gandum, jewawut, dan cat tumbuh di setiap negara bagian. Tebu, tembakau, dan kapas juga merupakan tanaman penting Australia, yang tumbuh di wilayah-wilayah yang hangat.

Berbagai pertanian kecil, yang ditemukan di wilayah dekat kota memasok buah-buahan dan sayuran serta produk susu. Banyak di antara kebun pasar, ladang buah-buahan, dan kebun anggur dikelola oleh orang Australia yang baru pulang dari mengunjungi pertanian serupa di Eropa.


Negara Bagian dan Wilayah Australia

New South Wales. Koloni induk ini luasnya hanya keempat terbesar di antara negara bagian di Australia, tetapi negara bagian ini memiliki penduduk yang terbesar. Di sini banyak terdapat kegiatan industri, perkapalan, dan pertanian. Pabrik di New South Wales lebih banyak daripada di negara-negara bagian lainnya.

Industri ini terletak di sepanjang dataran pantai dan memproduksi segala macam mulai dari tekstil sampai kendaraan bermotor serta dari mainan anak-anak sampai mesin pertanian.

Pertambangan bijih besi Australia

Di New South Wales banyak terdapat pusat besi dan baja serta industri pertambangan. Wilayah pantai New South Wales menghasilkan gula dan kayu, sedangkan di pedalamannya banyak terdapat peternakan biri-biri dan perkebunan gandum. Buah-buahan dan anggur juga banyak tumbuh di daerah pedalaman, terutama di daerah-daerah yang terkena irigasi.

Di New South Wales terdapat Taman Nasional Kosciusko, yang merupakan taman terbesar di Australia dan sekaligus tempat rekreasi yang penting selama musim dingin dan musim panas, serta Kawasan Pegunungan Salju, yaitu suatu rekayasa pertanian yang paling ambisius.

Sebagian besar pelancong yang memasuki Australia akan melalui Sydney-ibu ‘kota New South Wales. Apabila tiba dengan kapal, orang akan melewati pelabuhan Port Jackson, yaitu pelabuhan Sydney yang merupakan salah satu pelabuhan terbesar dan paling indah di dunia. Apabila tiba melalui udara, orang akan melihat di bawahnya sebuah kota yang terbentang dari Pasifik yang biru sampai ke Pegunungan Biru.

Sydney

Sydney merupakan kota metropolis yang kosmopolitan, bukan hanya merupakan kota tertua dan terbesar di Australia, melainkan juga merupakan kota pusat pemanufakturan utama dan pelabuhan yang ramai serta pusat penjualan wol terbesar di dunia.

Sydney juga merupakan kota dengan 30 pantai emas di sekitarnya. Apabila orang di Sydney mengatakan mau bermain ski, hal itu sering berarti bermain ski air. Jika orang pergi ke Gunung Kosciusko, 434 km jauhnya, orang itu dapat bermain ski salju.

Pelabuhan Sydney dihubungkan dengan jembatan lengkung yang terkenal dan ditandai oleh adanya Gedung Opera Sydney baru yang dramatis. Dirancang oleh banyak arsitek sebagai gedung terbesar pada abad ke-20 Gedung Opera ini memiliki atap putih besar yang melengkung, yang dibangun agar menyerupai layar yang tertiup angin.

Di Sydney juga terdapat bangunan klasik kuno, seperti Gereja St. James, Barak Taman Hyde, O|d Mint, dan Gedung Parlemen. Banyak di antara bangunan-bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek narapidana Francis Creenway. Terdapat juga banyak gedung pencakar langit yang menjulang tinggi.

Diperkirakan bahwa menjelang akhir abad ini, terdapat sekitar 5.000.000 orang yang tinggal di kompleks metropolitan sepanjang 322 km garis pantai utara dan selatan Sydney. Di sepanjang jalur pantai ini terdapat berbagai pusat industri seperti Newcastle, Port Kembla, dan Wollongong.

Victoria

Di Australia bagian selatan terdapat negara bagian benua yang terkecil-Victoria, yang andilnya dalam perekonomian negara jauh lebih besar dibandingkan luas wilayahnya. Lebih dari seperempat penduduk Australia tinggal di Victoria.

Victoria memiliki banyak pegunungan yang tertutup salju di Alpen Australia, lembah subur yang indah, dan dataran vulkanis. Ternak sapi merumput di dataran tinggi bagian timur negara bagian ini, sedangkan biri-biri dan gandum merupakan hal yang penting di bagian barat. Di wilayah sepanjang Sungai Murray, berbagai buah-buahan ditanam dan hasilnya diangkut dengan truk ke berbagai kota.

Pencarian emas besar-besaran pada tahun 1850an telah mengubah Victoria dari suatu koloni pedusunan yang tenang menjadi suatu tempat yang menarik dan penting. Berbagai kota dibangun, banyak di antaranya terus berkembang meskipun para penambang tidak lagi menemukan emas di sana. Ballarat dan Bendigo, keduanya lahir sebagai ladang emas, menjadi pusat pertanian dan pemanufakturan.

Batubara ditambang di Victoria. Batubara cokelat dari Lembah Latrobe, endapan batubara cokelat terbesar dunia yang telah lama dikenal, digunakan untuk membuat listrik murah bagi berbagai kota.

Minyak dan gas alam yang ditemukan di lepas pantai Victoria mungkin suatu saat akan menggantikan batubara sebagai sumber kekayaan mineral yang terbesar di Victoria.

Melbourne

Melbourne adalah kota terbesar kedua di Australia, didirikan pada tahun 1835, 16 tahun sebelum koloni Victoria dipisahkan dari New South Wales. John Batman, setelah membeli 242.915 hektar tanah dari kelompok aborigin pengembara yang ditukar dengan beberapa buah selimut, kampak, tepung, dan bahan makanan lainnya, memutuskan bahwa jarak yang dekat dengan Sungai Yarra merupakan ”Tempat yang cocok bagi sebuah desa”. Dari tahun 1901 sampai tahun 1927, Melbourne merupakan tempat kedudukan pemerintah federal Australia.

Melbourne, yang berada di Teluk Port Phillip, merupakan pelabuhan alam bagi penumpang dan barang yang berasal dan menuju berbagai tambang emas. Oleh karena itu, Melbourne pun berkembang dan terus berfungsi sebagai jalan keluar bagi berbagai produk Australia tenggara.

Sebagai kota Australia yang paling berbau Inggris, Melbourne telah menarik banyak pemukim Eropa. Berbagai bangunan negara menjulang di sepanjang jalan lebar yang bertepikan pohon-pohon.

Terdapat pula berbagai taman yang indah, dengan berbagai patung manusia yang terkenal dalam sejarah Australia, dan berbagai toko yang bagus-bagus di sepanjang jalur di antara jalan utama yang beratap. Di tengah kota terdapat sabuk taman, termasuk Kebun Raya Kerajaan.

Melbourne dipandang sebagai pusat budaya dan olahraga. Gedung Seni Nasional Victoria di Melbourne, yaitu bagian dari Pusat Seni Victoria yang baru, dikenal di seluruh dunia.

Melbourne sering mengadakan arena pacuan kuda, pertandingan golf, pertandingan cricket melawan tim dari Inggris, serta berbagai final kejuaraan tenis memperebutkan Piala Davis, yang sangat mendebarkan.

Queensland

Di pojok timurlaut Australia yang beriklim tropis terletak wilayah negara bagian termuda kedua, Queensland. Luas Queensland adalah sekitar dua atau dua setengah kali luas Texas dan lebih dari tiga kali luas Prancis. Namun, penduduknya sedikit dan kebanyakan berkumpul di dataran pantai yang sempit di bagian timur.

Dari pantai inilah Karang Penghalang Besar terletak hanya 2.010 km jauhnya. Karang yang dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia ini merupakan karang koral terbesar di dunia yang diperkirakan telah berusia 30.000.000 tahun dan kini masih berkembang.

Orang dari berbagai penjuru dunia datang ke Queensland untuk menyelam (baik dengan alat bantu pernapasan maupun tidak), memancing, atau sekadar bersantai. Karang ini menjadi bahan riset yang tak pernah berakhir bagi mahasiswa kelautan.

Di sini terdapat berbagai moluska, dari kerang raksasa (ikan bercangkang terbesar di dunia) sampai ke kerang cowrie kecil yang bersinar bagaikan porselin indah. Ikan yang berwarna-warni terdapat di mana-mana. Kura-kura hijau besar dan berbagai jenis burung bersangkar di karang yang tidak ada bandingnya di dunia.

Di balik keindahan pantainya. sebagian besar wilayah pedalaman Queensland merupakan Wilayah yang panas dan kering. Di bagian utara, kelembapan dan panas yang sangat ekstrem ditambah langkanya air selama musim kemarau menyebabkan kehidupan di sini amat sulit. Gula, kapas, pisang, dan berbagai buah-buahan tropis ditanam di sepanjang pantai.

Di wilayah pedalaman ini, biri-biri dan sapi menjelajahi wilayah yang sangat luas. Di beberapa tempat. air bagi ternak berasal dari cekung Artesis Besar bawah tanah yang amat dalam. Queensland adalah produsen daging sapi Australia yang terkemuka dan banyak di antara daging sapi. daging sapi muda, serta produk susunya diekspor.

Di samping itu, Queensland kaya dengan mineral. Pembangunan di Queensland dirangsang oleh penyerbuan emas besar-besaran pada tahun 1867. Tambang emas di Queensland yang penting adalah di Sungai Palmer, jauh di utara.

Orang aboriginnya sangat bermusuhan, wilayahnya buas, kondisi untuk hidup dan bepergian sangatlah sulit. Keadaan wilayah ini ditunjukkan oleh bekas nama-nama tempat-seperti Sungai Kanibal, Ujung Pistol, Terusan Pintu Neraka, dan Sungai Pembunuhan.

Emas terus ditambang, tetapi berbagai logam lainnya kini lebih penting bagi Queensland. Perak, timbel, seng, dan tembaga diproduksi dalam jumlah besar di wilayah sekitar Gunung Isa. Endapan fosfat yang ditemukan belakangan ini mungkin merupakan endapan yang terbesar di dunia.

Tambahan pula, minyak dan gas ditemukan di Queensland bagian selatan. Apa yang diperkirakan merupakan endapan boksit terbesar di dunia terdapat di utara Semenanjung Cape York.

Brisbane

Brisbane, kota terbesar ketiga di Australia, berkembang dengan pesatnya dari sebuah koloni narapidana yang paling berat menjadi sebuah kota yang banyak menarik wisatawan.

Terletak di tepi Sungai Brisbane, kota Brisbane dikelilingi oleh perbukitan. Brisbane merupakan pelabuhan sungai terbesar di Australia yang sampai sekarang masih berkembang.

Selama Perang Dunia II, banyak tentara Amerika ditempatkan di Brisbane karena kota ini adalah markas besar tentara Amerika Serikat di Australia. Monumen di kota ini melambangkan kerja sama antara Amerika dan Australia.

Berbagai bunga tropis-bugenfil, hibiskus, dan kemboja-memenuhi berbagai kebun dan taman kota. Di musim dingin, berbagai wisatawan mencari kenikmatan iklim tropis yang nyaman. Setiap tahunnya, pelabuhan Brisbane sibuk mengekspor wol, gandum, mineral, dan produk gula.

Australia Selatan

Negara bagian terbesar ketiga di Australia meliputi wilayah yang sedikit lebih besar dibandingkan negara Prancis, Italia, Belgia, dan Negeri Belanda. Australia Selatan memiliki produk pertanian yang kaya, yang didapat dari lahan yang subur dan indah di bagian baratlaut. Di bagian inilah sebagian besar penduduknya tinggal.

Sungai Murray yang lembut mengalir ke arah barat dan selatan dan menyediakan air untuk mengairi lahan buah jeruk, prem, pear, persik, aprikot, dan anggur yang ditanam di iklim yang menyerupai iklim Laut Tengah.

Lembah Barossa merupakan daerah penghasil anggur terbesar di Australia. Wilayah ini terutama dihuni oleh imigran Lutheran Jerman di pertengahan abad ke-19. Ke arah barat, yaitu di Semenanjung Yorke, terdapat ladang gandum yang bergelombang.

Seluruh bagian utara Australia Selatan terdiri atas daerah yang kering, atau padang pasir. Banyak di antara tanah yang tenggelam adalah sebenarnya lapisan pasir yang tenggelam setelah hujan lebat yang kadang-kadang turun. Kadang-kadang peternakan sapi yang terpencil dan misi aborigin di daerah ini menerima surat dan perbekalan dari karavan unta.

Australia Selatan juga memiliki banyak mineral. Separuh baiduri dunia terdapat di sini. Bijih besi yang bermutu tinggi telah ditambang selama bertahun-tahun dan negara bagian ini pun kini memiliki industri peleburan logam. Penemuan tembaga, uranium, dan berbagai mineral lain belakangan ini di dekat Roxby Down lebih memacu pertumbuhan industri.

Australia juga terkemuka di bidang pembuatan kapal, perkayuan, dan industri mobil. Kebutuhan air yang sangat mendesak di seluruh Australia Selatan ini dipenuhi dengan pembangunan bendungan air dan pembangunan kawasan pompa air.

Pulau Kanguru, di selatan Adelaide, menarik banyak wisatawan mengunjungi suaka satwa buas dan pantainya yang tenang. Pulau Kanguru juga merupakan tempat berkumpul nelayan karena ikan salem dan berbagai spesies ikan lainnya banyak ditemukan di perairan sekitarnya.

Adelaide

Adelaide, ibu kota Australia Selatan, dikenal oleh dunia internasional karena Festival Seninya. Dua tahun sekali tokoh musik, drama, dan tarian dari berbagai penjuru dunia bergabung dengan para artis Australia mengikuti pesta budaya selama semalam. Pesta budaya ini meliputi musik jazz sampai balet dan pembacaan sanjak sampai pameran seni.

Kota Adelaide banyak berhutang budi terhadap Kolonel William Light, yang membangun jalan-jalan yang lebar dan nyaman serta pertamanan yang luas. Di Adelaide terdapat 3 lapangan golf.

Adelaide, yang terletak di antara Busur Pegunungan Rendah dan laut, memiliki iklim yang lembut dan hangat serta udara pantai yang tenang di bagian selatan kota.

Australia Barat

Seluruh wilayah barat benua Australia merupakan satu wilayah negara bagian yang luasnya sama dengan luas beberapa negara Eropa sekaligus Prancis, Spanyol, Jerman (Barat dan timur), Italia, Norwegia, dan Swedia.

Selama bertahan-tahun, Australia Barat masih jarang penduduknya karena sebagian besar wilayahnya adalah wilayah yang kering, gersang, dan tak ramah. Namun, pada tahun 1971, penduduknya mencapai 1.000.000 jiwa dan kini masih terus berkembang.

Australia Barat memiliki padang pasir yang berkilo-kilometer panjangnya seolah-olah tanpa batas, tetapi negara bagian ini juga dikenal sebagai negara bagian bunga liar. Lahan yang subur terdapat di bagian baratdaya, yaitu di tempat yang banyak dihuni.

Di musim semi, banyak wisatawan datang khusus untuk melihat bunga acre bermekaran dengan warna kuning, dadu, dan merah kekuning-kuningan. Banyak di antara bunga ini hanya ditemukan di Australia.

Di bagian baratdaya negara bagian ini, terdapat hutan kayu yang tinggi dengan pohon eucalyptus, jarrah, dan pohon karri raksasa. Hutan ini sangatlah penting bagi kelangsungan dan kekuatan hasil kayu negara. Daerah ini adalah daerah penghasil gandum, peternakan sapi perah, dan peternakan biri-biri.

Di bagian utara, terdapat kawasan peternakan sapi yang luas di daerah Kimberley, yaitu di lahan setengah tropis. Berjuta-juta dolar dibelanjakan untuk membangun jalan dari wilayah terpencil ini untuk mengangkut sapi ke pasar.

Di dekat Kimberley terdapat distrik penghasil kapas dan padi, yaitu di daerah yang terdapat irigasi dari Sungai Ord sehingga memungkinkan untuk menanam berbagai tanaman ini.

Pembangunan yang terlambat tetapi dramatis di Australia Barat ini digambarkan dengan baik oleh selesainya pembangunan sistem rel kereta api yang beralas tunggal yang terentang dari Sydney di pantai timur sampai ke Perth di pantai barat pada tahun 1970.

Rel kereta api, yang panjangnya 3.960 km, ini meliputi jalur sepanjang 483 km yang terbentang antara Australia Barat dan Australia Selatan tanpa belokan. Rel yang melintasi dataran Nullarbor ini merupakan rel kereta lurus terpanjang di dunia.

Dataran Nullarbor adalah suatu dataran yang sangat luas, kosong, tak berpohon, dan bertanah kapur yang penuh dengan gua dan terowongan bawah tanah yang meliputi sebagian besar wilayah selatan benua Australia.

Australia Barat juga berkembang karena ditemukannya emas di wilayah ini. Belakangan ini, endapan penting nikel juga ditemukan di bagian selatan negara bagian ini.

Pada tahun 1960an, bijih besi yang berkadar tinggi ditemukan di bagian baratlaut negara. Dalam sekejap, berbagai sarana pertambangan, kota-kota baru, jalan raya, dan pelabuhan dibangun untuk membantu mengeksploitasi Busur Hamersley, yaitu tempat cadangan bijih besi terbesar di dunia.

Sumber minyak dan gas alam, yang mula-mula ditemukan di Pulau Barrow pada tahun 1966, telah menarik penanaman modal asing yang datang membanjir sehingga menambah potensi kekayaan Australia Barat. Lebih dari separuh penduduk Australia Barat tinggal di ibu kotanya.

Perth

Sebagai sebuah kota yang indah dengan iklim yang hampir sempurna, Perth juga dinamai Kota Cahaya, sebuah nama yang diberikan setelah penerbangan bersejarah seorang astronot Amerika John Glenn pada tahun 1962.

Seperti telah diatur, semua penduduk Perth menyambut sang astronot dengan menyorotkan lampu-lampu mereka ke langit gelap tatkala sang astronot melintas di ketinggian 241 km di dalam pesawat Friendship.

Terletak di muara Sungai Swan yang luas Perth merupakan salah satu kota yang menarik di Austraha Pelabuhan samudra di Fremantle, di Sungai Swan, merupakan’ ‘pintu gerbang” barat bagi Australia.

Perth sering dibanding-bandingkan dengan kota-kota di Kalifornia selatan. Penduduknya menyukai olah raga dayung dan makan di berbagai restauran serta pertunjukan terbuka selama Festival Tahunan Perth.

Kebanggaan kota Perth adalah Taman Raja, yang berupa hutan rimba di tepi kota yang luasnya 405 hektar. Orang, yang berkendaraan melewati taman ini, akan melihat suatu pemandangan kota dan Sungai Swan yang menakjubkan, pemandangan Samudra Hindia di baliknya, dan rangkaian pegunungan di kejauhan.

Tasmania

Pada tahun 1726, Gulliver seorang pahlawan dalam buku tulisan Jonathan Swift. bercerita bahwa dia telah dihempas badai hebat ke Tanah Van Diemen. Tanah ini tampaknya merupakan tempat yang paling terpencil yang dapat dibayangkan saat itu.

Kini Van Diemen ini disebut dengan Tasmania, sebagai penghormatan terhadap penemunya, Abel Janszoon Tasman. Tasmania merupakan sebuah pulau negara bagian di dalam Persemakmuran Australia.

Tasmania merupakan negara bagian terkecil di Australia dan merupakan negara bagian yang paling mengingatkan kembali kepada masa-masa awal kolonisasi. Berbagai puing yang suram bekas koloni narapidana yang pernah terkenal itu dapat dilihat di Port Arthur. Di Tasmania banyak terdapat rumah model pertengahan abad ke-19 yang hampir tidak terubah.

Sebagai wilayah kecil yang sangat indah, di Tasmania terdapat lahan pertanian yang subur, danau dan air terjun yang besar, pelabuhan ikan yang tenang, hutan hujan yang spektakuler, dan rangkaian pegunungan yang buas. Pulau yang bergunung-gunung ini merupakan salah satu bagian Australia yang paling banyak mendapat curah hujan.

Karena melimpahnya air di daerah yang tinggi, maka produksi listrik tenaga air boleh dikatakan mudah. Hidroelektrik yang murah dan melimpah ini telah menarik untuk membangun berbagai industri di daratan Tasmania. Di antara industri ini adalah pemurnian seng, peleburan aluminium, serta industri bubur kertas dan kertas.

Di Tasmania juga banyak terdapat mineral. Bijih besi yang berkadar tinggi di Sungai Savage di bagian baratlaut dilebur dan dipompa melalui pipa ke pantai untuk dibuat menjadi batangan-batangan besi untuk dikapalkan. Tembaga juga ditambang di Tasmania, tetapi sebagian besar kekayaan mineral Tasmania telah habis dieksploitasi.

Di Tasmania banyak tumbuh pohon apel, hop, pear, murbei, dan kentang. Berbagai rumah pertaniannya indah-indah, dengan bangunan yang dibangun dari batu putih atau batu bata merah. Tasmania juga sering disebut sebagai Pulau Apel.

Pohon apel yang pertama ditanam pada tahun 1788 di Teluk Adventure oleh Kapten William Bligh, yang namanya akan selalu dihubungkan dengan pembelotan di kapal Bounty di Samudra Pasifik. Kapten Bligh singgah di Tasmania, dalam perjalanannya menuju Tahiti. Kini apel dari Tasmania diekspor ke seluruh dunia.

Hobart

Hobart, yaitu ibu kota Tasmania, adalah kota tertua kedua di Australia. Hobart, yang didirikan pada tahun 1804, dikatakan sebagai tempat rumah penginapan dan teater tertua Australia yang berlisensi.

Jembatan tertua yang ada di Australia, yang dibangun oleh para narapidana pada tahun 1823, terletak di Richmond di pedalaman Tasmania. Penginapan Bush yang bersejarah terletak di New Norfolk, di hulu Sungai Derwent yang berkelok-kelok dekat Hobart.

Hobart, kota modern yang berukuran sedang ini, terletak dengan indahnya di kaki Gunung Wellington, yang selalu tertutup salju, dengan pelabuhan yang luas dan dalam di muara Sungai Derwent.

Di kota ini terdapat berbagai rumah Georgia yang indah, yang dibangun oleh pemilik kapal layar dan para pemburu ikan paus, yang mula-mula membawa kekayaan ke Tasmania. Di luar kota terdapat perternakan sapi perah dan kebun apel yang luas.

Wilayah Utara

Bukan sebagai negara bagian, melainkan sebagai suatu wilayah yang terpisah yang dikelola oleh pemerintah federal, Wilayah Utara pernah dilukiskan sebagai wilayah harapan dan wilayah peredam jantung,

Dengan wilayah tiga kali luas Swedia, Wilayah Utara termasuk jarang penduduknya. Lahannya berkisar dari yang relatif subur, hutan yang mendapat cukup air di utara, sampai wilayah gurun dan semi gurun di bagian tengah dan selatan.

Peternakan sapi pedaging merupakan industri utama yang wilayah operasinya ada yang sebesar negara bagian kecil di Amerika Serikat. Wilayah ini merupakan pusat peternakan sapi yang luar biasa luasnya sehingga anak-anak bersekolah melalui radio dan dokter terbang datang melalui panggilan radio.

Kekayaan mineral Wilayah ini sangatlah banyak. Emas telah ditambang selama bertahun-tahun dan akhir-akhir ini cadangan mangan dan bijih besi juga telah ditemukan. Tembaga dan aluminium juga ditambang Salah satu endapan boksit terbesar di dunia baru-baru ini ditemukan di Lahan Amhem.

Daerah selatan Wilayah Utara, yang terletak di jantung benua Australia, dinamakan Australia Tengah Merah dan merupakan daerah pedalaman besar di wilayah tengah. Australia Tengah Merah ini terdiri atas gurun dan jajaran pegunungan yang berpasir amat merah yang berkilo-kilometer persegi luasnya.

Gunung Olga Australia
Gunung Olga Australia Tengah

Di tengah Wilayah Utara terletak kota Alice Springs, atau disebut juga kota Alice. Kota ini merupakan pusat Pelayanan Dokter Terbang Kerajaan, Sekolah Udara, dan pusat para wisatawan yang ingin melihat Ayers Rock, yaitu sebuah pemandangan yang paling dramatis di wilayah ini.

Ayers Rock adalah sebuah monolit yang panjangnya 9 km di sekitar pusatnya dan menjulang 335 m dari dataran rendah sekitarnya. Di gua di sekitar pusat Ayers Rock terdapat berbagai lukisan aborigin tentang legenda nenek moyangnya.

Batuan ini berubah warna sejalan dengan bergantinya waktu, dari merah dan oranye menjadi ungu dan biru. Pada saat terik matahari, batuan ini mirip seperti kobaran api raksasa yang menerangi daerah padang pasir.

Di seluruh pantai utara Australia, hanya Darwinlah satu-satunya permukiman yang besar. Kota yang didirikan pada tahun 1872 dengan mengambil nama seorang ilmuwan Inggris Charles Darwm im masih mirip kota petualangan dan sering berfungsi sebagai pintu masuk dan pintu keluar orang yang ingin berdamawisata dr wrlayah utara.

Ekspedisi berburu bermula dari Darwin untuk berburu buaya, kerbau, dan berbagai burung aneh dan langka dengan menggunakan senjata dan kamera foto.

Olahragawan pancingan datang dan pergi dari Darwin, sedangkan darmawisata ke pedalaman yang sangat luas sering dimulai dan diakhiri di Darwin. Banyak orang datang untuk mempelajari orang aborigin dan melihat-lihat berbagai lukisannya.

Di wilayah tropis ini hanya terdapat dua musim, yaitu musim kemarau (ApriI-Oktober) dan musim penghujan (November-Maret). Selama musim penghujan inilah bencana besar tahun 1974 melanda Darwin. Angin siklon menghancurkan 90% kota Darwin dan mengakibatkan pengungsian besar-besaran penduduk. Namun, ibu kota ini cepat dibangun kembali.

Canberra, Ibu Kota Australia

Sesaat sebelum penggabungan negara-negara bagian Australia pada tahun 1901, diputuskan bahwa negara yang baru nanti harus memiliki tempat pemerintahan yang baru pula. Suatu wilayah federal, seluas 2.333 km2 di negara bagian New South Wales, dipilih sebagai letak ibu kota nasional.

Wilayah federal ini terletak di antara Sydney dan Melbourne, yaitu dua kota utama Australia, tidak jauh dari Alpen Australia.

Canburry adalah kosakata bahasa aborigin yang berarti ”tempat pertemuan” dan dari kata itulah lahir nama ibu kota nasional ini, Canberra. Kini Canberra adalah tempat pertemuan bangsa Australia dan berbagai konferensi internasional.

Canberra terletak di dataran tanah kapur yang dikelilingi oleh perbukitan di suatu wilayah yang alamnya sangat indah. Berbagai pohon tua yang indah merindangi kota ini.

Sungai Molonglo mengalir melalui kota Canberra dan Jajaran Pegunungan Brindabella yang biru membentuk suatu lengkungan yang indah. Di Canberra juga banyak terdapat keindahan yang dibuat oleh manusia.

Pemerintah Persemakmuran mengadakan kompetisi internasional untuk merancang kota ini. Di antara 137 rancangan yang diserahkan, hasil rancangan Walter Burley Griffin, seorang Amerika, diberi hadiah pertama.

Griffin lalu meninggalkan Chicago pada tahun 1913 untuk membangun Canberra dan pada tahun 1927 Gedung Parlemen dibuka oleh Raja Muda York, yang kemudian menjadi Raja Inggris, George Vl.

Gedung ini kini menjadi terlalu kecil sehingga sebuah gedung baru sedang dibangun. Di antara berbagai bangunan terkenal lainnya di Canberra adalah Perpustakaan Nasional, yang selesai dibangun pada tahun 1968, dan Balai Seni Nasional yang dibuka pada tahun 1982.

Berbagai bangunan pemerintah di Canberra dikelilingi oleh lapangan dan kebun serta menghadap danau buatan yang indah, Danau Burley Griffin, yang berada di tengah kota.

Taman dan kebun meriah dengan aneka warna dan di musim gugur seluruh kota tampak berada di atas daun emas yang jatuh dari berbagai pohon yang berjajar sepanjang jalan.

Di samping sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan, Canberra juga merupakan pusat pendidikan. Di Canberra terdapat Universitas Nasional Australia, yang terkenal dengan berbagai sarana penelitian purna sarjana, dan observatorium matahari Mount Stromloo.

Dua pusat peluncuran ruang angkasa terletak tidak jauh dari kota. Di sekitar kota terdapat berbagai gedung kedutaan semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Australia, tempat tinggal resmi gubernur-jenderal, dan berbagai rumah penduduk yang bekerja di ibu kota mereka.


Sejarah Australia

Penemuan Orang Belanda

Keyakinan tentang adanya lahan selatan yang luas dianut oleh banyak orang sejak zaman dahulu. Selama abad ke-2, seorang ahli matematika dan geografi, Ptolemeous membuat sebuah peta dunia yang sudah dikenal dan sketsa daratan luas yang belum dikenal di selatan Asia serta sebuah lautan yang kini kita kenal dengan Samudra Hindia. Daratan ini disebut terra australis incognito atau ”daratan selatan yang belum dikenal”.

Selama abad ke-17, orang Belanda, yang secara teratur hilir-mudik dari Negeri Belanda ke Jawa, yaitu daerah koloninya di Asia Tenggara, mencapai benua Australia, yang lalu dinamainya dengan New Holland.

Pada tahun 1606, WilIem Jansz, yang memimpin sebuah kapal Belanda Dyufken, mendarat di sisi timur Teluk Karpentaria, di Weipa, yaitu tempat yang banyak mengandung endapan boksit yang kini sedang digarap.

Di tahun-tahun berikutnya, para pelaut dan pedagang Belanda lainnya menyusuri pantai baratdaya dan barat benua Australia. Sejumlah navigator Belanda dapat menjelajahi benua ini dan menamai beberapa bagian pantai. Kapten Tasman menemukan pulau yang kini disebut Tasmania sebagai penghormatan terhadapnya.

Dalam pelayaran berikutnya, Tasman mengeksplorasi pantai utara Australia dan memberi nama Belanda terhadap sejumlah tempat. Namun, berbagai laporan umum tentang daratan selatan yang luas ini tidaklah begitu menggembirakan sehingga tidak terdapat keinginan yang besar untuk lebih menguak dan bermukim di benua ini.

Kedatangan Orang Inggris. Orang Inggris yang mula-mula sampai ke Australia adalah seorang petualang William Dampier yang pada tahun 1688 membawa kapalnya Cygnet, ke Selat King, dekat kota yang sekarang bernama Broome di pantai baratlaut.

Laporannya, Pelayaran Baru Mengelilingi Dunia, menceritakan hasil kunjungannya itu. Dia adalah orang Inggris pertama yang bercerita tentang bagian benua yang dikunjunginya, tetapi gambaran tentang pantainya yang gersang serta penduduknya yang primitif tidak merangsang orang Inggris lain untuk mengikutinya.

Baru setelah tiga perempat abad berikutnya, yaitu pada tanggal 20 April 1770, Kapten James Cook dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris, sebagai komandan kapal Endeavour, melihat benua ini di ujung pantai timur, yang kini adalah kota Victoria.

Dia telah berlayar ke arah barat dari Selandia Baru. Pada tanggal 29 April, Endeavour, setelah berlayar menyusuri pantai utara, membuang sauh di terusan air besar yang terlindung, yang dinamainya dengan Teluk Botani karena adanya berbagai jenis tumbuh-tumbuhan.

Cook lalu melanjutkan berlayar ke arah utara menyusuri pelabuhan terlindung lainnya, yang dinamainya Port Jackson dan kemudian menjadi kota Sydney. Akhirnya, dia mencapai ujung benua yang dinamainya Cape York, sebagai penghormatan terhadap Raja Muda York, yaitu saudara laki-laki Raja George II.

Pada tanggal 22 Agustus, seluruh gugusan kapal ini mendarat di pulau sekitarnya. Dengan menancapkan bendera Inggris, Cook mengklaim bahwa hak milik seluruh pantai timur benua ini adalah pada Raja Inggris George III dan menamainya New South Wales. Pemandangan upacara itu ditujukan untuk Pemilikan Pulau.

Di akhir pelayaran Cook pada tahun 1770, seluruh pantai Australia berhasil dipetakan, kecuali bagian selatan dan tenggara. Pantai ini pun lalu dikunjungi pula oleh Matthew Flinders, George Bass, dan oleh seorang Prancis Nicolas Baudin dalam ekspedisi pelayarannya selama tahun 1798-1802.

Di tahun 1802-1803, Flinders berlayar mengelilingi benua ini. Dia dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan nama Australia untuk benua ini. Sebelumnya, benua ini dikenal dengan New Holland, New South Wales, atau Teluk Botani. Namun, hampir seabad berikutnya barulah seluruh Australia akhirnya dijelajahi.

Penjelajahan

Untuk menjelajah dan mengembangkan Australia bukanlah tugas yang mudah. Kehidupan para penghuni awal sangatlah sulit karena bertani hanya dengan menggunakan peralatan yang sederhana di lahan yang kurang subur tentulah amat sulit.

Kapten Philip, gubernur New South Wales yang pertama, segera menemukan lahan yang lebih subur dan menjelajah lebih lanjut ke daerah pedalaman dan Pegunungan Biru.

Berbagai permukiman narapidana didirikan di Hobart, Tasmania; di Teluk Moreton, yang akhirnya menjadi Brisbane; dan di Australia bagian barat. Para pemukim merdeka lalu mulai berdatangan dalam kelompok-kelompok kecil dan banyak di antara narapidana yang telah dibebaskan tetap tinggal di Australia. Berbagai permukiman lain perlahan-lahan berdiri-di Perth, di tepi Sungai Swan, di Adelaide, dan di Melbourne.

Selama 25 tahun pertama, permukiman di sekitar Port Jackson mengumpul di sekitar Pegunungan Biru, sekitar 80 km ke arah barat. Pegunungan ini, walaupun tidak menjulang tinggi, sangatlah berteras-teras, khususnya di lereng timur.

Pada tahun 1813, sekelompok penjelajah menemukan jalan melintasi pegunungan ini dan melihat daerah subur di balik ini. Dibukanya lahan luas yang belum dikenal ini merupakan cerita keberanian, kekerasan, dan ketabahan.

Selama tiga perempat abad para penjelajah narapidana, pelaut, peneliti, ilmuwan, dan pemukim memainkan peranan penting di dalam pekerjaan yang sangat dramatis ini.

Di antara para pionir ini adalah Hamilton Hume dan William Hovell, yang pada tahun 1824 bertolak dari Sydney dan berjalan darat ke Teluk Port Phillip, sekarang Melbourne. Di dalam petualangan ini, orang Eropa melintasi sungai utama Australia, Murray, untuk yang pertama kalinya.

Allan Cunningham, seorang penjelajah dan ahli tumbuh-tumbuhan, menyelidiki ke arah utara pada tahun 1820-an dan menemukan lahan subur di Darling Downs dan jalan dari sini ke Teluk Moreton. Charles Sturt, pada tahun 1829-1830, banyak merunut sungai-sungai yang mengalir ke arah barat di New South Wales.

Pada tahun 1844-1845, Ludwig Leichhardt, seorang naturalis Jerman. berjalan melalui darat dari dekat Brisbane ke pantai utara, tempat berdiri kota Darwin sekarang.

Dalam petualangannya yang ketiga untuk melintasi benua dari timur ke barat, Leichhardt dan rombongannya hilang dan hingga kini tidak pernah ditemukan. Edward John Eyre dikenang karena perjalanan kepahlawanannya di Teluk Australia Besar pada tahun 1841.

Benua Australia pertama-tama dapat dilintasi dari selatan ke utara pada tahun 1860-1861 oleh rombongan yang dipimpin oleh Robert O’Hara Burke dan William john Wills.

Mereka berhasil mencapai laut tetapi meninggal dalam perjalanan kembalinya. Sepertiga dari anggota rombongan mereka dirawat oleh orang aborigin dan akhirnya kembali ke Melbourne.

Menjelang akhir abad ke19, pembukaan daerah Australia praktis selesai. Wilayah Tasmania baratdaya yang benefas-tefas dapat diselidiki dari udara, tetapi beberapa tempat belum dapat duamah oleh manusia.

Sebagian besar wilayah benua sudah diselndclu oleh para ahli geografi, pencari minyak, mineralog, peneliti, antropolog, dan tentu sma. oleh para peternak bin-biri yang mencari ladang penggembalaan.


Pemerintahan Australia

Pada tanggal 1 Januari 1901. keenam koloni yang berswapemerintahan bergabung bersama menjadi sebuah federasi negara-negara bagian. Pada bulan September tahun sebelumnya, Ratu Victoria, telah menandatangani suatu proklamasi yang salah satu bagiannya berbunyi:

“Oleh karena itu, kami, dengan dan atas nasihat Dewan Penasihat kami memandang perlu mengeluarkan pernyataan Proklamasi Kerajaan kami dan dengan ini pula kami menyatakan bahwa sejak tanggal 1 januari 1901 rakyat New South Wales, Victoria, Australia Selatan, Queensland, Tasmania, dan Australia Barat bersatu ke dalam Persemakmuran Negara-Negara Federal di bawah nama Persemakmuran Australia.”

Oleh sebab itu, Australia menjadi sebuah bangsa baru pada abad yang baru pula abad ke-20.

Meskipun mereka telah memperlambat pembentukan satu bangsa, para pemukim Australia telah merintis mengembangkan ciri-ciri pemerintahan yang demokratis yang sudah diterima secara luas.

Para pengambil suara Australia adalah orang yang pertama-tama menggunakan surat suara rahasia. Australia juga merupakan pemimpin dalam mewajibkan pemungutan suara serta hak pilih bagi wanita.

Konstitusi yang disetujui rakyat Australia menciptakan suatu parlemen yang demokratis menurut model Inggris. Pemerintah federal Australia memegang kontrol atas perdagangan luar negeri; pertahanan; imigrasi; pabean; perdagangan dan perniagaan eksternal; serta pelayanan pos, mata uang, perbankan, dan sosial.

Pemerintah federal juga mengontrol pengumpulan pajak pendapatan serta membagi-bagikan bantuan kepada negara bagian tertentu. Negara bagian memegang kendali pendidikan, penerapan hukum, layanan kesehatan, dan berbagai tugas penting lainnya bagi daerah.

Australia, meskipun merupakan negara merdeka, juga merupakan anggota Persemakmuran Inggris. Oleh sebab itu, Ratu Inggris, Elizabeth II, juga merupakan Ratu Australia sehingga dia diwakili oleh seorang gubernur jenderal dan enam gubernur negara bagian. Gubernur memiliki kekuasaan yang terbatas karena sebenarnya hanyalah bertindak atas nasihat dari para pejabat yang terpilih.

Parlemen federal terdiri atas 64 anggota senat (10 orang wakil dari negara bagian dan 2 orang wakil wilayah teritorial) dan 125 anggota dewan perwakilan (yang dipilih berdasarkan populasi penduduk).

Anggota dewan perwakilan bermasa tugas 3 tahun, sedangkan anggota senat 6 tahun jika dia wakil negara bagian, dan 3 tahun jika dia wakil wilayah teritorial. Baik anggota dewan perwakilan maupun senat dipilih berdasarkan sistem khusus yang dirancang demikian rupa sehingga kelompok minoritas pun memiliki wakilnya di dalam pemerintahan.

Kepala pemerintahan federal yang sebenarnya adalah perdana menteri. Dia adalah pemimpin partai politik yang mayoritas di dewan perwakilan dan dibantu oleh sebuah kabinet. Perdana menteri menjabat selama dia dan partainya masih dipercaya oleh mayoritas anggota dewan perwakilan.


Dependensi

Di samping kedua wilayah teritorial internalnya, yaitu Wilayah Utara dan Wilayah Ibu Kota Australia, Australia juga bertanggung jawab bagi administrasi sejumlah pulau dan gugusan pulau yang dirancang menjadi wilayah teritorial eksternal (wilayah dependensi).

Pulau-pulau itu adalah Pulau Norflok di Samudra Pasifik Selatan; kepulauan Cocos (Keeling), Pulau Natal, Pulau Heard, dan Kepulauan McDonald, yang semuanya terletak di Lautan Hindia; tiga wilayah tak berpenghuni (Kepulauan Laut Koral, Kepulauan Ashmore, dan Cartier di Laut Timor); serta sebagian Antartika.

Departemen Ilmu dan Teknologi bagian Antartika mengoperasikan tiga stasiun penelitian tetap di wilayah seluas 6.216.000 km2 yang diklaim sebagai wilayah Australia. Seperti halnya klaim lainnya, klaim Australia ini tidak diakui secara internasional. Australia adalah penanda-tangan Perjanjian Antartika (1959), yang melarang Antartika untuk dimiliterisasi.


Australia Kekuatan Dunia

Tentara Australia mengambil peran yang berarti di dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Bersama tentara dari Selandia Baru, mereka membentuk ANZAC (Korps Angkatan Bersenjata Australia dan Selandia Baru) dan bertempur dengan amat berani di Afrika, Eropa, dan Asia.

Selama Perang Dunia I para sukarelawan Australia berjumlah lebih dari 400.000 jiwa dari penduduk yang ketika itu berjumlah kurang dari 5.000.000 jiwa. Mereka mengambil bagian di dalam pertempuran yang paling sengit di Gallipoli, di Flanders, dan di Palestina.

Selama Perang Dunia II, satu dari setiap 5 orang penduduk laki-laki, hampir 700.000 orang, terdaftar dan lebih dari separuh jumlah itu berdinas di luar negeri. Tentara Australia juga bertugas di Korea dan Vietnam.

Australia telah memainkan peran yang aktif di Perserikatan Bangsa Bangsa sejak permulaan lahirnya badan ini. Pemerintah Australia juga telah banyak menyumbangkan berbagai program bantuan teknis bagi Asia Tenggara dan beberapa negara Afrika.

Australia adalah anggota berbagai organisasi perjanjian regional. Pakta ANZUS menyatakan bahwa apabila negara anggota ANZUS mendapat serangan tentara dari luar, ketiga negara anggotanya adalah Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia-akan bertindak bersama.

Australia juga anggota Komisi Sosial dan Ekonomi PBB bagi Asia dan Pasifik (ESCAP); anggota Komite Penasihat Colombo Plan, yaitu suatu kerja sama“ berbagai negara untuk menggalakkan pembangunan ekonomi dan sosial di Asia Selatan dan Asia Tenggara; serta anggota Asian Development Bank (ADB) dan South Pacific Commission (SPC).

Asosiasinya dengan Inggris dan kerja samanya di dalam Persemakmuran Inggris masih tetap penting bagi Australia. Namun, sebagaimana dapat dilihat dari komitmen perjanjiannya, ikatannya dengan Amerika Serikat dan organisasi berbagai negara Asia juga semakin meningkat.

Sebagian besar kegiatan diplomatiknya kini berkenaan dengan berbagai masalah Asia, disusul dengan hubungannya dengan Amerika Serikat. Australia merupakan anggota aktif Forum Pasifik Selatan dan menjadi tuan rumah pertemuan regional para kepala‘negara pemerintahan Persemakmuran di Sydney pada tahun 1978.

Australia kehilangan status sebagai mitra dagang Inggris pada tahun 1973 ketika Inggris menjadi anggota Pasaran Bersama. Kini semakin terdapat kesadaran yang tumbuh terhadap kejatidirian Australia yang sangat berbeda dengan Inggris.

Berbagai upaya perang, keperluan ekonomi, dan meningkatnya perdagangan dengan Asia, integrasi 1.000.000 orang warga Eropa ke dalam Australia, dan pengembangan seni dan budaya asli ditujukan untuk meningkatkan rasa kebangsaan orang Australia.

Perayaan 1970 yang semarak, untuk memperingati 200 tahun mendaratnya Kapten Cook di Australia meningkatkan perasaan bahwa Australia kini benar-benar telah lahir.

Kesadaran berkebangsaan ini akhir-akhir ini telah ditunjukkan oleh adanya perdebatan sengit untuk menggantikan Cod Save the Queen dengan sebuah lagu Australia.

Meskipun God Save the Queen tetap merupakan lagu kebangsaan yang masih digunakan dalam upacara-upacara negara, namun pada perayaan yang bersifat tidak resmi lagu ini kadang-kadang diganti dengan lagu yang lebih bernada Australia yaitu Advance Australia the Fair. Usulan untuk menjadikan Waltzing Matilda sebagai lagu kebangsaan ditanggalkan.


Diulas oleh:
BRUCE W. PRATT, Direktur Editor The Australian Encyclopedia (2003)
Editor: Sejarah Negara Com

Pos terkait