Irlandia, #11 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Irlandia menempati urutan ke-11 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Irlandia adalah sebuah negara dengan ekonomi kecil, modern, dan bergantung pada perdagangan. Negara ini adalah di antara kelompok awal dari 12 negara Uni Eropa yang mulai mengedarkan euro pada 1 Januari 2002.

Pertumbuhan PDB rata-rata 6% pada 1995-2007, tetapi aktivitas ekonomi turun tajam selama krisis keuangan dunia dan keruntuhan selanjutnya dari pasar properti domestik dan industri konstruksi selama 2008-2011.

Dihadapkan dengan pendapatan yang berkurang tajam dan defisit anggaran yang meningkat dari upaya untuk menstabilkan sektor perbankan yang rapuh, Pemerintah Irlandia memperkenalkan untuk pertama kalinya serangkaian anggaran besar pada tahun 2009.

Namun, langkah-langkah ini belum mampu untuk menstabilkan keuangan publik Irlandia. Pada tahun 2010, defisit anggaran mencapai 32,4% dari PDB – defisit terbesar di dunia, sebagai persentase dari PDB.

Pada akhir 2010, mantan pemerintah COWEN menyetujui paket pinjaman $ 92 miliar dari Uni Eropa dan IMF untuk membantu Dublin merekapitalisasi sektor perbankan Irlandia dan menghindari gagal bayar utang-utangnya.

Pada bulan Maret 2011, pemerintah KENNY mengintensifkan langkah-langkah penghematan untuk memenuhi target defisit di bawah program bailout Uni Eropa-IMF Irlandia.

Pada akhir 2013, Irlandia secara resmi keluar dari program bailout UE-IMF-nya, diuntungkan dari kepatuhannya yang ketat terhadap target pengurangan defisit dan keberhasilan dalam membiayai kembali sejumlah besar utang terkait perbankan.

Pada tahun 2014, ekonomi dengan cepat meningkat. Pada akhir 2014, pemerintah memperkenalkan anggaran yang netral secara fiskal, menandai berakhirnya program penghematan.

Pertumbuhan penerimaan pajak yang berkelanjutan telah memungkinkan pemerintah untuk menurunkan pajak dan meningkatkan pengeluaran publik dengan tetap menjaga target pengurangan defisitnya.

Pada 2015, pertumbuhan PDB melebihi 26%. Besarnya peningkatan ini mencerminkan revisi statistik satu kali, restrukturisasi perusahaan multinasional dalam kekayaan intelektual, dan sektor penyewaan pesawat, bukan keuntungan nyata dalam ekonomi domestik, yang masih tumbuh.

Pertumbuhan moderat menjadi sekitar 4,1% pada tahun 2017, tetapi pemulihan ekonomi membantu menurunkan defisit menjadi 0,6% dari PDB. Setelah jatuhnya sektor konstruksi dan penurunan belanja konsumen dan investasi bisnis selama krisis ekonomi 2008-11, sektor ekspor, yang didominasi oleh perusahaan multinasional asing, telah menjadi komponen yang lebih penting dari ekonomi Irlandia.

Pajak korporasi rendah Irlandia sebesar 12,5% dan kumpulan pekerja berteknologi tinggi yang berbakat telah menjadi beberapa faktor kunci dalam mendorong investasi bisnis.

Persyaratan tinggal pajak yang longgar membuat Irlandia menjadi tujuan umum bagi perusahaan internasional yang ingin membayar pajak lebih sedikit atau, dalam kasus perusahaan multinasional AS, menunda pajak yang terhutang ke Amerika Serikat.

Pada tahun 2014, di tengah tekanan internasional yang meningkat, pemerintah Irlandia mengumumkan akan fase dalam undang-undang pajak yang lebih ketat, secara efektif menutup celah yang biasa digunakan.

Ekonomi Irlandia terus tumbuh pada tahun 2017 dan diperkirakan akan berlanjut hingga tahun 2019, didukung oleh sektor ekspor yang kuat, pertumbuhan lapangan kerja yang kuat, dan inflasi yang rendah, sampai pada titik di mana Pemerintah sekarang harus mengatasi kekhawatiran tentang terlalu panas dan potensi hilangnya daya saing.


Irlandia

Irlandia

GDP $ 332 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 7.2%
PDB per Kapita: $ 69.300
Neraca Perdagangan / PDB: 8,5%
Populasi: 5.1 juta
Hutang / PDB Publik: 69%
Pengangguran: 6,7%
Inflasi: 0,3%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 8
Hak Properti: 19
Inovasi: 21
Teknologi: 41
Pita Merah: 10
Investor Protection: 14
Korupsi: 19
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 4

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Irlandia


Pos terkait