Solomon

Kepulauan Solomon adalah negara pulau yang merdeka dan terletak di Samudra Pasifik sebelah timur Papua Nugini. Para penjelajah Eropa abad ke-16, menamakan negeri itu mengikuti nama Raja Sulaiman dari dalam Injil.

Geografi

Rangkaian kepulauan Solomon dapat dibagi menjadi dua bagian. Kelompok yang lebih besar, di selatan, membentuk negara Kepulauan dengan pulau utama Guadalcanal, Malaita, Choiseul, Georgia Baru, Santa Isabel, San Cristobal, dan gugus Santa Cruz.

Pulau-pulau yang lebih besar penuh gunung berapi dan diliputi oleh hutan-hujan yang lebat hampir tidak tertembus dan penuh dengan aneka macam binatang. Pulau-pulau yang lebih kecil berupa atol karang yang terletak rendah.

Negeri itu memiliki wilayah seluas 28.446 km2. Ibu kotanya, Honiara, berada di Guadalcanal. Cuaca biasanya panas dan lembap dengan curah hujan yang besar.

Solomon Kepulauan di Samudra Pasifik

Kunjungi Peta Solomon atau di google map

Penduduk dan Ekonomi

Sebagian besar dari 260.000 penduduknya adalah orang Melanesia, tetapi terdapat pula beberapa orang Polinesia dan orang dari pulau Pasifik lainnya serta sedikit orang Cina dan Eropa.

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi, sedangkan bahasa Pijin Melanesia merupakan bahasa yang paling dimengerti oleh masyarakat secara luas. Namun di beberapa pulau dialek yang berbeda diucapkan oleh kelompok-kelompok yang terpencil di pedalaman yang berbukit.

Hampir seluruh penduduk Solomon beragama Nasrani. Sekolah dikelola oleh misi. Sebagian besar penduduk hanya menanam tanaman pangan yang cukup untuk keperluan mereka sendiri.

Buah-buahan tropis, sayuran, babi, unggas, dan ikan merupakan makanan pokok penduduk. Kopra merupakan tanaman dagang utama.

Kayu, kerang-kerangan laut, dan kerajinan tangan tradisional diekspor, sedangkan pemrosesan ikan merupakan industri yang paling cepat berkembang. Terdapat endapan-endapan boksit (bijih aluminium), fosfat, dan sedikit emas.

Artikel Pilihan:  Bendera Solomon

Sejarah dan Pemerintahan

Kepulauan itu masih tetap terasing sampai para misionaris, pedagang, dan pelaut tiba di sana pada abad ke-19.

Bagian utara kepulauan itu diklaim oleh Jerman pada tahun 1885, sedangkan bagian selatannya berada di bawah lindungan Inggris pada tahun 1893.

Beberapa pulau yang ada di bawah pengawasan Jerman diserahkan kepada Australia seusai Perang Dunia I. Kepulauan bagian utara menjadi bagian Papua Nugini pada tahun 1975.

Solomon Inggris merdeka dan bernama Negara Kepulauan Solomon pada tahun 1978. Ratu Inggris, yang diwakili oleh seorang gubernur jenderal, bertindak sebagai kepala negara. Seorang perdana menteri dipilih dari parlemen dan menjadi kepala pemerintahan.

Diulas oleh:
HAROLD M. ROSS, Perguruan Tinggi St. Norbert
Editor: Sejarah Negara Com

Artikel Terkait