Kiribati Negara Pulau di Pasifik

  • Whatsapp
Bendera Kiribati

Kiribati Negara Pulau di Pasifik, yang semula adalah koloni Inggris Kepulauan Gilbert, menjadi sebuah negara republik yang merdeka pada tahun 1979. Upacara penyerahan kekuasaan mengambil tempat di pulau utama Tarawa, yang merupakan ajang palagan yang ganas selama Perang Dunia II.

Geografi Kiribati

Kiribati terletak di sebelah baratdaya Samudra Pasifik, sebelah timur Papua Nugini, dan sebelah baratdaya Hawaii, tepat di sekitar titik tempat garis perbatasan waktu internasional memotong khatulistiwa.

Bacaan Lainnya

Tersebar di wilayah lautan seluas 5.180.000 km2, pulau-pulau itu memiliki wilayah daratan yang seluruhnya hanya seluas 683,8 km2. Kepulauan yang membentuk Kiribati disebut atol. Atol adalah pulau karang yang terdiri atas batu karang yang mengelilingi sebuah laguna.

Pulau Christmas, salah satu Kepulauan Lini, adalah salah satu dari pulau karang yang terbesar di Pasifik. Terdapat tiga kelompok kepulauan-Kepulauan Gilbert, Kepulauan Lini, dan Kepulauan Funiks.

Banaba (Pulau Laut) yang kaya akan fosfat, yang penduduknya dimukimkan kembali di pulau Rabi dengan kelompok Fiji setelah Perang Dunia II diintegrasikan ke dalam Kiribati bertentangan dengan keinginan orang Barnaba sendiri.

lklim di Kiribati adalah menyenangkan, dengan suhu rata-rata 27°C sepanjang tahun. Angin pasat timur bertiup sepanjang tahun.

Curah hujan tidak teratur dan berbeda amat mencolok dari satu pulau ke pulau lainnya sehingga sekali-sekali menimbulkan kekeringan.

Peta Kiribati

Kunjungi di google map

Penduduk Kiribati

Sebagian besar orang Kiribati, yang merupakan bahariwan yang tegar dan besar hati, adalah keturunan orang Mikronesia atau Polinesia. Namun. 2.500 orang yang hidup di Barnaba secara keturunan berbeda dari penduduk lainnya.

Bahasa Inggris dan sebuah bahasa lokal dituturkan di pulau-pulau itu, sedangkan agama Kristen merupakan agama utama rakyatnya. Penduduk pulau itu terbagi hampir sama antara pemeluk Protestan dan penganut Katolik.

Terdapat sejumlah kecil pengikut Advent Hari Ketujuh, anggota Gereja Tuhan, dan Baha’is. Sebagian besar anak yang berusia antara 6-15 tahun mengikuti sekolah dasar pemerintah.

Kiribati memiliki beberapa sekolah menengah, yang sebagian dikelola oleh misionaris, sebuah perguruan tinggi untuk calon guru, sebuah institut tehnik, sebuah sekolah kelautan, dan sebuah pusat universitas di Pasifik Selatan.

Beberapa mahasiswa menghadiri berbagai universitas di Fiji, Selandia Baru, Australia dan di negeri Inggris dengan bea siswa.

Sebagian besar penduduknya adalah petani yang berkebun kelapa sawit, pohon sukun, pisang, dan pepaya serta beternak babi dan ayam untuk keperluan mereka sendiri. Penangkapan ikan setempat seperti ikan raja, snapper, dan tuna memperlengkapi bagian utama dari diet mereka.

Pemerintah menggalakkan penangkapan ikan dagang. Beternak udang laut (yang dipakai sebagai lauk-pauk ikan) adalah penting di Pulau Christmas. Kopra merupakan ekspor utama Kiribati.

Cadangan besar batuan fosfat, yang membuat pulau Barnaba termasyhur, telah terkuras sehingga British Phosphate Commision, yang mengurus operasi penambangan telah menarik diri. Eksploitasi terhadap batuan fosfat telah menyebabkan pulau itu tidak dapat didiami.

Sejarah dan Pemerintahan Kiribati

Kepulauan Kiribati diperkirakan telah terputus dari kepulauan Marshall sejak kira-kira 2.000 tahun yang silam.

Penjelajah Eropa untuk pertama kali melihat kepulauan itu pada abad ke-16 dan awal abad ke-17, sedangkan negara protektorat Inggris yang meliputi kepulauan Gilbert dan Ellice diproklamasikan pada tahun 1892.

Bangsa Jepang menyerbu dan menduduki beberapa di antara pulau-pulau itu selama Perang Dunia II dan tidak terusir sampai tahun 1945. Kepulauan Ellice (sekarang bernama Tuvalu) memisahkan diri dari negara Gilbert pada tahun 1975.

Kepulauan Gilbert memperoleh hak memerintah sendiri sepenuhnya pada tahun 1976 dan menjadi negara Republik Kiribati yang merdeka pada tahun 1979. Seorang presiden bertindak sebagai kepala negara.

Ringkasan

Nama resmi: KIRIBATI.

IBU KOTA: Tarawa.

LETAK GEOGRAFIS:

  • Baratdaya Lautan Pasifik.
  • Garis Lintang: 11o 26° 5 sampai 4° 40° U.
  • Garis bujur-177° T sampai 175° B.

WILAYAH: 861 km2.

PENDUDUK: 70.000 jiwa (perkiraan terakhir).

BAHASA: lnggris, Samoa, bahasa lokal.

AGAMA: Anglikan, Metodis, Katolik Roma, Advent Hari Ketujuh, Baha’i,Cereja Tuhan.

PEMERINTAHAN: Republik.

  • Kepala negara dan pemerintahan-presiden.
  • Badan legislatif-parlemen.
  • Kerja sama internasional: PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), Negara-Negara Persemakmuran.

EKONOMI:

  • Produk pertanian utama: kelapa, kelapa sawit, pohon sukun, pisang, pepaya.
  • Produk industri: perikanan, peternakan udang, industri kecil tempatan.
  • Ekspor utama: kopra.
  • Impor utama: bahan makanan, pakaian, tembakau, sepeda dan barang-barang konsumsi lainnya.

MATA UANG: Dolar Kiribati.

Diulas oleh:
HAROLD M. ROSS, Perguruan Tinggi St. Norbert
Editor: Sejarah Negara Com

Pos terkait