Apakah Eropa itu benua? Ini jawabannya

Apakah Eropa itu benua? Jawaban atas pertanyaan ini adalah ”Ya” dan ”Bukan”. Definisi benua yang tercantum dalam buku adalah ”suatu bagian daratan bumi yang besar” dan sebagian besar benua dapat dengan mudah diidentifikasikan pada peta dunia atau globe.

Akan tetapi, Eropa tampak seperti perluasan daratan Asia besar bagian barat. Kenyataannya, suatu semenanjung yang membentang pada bagian barat dari daratan utama Eurasia merupakan seluruh daratan yang disebut Eropa itu.

Karena sangat pentingnya Eropa dalam dunia sejarah, bagaimanapun daratan itu sudah dianggap benua tersendiri untuk jangka waktu yang sangat lama.

Penduduk Timur Tengah zaman dahulu membagi dunia menjadi 3 bagian. Bagian pertama adalah daerah tempat tinggal mereka. Mereka menyebut daratan di bagian timur mereka dengan Asu “daratan matahari terbit”.

Kunjungi Peta Eropa atau di google map

Daratan di sebelah barat disebut Ereb “daratan matahari terbenam”. Mungkin apa yang kita sebut Eropa dan Asia berasal dari kata-kata kuno ini.

Baca juga: Penduduk Eropa yang Kompeks dan Asal Usulnya

Sebagian besar perbatasan Eropa dengan jelas ditandai dengan lautan, atau samudra, yang mengitari pantai-pantainya. Perbatasannya dengan Afrika dan Asia, kecuali untuk bagian Uni Soviet, merupakan perbatasan yang jelas Laut Tengah dan hubungannya yang terbuka dengan Laut Hitam melalui Selat Dardanela dan Selat Bosporus.

Para ahli geografi masih memperdebatkan batas Eropa bagian timur. Banyak orang yang menarik batas sepanjang Pegunungan Ural, Sungai Kara dan Sungai Ural, dan melalui Cekung Manych ke arah Laut Kaspia.

Uni Soviet dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Soviet Eropa dan Soviet Asia. Para ahli geografi Soviet tidak menyetujui pembagian ini. Beberapa ahli geografi Barat juga menganggap Uni Soviet sebagai unit tersendiri.

Sejumlah besar pulau juga dianggap sebagai bagian Eropa. Pulau-pulau ini meliputi Spitsbergen dan Novaya Zemlya di bagian utara dan Britania Raya, Irlandia, Hibrida, Kepulauan Orkney, Kepulauan Shetlandia, Kepulauan Selat, Pulau Man, Kepulauan Faeroe, dan Islandia di bagian baratlaut.

Baca juga: Eropa Dalam Sejarah Panjangnya

Ada sejumlah pulau di Laut Baltik. Kepulauan Balearik, pulau Korsika, Sardinia, Sisilia, Malta, dan Kepulauan Yunani di Laut Tengah.

Luas benua ini kira-kira 10.900.000 km2 dan menduduki benua terkecil kedua setelah Australia. Kesempitan Eropa sangat berlawanan dengan ukuran Uni Soviet yang raksasa itu, yaitu seluas 22.400.000 km2, dan membentang dari Laut Baltik menuju Selat Bering memotong hampir 180° longitudinal, atau kira-kira separuh bola dunia.

Bangsa-Bangsa Eropa

Dewasa ini 33 bangsa mendiami Benua Eropa, sebagian besar di daerah yang kecil. Sebagian negara, yang terletak di sebelah utara, disebut negara Skandinavia, yaitu Swedia, Denmark, dan Norwegia. Finlandia dan Islandia kadang-kadang dimasukkan ke dalam kelompok ini juga.

Belgia, Belanda, dan Luxembourg sering dikelompokkan sebagai negara Benelux, atau negara daratan rendah yang terletak di tepi utara Eropa Barat. Prancis, Irlandia, dan Inggris juga termasuk Eropa Barat.

Italia menduduki semenanjung Italia di selatan Eropa; Spanyol dan Portugal bersama-sama mendiami Semenanjung Iberia di bagian baratdaya. Yunani, Turki Eropa, Bulgaria, Albania, dan sebagian besar Rumania dan Yugoslavia terletak di Semenanjung Balkan bagian tenggara.

Negara-negara Eropa tengah meliputi Swiss, Austria, dan Jerman Barat. Empat negara Eropa tengah lainnya, yaitu Jerman Timur, Polandia, Hongaria, dan Cekoslowakia-mempunyai ikatan politik yang lebih erat dengan Uni Soviet dari pada dengan tetangga mereka bangsa Eropa lainnya.

Enam republik Uni Soviet berderet di sepanjang perbatasan Eropa yaitu Estonia, Latvia, Lithuania, Belorussia, Ukraina, dan Moldavia. Separuh dari Uni Republik-Republik Sosialis Soviet bagian barat berada di wilayah: Eropa, sedangkan separuh bagian timurnya berada di wilayah Asia.

Baca juga: Eropa dan Pengaruhnya Bagi Dunia Modern

Eropa juga terdiri atas lima negara yang meliputi daerah kecil, tetapi kekurangan mereka yang berkaitan dengan ukurannya tertutup oleh penampilannya yang menarik dan sejarahnya yang memesona.

Kota Vatikan dan San Marino terletak di Italia; Monako terletak di pantai selatan Prancis, Liechtenstein terselip di antara Swiss dan Austria, sedangkan Andorra terletak di daerah yang tinggi di pegunungan Pyrenee.

Artikel Terkait