Gaya Hidup Orang Eropa

Gaya Hidup Orang Eropa – Jelaslah bahwa sebagian besar masyarakat yang hidup di banyak negara Eropa menunjukkan kehidupan yang sangat beraneka ragam. Yang mengherankan adalah bahwa walaupun bangsa Eropa berbeda satu dari yang lain, seperti orang Inggris, Polandia, Austria, Yunani, atau Italia, bangsa Eropa mempunyai banyak persamaan.

Bangsa Eropa hidup di bawah banyak tipe pemerintahan, dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi iklim, daratan, bertutur dalam berbagai bahasa, bangsa Eropa adalah anggota satu keluarga kultural yang sudah dipengaruhi oleh keadaan sosial dan arus intelektual yang sama dan oleh banyak persamaan sejarah.

Kehidupan rata-rata kaum lelaki dan kaum wanita sehari-hari dan anak-anak sekolah di Moskow, London, Budapest, atau Stokholm tidak jauh berbeda dengan kehidupan sehari-hari mereka yang tinggal di pedesaan.

Baca juga: Eropa Dalam Sejarah Panjangnya

Kunjungi Peta Eropa atau di google map

Masyarakat kota menunjukkan kehidupan yang sangat berbeda dari masyarakat pedesaan pada sebagian besar negara-negara di dunia. Masyarakat kota sama-sama memiliki berbagai kesenangan yang sama dan perhatian yang sama diseluruh Eropa.

Sebagian besar orang Eropa bekerja atau pergi ke sekolah 5 hari dalam seminggu. Pada beberapa negara mungkin waktu tersebut lebih dari 5 hari. Mereka bepergian memakai kereta api bawah tanah, bus, mobil, dan sepeda.

Di kota besar mereka mendapatkan hambatan kemacetan lalu lintas pada saat berangkat kerja dan pada saat pulang. Jika masyarakat memakai kendaraan umum, mereka sering menghadapi bus atau kereta api yang penuh.

Berabad-abad lamanya, para ayah bangsa Eropa pulang ke rumah untuk makan siang. Semua kantor dan toko sudah ditutup karena saat itu adalah waktunya bagi keluarga berkumpul menikmati acara makan pokok.

Sekarang hal itu sudah berkurang dan kurang dibenarkan, kecuali jika iklim seperti di Italia Selatan, Yunani, dan Spanyol yang membuat orang harus tidur siang setelah menikmati makan siang.

Oleh sebab itu, di selatan Eropa, jika memang mungkin, urusan-urusan usaha ditutup selama 2-4 jam dan baru dibuka kembali pada pertengahan sore hingga menjelang malam.

Namun, pada sebagian negara-negara Eropa, para pekerja dan mahasiswa sekarang dapat menikmati makan siangnya di tempat mereka bekerja atau sekolah, yaitu di restoran, kafe, atau kafetaria.

Semua kota di Eropa telah berkembang dan menjadi lebih padat karena adanya perpindahan penduduk seperti yang terjadi di seluruh dunia ke pusat-pusat metropolitan. Sebagian besar pendatang, khususnya kaum muda, pindah karena bosan bertani atau karena menuntut ilmu, mencari kesempatan kerja, dan terangsang oleh tawaran hidup di kota-kota.

Baca juga: Apakah Eropa itu benua?

Perumahan kurang tersedia di seluruh kota di Eropa. Di mana pun, kaum muda yang merencanakan untuk menikah mempunyai masalah dalam mencari tempat tinggal. Pada sebagian besar kota, bangunan menjulang membentuk citra menara baru, membayang hitam pada kaki langit.

Sebagian besar kota Eropa merupakan gabungan daya pesona antara sesuatu yang kuno dan sesuatu yang baru. Di Lisabon atau di Roma masih mungkin bagi orang yang hidup dalam bayangan bangunan kantor modern untuk pergi ke air mancur yang terdapat di alun-alun untuk memperoleh air.

Jalan-jalan berbatu yang sempit, yang terdapat di antara jajaran rumah kuno, beberapa di antaranya sudah dihuni selama beratus-ratus tahun lamanya. Gereja-gereja yang telah berusia berabad-abad menempati tempat-tempat kuno (tua) ini.

Namun, kota-kota di Eropa sudah mulai diisi oleh bangunan beton dan kaca yang modern, gedung perkantoran, dan banyak apartemen.

Kota-kota di Eropa bersama kota-kota besar di seluruh dunia terganggu oleh polusi udara dan air yang disebabkan oleh limbah dari mobil-mobil, rumah-rumah, dan industri.

Baca juga: Bahasa dan Agama Penduduk Eropa

Di berbagai daerah terbaru di kota-kota Eropa, kebiasaan lama masih dipelihara. Hampir selalu ada kafe tempat orang berhenti dan menikmati minuman atau makanan kecil.

Anda boleh duduk di luar pada sisi jalan sekeliling alun-alun, seperti di Roma atau Athena, atau Anda dapat masuk ke dalam kafe yang menyenangkan dan nyaman ketika hujan turun di luar, seperti yang sering terjadi di Dublin, London, atau Brussel.

Apa yang Anda makan atau minum mungkin berbeda. Anda mungkin minum bir atau teh di pub atau warung teh di London, atau kopi yang bagian atasnya diberi kocokan krem kental di kedai kopi di Wina, atau mungkin segelas anggur atau brandy buatan lokal di beberapa kota di Eropa.

Dewasa ini hampir di setiap negara, Anda mungkin dapat meminum coca-cola. Akan tetapi, apa pun minuman tersebut, waktu yang dihabiskan itu adalah waktu untuk mengobrol, melihat pemandangan yang disuguhkan, membahas sastra, drama, atau filsafat, atau mungkin politik.

Itulah cara untuk menghabiskan beberapa menit dengan senang atau menghabiskan waktu beberapa jam dengan teman yang menyenangkan tanpa harus berjalan jauh dari rumah atau tempat pekerjaan dan tidak perlu menghabiskan banyak uang.

Orang Eropa menaruh minat terhadap teater dan opera. Dahulu, pemain sandiwara keliling menyanyi, menari, membaca puisi, dan memainkan sandiwara. Pertunjukan keliling Punch dan Judy memberikan hiburan kepada kaum muda dan kaum tua, dan demikian pula pelatih keliling mempertunjukkan beruang dan anjing mereka.

Di banyak negara Eropa dewasa ini perkumpulan opera, simfoni, drama, tarian rakyat, dan balet diberi tunjangan oleh negara dan merupakan subjek kebanggaan nasional yang besar.

Para penonton yang mengenal dan responsif akan memberikan sambutan kepada Balet Kerajaan Denmark, Balet Leningrad dan Balet Moskow, Perkumpulan Opera La Scala dari Milan, Perkumpulan Teater Nasional Inggris, Opera Kerajaan Swedia, Simfoni Wina, dan masih banyak lagi kelompok lain yang terkenal.

Berbagai perkumpulan Tarian Rakyat dan sirkus juga menarik banyak penonton dan sering melakukan wisata. Pada umumnya, orang Eropa adalah penggemar film sehingga gedung bioskop selalu penuh. Minat yang dalam pada film telah menyebabkan timbulnya kreasi industri pembuatan film yang berhasil.

Orang Eropa adalah penggemar olahraga yang hebat. Di Spanyol dan Portugal, misalnya, mereka memadati gelanggang untuk menonton pertarungan banteng. Di Swiss permainan ski merupakan permainan nasional di kala senggang.

Di Uni Soviet beribu-ribu orang melihat pertunjukan senam. Orang Belanda bermain sepatu luncur pada kanal yang membeku di musim dingin. Orang Skandinavia, Denmark, Swedia, dan Norwegia-berlayar di perairan utara negara-negara mereka.

Kadang-kadang ada berbagai pertandingan nasional khusus yang terkenal seperti pertandingan boccie (bola gelinding Italia) atau pelota (bola tangan Spanyol). Di mana-mana di Eropa terdapat minat yang besar terhadap sepak bola, baik yang dimainkan oleh anak-anak sekolah maupun yang dimainkan oleh pemain profesional yang ternama.

Baca juga: Penduduk Eropa yang Kompeks dan Asal Usulnya

Tenis juga dimainkan di mana-mana. Jika keadaan geografis dan iklim memungkinkan, orang berkumpul di pantai-pantai Laut Hitam di Rumania, Bulgaria, dan Uni Soviet; di pantai Adriatik Italia dan Yugoslavia, Laut Tengah Prancis, Italia, Spanyol, dan banyak lainnya.

Pada musim panas, pantai-pantai di Inggris, Swedia, Denmark, Negeri Belanda, Belgia, dan Jerman pun penuh sesak. Namun, banyak orang Eropa utara yang pergi ke pantai Eropa sebelah selatan yang lebih hangat dan banyak pula yang pergi ke pulau-pulau di Laut Tengah untuk mencari sinar matahari.

Orang Eropa suka bersepeda dan berjalan kaki. Mereka sering menikmati liburan dengan mengadakan perjalanan menuju hutan-hutan yang indah di Eropa dan berkemah di samping aliran sungai yang berkilauan.

Perkemahan mungkin diadakan di Luxembourg yang kecil, di Swiss atau di pegunungan Alpen Austria, di hutan-hutan nasional di Polandia, daerah pedalaman Prancis atau Inggris, atau di hampir setiap negara di Eropa. Di berbagai negara terdapat daerah perkemahan yang menarik dan pondok-pondok yang murah untuk menampung para pejalan kaki ini.

Pada tiap-tiap musim semi, musim panas, dan musim gugur, ribuan orang Eropa pergi ke spa, mengikuti tradisi yang berasal dari sejak zaman Romawi. Berbagai hotel, rumah peristirahatan, dan sanatorium menampung orang yang datang ke peristirahatan ini untuk mandi air yang berasal dari sumber bawah tanah, yang mempunyai kandungan mineral yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan.

Banyak orang yang terpikat sehingga menyempatkan diri mengadakan liburan sehat yang menyenangkan di tempat peristirahatan yang sangat indah ini.

Dewasa ini orang Eropa merupakan pelancong yang lebih besar daripada di masa dahulu. Hal itu bukanlah merupakan perjalanan yang panjang bagi setiap orang, kecuali bagi penduduk daerah Uni Soviet bagian tengah, yang merupakan daerah terasing di Eropa.

Pada sebagian besar negara, perjalanan itu memakan waktu kurang dari sejam dengan memakai pesawat terbang. Dewasa ini jalan-jalan yang baik telah dibangun melintasi benua.

Di sebagian besar daerah perbatasan orang hampir tidak mendapat kesulitan dan dapat pergi dengan bebas dari satu negara ke negara lain. Tentu saja ada beberapa perkecualian yang perlu diperhatikan, di Eropa Timur, misalnya, masih sangat sulit bagi banyak orang dari negara satelit Soviet untuk mendapat izin meninggalkan negaranya.

Namun, pada bulan Agustus, yang merupakan bulan liburan bagi orang Eropa, tampak sering terlihat hampir semua orang Eropa bepergian-dengan berjalan kaki, memakai sepeda, sepeda motor,kereta api, mobil, dan pesawat terbang.

Kecuali bahwa pada suatu saat tertentu tampak orang Prancis hampir tak pernah meninggalkan negeri Prancis yang dianggapnya suci atau orang Jerman meninggalkan negara yang dicintainya, dewasa ini bangsa Eropa ingin melihat benua mereka dan mereka selalu berkelana.

Para pekerja juga selalu pulang dan pergi. Bukanlah hal yang aneh, kalau di hotel Jerman atau Swiss, hanya managernya saja yang orang Jerman atau orang Swiss, sedangkan pegawai lainnya adalah orang Italia, Spanyol, atau Yunani.

Negara-negara industri yang besar di Eropa utara sering kekurangan tenaga kerja, maka pengangguran dari negara lain diterima dengan senang hati. Biasanya mereka bekerja untuk beberapa tahun dan kemudian pulang untuk bertemu keluarga mereka, mendengarkan bahasa mereka, dan menikmati cuaca hangat tanah air mereka.

Pekerja-pekerja ini kenyataannya menunjukkan adanya berbagai macam kemakmuran negara-negara Eropa yang berbeda-beda. Swedia mempunyai standar kehidupan yang tertinggi di antara seluruh negara Eropa dan yang tertinggi di dunia. Portugal mempunyai pendapatan per kapita yang terendah di Eropa.

Di antara negara itu banyak tahap-tahap perkembangan industri dan kesempatan untuk bekerja. Negara-negara Eropa utara yang merupakan negara industri tinggi tidak hanya menyediakan berbagai pekerjaan saja, tetapi juga berbagai keuntungan sosial yang besar bagi warga negaranya.

Beberapa negara-seperti, Italia, Yugoslavia, Hongaria, dan Rumania-mulai menjadi negara industri berat setelah Perang Dunia II, dan perubahan yang besar telah terjadi dengan sangat pesat di negara-negara ini. Negara-negara lainnya seperti, Yunani dan Portugal-masih merupakan negara yang kurang berkembang dalam bidang industri.

Baca juga: Eropa dan Pengaruhnya Bagi Dunia Modern

Perbedaan terbesar dalam gaya hidup di Eropa adalah antara kehidupan di pedesaan dan di kota. Di daerah-daerah pedesaan yang terpencil hidup masih sering sangat sukar. Di banyak negara Eropa, pertanian merupakan pekerjaan yang melelahkan. Di mana-mana, penggarap pertanian yang masih muda berusaha untuk meninggalkan pertaniannya.

Di negara-negara satelit Soviet seperti Bulgaria dan Hongaria dan di Uni Soviet sendiri, pertanian dikerjakan oleh pemilik pertanian yang besar atau usaha bersama yang besar. Di tempat ini, petani seringkali mendapat upah seperti upah pekerja pabrik, tetapi biasanya berjumlah kecil.

Pada banyak tempat, petani mungkin akan mengolah sebidang tanahnya yang kecil, yang mungkin akan ditanami tanaman pangan untuk kebutuhannya sendiri dan ditanami tanaman pangan ekstra yang dijual guna menambah pemasukannya.

Di pedesaan Eropa, kehidupan masyarakat lebih terbatas. Mereka jarang bepergian, dan kehidupan mereka lebih condong berada di sekitar rumah mereka, gereja, atau berpusat pada masyarakat mereka.

Kehidupan kaum wanita lebih terikat pada rumah tangga dan anak-anak mereka. Mereka sering bekerja bersama suami mereka di ladang. Perkampungan di pedesaan memiliki kafe yang disediakan bagi mereka meskipun biasanya hanya dikunjungi oleh kaum lelaki.

Peran kaum wanita dalam masyarakat sangat berbeda antara negara yang satu dengan negara lainnya di Eropa. Di Uni Soviet, dan banyak negara satelitnya, para wanita mengerjakan jenis pekerjaan yang sebelumnya dianggap sebagai pekerjaan kaum lelaki. Mereka adalah para insinyur jalan kereta api dan penyapu jalan.

Sebagian besar dokter di Uni Soviet adalah kaum wanita. Para wanita di banyak negara Eropa Timur adalah ahli farmasi dan dokter gigi. Di Swedia, para wanita memegang jabatan di kantor-kantor umum dan banyak pula terdapat pusat-pusat penitipan anak-anak untuk menjaga anak yang ibunya bekerja.

Di banyak negara, para wanita kota, bekerja untuk mendapatkan gaji tambahan guna membantu biaya kebutuhan pokok rumah tangga. Di beberapa negara, terutama di negara-negara sebelah selatan seperti, Spanyol, Yunani, dan Portugal para wanita masih tetap tinggal di rumah. Para wanita di beberapa negara Eropa telah lama menunggu hak untuk memilih.

Baik pria maupun wanita dibatasi dalam menikmati kebebasan berbicara dan kebebasan lainnya oleh beberapa pemerintah Eropa. Terdapat perbedaan yang mencolok terhadap apa yang dianggap hak utama warganegara di negara-negara Eropa.

Di Taman Hyde London yang terkenal itu, siapa saja dapat membawa mimbarnya, memasangnya, dan kemudian mengatakan apa saja sesuka hatinya tentang keluarga kerajaan, pemerintahan, atau subjek apa saja. Gangguan yang mungkin dialaminya hanyalah berasal dari pendengar yang marah dan, jika mereka menyimpang, mereka akan ditahan oleh polisi secara sopan.

Kebebasan berbicara seperti ini tidak pernah terjadi di negara satelit Uni Soviet ataupun di negara-negara lainnya. Di Denmark, tidak ada pembatasan publikasi bagi setiap materi berita.

Di banyak negara, orang bukan saja tidak boleh mengecam pemerintah, tetapi apa yang dibaca, didengar di radio dan televisi, dan dilihat di mimbar harus selalu dibawah pengawasan dan sensor pemerintah.

Semua negara Eropa sudah sangat dipengaruhi oleh gaya hidup orang Amerika. Dewasa ini blue jean lebih sering terlihat daripada baju petani berbordir seperti yang dipakai di masa lalu. Radio, film, televisi, dan travel model Amerika sudah didatangkan ke daerah-daerah Eropa yang sangat terpencil.

Masakan Prancis, yang dianggap sangat terkenal di dunia oleh banyak orang, telah menerima hamburger Amerika. Banyak ide, lembaga, ataupun kata-kata Amerika yang mengistilahkannya, misalnya ”week-end”, ”super-market”, ”drugstore”, ”hot dog”, ”motel” telah melanda Eropa.

Dengan alasan bahwa sebagian besar negara berusaha untuk mendapatkan tempat mereka dalam dunia teknologi baru, maka dapat dimengerti jika mereka harus menaruh minat yang besar terhadap Amerika Serikat, suatu negara yang merupakan simbol masyarakat teknologi.

Produk-produk yang memakai bahan buatan Amerika telah dianggap baik oleh banyak negara Eropa, sedangkan sejak beberapa tahun yang lalu, para pakar datang ke Amerika Serikat untuk mempelajari produksi masal dan bermacam metode industri. Orang Amerika sudah mendirikan banyak pabrik untuk mengelola dan memasarkan produk-produk mereka di Eropa.

Pengaruh bangsa Amerika dan sangat pesatnya industrialisasi di Eropa itulah awal mula banyak perubahan. Terdapat penurunan sifat individualitas dan waktu untuk bersantai. Pendidikan untuk masyarakat teknologi telah menghancurkan rintangan-rintangan kelas baik di negara blok Timur maupun negara blok Barat.

Persaingan untuk menduduki jabatan manajemen tingkat atas meningkat dan biasanya mengarah pada orang-orang yang paling cakap. Sebaliknya, pada hari hari sebelumnya, hal itu mungkin sudah diwariskan atau diarahkan kepada fungsionaris Partai.

Kesibukan di kota telah membawa perpecahan dalam struktur keluarga kuno dan juga memecahkan otoritas gereja. Masyarakat industri telah memungkinkan kaum laki-laki untuk hidup lebih baik dan bekerja dengan waktu yang lebih sedikit, tetapi juga membawa masalah kepadatan yang berlebihan, yang tidak dapat dihindarkan, polusi udara dan air, dan pengejaran terhadap nilai-nilai materi.

Baca juga: