Kerajaan Inggris Serikat

  • Whatsapp
Stonehenge di Salisbury peninggalan Britania prasejarah
Stonehenge di Salisbury peninggalan Britania prasejarah

Kerajaan Inggris Serikat – Kerajaan Serikat Britania Raya dan Irlandia Utara adalah kesatuan politis yang menempati sebagian besar gugus pulau di lepas pantai baratlaut daratan Eropa. Para ahli ilmu bumi menyebutnya kepulauan Inggris.

Pulau yang terbesar, Britania Raya, terbagi menjadi Inggris, Skotlandia, dan Wales. Irlandia Utara dan Republik Irlandia merupakan pulau kedua terbesar.

Read More

Luas Kerajaan Serikat Britania Raya dan Irlandia Utara adalah 244.046 km2 dengan kepadatan penduduk lebih dari 231 jiwa per km2.

Baca juga: Pengantar Tentang Kerajaan Inggris Serikat

Gedung Parlemen London
Gedung Parlemen London

Penduduk Kerajaan Inggris Serikat

Menampung begitu banyak penduduk ke dalam tempat yang begitu sempit merupakan suatu perbuatan yang luar biasa walaupun bangsa itu memiliki kesamaan dalam bahasa, adat, budaya, dan agama. Bangsa Inggris tidaklah demikian halnya.

Ada 6 macam penduduk yang telah lama menghuni Kerajaan Serikat-orang Inggris, Skot, Welsh, Cornish, dan Irlandia (Protestan dan Katolik). Di masa lampau pertikaian di antara suku bangsa itu menyebabkan timbulnya peperangan. Kini, pertikaian masih terjadi di Irlandia Utara (Ulster) karena orang Katolik ingin mencapai kesamaan politik dan ekonomi dengan orang Protestan.

Orang-orang Skot, Welsh, dan Cornish kurang lebih telah menempatkan diri mereka sama dengan orang Inggris dan banyak di antara mereka tinggal di tanah kelahiran mereka, yaitu di pulau terbesar Britania Raya (disebutkannya Raya untuk membedakannya dengan Britania di Prancis; Di’ Prancis Britania disebut Bretagne dan Britania Raya disebut Grand Bretagne).

Peta wilayah Kerajaan Inggris Serikat
Peta wilayah Kerajaan Inggris Serikat

Orang-orang Cornish, Welsh, Irlandia dan Skot adalah keturunan bangsa Keltik dan merupakan penduduk yang lebih dahulu menempati kepulauan ini sebelum bangsa Romawi datang pada tahun 55 sebelum Masehi.

Orang Romawi datang untuk menjajah dan tidak untuk tinggal berkoloni. Mereka tidak menggeser kedudukan penduduk asli. Setelah itu, datanglah penyerang dari seberang selat Inggris yaitu bangsa Angle, Saxon, Jute, Dane, dan Norse yang menghendaki tanah tempat tinggal, maka mereka membantai atau mengusir penduduk asli.

Penduduk yang bertahan digiring memasuki semenanjung sebelah barat, pegunungan sebelah utara, dan kepulauan yang lebih jauh lagi yang keterjalan permukaan tanahnya membantu melindungi mereka dari pengejaran.

Garis yang ditarik melintasi Britania Raya dari bagian kiri bawah ke bagian kanan atas secara garis besar memisahkan bangsa itu dan negeri mereka. Di sebelah kiri garis pemisah terdapat dataran tinggi dan pegunungan. Di sana tinggal sisa bangsa Kelt.

Di sebelah kanan garis terdapat dataran rendah dengan bantuan lunak penuh batu kapur yang menelusur menuruni tanah pedalaman yang menghijau daerah tempat tinggal bangsa Anglo-Saxon.


Terbentuknya Kerajaan Inggris Serikat

Penyatuan politik bangsa-bangsa yang tinggal di kepulauan itu sejak dahulu kala sering diupayakan. Upaya itu menghasilkan the Act of Union pada tahun 1707. Sejak saat itu frase United Kingdom digunakan.

Stonehenge di Salisbury peninggalan Britania prasejarah
Stonehenge di Salisbury peninggalan Britania prasejarah

Demikian juga bendera resmi Inggris, yang disebut Union jack, yang merupakan perpaduan antara bendera Santo Ceorge, pelindung suci Inggris, dan bendera Santo Andrew, pelindung suci Skotlandia. Pada tahun 1801 ditambah dengan bendera Santo Patrick dari Irlandia.

Bangsa Inggris mendominasi penyatuan yang disimbolkan oleh bendera ini. Dari seluruh penduduk di Kerajaan Serikat sekitar 83°o tinggal di Inggris.

Kira-kira 9% tinggal di Skotlandia, 5% di Wales, dan 3% di Irlandia Utara. Cornwall, Wales, dan Irlandia masuk serikat melalui proses penjajahan, sedangkan Skotlandia melalui peleburan takhta.

Setelah kematian Elizabeth I pada tahun 1603, bangsa Inggris meminta James VI dari Skotlandia menjadi raja mereka dengan julukan James I. Kedua negeri tersebut sebelumnya memiliki parlemen yang terpisah hingga tahun 1707.


Pemerintahan Kerajaan Inggris Serikat

Akibat politik dan sejarah, pemerintahan bangsa Inggris berbentuk kerajaan yang berundang-undang dan yang dikepalai oleh seorang raja atau ratu. Pusat kekuasaan berada di tangan Parlemen.

Suatu perselisihan yang meruncing antara Raja dan Parlemen terjadi pada tahun 1649. Parlemen memerintahkan agar Raja Charles I dipancung. Oliver Cromwell dinyatakan sebagai Lord Protector.

Setelah 11 tahun di bawah pemerintahan ‘Protektorat’, kerajaan dipulihkan lagi. Para penguasa Inggris sejak saat itu adalah raja-raja yang berkuasa berdasarkan undang-undang dan bertindak sebagian besar berdasarkan nasehat para menterinya.

Pengaruh raja mungkin cukup besar, tetapi sekarang dilakukan dalam bentuk pertanyaan raja kepada perdana menteri. Perdana menteri menghadap raja atau ratu secara teratur untuk melaporkan berbagai kejadian. Suatu pertanyaan tentang kebijakan dapat mengubah suatu keputusan.

Parlemen

Sistem parlemen diturunkan dari dewan bangsa Saxon awal. Di zaman pertengahan raja berkonsultasi dengan tiga kelompok pemuka: pemuka agama (uskup), pemuka temporal (bangsawan), dan wakil rakyat, yaitu ”tiga kelompok politik” asli (Pers disebut kelompok keempat).

Kini parlemen terdiri atas the House of Lords (Dewan Bangsawan) dan the House of Commons (Dewan Perwakilan Rakyat). Dewan Bangsawan kini diubah menjadi dewan penasehat, tetapi masih berhak menunda berlakunya suatu undang-undang selama 6-12 bulan.

Prinsip turun-temurun, yang memungkinkan suatu kedudukan diperoleh dari orang tua kepada anaknya, tetap berlaku, tetapi penurunan gelar kebangsawanan setingkat tidak berlaku lagi sejak tahun 1965. Para bangsawan baru hanya memakai gelarnya selama hidupnya.

Dewan Perwakilan Rakyat adalah tempat kekuatan politik disusun. Menurut teorinya, raja boleh membentuk suatu pemerintahan (memilih anggota kabinet) dari berbagai sumber yang dipilihnya; Dalam praktiknya (dengan beberapa perkecualian), kabinet dipilih dari unggulan pemimpin partai yang terbanyak menduduki Dewan Rakyat.

Jika raja atau ratu mempercayakan pemimpin partai mayoritas membentuk suatu pemerintahan, raja mulai membentuk suatu kelompok yang dapat mengatur kekuatan partai tersebut di Dewan Perwakilan Rakyat. Seandainya hal ini berhasil, pemimpin partai tersebut akan menjadi perdana menteri.

Perdana menteri bukanlah pelaksana utama pemerintahan seperti dalam pemerintahan Amerika. Gelar resmi perdana menteri adalah First Lord of the Treasury. Dalam Kerajaan Serikat kekuasaan politik terletak pada ”kepercayaan” mayoritas dalam Dewan Perwakilan Rakyat kepada perdana menteri.

Berhentinya perdana menteri tidak menyebabkan bubarnya Parlemen. Namun, Parlemen dapat dibubarkan berdasarkan permintaan perdana menteri kepada raja. Setiap lima tahun diadakan pemilihan keanggotaan baru Parlemen.

Kendali politik di Inggris beralih secara bergantian antara kaum Tories, yaitu Partai Konservatif, atau Partai Persatuan, dan Partai Buruh. Pernah pada suatu saat Partai Liberal berkuasa sehingga timbul gelombang keluhan dan protes. Partai Demokrasi Sosial, yang bergabung dengan Partai Liberal dan berada di antara kaum Tories dan kaum Buruh, dibentuk pada tahun 1981.


Kesatuan atas Perbedaan-Perbedaan Kerajaan Inggris Serikat

Irlandia selatan yang dihuni kaum Katolik memisahkan diri dari Inggris pada tahun 1921. Ada gerakan separatis di Irlandia Utara dan Wales. Irlandia Utara berparlemen sejak tahun 1921.

Namun, pada tahun 1972, karena kekerasan semakin memuncak, pemerintah Inggris mencabut Parlemen Irlandia Utara dan mulai memerintah langsung dari London. Harapan bahwa dengan memerintah secara langsung akan mengurangi ketegangan antara kaum Protestan dan Katolik, yang berebut kendali kekuasaan di Irlandia Utara, sejauh ini belum terpenuhi.

Satu alasan mengapa Kerajaan Serikat dapat bertahan adalah karena Mahkota Kerajaan adalah suatu gabungan yang dapat diterima di antara orang-orang yang masih banyak memiliki kesamaan meskipun terdapat perbedaan budaya dan daerah yang telah lama berakar.

Suatu contoh kesamaan kepentingan seperti itu adalah apa yang telah dilakukan oleh hampir 33.000 penduduk Irlandia Selatan yang menjadi sukarelawan pada dinas militer Inggris di dalam perang dunia I meskipun Republik Irlandia tidak lagi merupakan bagian Kerajaan Serikat dan secara resmi merupakan suatu bangsa yang netral.

Contoh yang lain adalah bahwa, meskipun Republik Irlandia secara hukum terpisah dari Kerajaan Serikat, peredaran uang, barang, dan penduduk di antara dua negara itu tetap berlangsung secara bebas. Secara ekonomi dan budaya, kepulauan Inggris masih merupakan masyarakat tunggal.


Kerajaan Serikat Dari Imperium ke Persemakmuran

Inggris telah banyak memainkan peranan penting di percaturan dunia, seringkali dengan gemilang dan menentukan. Seberapa pentingnya peran itu adalah bahwa imperium itu merupakan tempat orang Inggris mengembangkan diri sejak tahun 1931.

Pada puncaknya imperium ini mencakup hampir 1/4 daratan dunia dari 1/5 penduduknya. Dapat dicatat juga bahwa imperium mencakup hampir seperempat daratan dunia dan seperlima dari penduduk

Tiga Imperium

Imperium Inggris yang pertama muncul ketika seorang bangsa Norman, William si Penakluk, memasukkan Inggris ke daerah kekuasaannya di tempat yang kini disebut Prancis.

Sejak penjajahan bangsa Norman (1066) hingga akhir Perang Seratus Tahun (1453) para penguasa Inggris selalu menuntut sebagian tanah feodal lama milik para bangsawan Normandia di Prancis. Mereka juga seringkali menguasai Paris. Mereka bertahan di pelabuhan Calais di Prancis hingga tahun 1558. Kepulauan Selat bertahan mulai dari kekuasaan Imperium Inggris yang pertama.

Imperium yang kedua sebagian besar terdiri atas wilayahnya di Amerika Utara, termasuk Pulau Bermuda dan beberapa kepulauan di Karibia. Kini tinggal Bermuda dan beberapa pulau di Karibia yang masih berada di bawah kekuasaan imperium ini.

Imperium ketiga tersusun dari berbagai pelabuhan pengisian batubara dan tempat perdagangan yang dirampas semasa dan tidak lama setelah perang Napoleon.

Imperium ini diakui secara resmi pada tahun 1876, ketika Ratu Victoria memproklamasikan diri sebagai Penguasa India. Imperium ini berakhir pada tahun 1948, ketika Raja George VI menyerahkan gelar Kaisar dan kembali menjadi Raja Britania Raya dan Irlandia Utara.

Pada tahun 1875 PM Benyamin Disraeli (yang kemudian bergelar Lord Beaconsfield) merebut salah satu sukses besar dengan membeli Terusan Suez.

Melalui suatu perantara dia membeli saham pengendali pada perusahaan yang mengelola Terusan Suez. Karena terusan ini menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah sehingga benar-benar memperpendek jarak antara daratan Eropa dan Asia, terusan ini dalam waktu singkat menjadi sangat penting untuk dunia perdagangan. Ketika di bawah kendali Inggris, terusan ini juga menjadi garis perhubungan militer antara Inggris dan India.

Pada tahun 1871, setelah kemenangan Prusia atas Prancis, Jerman telah bersatu menjadi sebuah imperium. Sanak-saudara Ratu Victoria yang berdarah Jerman tiba-tiba menjadi bangsawan kekaisaran, sedangkan anak cucunya di Britania hanya bangsawan kerajaan.

Mereka kalah bersaing dengan jenjang bangsawan kekaisaran lain yaitu Austria, Rusia, Turki, Jepang, Ethiopia dan sekarang Jerman! Ia meminta Disraeli untuk membenahi keadaan yang mendesak ini dan pada tahun 1876 Ratu Victoria dinyatakan sebagai Kaisarina India.

Dengan begitu, lahirlah imperium Inggris yang paling terkenal yang di wilayahnya “matahari tidak pernah terbenam”. Imperium ini berlangsung selama 72 tahun. Imperium kedua berlangsung selama 163 tahun. Imperium asli berumur 387 tahun. Imperium di masa Ratu Victoria adalah sangat luar biasa meskipun tidak berlangsung lama.


Persemakmuran Bangsa-Bangsa dan Kerajaan Serikat Sekarang

Imperium itu kemudian diikuti dengan wadah politik yang disebut Persemakmuran-yaitu ikatan sukarela antara Kerajaan Serikat dan bangsa-bangsa merdeka bekas bagian dari imperium Inggris. Persemakmuran dibentuk untuk mempermudah pembubaran imperium dan membuatnya mudah diutarakan kepada para ”loyalis imperium” di Britania.

Satu hal yang penting tentang Kerajaan Serikat hari ini bukanlah kemenangannya di masa kekaisaran dahulu, tetapi adalah kekuatan industrinya yang tetap hidup dan kepeloporan sosialnya.

Dahulu orang Inggris memulai Revolusi Industri dan hingga kini industrinya berada di urutan yang terdepan. Hovercraft dan pesawat terbang berlandas pacu pendek (STOL) semata-mata hanyalah produk mutakhir pada jajaran panjang armada angkutan modern yang ditemukan dan dipelopori oleh orang Inggris.

Daftar penemuan utama orang Inggris mencakup mesin uap, penisilin, mesin jet, radar, karya-karya asli pada radio dan TV, dan penemuan yang sangat penting di bidang energi nuklir.

Setelah lmperium Perubahan-Perubahan di Dalam Negeri

Kekuatan politik yang pernah memasuki imperium telah diubah sejak Perang Dunia II menjadi masalah sosial dalam negeri dan penciptaan ”negara makmur”. Sistem asuransi dalam negeri melindungi mereka yang tua, sakit, cacat, lemah, bernasib buruk, menganggur karena tekanan jiwa akut atau kemelaratan.

Sumbangan wajib yang diberikan oleh warga yang berpenghasilan baik disampaikan kepada mereka yang tak mampu mengenyam kehidupan yang layak. Pelayanan Kesehatan Nasional, yang merupakan sebagian dari sistem itu, memberikan pelayanan berupa pengobatan atau fasilitas rumah sakit, yang tidak lagi cuma-cuma seperti ketika diperkenalkan pada tahun 1948, kecuali bagi anak-anak dan orang lanjut usia.

Di antara negara industri besar, Inggris berada di barisan paling depan dalam hal upaya mengenyahkan kemiskinan, perkampungan miskin, kesengsaraan, dan ketimpangan ekonomi. Daerah miskin di London yang dahulu terkenal sebagai daerah kumuh, East End, telah lenyap keseluruhannya.

Daerah Corbal adalah daerah kumuh Glasgow yang tidak terkenal juga telah surut. Perumahan rakyat dengan kualitas memadai dan sewa yang rendah sedang menjadi kebijakan umum bagi para pekerja Inggris.

Pemusatan perhatian untuk peningkatan sosial di dalam negeri tersebut diiringi dengan berkembang-biaknya kesenian. Meskipun dahulu Inggris selalu terkenal karena gedung-gedung pertunjukan, museum, dan seni sastra agungnya, sebelum Perang Dunia II tidak seorang pun pernah membayangkan Inggris sebagai sumber pemuka musik, balet, film, dan makanan lezat, seperti sekarang ini.

Sejarawan sosial dan ekonomi ingin mengkaji penyebab perkembangan kesenian di Inggris tahap III ini. Tahap pertama terjadi di masa pemerintahan Elizabeth I (1558-1603); tahap kedua pada masa restorasi dinasti Stuart di bawah Raja Charles II pada tahun 1660.

Tahap ketiga dimulai pada tahun 1954, segera setelah munculnya sebagian besar, meskipun tidak seluruhnya, kendali dan keterbatasan akibat Perang Dunia II. Kemunculan ini diikuti oleh peningkatan besar-besaran pada wajah kota, peningkatan kualitas, dan ketersediaan makanan.

Rasa bebas dan santai sangat terasa di Inggris untuk pertama kali dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun. Peningkatan pada tingkat pencapaian di dalam semua bentuk kesenian terjadi kemudian.

Jarang sekali dalam sejarah manusia ada kebangkitan umum di dalam kesenian yang demikian luas seperti itu. Kebangkitan ini membawa penduduk Inggris melaju beberapa tahun dari kekejaman dan kekerasan akibat Perang Dunia II ke arah keceriaan yang disebut sebagai Restorasi ke-2.

Tidak mengherankan bahwa bagi penduduk Inggris akibat imperium ini terasa lebih nikmat daripada kemenangan dan kekuatannya. Sedikit saja yang menyesali masa lampau. Namun, Kerajaan Serikat masih tertinggal di dalam pendapatan per kapita.

Ketidakpuasan di dalam bidang ekonomi menyebabkan kekalahan Partai Buruh pada tahun 1979 dan terpilihnya perdana menteri wanita ketua Partai Konservatif, Margareth Thatcher.

Bagaimanapun, kemunculan kembali kebanggaan kepahlawanan yang besar terwujud pada tahun 1982, ketika satu di antara tanda kejayaan imperium yang terlepas, Kepulauan Falkland dapat direbut kembali dari tangan Argentina.

Kebanggaan atas kemenangan militer itu menolong Perdana Menteri Margareth Thatcher memenangkan pemilihan tahun 1983 dengan kemenangan mutlak meskipun kebijakan ekonominya yang tidak populer telah banyak menyebabkan pengangguran.

Setelah Imperium: Perubahan-Perubahan di Kedudukan Dunia

Akibat samping dari pergeseran dari kekuatan dunia menjadi kemajuan sosial di dalam negeri merupakan pengaruh Inggris di benua Eropa. Pada akhir PerangDunia ll kepemimpinan Eropa berada di tangan Britania Raya, tetapi kemudian beralih. Kesalahan paling menyedihkan pada akhir Perang Dunia II adalah keputusan Inggris untuk keluar dari Pasaran Bersama Eropa.

Alasannya ialah lambatnya tindakan di dalam memahami fakta dan implikasi akibat pengunduran diri dari imperium. Masyarakat Ekonomi Eropa didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 1958.

Namun, baru pada tahun 1963 pemerintah Inggris mengajukan lamaran untuk menjadi anggota. Negosiasi mulai berlangsung, tetapi Charles de Gaule, Presiden Prancis, tiba-tiba memveto permohonan itu, tetapi pemerintah Inggris tetap bertahan sehingga pada tahun 1973 Britania Raya mulai masuk Pasaran Bersama.

Selama Perang Dunia II Winston Churchill menganggap saat setelah kejatuhan Prancis sebagai ”waktu terbaik mereka”, yaitu ketika Inggris berdiri sendiri bertahan secara terbuka terhadap tentara Nazi Jerman.

Saat itu merupakan saat tanpa harapan di dalam sejarah Inggris, tetapi warga Inggris memperoleh kemenangan. Sekarang, pada saat hari-hari yang penuh kejayaan di masa kekaisaran telah berlalu, warga Inggris tidak lagi bangsa terkucil di kepulauannya.

Mereka telah menjadi bagian Eropa. Langkah pertama mereka adalah masuk Masyarakat Ekonomi Eropa; langkah kedua, menyambung Inggris dengan Eropa, ketika terowongan di bawah Selat Inggris, yang menghubungkan Inggris dengan Prancis, mulai dibangun pada tahun 1986 dan akan selesai pada suatu saat menjelang akhir abad ini.


Fakta Tentang Keluarga Kerajaan Inggris Serikat

Tidak ada gelar otomatis bagi suami ratu. Gelar tersebut dianugerahkan oleh penguasa kerajaan (ratu). Isteri raja disebut ratu selama raja masih hidup dan disebut ibu suri setelah kematian raja. Para putra kerajaan otomatis mendapatkan gelar “yang mulia” (pangeran dan putri). Putra laki-laki sulung adalah pewaris takhta utama.

Sejak kelahirannya ia bergelar Duke of Cornwall menurut tata gelar kebangsawanan Inggris, Duke of Rothesay, Earl of Carrick, dan Baron of Renfrew menurut tata gelar kebangsawanan Skotlandia; dan Lord of the Isles dan Pangeran dan Penguasa Agung, atau Pemimpin, dari Skotlandia.

Gelar Pangeran Wales dan Earl of Chester diianugerahkan padanya oleh penguasa kerajaan. Anak sulung perempuan kerajaan disebut putri kerajaan. Ia tidak dapat mendapatkan gelar Puteri Wales.


Fakta Mengenai Tata Gelar Setingkat

Tata gelar ini dimulai dari baron, yang mendapat anugerah tanah dari raja. Karena jenjang dalam tata gelar ini sama derajatnya, jenjang ini disebut setingkat (dari bahasa Latin par, atau ”sederajat”).

Jenjang kebangsawanan kemudian juga mencakup duke, marquess, earl, Viscount, archbishop dari Canterbury dan York, dan uskup-uskup tertentu.

Di samping pembebasan tugas sebagai juri, para bangsawan dalam jenjang-jenjang setingkat tersebut juga memiliki hak-hak istimewa. (Dahulu mereka hanya dapat diadili oleh bangsawan sederajat ketimbang oleh hakim dari golongan awam, sedangkan, apabila mereka dihukum mati mereka dihukum pancung bukannya dihukum gantung).

Hak istimewa utamanya ialah keanggotaannya di dalam parlemen sebagai anggota dalam Dewan Bangsawan.

Ada lima kategori jenjang kebangsawanan Inggris, diciptakan pada tahun 1707, sebelum penggabungan Inggris dengan Skotlandia, Skotlandia, sebelum tahun 1707; Irlandia; tata gelar kebangsawanan Britania Raya, setelah tahun 1707 tetapi sebelum tahun 1800 dan penggabungan dengan Irlandia; dan Kerajaan Serikat, setelah tahun 1800. Semua jenjang kebangsawanan kecuali duke disebut ”Lord” (dan isterinya disebut “Lady”)

Duke: abad ke-14. Berasal dari kata dux, bahasa Latin yang berarti ”pemimpin”. Isteri seorang duke adalah duchess.

Marquess: abad ke-14. Berasal dari bahasa Jerman march atau ”hamparan tanah”. Isteri seorang marquess disebut marchioness.

Earl: sebelum tahun 1066. Berasal dari bahasa Norse kuno jari, yang berarti ”kepala suku”. Isteri seorang earl disebut countess, yang berasal dari kata count, yang bersumber dari bahasa Latin comes atau ”pendamping”.

Viscount: abad ke-15. Berasal dari bahasa Latin vice (”penguasa”) dan comes. Isteri seorang Viscount disebut viscountess.

Baron: abad ke-13. Berasal dari bahasa Latin akhir bara yang berarti ”lelaki”. Isteri seorang baron adalah baroness.

Jenjang tata gelar tersebut adalah turun-temurun (gelar kebangsawanan biasanya diturunkan oleh anak laki-laki sulung) atau didapatkan semasa hidup.

Kebangsawanan yang diperoleh selama hidup adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada perseorangan yang dianugerahkan untuk seumur hidup.

Sebagian besar bangsawan baru namanya diumumkan di dalam Daftar Kehormatan tahunan, yang diterbitkan pada hari Tahun Baru dan pada bulan Juni, pada peringatan resmi kelahiran ratu atau raja. Daftar ini juga mencakup nama-nama anggota pada jenjang tata gelar kehormatan kesatriaan, dan gelar-gelar kehormatan lain.


Fakta Tentang Gelar Kehormatan dan Kepangkatan

Gelar kehormatan. bukanlah bagian dari jenjang tata gelar setingkat tersebut di atas. Gelar ini dapat diturunkan dan mulai dipakai sejak abad ke-17. Kesatriaan, yang berasal dari kesatriaan pada abad pertengahan, biasanya dianugerahkan atas pengabdian nasional yang luar biasa.

Para kesatria mendapatkan sebutan ”Sir”, sedangkan isteri mereka disebut ”Lady”. Wanita yang mendapatkan kehormatan karena haknya sendiri disebut Dame. Gelar kehormatan yang pokok adalah:

Order of the Carter (KG): mulai dipakai sejak abad ke-14. Satu-satunya jenjang yang ada adalah Knight Companion. Kepangkatan ini terbatas bagi 24 orang di samping raja atau ratu dan Pangeran Wales.

Order of the Bath: ditetapkan pada tahun 1725. Dianugerahkan kepada militer dan penduduk sipil. jenjang-jenjangnya adalah Knight Grand Cross (CCB), K night Commander (KCB), Companion (C B).

Order of Merit: dilembagakan pada tahun 1901. Satu-satunya jenjang yang ada adalah Member. Kepangkatan ini terbatas bagi 24 orang ditambah keanggotaan kehormatan untuk orang asing. Singkatannya adalah OM.

Order of Saint Michael and Saint George: dilembaga kan pada tahun 1818. Jenjang-jenjangnya adalah Knight atau Dame Grand Cross (GCMC); Knight atau Dame Commander (KCMC; DCMC) Companion (CMC).

Royal Victorian Order: ditetapkan pada tahun 1896. Jenjang-jenjangnya adalah Knight atau Dame Grand Cross (CCVO), Knight atau Dame Commander (KCVO, DCVO), Commander (CVO), Member kelas 4 atau kelas 5 (MVO).

Order of the British Empire: dilembagakan pada tahun . 1917. Dianugerahkan kepada warga militer dan sipil. Dapat dianugerahkan kepada warga-warga yang tergabung dalam Sekutu.

Gelar ini paling banyak dianugerahkan. Jenjang-jenjangnya adalah Knight atau Dame Grand Cross (CBE), K night atau Dame Commander (K BE, DBE), Commander (CBE), Officer (OBE), Member (MBE).

Order of the Companion of Honour (CH): dilembagakan pada tahun 1917. Satu-satunya jenjang yang ada adalah Companion. Gelar ini terbatas bagi 65 orang.

Diulas oleh:
JOSEPH C. HARSCH, C.B.E. (Hon), Pimpinan Penulis Editorial, Christian Science Monitor
Editor: Sejarah Negara Com

Subscribe to our newsletter

Related posts