Norwegia, #15 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp
Norwegia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Norwegia menempati urutan ke-15 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Norwegia memiliki ekonomi yang stabil dengan sektor swasta yang dinamis, sektor negara yang besar, dan jaring pengaman sosial yang luas. Norwegia memilih keluar dari UE selama referendum pada bulan November 1994.

Namun, sebagai anggota Wilayah Ekonomi Eropa, Norwegia berpartisipasi sebagian dalam pasar tunggal European Union (EU) / Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap anggaran EU. Negara ini kaya akan sumber daya alam seperti minyak dan gas, ikan, hutan, dan mineral.

Read More

Norwegia adalah produsen terkemuka dan pengekspor makanan laut terbesar kedua di dunia, setelah China. Pemerintah mengelola sumber daya minyak negara melalui regulasi yang luas.

Sektor perminyakan menyediakan sekitar 9% pekerjaan, 12% PDB, 13% pendapatan negara, dan 37% ekspor, menurut perkiraan resmi nasional. Norwegia adalah salah satu pengekspor minyak bumi terkemuka di dunia, meskipun produksi minyak mendekati 50% di bawah puncaknya pada tahun 2000.

Sebaliknya, produksi gas meningkat lebih dari dua kali lipat sejak tahun 2000. Meskipun produksi minyak secara historis rendah, namun meningkat pada 2016 untuk ketiga tahun berturut-turut karena meningkatnya produksi ladang minyak yang ada dan ladang baru yang mulai beroperasi.

Produksi listrik domestik Norwegia hampir seluruhnya mengandalkan tenaga air. Untuk mengantisipasi penurunan produksi minyak dan gas, Norwegia menghemat pendapatan negara dari kegiatan sektor perminyakan di dana kekayaan negara terbesar di dunia, senilai lebih dari $ 1 triliun pada akhir 2017.

Untuk membantu menyeimbangkan anggaran federal setiap tahun, pemerintah mengikuti “aturan fiskal,” yang menyatakan bahwa pengeluaran pendapatan dari minyak dan investasi dana harus sesuai dengan tingkat pengembalian riil yang diharapkan atas dana tersebut, jumlah yang diperkirakan berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Pada bulan Februari 2017, pemerintah merevisi tingkat pengembalian yang diharapkan untuk dana tersebut dari 4% menjadi 3%. Setelah pertumbuhan PDB yang solid pada periode 2004-07, ekonomi melambat pada 2008, dan mengalami kontraksi pada 2009, sebelum kembali ke pertumbuhan sederhana, positif dari 2010 hingga 2017.

Ekonomi Norwegia telah menyesuaikan diri dengan harga energi yang lebih rendah, seperti yang ditunjukkan oleh pertumbuhan di partisipasi angkatan kerja dan pekerjaan pada tahun 2017.

Pertumbuhan PDB sekitar 1,5% pada 2017, sebagian besar didorong oleh permintaan domestik, yang telah didorong oleh rebound di pasar tenaga kerja dan kebijakan fiskal yang mendukung. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan tetap konstan atau sedikit membaik dalam beberapa tahun mendatang.


Norwegia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Norwegia

GDP $ 399 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,9%
PDB per Kapita: $ 75.500
Neraca Perdagangan / PDB: 5,5%
Populasi: 5.4 juta
Hutang / PDB Publik: 37%
Pengangguran: 4,2%
Inflasi: 1,9%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 11
Kebebasan Moneter: 107
Hak Properti: 5
Inovasi: 20
Teknologi: 10
Pita Merah: 21
Investor Protection: 14
Korupsi: 3
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 30

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Norwegia


Subscribe to our newsletter

Related posts