Belgia, #20 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Belgia menempati urutan ke-20 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Lokasi geografis pusat Belgia dan jaringan transportasi yang sangat maju telah membantu mengembangkan ekonomi yang terdiversifikasi dengan baik, dengan campuran transportasi, layanan, manufaktur, dan teknologi tinggi yang luas.

Industri jasa dan teknologi tinggi terkonsentrasi di wilayah Flanders utara sementara wilayah selatan Wallonia adalah rumah bagi industri seperti manufaktur batu bara dan baja.

Read More

Belgia sepenuhnya bergantung pada sumber bahan bakar fosil asing, dan rencana penutupan tujuh pembangkit nuklirnya pada tahun 2025 akan meningkatkan ketergantungannya pada energi asing.

Perannya sebagai pusat logistik regional membuat ekonominya rentan terhadap perubahan permintaan asing, khususnya dengan mitra dagang European Union (EU).

Sekitar tiga perempat dari perdagangan Belgia adalah dengan negara-negara UE lainnya, dan pelabuhan Zeebrugge melakukan hampir setengah perdagangannya dengan Inggris saja, membuat ekonomi Belgia rentan terhadap hasil negosiasi keluarnya Inggris dari UE.

PDB Belgia tumbuh sebesar 1,7% pada tahun 2017 dan defisit anggaran 1,5% dari PDB. Pengangguran berada di 7,3%, namun tingkat pengangguran di Flanders lebih rendah daripada Wallonia, 4,4% dibandingkan dengan 9,4%, karena perbedaan industri antara daerah.

Ekonomi sebagian besar pulih dari serangan teroris Maret 2016 yang terutama berdampak pada industri pariwisata dan perhotelan kawasan Brussels. Perdana Menteri Charles MICHEL.

Pemerintah pusat telah berjanji untuk mengurangi defisit sebagai tanggapan terhadap tekanan UE untuk mengurangi utang publik Belgia yang tinggi sekitar 104% dari PDB, tetapi upaya-upaya semacam itu juga akan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Selain menahan pengeluaran publik, pertumbuhan upah yang rendah dan inflasi yang lebih tinggi menjanjikan pengurangan pemulihan konsumsi swasta yang lebih kuat.

Pemerintah telah berjanji untuk mengejar program reformasi untuk meningkatkan daya saing Belgia, termasuk perubahan aturan pasar tenaga kerja dan tunjangan kesejahteraan.

Perubahan-perubahan ini umumnya membuat upah Belgia lebih kompetitif secara regional, tetapi telah meningkatkan ketegangan dengan serikat pekerja, yang menyerukan pemogokan yang lebih lama.

Pada tahun 2017, Belgia menyetujui rencana reformasi pajak untuk menurunkan tarif perusahaan dari 33% menjadi 29% pada tahun 2018 dan turun menjadi 25% pada tahun 2020. Rencana pajak juga termasuk manfaat untuk inovasi dan UKM.


Belgia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Belgia

GDP $ 494 B
Sampai Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,7%
PDB per Kapita: $ 43.300
Neraca Perdagangan / PDB: -0,2%
Populasi: 11,6 juta
Hutang / PDB Publik: 103%
Pengangguran: 7,1%
Inflasi: 2,2%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 46
Hak Properti: 18
Inovasi: 17
Teknologi: 40
Pita Merah: 32
Investor Protection: 56
Korupsi: 16
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 54

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Belgia


Subscribe to our newsletter

Related posts