Estonia, #28 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp
Estonia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Estonia menempati urutan ke-28 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Estonia menjadi anggota UE (European Union) sejak 2004 dan zona euro sejak 2011, memiliki ekonomi berbasis pasar modern dan salah satu tingkat pendapatan per kapita yang tertinggi di Eropa Tengah dan kawasan Baltik, namun ekonominya sangat bergantung pada perdagangan, dan rentan terhadap guncangan eksternal.

Pemerintah Estonia berturut-turut telah mengejar pasar bebas, agenda ekonomi pro-bisnis, dan kebijakan fiskal yang sehat yang menghasilkan anggaran berimbang dan rasio utang terhadap PDB terendah di UE.

Read More

Ekonomi diuntungkan oleh sektor elektronik dan telekomunikasi yang kuat dan ikatan perdagangan yang kuat dengan Finlandia, Swedia, Jerman, dan Rusia.

Pertumbuhan PDB ekonomi 4,9% pada 2017 merupakan yang tercepat dalam enam tahun terakhir, meninggalkan ekonomi Estonia di posisi terbaik sejak krisis keuangan 10 tahun lalu.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, produktivitas tenaga kerja meningkat lebih cepat daripada biaya tenaga kerja pada 2017. Inflasi juga meningkat pada 2017 menjadi 3,5% bersamaan dengan kenaikan harga global untuk makanan dan energi, yang merupakan bagian besar dari konsumsi Estonia.

Tantangan utama Estonia adalah kekurangan tenaga kerja, baik yang trampil maupun tidak trampil, meskipun pemerintah telah mengubah undang-undang imigrasi untuk memungkinkan lebih mudahnya mempekerjakan pekerja asing yang berkualifikasi tinggi, dan pertumbuhan upah yang melampaui kenaikan produktivitas.


Estonia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Estonia

GDP $ 26 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4,9%
PDB per Kapita: $ 19.700
Neraca Perdagangan / PDB: 3,1%
Populasi: 1,2 juta
Hutang / PDB Publik: 9%
Pengangguran: 5,8%
Inflasi: 3,7%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 24
Hak Properti: 24
Inovasi: 33
Teknologi: 14
Pita Merah: 14
Investor Protection: 82
Korupsi: 21
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 14

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Estonia


Subscribe to our newsletter

Related posts