Sejarah Negara Com
Ensiklopedia sejarah dan negara

Republik Ceko, #29 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Republik Ceko menempati urutan ke-29 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Republik Ceko adalah ekonomi pasar yang makmur yang membanggakan salah satu tingkat pertumbuhan PDB tertinggi dan tingkat pengangguran terendah di UE, tetapi ketergantungannya pada ekspor membuat pertumbuhan ekonomi negara ini rentan terhadap kontraksi dalam permintaan eksternal.

Ekspor Ceko mencakup sekitar 80% dari PDB dan sebagian besar terdiri dari mobil, industri tunggal terbesar di negara itu. Ceko masuk ke UE pada 2004 tetapi belum bergabung dengan zona euro.

Sementara koruna fleksibel membantu Ceko menghadapi guncangan eksternal, itu adalah salah satu mata uang berkinerja terkuat di dunia pada 2017, terapresiasi sekitar 16% relatif terhadap dolar AS setelah bank sentral (Czech National Bank – CNB) mengakhiri batasnya pada nilai mata uang di awal April 2017, yang telah dipertahankan sejak November 2013.

CNB menaikkan suku bunga pada bulan Agustus dan November 2017 – perubahan tingkat pertama dalam sembilan tahun untuk mengatasi tekanan inflasi yang meningkat yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat dan pasar tenaga kerja yang ketat.

Sejak berkuasa pada tahun 2014, pemerintah baru telah melakukan beberapa reformasi untuk mencoba mengurangi korupsi, menarik investasi, dan meningkatkan program kesejahteraan sosial, yang dapat membantu meningkatkan pendapatan pemerintah dan meningkatkan kondisi kehidupan bagi orang-orang Ceko.

Pemerintah pada Desember 2016 memperkenalkan sistem pelaporan pajak online yang dimaksudkan untuk mengurangi penggelapan pajak dan meningkatkan pendapatan.

Pemerintah juga berencana untuk menghapus kekakuan pasar tenaga kerja untuk meningkatkan iklim bisnis, membawa prosedur pengadaan sejalan dengan praktik terbaik UE, dan meningkatkan upah.

Tingkat pengangguran yang rendah di negara itu telah menyebabkan kenaikan gaji yang stabil, dan pemerintah menghadapi tekanan dari bisnis untuk memungkinkan migrasi pekerja yang lebih berkualitas, setidaknya dari Ukraina dan negara-negara Eropa Tengah yang berdekatan.

Tantangan jangka panjang termasuk berurusan dengan populasi yang menua dengan cepat, kekurangan pekerja terampil, sistem pendidikan yang tertinggal, mendanai sistem pensiun dan perawatan kesehatan yang tidak berkelanjutan, dan diversifikasi jauh dari manufaktur dan menuju teknologi yang lebih tinggi, berbasis layanan, pengetahuan ekonomi.


Republik Ceko Negara Terbaik Untuk Bisnis

Republik Ceko

GDP $ 216 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4,3%
PDB per Kapita: $ 20.400
Neraca Perdagangan / PDB: 1,1%
Populasi: 10.7 juta
Hutang / PDB Publik: 35%
Pengangguran: 2,9%
Inflasi: 2,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 20
Hak Properti: 27
Inovasi: 29
Teknologi: 42
Pita Merah: 100
Investor Protection: 71
Korupsi: 40
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 42

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Republik Ceko