Baju Adat Pakaian Adat Papua Barat Lengkap

Pakaian Adat Papua Barat Lengkap

-

Pakaian Adat Papua Barat – Secara geografis, provinsi Papua Barat berada di ujung barat Pulau Papua. Provinsi ini berdiri sejak 18 April 2007. Jika diamati dari ciri-cirinya, budaya masyarakat provinsi Papua Barat ini sebenarnya hampir sama dengan budaya masyarakat Provinsi Papua, khususnya baju adat.

Hal tersebut terjadi karena walaupun suku-suku yang mendiami kedua provinsi ini sangat heterogen namun kedekatan masyarakatnya dengan alam tidak bisa dipisahkan. Diantara bukti kedekatan ini adalah dapat ditemukan pada baju adat Papua Barat yang mereka pakai untuk kegiatan keseharian.

Untuk mengetahui karakteristiknya, kali ini kami hadirkan pembahasan dengan tema Pakaian Adat Papua Barat Lengkap, Nama, Jenis Dan Penjelasannya. Silakan menikmati.

Daftar Isi Artikel

Baju Adat Papua Barat

Sebutan bagi baju adat Papua Barat adalah apa yang dinamakan dengan pakaian adat Ewer. Pakaian tersebut dibuat dari bahan alam yakni jerami yang dikeringkan. Dengan adanya pengaruh pengaruh modernisasi, pakaian adat tersebut pada perkembangannya dilengkapi dengan kain sebagai busana atasannya.

Pakaian Adat Papua Barat

Pakaian Adat Wanita

Pada Saat ini, bahan alam yang berupa jerami atau serat kering hanya dipakai sebagai busana bawahan berupa rok untuk kaum wanita. Rok ini dibuat dengan cara mengambil serat-serat dari tumbuhan kemudian dirangkai memakai tali di bagian atasnya. Rok tersebut dibuat dua lapis, lapisan bagian dalam panjangnya sebatas lutut, dan lapisan luarnya lebih pendek.

Pakaian Adat Wanita Papua Barat
Pakaian Adat Wanita Papua Barat

Guna memperkuat ikatan rok, dipakai ikat pinggang yang dibuat dari kulit kayu yang diukir sedemikian rupa sehingga nampak artistik. Pada umumnya motif ukiran ini cukup sederhana, yaitu motif kotak yang disusun geometris.

Sebagai busana atasan, dipakai baju kurung yang dibuat dari bahan kain beludru berhiaskan rumbai bulu pada bagian tepi lengan, leher, atau pinggangnya. Baju atasan tersebut sebenarnya merupakan pengaruh dari budaya luar dan umumnya hanya dikenakan bagi penduduk Papua Barat yang berada di wilayah kota Manokwari.

Selain berupa baju dan rok, pakaian adat Papua Barat bagi perempuan dilengkapi juga dengan aneka ragam aksesoris antara lain : gelang, kalung, dan penutup kepala. Gelang dan kalung umumnya terbuat dari biji-bijian keras yang dirangkai memakai seutas benang, sedangkan sebagai penutup kepala terbuat dari bulu burung kasuari.

Pakaian Adat Pria

Untuk kaum pria, baju adat Papua Barat yang dipakai pada masa silam jauh berbeda dengan pakaian adat yang dipakai pada saat ini. Jaman dahulu, kaum lalki-laki biasanya hanya mengenakan rok rumbai dengan cara dan bahan pembuatannya sama dengan rok yang dikenakan oleh kaum perempuan.

Pakaian Adat Pria Papua Barat
Pakaian Adat Pria Papua Barat

Pengggunaan rok rumbai oleh kaum pria tanpa dilengkapi dengan busana atasan sehingga mereka hanya bertelanjang dada.

Pada saat ini, pakaian adat Ewer untuk laki-laki dibuat dari kain beludru dengan desain lebih sopan. Sebagai busana bawahan dikenakan celana pendek yang panjangnya sebatas lutut lengkap dengan kain penutup menjuntai di bagian depan.

Sedangkan busana atasan memakai baju rompi yang dibuat dengan kain dan model yang sama. Pada setiap tepi potongan baju ewer laki-laki, baik untuk celana, rompi, ataupun kain penutup umumnya dihiasi dengan batas kain dengan warna terang.

Selain itu, para pria adat Papua Barat juga mengenakan beberapa aksesoris lainnya untuk menunjang penampilan. Kalung dan penutup kepala, serta perlengkapan perang berupa perisai, tombak, sumpit, dan panah adalah beberapa yang biasanya harus ada.

Demikian pembahasan mengenai Baju Adat Papua Barat Lengkap, Nama, Jenis Dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Referensi lainnya: Pakaian Adat Papua Barat dan Penjelasannya

Latest news

Sungai Tigris dan Efrat Peradaban Manusia 6000 Tahun yang Lalu

Cerita peradaban manusia muncul sekitar 6.000 tahun yang lalu di daerah yang dikelilingi oleh Sungai Tigris dan...

Kerugian Agen Travel Umroh Tembus 2 Triliun per Bulan

Akibat adanya penghentian izin umroh sementara oleh pemerintah Arab Saudi, kerugian industri travel umroh dan haji Indonesia...

Kuwait, Negara Terkaya Tanpa Sungai

Di Kuwait sama sekali tidak ada sungai air. Zat cair yang membawa kehidupan bagi negara ini tampaknya...

Qatar Negara Kecil di Teluk Persia

Selama berabad-abad rakyat kesyekhan kecil Qatar mencari kehidupan dengan menggembala binatang, menangkap ikan, dan menyelam mutiara. Namun,...

Bahrain Negara Makmur di Teluk Persia

Sepanjang sejarahnya, Bahrain telah menjadi salah satu daerah yang lebih makmur di Teluk Persia. Selama berabad-abad negara...

Khawatir Corona, Arab Saudi Stop Umroh Sementara

Arab Saudi Stop Umroh - Arab Saudi telah mengeluarkan perintah agar seluruh agen umrah menghentikan pemesanan. Tak...

Must read

Sungai Tigris dan Efrat Peradaban Manusia 6000 Tahun yang Lalu

Cerita peradaban manusia muncul sekitar 6.000 tahun...

Kerugian Agen Travel Umroh Tembus 2 Triliun per Bulan

Akibat adanya penghentian izin umroh sementara oleh...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you