8 langkah penting memulai bisnis

  • Whatsapp

Anda dapat berhasil dalam memulai bisnis bahkan tanpa pengalaman dan dengan sedikit uang. Tetapi Anda perlu membuat keputusan yang benar-benar baik tentang sejumlah masalah penting. Berikut adalah beberapa saran singkat tentang bagaimana Anda dapat membuat pilihan terbaik untuk masalah kritis ini.

1. Temukan ide bisnis yang luar biasa

8 langkah penting memulai bisnis

Ide bisnis yang bagus akan membuat perbedaan dalam kesuksesan bisnis Anda. Namun banyak pengusaha memilih ide bisnis yang berakhir dengan bisnis yang buruk atau bisnis yang tidak cocok untuk mereka. Seringkali, mereka bahkan tidak benar-benar memilih ide bisnis.

Bacaan Lainnya

Mereka agak perlahan bergerak ke arah itu tanpa berpikir keras tentang hal itu dan tanpa serius mempertimbangkan alternatif. Mungkin mereka melihat bahwa bisnis tertentu memiliki banyak pelanggan. Mungkin mereka mendengar bahwa seorang teman dari seorang teman menghasilkan banyak uang dalam sebuah bisnis.

Sebaliknya, Anda harus memilih ide bisnis dengan hati-hati. Pertama, Anda harus menyusun daftar besar ide bisnis yang menarik bagi Anda. Jika Anda tidak memulai dengan daftar besar ide bisnis untuk dipertimbangkan, Anda tidak akan berakhir dengan ide bisnis yang luar biasa.

Apakah ada banyak ide bisnis bagus yang mungkin cocok untuk Anda? Sangat! Dan banyak ide membutuhkan sedikit pengalaman atau uang. Saya memulai lebih dari 12 bisnis yang sukses dan kebanyakan dari mereka saya mulai dengan di bawah $2.000, biasanya di bidang yang tidak saya ketahui sama sekali. Salah satu bisnis ini kemudian saya jual seharga $40 juta.

Selanjutnya, Anda ingin hati-hati mengevaluasi ide bisnis favorit Anda dan memutuskan mana yang terbaik untuk Anda. Anda ingin hati-hati mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensi keuntungan bisnis, risiko yang melekat pada bisnis dan kesesuaian bisnis untuk Anda.

Menemukan ide bisnis yang luar biasa akan menjadi elemen kunci untuk membuat bisnis Anda sukses besar, jadi berikan waktu dan upaya yang layak untuk proses ini.

Baca juga: Panduan Utama Menyiapkan Toko Instagram Menuju Sukses Besar

2. Mengembangkan keunggulan kompetitif

Sayangnya, banyak pengusaha gagal untuk benar-benar membuat bisnis mereka berbeda dari pesaing mereka. Mereka mungkin bertahan, tetapi seringkali mereka akhirnya bersaing dalam harga, berjuang untuk menemukan pelanggan, dan menderita margin keuntungan yang rendah.

Tidak harus seperti itu! Sedikit usaha membangun keunggulan kompetitif ke dalam bisnis Anda akan sangat membantu untuk membuatnya sukses.

Terlalu banyak pengusaha yang mencoba bersaing secara langsung dengan menjadi “lebih baik” daripada pesaing mereka. Atau mereka hanya berpikir bahwa mereka akan berhasil dengan bekerja lebih keras dan lebih lama. Itu mungkin berhasil di sekolah atau di olahraga, tetapi tidak dalam bisnis. Dalam bisnis, Anda ingin tampil beda dan menghindari bersaing secara langsung dengan pemain lain.

Keunggulan bersaing memiliki tiga komponen utama. Pertama, Anda ingin memilih target pasar yang bagus yang tidak dilayani dengan baik oleh pemain yang ada. Misalnya, jika semua restoran yang ada di kota menyajikan makan malam dan makan siang, maka mungkin Anda ingin menyajikan sarapan.

Kemudian Anda ingin “membedakan.” Alih-alih membuka toko sepeda untuk pasar massal, mungkin Anda malah membuka toko sepeda yang benar-benar fokus pada sepeda kelas atas untuk peminat serius.

Terakhir, Anda perlu mengomunikasikan keunggulan kompetitif Anda dengan jelas dan cepat kepada audiens Anda. Ini dimulai dengan mengembangkan “Proposisi Penjualan Unik.” Beberapa kata kunci yang menyampaikan proposisi nilai inti dengan cara yang mudah diingat. USP yang paling terkenal mungkin adalah Federal Express ‘”Benar-benar, positif dalam semalam.”

Apapun ukuran atau jenis bisnis yang Anda mulai, menciptakan keunggulan kompetitif Anda sangat penting.

3. Hati-hati buat rencana bisnis Anda

Rencana bisnis akan membantu Anda membangun bisnis yang lebih baik. Bahkan bisnis paruh waktu kecil pun harus memiliki rencana bisnis. Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis yang baik, kemungkinan besar Anda akan menjalankan bisnis Anda secara serampangan dan tidak terorganisir.

Sebuah rencana bisnis yang baik dengan hati-hati mengevaluasi semua faktor kunci dalam situasi Anda termasuk pasar, pelanggan potensial, persaingan dan kekuatan dan kelemahan Anda. Proses ini kemudian mengarah pada strategi optimal untuk bisnis Anda, bersama dengan rencana operasi yang kohesif.

Rencana bisnis yang baik harus menjadi peta jalan utama bisnis Anda.

Jika Anda memulai bisnis satu orang yang sederhana atau untuk tahap pertama merencanakan bisnis yang lebih besar, hanya satu halaman rencana bisnis yang Anda butuhkan.

4. Kembangkan pemasaran yang menarik

Rahasia besar tentang pemasaran adalah sulit tidak hanya untuk bisnis baru, tetapi juga untuk bisnis yang sudah ada. Jika Anda mencoba berpura-pura pemasaran tidak sulit dan Anda memutuskan untuk mencurahkan semua sumber daya Anda ke satu arah pemasaran yang belum terbukti, Anda bisa mendapat masalah dengan sangat cepat.

Jadi, apa solusinya? Anda ingin mencoba banyak jenis pemasaran yang sangat berbeda. Dan Anda ingin menghabiskan uang sesedikit mungkin untuk satu kampanye pemasaran sampai terbukti berhasil.

Untungnya, ada banyak pemasaran yang dapat Anda lakukan secara gratis.

Anda dapat membuat situs web yang sederhana namun efektif secara gratis. Kemudian Anda dapat mengoptimalkannya untuk memastikan Anda muncul di hasil pencarian Google.

Ada semua jenis “pemasaran gerilya” menarik yang dapat Anda lakukan hampir tanpa biaya. Contohnya termasuk poster, kupon diskon dan jaringan. Mereka bekerja – saya telah menggunakan semuanya.

Anda juga dapat membuat iklan sendiri untuk mesin pencari atau bahkan iklan di media sosial seperti Facebook. Jika Anda dapat menulis satu kalimat, Anda dapat membuat iklan mesin pencari. Jika Anda dapat mengunggah gambar ke internet, Anda dapat membuat iklan Facebook. Keindahan tentang iklan online adalah Anda dapat mengujinya dengan sedikit uang. Jadi, uji semuanya – salinan iklan, penawaran, dan audiens – sebelum Anda menghabiskan banyak uang.

Pemasaran terlalu penting, terlalu rewel dan terlalu berbeda bagi setiap bisnis untuk hanya menyewa seorang ahli dari luar. Sebagai pendiri bisnis, Anda perlu mengembangkan setidaknya pemahaman dasar tentang pemasaran. Kemudian lakukan semuanya sendiri atau pekerjakan ahli dalam keahlian tertentu, seperti optimasi mesin pencari.

Baca juga: Cara mendapatkan 10k followers instagram gratis tanpa trik

5. Buat laporan keuangan dan proyeksi

Apakah Anda perlu mempekerjakan seseorang untuk melakukan akuntansi Anda? Tidak, Anda hampir pasti bisa melakukannya sendiri. Kuncinya adalah terorganisir. Anda perlu mencatat setiap pembelian dan setiap penjualan.

Anda juga perlu membuat laporan dan proyeksi keuangan. Tapi itu mudah dipelajari. Laporan keuangan yang paling mendasar adalah laporan laba rugi. Ini memberikan ringkasan pendapatan Anda, pengeluaran Anda dan keuntungan Anda yang dihasilkan selama periode waktu tertentu. Anda juga harus membuat neraca dan membuat proyeksi keuangan masa depan.

6. Membiayai bisnis Anda

Ada banyak cara untuk membiayai bisnis kecil, bahkan startup. Tetapi terutama dengan startup, Anda tidak akan mendapatkan uang dari bank tradisional. Anda perlu mempertimbangkan alternatif.

Anda juga harus sepenuhnya siap sebelum mendekati sumber pembiayaan potensial, termasuk mampu menjelaskan berapa banyak uang yang Anda butuhkan, bagaimana Anda akan membayar uang kembali, dan mengapa bisnis Anda akan berhasil. Latar belakang Anda dan bagaimana Anda menampilkan diri Anda juga akan membuat perbedaan besar.

7. Temukan nama yang bagus

Itu membuatku gila melihat bisnis demi bisnis dengan nama yang buruk! Seperti hal lainnya, jika Anda memikirkannya dengan serius dan mendapatkan saran ahli, Anda bisa mendapatkan nama yang bagus.

Banyak orang membuat kesalahan dengan menamai bisnis dengan nama mereka sendiri. Misalnya, “Pelukis Bob”. Itu tidak terdengar sangat profesional dan dapat menyebabkan orang menghindari bisnis Anda.

Nama lain mungkin tidak membuat orang menghindari bisnis Anda, tetapi mungkin juga tidak membantu menarik mereka. Misalnya, “Pembersih Rumah Belmont.”

Tetapi nama yang bagus akan membantu menarik orang ke bisnis Anda dan berfungsi sebagai iklan bawaan untuk tahun-tahun mendatang. Misalnya, saya suka nama yang dipilih oleh toko rajut di dekat saya: Knittin Kitten. Nama ini segera memberi tahu Anda apa yang dilakukan bisnis tersebut. Itu membuatnya terdengar seperti menyenangkan. Dan mudah diingat.

8. Pilih untuk belajar

Semakin banyak Anda belajar tentang memulai dan menjalankan bisnis, semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil. Dan sukses besar.

Saya dapat memberitahu Anda bahwa kerja keras dan ketekunan dapat membantu. Tapi mereka tidak cukup. Anda harus membuat pilihan yang bagus pada keputusan kunci di sepanjang jalan. Belajar dapat membuat semua perbedaan dalam membuat pilihan-pilihan itu.

Baca juga: 10 Tips Bisnis bagi pengusaha baru 2021 di Era Digital

Pos terkait