Chili, #33 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Chili adalah sebuah negara yang terletak di Amerika. Chili memiliki ekonomi berorientasi pasar yang ditandai dengan tingkat perdagangan luar negeri yang tinggi dan reputasi lembaga keuangan yang kuat serta kebijakan yang baik yang memberinya peringkat obligasi negara terkuat di Amerika Selatan.

Ekspor barang dan jasa menyumbang sekitar sepertiga dari PDB, dengan komoditas membentuk sekitar 60% dari total ekspor. Tembaga adalah ekspor utama Chili dan memberikan 20% dari pendapatan pemerintah.

Dari tahun 2003 hingga 2013, pertumbuhan riil rata-rata hampir 5% per tahun, meskipun ada sedikit kontraksi pada tahun 2009 yang diakibatkan oleh krisis keuangan global. Pertumbuhan melambat ke perkiraan 1,4% pada tahun 2017.

Penurunan harga tembaga yang berkelanjutan mendorong Chili untuk mengalami tahun ketiga berturut-turut dari pertumbuhan yang lambat. Chili memperdalam komitmen jangka panjangnya untuk liberalisasi perdagangan dengan penandatanganan perjanjian perdagangan bebas dengan AS, efektif 1 Januari 2004.

Chili memiliki 26 perjanjian perdagangan yang mencakup 60 negara termasuk perjanjian dengan UE, Mercosur, Cina, India, Korea Selatan, dan Meksiko. Pada Mei 2010, Chili menandatangani Konvensi OECD, menjadi negara Amerika Selatan pertama yang bergabung dengan OECD.

Pada Oktober 2015, Chili menandatangani perjanjian perdagangan Trans-Pacific Partnership, yang difinalisasi sebagai Kemitraan Trans-Pasifik Komprehensif dan Progresif (CPTPP) dan ditandatangani pada upacara di Chili pada bulan Maret 2018.

Pemerintah Chili secara umum mengikuti kebijakan fiskal countercyclical, di mana ia mengakumulasi surplus dalam dana kekayaan negara selama periode-periode tinggi. Harga tembaga dan pertumbuhan ekonomi, dan umumnya memungkinkan pengeluaran defisit hanya selama periode harga tembaga rendah dan pertumbuhan.

Pada 31 Oktober 2016, dana kekayaan negara itu kebanyakan disimpan di luar negeri dan terpisah dari cadangan Bank Sentral berjumlah lebih dari $ 23,5 miliar.

Chile menggunakan dana ini untuk membiayai paket stimulus fiskal selama krisis ekonomi 2009. Pada 2014, Presiden Michelle BACHELET saat itu memperkenalkan reformasi pajak yang bertujuan untuk memberikan janji kampanyenya untuk memerangi ketidaksetaraan dan untuk menyediakan akses ke pendidikan dan perawatan kesehatan.

Reformasi diharapkan menghasilkan pendapatan pajak tambahan sebesar 3% dari PDB Chili, sebagian besar dengan meningkatkan tarif pajak perusahaan ke rata-rata OECD.


Chili

Chili

GDP $ 277 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,5%
PDB per Kapita: $ 15.300
Neraca Perdagangan / PDB: -1,5%
Populasi: 17,9 juta
Hutang / PDB Publik: 24%
Pengangguran: 6,7%
Inflasi: 2,2%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 6
Kebebasan Moneter: 48
Hak Properti: 29
Inovasi: 53
Teknologi: 49
Pita Merah: 65
Investor Protection: 63
Korupsi: 26
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 65

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Chili