Polandia, #34 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Polandia adalah negara berbentuk republik yang terletak di Eropa Tengah. Negara ini memiliki ekonomi terbesar keenam di UE dan telah lama memiliki reputasi sebagai negara yang ramah bisnis dengan kebijakan makro ekonomi yang sehat.

Sejak 1990, Polandia telah mengupayakan kebijakan liberalisasi ekonomi. Selama perlambatan ekonomi 2008-2009, negeri ini adalah satu-satunya negara Uni Eropa yang menghindari resesi, sebagian karena kebijakan fiskal pemerintah yang longgar dikombinasikan dengan komitmen untuk mengendalikan pengeluaran dalam jangka menengah.

Polandia adalah penerima terbesar dana pembangunan Uni Eropa dan alokasi siklus mereka dapat secara signifikan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi.

Ekonomi Polandia berkinerja baik selama periode 2014-17, dengan tingkat pertumbuhan PDB riil umumnya melebihi 3%, sebagian karena peningkatan pengeluaran sosial pemerintah yang telah membantu mempercepat pertumbuhan yang didorong oleh konsumen.

Namun, sejak 2015, Polandia telah menerapkan pembatasan bisnis baru dan pajak pada sektor ekonomi yang didominasi asing, termasuk perbankan dan asuransi, energi, dan layanan kesehatan, yang telah mengurangi sentimen investor dan telah meningkatkan kepemilikan pemerintah atas beberapa perusahaan.

Pemerintah mengurangi usia pensiun pada tahun 2016 dan telah sukses campuran dalam memperkenalkan pajak baru dan meningkatkan kepatuhan pajak untuk mengimbangi peningkatan biaya program pengeluaran sosial dan mengurangi tekanan ke atas pada defisit anggaran.

Beberapa lembaga pemeringkat kredit memperkirakan bahwa Polandia selama beberapa tahun ke depan beresiko melebihi batas 3% dari PDB Uni Eropa pada defisit anggaran, mungkin berdampak pada aksesnya ke dana Uni Eropa di masa depan.

Ekonomi Polandia diproyeksikan berkinerja baik dalam beberapa tahun mendatang sebagian karena peningkatan siklus yang diantisipasi dalam penggunaan dana pembangunan Uni Eropa dan pengeluaran rumah tangga yang kuat dan berkelanjutan.

Polandia menghadapi beberapa tantangan sistemik, yang mencakup mengatasi beberapa kekurangan yang tersisa dalam infrastruktur jalan dan kereta api, lingkungan bisnis, kode tenaga kerja yang kaku, sistem pengadilan komersial, birokrasi pemerintah, dan sistem pajak yang memberatkan, terutama bagi para pengusaha.

Tantangan jangka panjang tambahan termasuk diversifikasi bauran energi Polandia, penguatan investasi dalam inovasi, penelitian, dan pengembangan.


Polandia

Polandia

GDP $ 525 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4,7%
PDB per Kapita: $ 13.800
Neraca Perdagangan / PDB: 0,3%
Populasi: 38,4 juta
Hutang / PDB Publik: 51%
Pengangguran: 4,9%
Inflasi: 2%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 25
Hak Properti: 47
Inovasi: 38
Teknologi: 68
Pita Merah: 106
Investor Protection: 56
Korupsi: 35
Kebebasan pribadi: 34
Beban pajak: 62

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Polandia