Latvia, #36 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Latvia menempati urutan ke-36 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Latvia adalah ekonomi kecil dan terbuka dengan ekspor menyumbang lebih dari setengah PDB.

Karena lokasinya yang geografis, layanan transit sangat berkembang, bersama dengan kayu dan pengolahan kayu, produk pertanian dan makanan, dan pembuatan mesin dan industri elektronik.

Korupsi terus menjadi penghambat untuk menarik investasi asing langsung dan tingkat kelahiran Latvia yang rendah dan populasi yang menurun adalah tantangan utama bagi vitalitas ekonomi jangka panjangnya.

Ekonomi Latvia mengalami pertumbuhan PDB lebih dari 10% per tahun selama 2006-07, tetapi memasuki resesi yang parah pada 2008 sebagai akibat dari defisit neraca berjalan yang tidak berkelanjutan dan paparan utang yang besar di tengah melambatnya ekonomi dunia.

Dipicu oleh runtuhnya bank terbesar kedua, PDB anjlok lebih dari 14% pada tahun 2009 dan, meskipun pertumbuhan yang kuat sejak 2011, ekonomi mengambil sampai 2017 kembali ke tingkat sebelum krisis secara riil.

Investasi dan konsumsi yang kuat, yang terakhir didorong oleh kenaikan upah, membantu perekonomian tumbuh lebih dari 4% pada 2017, sementara inflasi naik menjadi 3%.

Peningkatan daya saing dan investasi yang berkelanjutan akan menjadi kunci untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi, terutama mengingat tren demografis yang tidak menguntungkan, termasuk emigrasi pekerja terampil, dan salah satu tingkat ketimpangan pendapatan tertinggi di UE.

Setelah krisis 2008-2009, IMF, UE, dan donor internasional lainnya memberikan bantuan keuangan yang besar kepada Latvia sebagai bagian dari perjanjian untuk mempertahankan patokan mata uang terhadap euro sebagai imbalan atas komitmen pemerintah untuk langkah-langkah penghematan yang ketat.

Program IMF / UE berhasil berakhir pada Desember 2011, meskipun, langkah-langkah penghematan memberlakukan biaya sosial yang besar.

Mayoritas perusahaan, bank, dan real estat telah diprivatisasi, meskipun negara masih memegang saham yang cukup besar di beberapa perusahaan besar, termasuk 80% kepemilikan maskapai penerbangan nasional Latvia.

Latvia secara resmi bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia pada Februari 1999 dan Uni Eropa pada Mei 2004. Latvia juga bergabung dengan zona euro pada 2014 dan OECD pada 2016.


Latvia negara terbaik untuk bisnis

Latvia

GDP $ 30 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4,5%
PDB per Kapita: $ 15.600
Neraca Perdagangan / PDB: -0,8%
Populasi: 1,9 juta
Hutang / PDB Publik: 36%
Pengangguran: 8,7%
Inflasi: 2,9%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 10
Hak Properti: 56
Inovasi: 52
Teknologi: 11
Pita Merah: 23
Investor Protection: 50
Korupsi: 39
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 13

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Latvia