Slowakia, #38 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Slowakia atau Slovakia menempati urutan ke-38 sebagai negara terbaik untuk bisnis. Ekonomi Slowakia menderita dari awal yang lambat pada tahun-tahun pertama setelah pemisahannya dari Republik Ceko pada tahun 1993, karena kepemimpinan otoriter negara itu dan tingkat korupsi yang tinggi, tetapi reformasi ekonomi yang dilaksanakan setelah 1998 telah menempatkan Slowakia di jalur pertumbuhan yang kuat.

Dengan populasi 5,4 juta, Republik Slowakia memiliki ekonomi terbuka kecil yang digerakkan terutama oleh ekspor mobil dan elektronik, yang menyumbang lebih dari 80% dari PDB.

Bacaan Lainnya

Slowakia bergabung dengan UE pada 2004 dan zona euro pada 2009. Sektor perbankan negara itu sehat dan sebagian besar dimiliki asing. Slowakia telah menjadi juara FDI regional selama beberapa tahun, menarik karena tenaga kerja yang relatif murah namun terampil, dan lokasi geografis yang menguntungkan di jantung Eropa Tengah.

Ekspor dan investasi telah menjadi pendorong utama pertumbuhan kuat Slowakia dalam beberapa tahun terakhir. Tingkat pengangguran jatuh ke posisi terendah historis pada tahun 2017, dan kenaikan upah memicu peningkatan konsumsi, yang memainkan peran yang lebih menonjol dalam pertumbuhan PDB 2017.

Prospek yang menguntungkan untuk zona euro menunjukkan prospek pertumbuhan yang kuat untuk Slowakia selama beberapa tahun ke depan, meskipun inflasi juga diperkirakan akan meningkat.

Di antara masalah-masalah domestik yang paling mendesak yang berpotensi mengancam daya tarik pasar Slowakia adalah kekurangan tenaga kerja yang berkualitas, masalah korupsi yang terus-menerus, dan peradilan yang tidak memadai, serta transisi yang lambat ke ekonomi berbasis inovasi.

Sektor energi khususnya dicirikan oleh pengawasan regulasi yang tidak terduga dan biaya tinggi, sebagian didorong oleh campur tangan pemerintah dalam tarif yang diatur.

Selain itu, upaya pemerintah untuk mempertahankan harga energi rumah tangga yang rendah dapat membahayakan profitabilitas perusahaan energi dalam negeri sambil mengurangi inisiatif efisiensi energi.

Sektor energi khususnya dicirikan oleh pengawasan regulasi yang tidak terduga dan biaya tinggi, sebagian didorong oleh campur tangan pemerintah dalam tarif yang diatur.


Slowakia

Slowakia

GDP $ 96 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 3,4%
PDB per Kapita: $ 17.600
Neraca Perdagangan / PDB: -2,1%
Populasi: 5.4 juta
Hutang / PDB Publik: 51%
Pengangguran: 8,1%
Inflasi: 1,3%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 62
Hak Properti: 39
Inovasi: 43
Teknologi: 35
Pita Merah: 112
Investor Protection: 93
Korupsi: 49
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 45

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Slowakia


Pos terkait