Hongaria, #40 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Hongaria menempati urutan ke-39 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Hongaria telah beralih dari ekonomi terpusat yang direncanakan ke ekonomi yang digerakkan pasar dengan pendapatan per kapita sekitar dua pertiga dari rata-rata UE-28.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah menjadi lebih terlibat dalam mengelola ekonomi. Budapest telah menerapkan kebijakan ekonomi yang tidak lazim untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga dan mengandalkan proyek-proyek pembangunan yang didanai UE untuk menghasilkan pertumbuhan.

Bacaan Lainnya

Menyusul jatuhnya komunisme pada tahun 1990, Hongaria mengalami penurunan dalam ekspor dan bantuan keuangan dari bekas Uni Soviet.

Hongaria memulai serangkaian reformasi ekonomi, termasuk privatisasi perusahaan milik negara dan pengurangan program pengeluaran sosial, untuk bergeser dari yang direncanakan secara terpusat ke ekonomi yang digerakkan oleh pasar, dan untuk mengubah arah ekonominya ke arah perdagangan dengan Barat.

Upaya ini membantu memacu pertumbuhan, menarik investasi, dan mengurangi beban utang Hongaria dan defisit fiskal. Terlepas dari reformasi ini, kondisi kehidupan rata-rata orang Hongaria pada awalnya memburuk karena inflasi meningkat dan pengangguran mencapai dua digit.

Kondisi perlahan membaik selama 1990-an ketika reformasi membuahkan hasil dan pertumbuhan ekspor meningkat. Kebijakan ekonomi yang dilembagakan selama dekade itu membantu posisi Hongaria untuk bergabung dengan Uni Eropa pada 2004. Hongaria belum bergabung dengan zona euro.

Hongaria mengalami kontraksi ekonomi bersejarah sebagai akibat dari perlambatan ekonomi global pada 2008-09 ketika permintaan ekspor dan konsumsi domestik turun, mendorongnya untuk mengambil paket bantuan keuangan IMF-UE.

Sejak 2010, pemerintah telah mendukung banyak reformasi ekonomi dan mengambil pendekatan yang lebih populis terhadap manajemen ekonomi. Pemerintah telah mendukung industri nasional dan bisnis yang terkait dengan pemerintah melalui undang-undang, peraturan, dan pengadaan publik.

Pada tahun 2011 dan 2014, Hongaria menasionalisasi dana pensiun swasta, yang menekan penyedia layanan keuangan keluar dari sistem, tetapi juga membantu Hongaria mengekang utang publiknya dan menurunkan defisit anggarannya hingga di bawah 3% dari PDB, karena kontribusi pensiun berikutnya telah disalurkan ke dalam dana pensiun yang dikelola negara.

Hutang publik Hongaria (pada 74. 5% dari PDB) masih tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan UE di Eropa Tengah. Pertumbuhan PDB riil telah kuat dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya pendanaan UE, permintaan UE yang lebih tinggi untuk ekspor Hongaria, dan peningkatan konsumsi rumah tangga domestik.

Untuk lebih meningkatkan konsumsi rumah tangga menjelang pemilu 2018, pemerintah memulai kenaikan bertahap enam tahun ke upah minimum dan gaji sektor publik, mengurangi pajak bahan makanan dan jasa, memotong pajak penghasilan pribadi dari 16% menjadi 15%, dan menerapkan pajak bisnis 9% yang seragam untuk perusahaan kecil dan menengah dan perusahaan besar.

Pertumbuhan PDB riil melambat pada tahun 2016 karena penurunan siklus dalam pendanaan UE, tetapi meningkat menjadi 3,8% pada tahun 2017 karena pemerintah mendanai proyek-proyek yang didanai oleh UE sebelum pemilihan tahun 2018. Tantangan ekonomi sistemik termasuk korupsi yang meluas.

Hongaria Negara Terbaik Untuk Bisnis

Hongaria

GDP $ 139 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4%
PDB per Kapita: $ 14.200
Neraca Perdagangan / PDB: 3,2%
Populasi: 9,8 juta
Hutang / PDB Publik: 74%
Pengangguran: 4,2%
Inflasi: 2,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 21
Kebebasan Moneter: 1
Hak Properti: 46
Inovasi: 39
Teknologi: 51
Pita Merah: 74
Investor Protection: 102
Korupsi: 59
Kebebasan pribadi: 56
Beban pajak: 75

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Hongaria


Pos terkait