Bulgaria negara di timur Semenanjung Balkan

Bulgaria – Jalan raya E-S, jalan modern dari Beograd, Yugoslavia, ke Istambul, Turki, dibangun di atas jalan Romawi lama ke Timur Dekat. Jalan yang melintas ke tenggara melewati pedesaan ini, dan yang pada mulanya dilapis dengan potongan-potongan batu dengan lebar empat atau lima langkah dahulu memisahkan dua propinsi Romawi.

Kini kedua propinsi ini dipersatukan menjadi Republik Rakyat Bulgaria, negeri dengan penduduk hampir 9.000.000 jiwa di bagian timur Semenanjung Balkan di Laut Hitam.

Jalan Romawi itu menyambung kekaisaran Romawi Barat dan Timur. Kemudian jalan itu menjadi lorong bagi bangsa-bangsa yang menyerbu bagian timur kekaisaran dan, sesudah itu menjadi jalan yang ditempuh oleh kelompok Perang Salib ke Tanah Suci.

Setelah kelompok Perang Salib, prajurit Bulgaria dan tentara Kekaisaran Bizantium (pengganti Kekaisaran Romawi Timur) menggunakan lorong itu untuk mencapai padang tempat mereka bertemu dalam rentetan pertempuran berdarah.

Selama hampir 500 tahun pendudukan Bulgaria oleh Kekaisaran (Turki) Usmani, Turki menggunakan jalan itu guna mempertahankan tangan besinya.

Sepanjang jalan raya E-5, seperti tempat lain di Bulgaria, terdapat bukti adanya bekas tempat tinggal penduduk dan musafir dari zaman terdahulu. Makam kuno, tugu batu Romawi, reruntuhan Spa Romawi, biara Bizantium, dan masjid Turki berserakan di pedusunan.

Namun, para musafir dan penyerbu meninggalkan sesuatu yang lebih mengesankan daripada sekedar sisa arkeologis dan monumen bersejarah. Mereka meninggalkan rakyat yang terbiasa dengan kekerasan, ketidakteraturan, dan penderitaan. Mereka juga meninggalkan segudang legenda dan takhayul.

Dewasa ini orang masih dapat melihat kalung manik biru dengan pola kuncup mawar tergelantung dari kap sebuah taksi. Kalung, yang digunakan dengan harapan untuk menangkis roh jahat itu, dahulu dipakai menghiasi leher kuda.

Di desa, orang Bulgaria masih merayakan Hari Santo George, hari raya para penggembala. Seekor anak domba disembelih dan anggur ditumpahkan untuk membawa kesehatan. Bila daging anak domba telah dimakan, tulang-tulangnya lalu dikumpulkan. Setengah dikubur dalam sarang semut sehingga domba itu akan berkembang biak seperti semut; sisanya dibuang ke dalam sungai sehingga susu akan mengalir seperti air.

Peta Bulgaria

Kunjungi di google map

Sejarah Bulgaria

Sejarah Bulgaria yang menyedihkan dan tragis mulai pada abad ke-7 ketika kaum Bulgar, kelompok perang berkuda yang buas, bergerak keluar dari Asia Tengah. Mereka merebut lahan dekat Sungai Donou dan beberapa menyebar ke selatan menaklukkan bangsa Slavia. Mereka mengambil adat istiadat dan bahasa Slavia dan lambat laun berbaur.

Kerajaan Bulgaria Pertama, yang didirikan pada tahun 679, berlangsung hingga tahun 1018. Selama masa itu agama Kristen diperkenalkan. Pada abad ke-9 pengikut-pengikut dari dua penyebar agama Kristen, kakakberadik Cyril dan Methodius, yang dikenal sebagai rasul orang Slavia, datang ke negeri ini.

Mereka membawa serta abjad, bahasa tulisan, dan kesusastraan. Abjad ini, disebut Cyrillic, digunakan dalam bahasa Rusia, Serbia, Masedonia, dan Bulgaria, dan hingga hari ini abjad itu memberikan ikatan budaya yang kuat antara rakyat negeri ini dan rakyat Uni Soviet.

Kebudayaan berkembang selama Kerajaan Pertama, tetapi perang dengan Bizantium berlangsung terus dan pada tahun 1018 Bulgaria dikalahkan dan menjadi bagian Kekaisaran Bizantium.

Pada tahun 1186 kakak-adik John dan Peter Asen memimpin serangan terhadap Bizantium dan mulailah Bulgaria kembali ke jalan menuju kemerdekaan dan kekuasaan dengan berdirinya Kerajaan Bulgaria Kedua. Selama hampir sepanjang Abad Pertengahan tzar negeri ini memerintah sebagian besar semenanjung Balkan. Namun, pada tahun 1395 negeri ini digilas oleh Turki, yang memerintah negeri itu selama hampir 500 tahun.

Selama lima abad pemerintahan lalim yang mengerikan itu, banyak kota dan desa Bulgaria dihancurkan. Rakyat dibebani pajak begitu berat sehingga mereka tidak cukup makan.

Bangsa Bulgaria masih mempunyai kebencian mendalam kepada bangsa Turki dan rasa sayang kepada bangsa Rusia, yang mengusir Turki dalam suatu perang pada tahun 1877. Meskipun demikian, tahun-tahun dominasi Turki itu meninggalkan jejak dalam makanan, nama, kebiasaan, pakaian, seni, dan arsitektur.

Bulgaria modern mulai pada tahun 1878 melalui Perjanjian San Stefano dan Kongres Berlin, yang mengakhiri Perang Rusia-Turki. Rusia menetapkan perbatasan negara ini kembali seperti perbatasannya di abad pertengahan. Akan tetapi, karena kekuasaan Eropa lain berkeberatan, maka hanya bagian utara negeri itu yang merdeka. Pada tahun 1885 bagian selatan memisahkan diri dari Turki dan negeri itu akhirnya kembali bersatu.

Perang pun berlanjut. Dalam dua kali perang Balkan yang berdarah pada tahun 1912-1913 Bulgaria mula-mula memperoleh, tetapi akhirnya kembali kehilangan-wilayah yang luas. Dalam Perang Dunia I negara ini bergabung dengan Jerman dan Austria-Hongaria melawan sekutu. Lagi-lagi negara ini kehilangan wilayah. Tiga perang dalam 6 tahun menjadikan Bulgaria kalah, menderita, dan miskin.

Pada tahun 1941 Bulgaria bergabung dengan Italia dan Jerman serta memaklumkan perang kepada Inggris Raya dan Amerika Serikat. Mereka tidak memaklumkan perang kepada Uni Soviet. Raja berhasil mencegah negerinya untuk aktif mengambil bagian dalam perang dan Bulgaria adalah satu-satunya negara As yang berhasil menyelamatkan penduduk Yahudinya.

Pada 5 September 1944, beberapa hari setelah Bulgaria memulai perundingan perdamaian dengan Inggris Raya dan Amerika Serikat, Uni Soviet memaklumkan perang pada Bulgaria dan menduduki negeri itu. Gencatan senjata ditandatangani di Moskow.

Sebuah pemerintah yang bersahabat dengan Uni Soviet didirikan. Segenap oposisi ditindas secara kejam. Ratusan pegawai tinggi pemerintah, kaum intelektual, dan lawan komunisme dibunuh atau dipenjarakan. Raja muda, Simeon II, dibuang. Georgi Dimitrov, pengagum Joseph Stalin didikan Moskow, menjadi perdana menteri komunis pertama di Bulgaria.

Pemerintahan Bulgaria

Suatu konstitusi yang mengikuti model konstitusi Soviet diterima dan Republik Rakyat Bulgaria diproklamasikan secara resmi oleh Majelis Nasional pada 15 September 1946. Jabatan puncak pemerintahan dipegang oleh para anggota Partai Komunis. Hanya satu daftar calon, Front Tanah Air Komunis, dimajukan pada pemilihan.

Di dalam negeri yang miskin, tertekan, dan tidak pernah mempunyai kelas menengah atau tradisi demokratis sejati ini, dibenarkan adanya oposisi kecil terhadap komunisme. Bulgaria meneruskan kesetiaannya pada Uni Soviet, seperti dahulu negeri itu bersikap setia pada tzar Rusia.

Penduduk Bulgaria

Pendidikan

Ketika Turki diusir keluar oleh Rusia, lebih dari 90% rakyat di atas umur sekolah tidak dapat membaca dan menulis. Kini hampir semua penduduk melek huruf. Sekolah diwajibkan bagi semua anak antara umur 7 dan 16 tahun.

Segera setelah anak mulai masuk sekolah, ia disiapkan oleh gurunya untuk berperan sebagai pekerja dalam masyarakat komunis. Semua siswa harus menyisihkan sebagian waktunya untuk bekerja di pertanian atau industri. Bahasa Rusia adalah mata pelajaran wajib.

Pengawasan ketat dilakukan sepanjang hari sekolah dan pada semua kegiatan ekstrakurikuler. Siswa tinggal dalam zanimalna, sejenis ruang belajar yang diperpanjang, sampai orang tua mereka selesai bekerja.

Di sana anak-anak lelaki dan perempuan membuat pekerjaan rumahnya, memperoleh bantuan khusus, dan ikut serta dalam olahraga. Ada juga internat, yaitu sekolah berasrama bagi anak yang orang tuanya tidak dapat merawatnya.

Satu-satunya organisasi tempat anak diizinkan melakukan kegiatan ekstrakurikuler adalah Pionir (Pramuka). Pemimpin Pionir dilatih dan dibayar oleh negara. Pada tingkat kelas delapan, tugas Pionir diambil alih oleh Komsomol-Liga Komunis Muda.

Agama

Di bawah kaum komunis, gereja tidak boleh mengadakan pendidikan, gerakan pemuda, atau pelayanan sosial. Mereka tidak memiliki harta benda, sedangkan pengangkatan semua pendeta dan pejabat gereja harus disetujui oleh pemerintah.

Meskipun praktik keagamaan dihalangi oleh pemerintah, sebagian besar orang tetap menganut agama Ortodoks Timur mereka. Bangsa Turki di Bulgaria, yang berjumlah lebih-kurang 9% dari seluruh penduduk, adalah Muslim. Ada juga minoritas Yahudi, Katolik Roma, dan Protestan.

Kesenian

Karena kesulitan dalam bahasa, hanya sedikit penulis besar Bulgaria dikenal di negara lain di dunia. Sebuah novel oleh Ivan Vazov, Under the Yoke (Mengaku Kalah) (1894), memberikan gambaran yang demikian menarik, tentang kehidupan Bulgaria di bawah Turki sehingga buku itu diterjemahkan dan dibaca secara luas di seluruh dunia.

Ikon melukiskan Ivan Rilsky
Ikon melukiskan Ivan Rilsky, pendiri Biara Rila abad ke-18 di Bulgaria Barat. Sekarang biara tersebut digunakan untuk museum.

Bangsa Bulgaria bangga sekali terhadap operanya. Mereka mempunyai banyak sekali penyanyi yang andal, khususnya basso. Bintang opera mengadakan perjalanan dengan bebas dan seringkali tampil di negara-negara Barat.

Di negara, yang penduduknya lebih-kurang sama dengan penduduk kota New York itu, ada lima buah gedung opera, dua teater musik resmi untuk opera ringan, dan 12 orkes simfoni.

Kesenian masa kini di Bulgaria belum mampu menandingi kebesaran seni ikon kuno negeri itu. Ikon, patung keagamaan kecil yang dilukis di atas kayu, diperkenalkan di Bulgaria bersamaan dengan diterimanya agama Kristen.

Seniman ikon melalui karyanya mencerminkan imajinasi yang besar dan kecintaan pada warna warna cemerlang, yang juga dapat dilihat pada sulaman, tenunan, dan pahatan kayu indah yang dikerjakan oleh para petani.

Geografi Bulgaria

Sepanjang sejarah berdarah Bulgaria, petani terus mengerjakan tanah pertaniannya yang kecil dan menggiring lembunya melintasi ladangnya. (Lembu jantan, menurut legenda Bulgaria, dapat berlari secepat kuda yang tercepat, tetapi mereka memilih tidak bergerak cepat karena takut akan merusak tanah yang mereka cintai).

Petani dalam pekerjaannya dibantu oleh istri dan anaknya. Istrinya meninggalkan ladang hanya kalau ia akan melahirkan. Ia biasanya kembali ke ladang pada hari berikutnya.

Kini, petani Bulgaria bekerja di salah satu dari 900 lahan kolektif. Ia menerima upah dari negara dan akan menerima pensiun ketika berumur 60 tahun. Ia juga boleh memiliki sepetak lahan kecil dan beberapa ekor ternak untuk keperluan sendiri.

Jika ia dapat menghasilkan lebih banyak dari yang diperlukannya, ia bebas untuk menjual kelebihan produk itu menurut kehendaknya. Kolektivisasi pertanian telah terjadi secara lebih sempurna di Bulgaria daripada di negara komunis lain.

Bulgaria dibagi menjadi dua kawasan utama pertanian oleh pegunungan Balkan. Di sebelah utara terdapat Dataran Tinggi Donou, tempat ditanam gandum dan padi-padian lain, bit gula, serta bunga matahari.

Di lembah subur Sungai Maritsa, sebelah selatan Pegunungan Balkan, musim dinginnya nyaman dan banyak hujan, sedangkan musim panasnya kering dan sangat panas. Tembakau, anggur, kapas, dan padi dipanen di sana. Buah-buahan dan sayuran dibudidayakan di kedua kawasan itu.

Bunga mawar merupakan salah satu tanaman panen Bulgaria yang paling berharga. Beribu-ribu jenis mawar ditanam di Lembah Mawar yang terkenal, di bukit-bukit sebelah selatan kaki Pegunungan Balkan.

Lebih dari 90 kg daun bunga dapat digunakan untuk memproduksi 30g minyak mawar. Minyak ini, yang timbul ke permukaan sewaktu daun bunga mawar direbus dalam air, bernilai Iebih-kurang Rp 1.200.000; setiap 500 g dan digunakan untuk membuat minyak wangi murni.

Industri

Semua industri dan perdagangan, ataupun pertanian, menjadi milik negara dan diawasi oleh kaum komunis. Dengan serangkaian rencana 5-tahun, mereka berupaya mengubah Bulgaria menjadi negara industri modern.

Kayu dari gunung dan pembangkit listrik tenaga air dari sungai, baru merupakan dua sumber Bulgaria, sedangkan batubara, lignit, bijih besi, timbel, seng, tembaga, uranium, pirit, kromit, mangan, minyak bumi, dan gas alam juga ditemukan.

Bulgaria telah mencapai salah satu tingkat perluasan ekonomi yang tertinggi di antara negara Eropa, Produksi baja dan tenaga listrik telah banyak diperbesar. Di Varna dan Burgas, di Laut Hitam, sedang tumbuh industri minyak dan petrokimia.

Truk listrik, pengerek, motor listrik, peralatan mesin ringan, kapal kecil, gerbong kereta api, semen, dan beraneka ragam makanan olahan juga diproduksi dan diekspor. Lebih dari tiga perempat dari seluruh ekspor mengalir ke negeri blok Soviet.

Timur Bertemu Barat

Setelah berabad-abad menghadapi Timur, rakyat Bulgaria makin bertambah tertarik ke Barat. Mereka mempunyai misi perdagangan yang berkeliling ke seluruh dunia dalam upaya untuk menarik pasar-pasar bagi

produknya. Mereka mencoba memasukkan investasi dan modal asing ke Bulgaria. Rakyat tidak lagi terlalu bodoh untuk membiarkan rasa cemasnya tentang infiltrasi gagasan demokrasi Barat mengganggu keinginan mereka atas mata uang Barat, peralatan mesin canggih, dan teknik perusahaan modern.

Salah satu upaya yang paling berhasil untuk mengumpulkan mata uang Barat ke negeri itu ialah kemampuan rakyat Bulgaria menarik keuntungan atas kekayaan alamnya-pantai yang bagus sekali, pegunungan yang indah, dan lebih dari 500 mata air mineral.

Bulgaria telah mendirikan industri pariwisata yang mendatangkan lebih dari 5.000.000 pengunjung ke negeri itu setiap tahun. Di pantai Laut Hitam rakyat telah membangun tiruan Pantai Miami di Florida atau Riviera di Prancis.

Pengunjung menggerombol di tempat peristirahatan yang disebut Zlatni Pyassatzi (“pasir emas”), Slunchev Bryag (“pantai cerah”), dan di banyak komunitas yang lebih kecil. Kecuali tempat peristirahatan pantai laut, rakyat Bulgaria dan pengunjung dapat pula menikmati gerak jalan dan olahraga musim dingin di pegunungan yang permai dan menikmati kesegaran air minumnya serta mandi di banyak Spa.

Sofia, Ibu Kota Bulgaria

Hal hidup berdampingan antara Timur dan Barat serta antara abad pertengahan dan abad modern yang membuat Bulgaria begitu menarik terlihat di semua kota utama.

Sofia, ibu kota, yang terletak indah pada ketinggian 555 m di atas paras laut, menengadah ke puncak Pegunungan Vitasha yang tinggi sekali. Kota itu dipenuhi oleh kebun, taman, dan jalan besar dengan pepohonan di tepinya.

Masjid Banya Bashi
Masjid Banya Bashiciri khas Sofia bertarikh abad ke-16

Sofia juga penuh dengan monumen dan museum yang dibaktikan untuk masa lalu dan masa kini: sisa menara Romawi yang dapat dilihat di ruang bawah tanah toko serba ada Sofia; Gereja Santa Sofia, yang didirikan selama abad ke-3 dan ke-4; Monumen Angkatan Perang Merah; Museum Arkeologi; Museum Gerakan Revolusioner; Museum Sejarah Kependetaan dan banyak lainnya.

Gereja ST. Nedelja Bulgaria
Gereja ST. Nedelja di alun-alun Lenin, Sofia, bertarikh Abad Pertengahan

Di kedai Sofia yang menyenangkan, kita dapat menghirup kopi Turki atau mencicipi yogurt, makanan Bulgaria yang terkenal di seluruh dunia. Kita juga dapat memesan Coca-Cola, karena Bulgaria merupakan negeri blok Soviet pertama yang memiliki pabrik pembotolan Coca-Cola-nya sendiri.

Jika kita lapar, tersedia rumah makan dengan berbagai hidangan asli yang harum dan nikmat yang menggabungkan sayuran dan daging lezat dengan bumbu dan rempah-rempah dari timur. Kita dapat makan sup kacang atau sup mentimun, ikan carp yang diisi kacang, kebab atau giuvetch (rebusan) daging biri-biri muda, dan pencuci mulut seperti melon atau buah murbei.

Walaupun kedai bergema dengan big-beatjazz Barat, tarian asli terkenal-horo-masih ditarikan mengikuti musik bagpipe. Pasar swalayan, kafetaria, dan motel telah memasuki Bulgaria, sedangkan dolar lebih banyak dicari daripada rubel Soviet.

Namun, seraya Bulgaria berubah menjadi modern dan terindustrialisasi, ikatannya dengan Uni Soviet tetap kuat. Ikatan ini telah ditempa oleh rasa sayang serta sejarah dan budaya bersama, juga oleh ikatan politik, militer, maupun ikatan ekonomi.

Perusahaan Bisnis Bulgaria

PERUSAHAANINDUSTRISEKTORCATATAN
Air VIALayanan KonsumenMaskapai penerbanganMaskapai charter
Pabrik ArianaBarang konsumsiPembuat birBrewery, tutup tahun 2004
ArmimexIndustriPertahananEkspor senjata dan persenjataan, tidak aktif tahun 2003
Arsenal ADIndustriPertahananPembuatan peralatan militer
Asarel MedetBahan dasarLogam nonferrousEkstraksi dan pengolahan tembaga
Pabrik AstikaBarang konsumsiPembuat birTempat pembuatan bir
Aukro.bgLayanan KonsumenPengecer jalur luasBelanja online, tutup tahun 2013
BalkanstroyIndustriBahan bangunanRekayasa dan konstruksi
BalkantouristLayanan KonsumenPerjalanan & pariwisataLayanan perjalanan
BalkantonLayanan KonsumenRecord labelRecord label
BH AirLayanan KonsumenMaskapai penerbanganAngkutan udara penumpang
Studio Laut HitamTeknologiPerangkat lunakPengembangan video dan game komputer, tidak berfungsi pada tahun 2016
BlizooTelekomunikasiTelekomunikasi jalur tetapCable operator
Bulgaria AirLayanan KonsumenMaskapai penerbanganAngkutan penumpang dan angkutan udara
Bank Pertanian dan Komersial BulgariaKeuanganBankBekas bank negara, bergabung kembali dengan bank sentral pada tahun 1971
Bulgarian Air CharterLayanan KonsumenMaskapai penerbanganMaskapai charter
Bank Pembangunan BulgariaKeuanganBankBank komersil
Holding Energi BulgariaMinyak gasEksplorasi & produksiEnergi, gas dan tenaga nuklir
Bank Nasional BulgariaKeuanganBankCentral bank
Bulgarian PostbankKeuanganBankUniversal bank
Pos BulgariaIndustriLayanan pengirimanJasa pos dan kurir
Kereta Api Negara BulgariaIndustriRel kereta apiAngkutan penumpang dan kereta barang
BulgartabacBarang konsumsiTembakauPerusahaan pemegang tembakau
CargoairIndustriLayanan pengirimanMaskapai kargo
Central Cooperative BankKeuanganBankUniversal commercial bank
ChimimportKonglomeratBahan kimia, minyak & gas, keuangan
CorecomLayanan KonsumenPengecer khususRitel mata uang keras
Cumerio MedBahan dasarLogam nonferrousPeleburan tembaga
DiemaLayanan KonsumenPenyiaran & hiburanTelevisi
DSK BankKeuanganBankBank, bagian dari OTP Bank (Hongaria)
DZIKeuanganAsuransi lini penuhPertanggungan
EconomediaLayanan KonsumenPenerbitanMedia dan penerbitan
Egmont BulgariaLayanan KonsumenPenerbitanPenerbit, bagian dari Egmont Group (Denmark)
DuluLayanan KonsumenPenerbitanPenerbit
EurofootballLayanan KonsumenPerjudianTaruhan dan taruhan olahraga
FantastisLayanan KonsumenPengecer & grosir makananSupermarket
Bank Investasi PertamaKeuanganBankPerbankan
Pusaran airKeuanganBankBank swasta, tutup tahun 1925
Haemimont GamesTeknologiPerangkat lunakPengembangan video dan game komputer
Heli Air ServicesLayanan KonsumenMaskapai penerbanganMaskapai charter
Hotel RodinaLayanan KonsumenHotelHotel
HVB Bank BiochimKeuanganBankBank, defunct 2007
KamenitzaBarang konsumsiPembuat birTempat pembuatan bir
Karlsberg Bulgaria ADBarang konsumsiPembuat birTempat pembuatan bir
Kino NovaLayanan KonsumenPenyiaran & hiburansaluran film
KintexIndustriPertahananEkspor senjata dan persenjataan
Kremikovtzi ADBahan dasarBaja besiLogam dan baja
M3 Communications Group, IncLayanan KonsumenPenyiaran & hiburanMedia consulting
MaxeuropeBarang konsumsiProduk rekreasiSepeda
Mtel (Seluler)TelekomunikasiTelekomunikasi selulerPonsel, bagian dari Telekom Austria
MultigroupKonglomerat 
NavibulgarIndustriTransportasi lautPerusahaan perkapalan
LUKOIL Neftochim BurgasMinyak gasEksplorasi & produksiPenyulingan, petrokimia, bagian dari Lukoil (Rusia)
NEK EADKeperluanListrik konvensionalDistribusi energi
NeterraTelekomunikasiTelekomunikasi jalur tetapIPTV dan siaran satelit
JumlahTeknologiPerangkat lunakTeknologi Informasi
OntoteksTeknologiPerangkat lunakPengembangan perangkat lunak
OvergasMinyak gasSaluran pipaDistribusi gas
Bensin ADMinyak gasSaluran pipaDistribusi minyak
Bir PirinBarang konsumsiPembuat birTempat pembuatan bir
Minyak PristaBahan dasarBahan kimia khususOli motor dan pelumas industri
Prosveta Publishing HouseLayanan KonsumenPenerbitanPenerbitan
Raiffeisen BulgariaKeuanganBankUniversal bank
Sofia MelBarang konsumsiProduk makananRoti
Permen kilang BulgariaBarang konsumsiProduk makananPabrik gula, tidak beroperasi pada tahun 1916
TechnomarketLayanan KonsumenElektronik konsumenRitel, elektronik konsumen
Telenor BulgariaTelekomunikasiTelekomunikasi selulerJaringan seluler, bagian dari Telenor (Norwegia)
MEMILIKIIndustriPertahananPembuatan senjata dan senjata
Texim BankKeuanganBankBank swasta
UniCredit BulbankKeuanganBankBank
UnionbankKeuanganBankBank ritel dan komersial
United Bulgarian BankKeuanganBankBank komersil
Galangan kapal VarnaIndustriPembuatan kapalGalangan kapal
Vitta FoodsBarang konsumsiProduk makananMakanan beku dan kue kering
VivacomTelekomunikasiTelekomunikasi jalur tetapTelecom
VRZ KarlovoIndustriKendaraan & truk komersialMobil dan peralatan kereta api

Perusahaan Asuransi di Bulgria

COMPANY NAMEADDRESSTYPE OF INSURANCE
AIG EUROPE S.A. (BULGARIA BRANCH)3B, Nikolay Haytov Str., Bldg. 7, 1113, Sofianon-life
ARMEEC INSURANCE JSC2, Stefan Karadzha Str., 1000 , Sofianon-life
Atradius Credito y Caucion S.A. de Seguros y Reaseguros branch Bulgaria109 Bulgaria Blvd., 1404, Sofianon-life
AWP P&C S.A., branch Bulgaria80, Christopher Columbus Blvd., fl. 6, 1592, Sofianon-life
BUL INS87, James Bourchier Blvd. , 1407, Sofianon-life
BULGARIA INSURANCE AD83A, Bulgaria Blvd., 1404 , Sofianon-life
BULGARIAN EXPORT INSURANCE AGENCY /BAEZ/55, Aleksandar Stamboliyski Blvd., 1301 , Sofianon-life
BULSTRAD LIFE VIENNA INSURANCE GROUP JSC6, Sveta Sofia Str., 1301, Sofialife
Bulstrad Vienna Insurance Group Plc5, Pozitano Sqr., 1000, Sofianon-life
CARDIF INSURANCE, BULGARIA BRANCH29, Hristo Belchev Str., fl. 1-3, 1000 , Sofianon-life
CARDIF LIFE INSURANCE, BULGARIA BRANCH29, Hristo Belchev Str., fl. 1-3, 1000 , Sofialife
CCB LIFE2, Stefan Karadzha Str., 1000, Sofialife
Certasig – Societate de Asigurare si Reasigurare S.A. – Bulgaria Branch26-28-30, Bacho Kiro Str., Bldg. 2, fl. 4, 1000, Sofianon-life
COLONNADE INSURANCE S.A. – BULGARIA BRANCH3B, Nikolay Haytov Str., 1113, Sofianon-life
Compagnie francaise d assurance pour le commerce exterieur SA – Branch Bulgaria42, Petar Parchevich Str., 1000, Sofianon-life
DZI – LIFE INSURANCE JSC6, Tsar Osvoboditel Blvd., 1000, Sofialife
DZI General Insurance EAD3, Georgi Benkovski Str. , 1000, Sofianon-life
EUROINS INSURANCE PLC43, Hristofor Kolumb Blvd. , 1592 , Sofianon-life
Fi Health Insurance AD2, Prof. Aleksandar Fol Str., ent.B, fl.2., 1700, Sofianon-life
GENERALI INSURANCE AD68, Knyaz Aleksandar Dondukov Blvd., 1504 , Sofianon-life
GP REINSURANCE68, Knyaz Al. Dondukov Blvd. , 1504, Sofiareinsurances
GRAWE Bulgaria Jivotozastrahovane1, Tsar Boris III Blvd., 1612, Sofialife
GRAZER WECHSELSEITIGE VERSICHERUNG AG, ZWEIGNIEDER LASSUNG FUR BULGARIEN SOFIA1, Tsar Boris III Blvd., 1612, Sofianon-life
GROUPAMA LIFE EXPRESS47A, Tsarigradsko shosse, entr. V, fl.3, 1124, Sofialife
GROUPAMA ZASTRAHOVANE EAD47A, Tsarigradsko Shosse Blvd., Bldg. V, fl.3., 1124, Sofianon-life
GROUPAMA ZHIVOTOZASTRAHOVANE EAD47А, Tsarigradsko Shosse Blvd., Bldg. V, fl. 3, 1124, Sofialife
INSURANCE COMPANY ASSET INSURANCE AD81-83, Todor Aleksandrov Blvd., 1000, Sofianon-life
Insurance Company DallBogg: Life and Health Inc1, G.M. Dimitrov Blvd., 1172, Sofianon-life
Insurance company EIG Re EAD43, Christopher Columbus Blvd. , 1592 , Sofianon-life
INSURANCE COMPANY EUROAMERICAN JSC12, Emil Bersinski Str., 1408 , Sofianon-life
INSURANCE COMPANY EUROINS LIFE43, Hristofor Kolumb Blvd., 1592, Sofialife
Insurance Company Medico – 21 Jsc92, Maria Luiza Blvd., 1202, Sofianon-life
Insurance company Nadejda999, VETS Simeonovo, 1700 , Sofianon-life
Insurance Company Nova Ins EAD5, Pozitano Sq., 1000, Sofianon-life
Insurance Company OZOK Ins ADAtanas Dalchev Str., 1113, Sofianon-life
JSIC OZK – INSURANCE JSC7, Sveta Sofia Str., fl.5., 1301 , Sofianon-life
LEV INS51D, Cherni Vrah Blvd., 1407 , Sofianon-life
Life Insurance Company Saglasie EAD141, Todor Aleksandrov Blvd., 1309, Sofialife
LIFE INSURANCE INSTITUTE51D, Cherni Vrah Blvd., 1407, Sofialife
MetLife Europe d.a.c. – Bulgaria Branch51B, Bulgaria Blvd., 1404, Sofialife
NN INSURANCE CO. LTD – SOFIA BRANCH49B, Bulgaria Blvd., fl. 10, 1404, Sofialife
Olympic insurance Company – Bulgaria Branch Office142-142А, Goce Delchev Blvd., 1404, Sofianon-life
QBE INSURANCE (EUROPE) LIMITED – BRANCH SOFIA26-28-30, Bacho Kiro Str. , 1000 , Sofianon-life
SAGLASIE INSURANCE JSC141, Todor Aleksandrov Blvd., 1309, Sofianon-life
TRADE UNION MUTUAL INSURANCE CO-OPERATIVE – TUMICO1, Macedonia Sqr., fl. 13, 1040, Sofialife
UNIQA INSURANCE11-13, Yunak Str., 1612, Sofianon-life
UNIQA LIFE INSURANCE11 – 13, Yunak Str., 1612, Sofialife
UNITED HEALTH INSURANCE FUND DOVERIE INSURANCE AD5, Lachezar Stanchev Str., Bldg. A, fl. 5, 1756, Sofianon-life
ZAD ALLIANZ BULGARIA59, Knyaz Aleksandar Dondukov Blvd., 1504, Sofianon-life
ZAD ALLIANZ BULGARIA JIVOT59, Knyaz Aleksandar Dondukov Blvd., 1504, Sofialife
ZAD ENERGY33, Knyaz Aleksandar Dondukov Blvd., 1000, Sofianon-life
ZAD European Insurance Company67А, Tsanko Tserkovski Str., 1407, Sofianon-life

Universitas terbaik Bulgaria

  1. Academy of the Ministry of Interior – Sofia
  2. Agricultural University of Plovdiv
  3. American University in Bulgaria
  4. Bulgarian Virtual University
  5. Burgas Free University
  6. D. A. Tsenov Academy of Economics
  7. European Polytechnical University
  8. Georgi Rakovski Military Academy
  9. Higher School of Insurance and Finance
  10. National Academy for Theatre and Film Arts
  11. Lyuben Karavelov Civil Engineering University
  12. Medical University Pleven
  13. Medical University – Plovdiv
  14. Medical University of Varna
  15. National Academy of Arts
  16. National Military University
  17. National Sports Academy
  18. New Bulgarian University
  19. “Nikola Vaptsarov” Naval Academy
  20. Pancho Vladigerov National Academy of Music
  21. Plovdiv University
  22. Ruse University
  23. Specialized Higher School of Librarian Knowledge and Information Technology – Sofia
  24. Sofia Medical University
  25. Sofia University
  26. South-West University “Neofit Rilski”
  27. Technical University of Gabrovo
  28. Technical University of Sofia
  29. Technical University of Sofia – Branch Plovdiv
  30. Technical University of Varna
  31. Todor Kableshkov Higher School of Transport
  32. Trakia University – Stara Zagora
  33. University of Architecture, Civil Engineering and Geodesy
  34. University of Chemical Technology and Metallurgy
  35. University of Economics Varna
  36. University of Food Technology
  37. University of Forestry
  38. University of Mining and Geology
  39. University of National and World Economy
  40. University of Shumen “Episkop Konstantin Preslavski”
  41. University “Prof. Asen Zlatarov” – Burgas
  42. Varna Free University
  43. Varna University of Management
  44. Vasil Levski National Military University
  45. Veliko Tarnovo University

Diulas oleh RADO L. LENCEK. Profesor Madia, Departemen Bahasa Slavia, Universitas Kolumbia
Editor: Sejarah Negara


Lihat juga:

Artikel Terkait