Yunani, #42 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Yunani menempati urutan ke-42 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negara ini memiliki ekonomi kapitalis dengan sektor publik menyumbang sekitar 40% dari PDB dan dengan PDB per kapita sekitar dua pertiga dari ekonomi zona euro terkemuka.

Pariwisata menyediakan 18% dari PDB. Imigran merupakan hampir seperlima dari angkatan kerja, terutama dalam pekerjaan pertanian dan tidak trampil. Yunani adalah penerima utama bantuan Uni Eropa, setara dengan sekitar 3,3% dari PDB tahunan.

Ekonomi Yunani rata-rata tumbuh sekitar 4% per tahun antara tahun 2003 dan 2007, tetapi ekonomi mengalami resesi pada tahun 2009 sebagai akibat dari krisis keuangan dunia, memperketat kondisi kredit, dan kegagalan Athena untuk mengatasi meningkatnya defisit anggaran.

Pada 2013, ekonomi telah mengalami kontraksi 26%, dibandingkan dengan tingkat sebelum krisis 2007. Yunani memenuhi kriteria defisit anggaran Pakta Pertumbuhan dan Stabilitas UE tidak lebih dari 3% dari PDB pada 2007-08, tetapi dilanggar pada 2009, ketika defisit mencapai 15% dari PDB.

Memburuknya keuangan publik, statistik yang tidak akurat dan salah dilaporkan, dan kinerja yang kurang konsisten pada reformasi mendorong lembaga pemeringkat kredit utama untuk menurunkan peringkat utang internasional Yunani pada akhir 2009 dan menyebabkan negara itu mengalami krisis keuangan.

Di bawah tekanan kuat dari UE dan para pelaku pasar internasional, pemerintah menerima program bailout yang menyerukan Athena untuk memotong pengeluaran pemerintah, mengurangi penggelapan pajak, merombak sistem pelayanan masyarakat, layanan kesehatan, dan pensiun, dan mereformasi tenaga kerja dan produk pasar.

Langkah-langkah penghematan mengurangi defisit menjadi 1. 3% pada 2017. Pemerintah Yunani berturut-turut, bagaimanapun, gagal mendorong melalui banyak reformasi paling tidak populer dalam menghadapi oposisi politik yang luas, termasuk dari serikat buruh yang kuat di negara itu dan masyarakat umum.

Pada bulan April 2010, agen kredit terkemuka memberikan peringkat kredit serendah mungkin kepada utang Yunani, dan pada Mei 2010, IMF dan pemerintah zona euro memberikan pinjaman darurat jangka pendek dan menengah Yunani senilai $ 147 miliar sehingga negara tersebut dapat melakukan pembayaran utang kepada kreditor.

Yunani, bagaimanapun, berjuang untuk memenuhi target yang ditetapkan oleh Uni Eropa dan IMF, terutama setelah Eurostat – kantor statistik Uni Eropa – merevisi defisit dan jumlah utang Yunani untuk tahun 2009 dan 2010. Para pemimpin Eropa dan IMF sepakat pada Oktober 2011 untuk menyediakan Athena paket bailout kedua sebesar $ 169 miliar.

Kesepakatan kedua menyerukan pemegang obligasi pemerintah Yunani untuk menuliskan sebagian besar dari kepemilikan mereka untuk mencoba meringankan beban utang pemerintah Yunani. Namun, bank-bank Yunani, dibebani dengan sebagian besar utang negara, terkena dampak negatif dari penghapusan dan $ 60 miliar paket bailout kedua disisihkan untuk memastikan sistem perbankan dikapitalisasi secara memadai.

Pada tahun 2014, ekonomi Yunani mulai mengubah sudut resesi. Yunani mencapai tiga tonggak penting: menyeimbangkan anggaran – tidak termasuk pembayaran utang; menerbitkan utang pemerintah di pasar keuangan untuk pertama kalinya sejak 2010; dan menghasilkan pertumbuhan PDB 0,7% – ekspansi ekonomi pertama sejak 2007.

Meskipun pemulihan baru lahir, ketidakpuasan yang meluas dengan langkah-langkah penghematan membantu mendorong partai Koalisi Kiri Radikal (SYRIZA) paling kiri menjadi pemerintah dalam pemilihan legislatif nasional pada Januari 2015.

Antara Januari dan Juli 2015, frustrasi tumbuh antara pemerintah yang dipimpin SYRIZA dan kreditor Uni Eropa dan IMF Yunani atas implementasi langkah-langkah bailout dan pencairan dana. Pemerintah Yunani mulai menunggak tunggakan yang signifikan untuk pemasok, sementara bank-bank Yunani mengandalkan pinjaman darurat, dan masa depan Yunani di zona euro dipertanyakan.

Untuk mencegah runtuhnya sistem perbankan, Yunani memberlakukan kontrol modal pada Juni 2015, kemudian menjadi negara maju pertama yang melewatkan pembayaran pinjaman kepada IMF, mengguncang pasar keuangan internasional.

Tidak dapat mencapai kesepakatan dengan kreditor, Perdana Menteri Alexios TSIPRAS mengadakan referendum nasional pada 5 Juli tentang apakah akan menerima persyaratan bailout Yunani, berkampanye untuk pemungutan suara yang akhirnya berhasil “tidak”. Pemerintah TSIPRAS kemudian menyetujui, bagaimanapun, untuk bailout $ 96 miliar baru untuk mencegah keluarnya Yunani dari blok moneter.

Pada 20 Agustus 2015, Yunani menandatangani bailout ketiganya, memungkinkannya untuk menutupi pembayaran utang yang signifikan kepada kreditor UE dan IMF dan untuk memastikan sektor perbankan mempertahankan akses ke likuiditas darurat.

Pemerintah TSIPRAS – yang mengambil alih kantor pada 20 September 2015 setelah mengadakan pemilihan baru pada akhir Agustus – berhasil mendapatkan pencairan dua tahapan dana talangan yang tertunda. Meskipun gejolak ekonomi, PDB Yunani tidak berkontraksi setajam yang ditakuti, sebagian didorong oleh musim turis yang kuat. Pada 2017, Yunani mengalami peningkatan dalam PDB dan pengangguran.

Reformasi ekonomi yang belum selesai, masalah kredit macet yang besar, dan ketidakpastian yang sedang berlangsung mengenai arah politik negara menahan ekonomi.

Beberapa perkiraan menempatkan pasar gelap Yunani pada 20 hingga 25% dari PDB, karena lebih banyak orang telah berhenti melaporkan pendapatan mereka untuk menghindari membayar pajak yang, dalam beberapa kasus, telah meningkat hingga 70% dari pendapatan kotor individu.

Yunani

Yunani

GDP $ 201 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,4%
PDB per Kapita: $ 18.600
Neraca Perdagangan / PDB: -0,8%
Populasi: 10,8 juta
Hutang / PDB Publik: 182%
Pengangguran: 21,5%
Inflasi: 1,1%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 67
Kebebasan Moneter: 62
Hak Properti: 67
Inovasi: 44
Teknologi: 57
Pita Merah: 42
Investor Protection: 50
Korupsi: 54
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 59

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Yunani


Pos terkait